Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengalami Writer's Block? Lakukan 9 Hal Ini

Hai manusia sukses, Selamat datang lagi di CatatanAdi, sebuah blog personal yang kadang aktif kadang pasif. 

Pernahkah Anda mendengar istilah writer's block? Writer’s block adalah kondisi dimana para penulis merasa buntu dan mengalami kesulitan untuk menulis atau mendapatkan ide menulis. Writer’s block bisa dialami siapa saja, terlebih para blogger.

Lalu apa yang harus kita lakukan sebagai blogger ketika menghadapi masalah ngeblog writer’s block? Sebenarnya banyak lho! Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika sedang malas menulis artikel atau mengalami writer’s block.


Mengalami Writer's Block? Lakukan 9 Hal Ini  Catatan Adi
Writer's block

1. Mengedit Konten Lama

Jarang yang melakukan ini. Padahal dengan mengedit ulang postingan lawas Anda, khususnya yang kurang viral atau yang berpotensi menjadi viral, Anda bisa menaikkan trafik ke blog Anda.

Keuntungan lainnya, dengan mengedit ulang postingan lawas Anda, maka Anda juga bisa menggali inspirasi untuk kemudian menuangkannya dalam tulisan baru.

2. Memposting Ulang Konten Lama

Memposting ulang postingan lawas juga bisa Anda lakukan ketika sedang mengalami writer’s block. Ubah saja sedikit-demi sedikit lalu tambahi dengan teknik-teknik SEO terbaru maka jadilah artikel fresh.

Jangan lupa untuk menghapus artikel lawas Anda walau hal ini sangat tidak direkomendasikan. Alih-alih menghapus postingan lawas Anda, Anda bisa melakukan dua hal : Menyeretnya ke kotak draft atau membiarkannya saja.

3. Membetulkan Tautan Rusak (Broken Link)

Membetulkan link yang rusak atau yang dikenal dengan broken link sangatlah penting. Hal ini bisa Anda lakukan ketika Anda sebagai blogger sedang mengalami Writer’s block.

Untuk mengeceknya silahkan berkunjung ke situs siteliner.com atau brokenlinkcheker. Silahkan cek blog Anda lalu hapus saja link-link yang rusak.

4. Share Konten

Ketika mengalami writer’s block, Anda juga bisa memasarkan postingan Anda. Ada banyak cara untuk melakukannya, salah satu yang paling populer adalah dengan sharing ke sosial media seperti twitter, facebook, atau linkedln.

5. Mempercantik Tampilan Blog

Mungkin selama ini Anda hanya memfokuskan menulis artikel dan sering lupa bertanya pada diri Anda pada bagaimana cara membuat artikel yang menarik. Maka ketika writer’s block datang, Anda bisa melakukan hal yang lain, seperti mempercantik tampilan blog.

Mempercantik blog ini juga sebuah aktivitas yang penting sekaligus menyenangkan. Seiring berjalannya waktu, ada banyak aplikasi atau widget terbaru yang bisa Anda gunakan di blog Anda.

6. Blogwalking

Blogwalking mungkin jarang terpikirkan dalam benak Anda. Terlebih Anda yang sudah memiliki Page views ribuan setiap harinya. Namun ada banyak sekali keuntungan blogwalking yang mungkin bisa Anda pertimbangkan.

Dua keuntungan blogwalking yang bisa Anda dapatkan adalah: mendapat inspirasi tak terduga dan makin mempopulerkan situs Anda. Baca caranya di 4 teknik melakukan blogwalking yang benar.

7. Mencari Inspirasi

Hal ini juga penting untuk dilakukan. Anda bisa mencari inspirasi menulis dari sesama blog atau dari tempat-tempat tak terduga lainnya, seperti perpustakaan, koran, televisi, radio bahkan tempat wisata.

Masih buntu juga? Maka silahkan baca artikel kami tentang cara mendapatkan ide menulis yang akan bikin kamu langsung ngetik tanpa henti!

8. Membalas Komentar

Jika blog Anda sudah ramai pengunjung dan banyak komentar yang mampir, tentu sangat sulit untuk membalasnya satu persatu.

Manfaatkan writer’s block dengan melakukan hal postif lainnya, seperti membalas komentar pengunjung. Hal ini bisa membuat pengunjung Anda merasa dihargai dan besar kemungkinan mereka akan menjadi loyal readers.

9. Mengupgrade Ilmu SEO 

Bukan rahasia umum lagi jika google dan search engine lainnya gemar mengupdate algoritma mereka.
Maka jika Anda sedang malas menulis, ini adalah waktu yang tepat untuk mempelajari teknik SEO tersebut. Tentu saja banyak sekali keuntungan yang bisa Anda peroleh.

Tetapi jangan pernah korbankan konten Anda demi SEO. Tetap pelajari cara menulis artikel viral yang menarik untuk pembaca, bukan mesin pencari.

10. Jangan Berhenti Menulis

Saya pribadi sering mengalami dan mengatasi writer’s block. Namun hal itu tidak menghentikan saya untuk terus berkreasi.

Begitupun seharusnya Anda. Blogger yang baik tidak boleh menyerah pada apapun, termasuk writer’s block.

Banyaknya aktivitas memang membuat kegiatan posting-memposting artikel menjadi tidak tentu. Walau begitu, sebaiknya kita tidak boleh berhenti menulis. Kapan kita menulis, tentu saja setiap hari. Susah? Pasti. Saya pernah menulis curhatan di artikel berjudul keep writing and keep blogging

Tentu saja memposting artikel tidak semudah menulis. Bahkan menulis hanyalah bagian dari membuat artikel.

Sebagai blogger yang pingin artikelnya page one, pasti  selain menulis artikel kita juga mengkutak-katik SEO dan itu butuh waktu.

Belum lagi kalau ternyata sedang menghadapi writer’s block. Ide serasa sedang tidak bersahabat. Maka memaksakan diri untuk memposting artikel hanyalah makin membuat otak jebol.

Maka 9 hal di atas dapat menjadi pertimbangan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk terus mengikuti artikel menarik lainnya dari Catatan Adi tentang aneka  tips menulis termasuk ketika Anda sedang bingung harus menulis apa.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

1 komentar untuk "Mengalami Writer's Block? Lakukan 9 Hal Ini "

  1. Kalau saya lagi buntu ide buat nulis sih biasanya saya sering nanya hal apa aja yang lagi trend atau informasi apa yang sekiranya pengen mereka tau ke forum/grup yang ada kaitannya sama niche saya, terus tinggal tinggal dibuat artikel deh dari situ.

    BalasHapus