Kenapa Amerika Maju?

Kenapa Amerika bisa menjadi negara yang maju dan hebat? Dalam artikel kali ini kita akan membahas tuntas apa rahasia AS supaya bisa menjadi negara terkuat di dunia.

Catatan Adi Kenapa Amerika Maju catatanadiwriter.blogspot.com
Bendera Amerika, sumber foto : @senorskor / unsplash



Maka ketika leluhur kita sudah bikin Candi Borobudur, orang Amerika masih berburu banteng dan main kemah-kemahan di padang.

Hai Manusia yang budiman.

Kali ini Catatan Adi akan menjawab salah satu pertanyaan terbesar yang paling sering muncul di benak kalian, yakni kenapa Amerika maju?

Kenapa Amerika maju? Mungkin banyak dari kalian bisa mengemukakan alasannya masing-masing. 

Tapi mari kita telaah lebih lanjut, apakah jawaban kita sama? Mungkin iya, mungkin tidak.

Pertama, untuk menjawab pertanyaan kenapa Amerika bisa sangat maju, canggih, kuat dan kaya raya, kita harus mengulik yang namanya sejarah. Kedua, kita melihat kondisi Amerika jaman now yang memang wow!

Jas merah kata Bung Karno, yakni jangan sekali-kali melupakan sejarah. Dengan sejarah kita bisa belajar banyak hal, termasuk mencari tahu kenapa negeri Paman Sam Amerika bisa sangat maju.

Pertama, bangsa Amerika berpikir terbuka. Ini adalah alasan pertama dan yang paling utama kenapa bangsa Amerika bisa sangat maju. Ya, mereka berpikir terbuka. Mereka tidak memandang perbedaan sebagai sesuatu yang dapat mengancam negeri mereka. Bahkan lebih dari itu, Amerika mampu meramu perbedaan itu menjadi senjata yang ampuh untuk membuat negara mereka menjadi negara yang maju.

Sebagai contoh, Barrack Obama itu sebenarnya bukan Amerika murni. Dia keturunan Afrika. Tapi dia bisa jadi presiden Amerika yang mayoritas adalah orang kulit putih. Demikian juga dengan Einstein yang sebenarnya orang Jerman, Arnold Schwarzenegger yang aslinya orang Austria dan masih banyak lagi.

Orang-orang tersebut ketika sampai di Amerika mampu mengembangkan potensinya dan kemudian secara tidak langsung turut menyumbang bagi kemajuan Amerika.

Mereka meninggalkan negeri mereka untuk kemudian tinggal di Amerika. Jika Amerika itu rasis dan tertutup, tidak mungkin mereka memilih Amerika.

Faktanya adalah Amerika adalah negara yang terbuka. Banyak imigran Latin, Eropa Timur atau Muslim yang mati-matian pingin bermigrasi ke sana. Kalau Amerika itu berpikir sempit, ga mungkin para imigran Latin, Eropa Timur dan Muslim ke Amerika. Mereka pasti memilih negara lain, Indonesia misalnya.

Pertama, bangsa Amerika berpikir terbuka. Ini adalah alasan pertama dan yang paling utama kenapa bangsa Amerika bisa sangat maju

Amerika menerima para imigran itu dengan tangan terbuka asalkan mereka tidak bikin kacau.
Memang presiden Trump agak membatasi imigran karena isu keamanan nasional. Tapi itu pasti ada alasannya. Dan kalau Anda melihat Amerika itu jahat, harusnya ga terpengaruh sama kebijakan ini.

Kedua, bangsa Amerika sangat menghormati kebebasan. Ini juga adalah alasan kenapa Amerika maju. Dengan kebebasan yang dijunjung tinggi, orang tidak takut untuk berkembang dan mengekspresikan diri. Ga ada yang rese. Akhirnya negaranya menjadi maju.

Apakah kebebasan Amerika itu kebablasan? Terserah orang menilai namun faktanya jutaan orang mati-matian pengen ke Amerika dan bahkan jadi warga negara Amerika.

Ketiga, orang Amerika mencintai ilmu pengetahuan. Ini adalah alasan ketiga kenapa Amerika maju. Di sana, sekolah benar-benar mengajarkan ilmu pengetahuan. Guru-gurunya adalah orang-orang yang profesional. Orang pintar sangat dihargai di sana, apapun latar belakangnya.

Bahkan banyak orang pintar yang tidak disukai di negara asalnya akhirnya pindah ke Amerika. Ini kemudian menjadi kekuatan Amerika untuk menjadi negara maju.

Ilmu pengetahuan menempati tempat yang khusus, di atas tahayul dan prasangka kebencian berlandaskan agama atau suku. Sehingga teknologi dan modernisasi senantiasa berkembang dengan baik.

Keempat, orang tua di Amerika mengajarkan gaya dan cara hidup yang benar. Inilah pewarisan ideologi. Pewarisan budaya. Budaya Amerika menjadi kaya namun tidak bergesekan satu sama lain. Dahulu memang sering terjadi gesekan antar kelompok, namun seiring berjalannya waktu, Amerika bisa belajar dari kesalahannya itu.

Hampir semua keluarga Amerika mengajarkan pluralisme. Karena pada dasarnya nenek moyang merekapun juga imigran. Bedakan dengan masyarakat yang mengajarkan anak-anaknya untuk tidak berkawan dengan orang lain agama. Apakah jenis masyarakat seperti itu akan maju?

Kelima, Amerika tidak pernah berhenti berinovasi. Hampir tidak ada hari tanpa inovasi. Selalu ada yang baru dari Amerika, entah itu di bidang kesehatan, sains, militer, hingga pertanian. Mereka disibukkan dengan inovasi dan pengembangan diri sehingga tidak ada waktu untuk mengurusi tahayul-tahayul dan prasangka kebencian berlandaskan SARA.

Orang resek. 

Tentu di Amerika juga ada orang resek, tapi perbandingannya sama yang ga resek itu kecil. Buktinya kalo yang resek banyak orang dah ga mau ke Amerika. Dan Amerika ga bakal semaju ini. 

Sejarah.

Sebenarnya Amerika masih jauh lebih muda dari misalnya, Majapahit. Bayangkan Majapahit sudah ada sejak abad 12, sedang Amerika baru merdeka tahun 1770an.

Hampir semua keluarga Amerika mengajarkan pluralisme. Karena pada dasarnya nenek moyang merekapun juga imigran.

Maka ketika leluhur kita sudah bikin Candi Borobudur, orang Amerika masih berburu banteng dan main kemah-kemahan di padang.

Amerika juga pernah di jajah Inggris, Peranci, Belanda, Spanyol dan bahkan Meksiko (beberapa daerah). Sama kan kaya Indonesia yang dijajah Belanda dan Jepang.\

Amerika juga pernah kena kerusuhan etnis, khususnya antara Indian-kulit putih. Atau kerusuhan agama, kayak antar Protestan dan Khatolik. Tapi intensitasnya kecil dan mereka mau belajar dari itu semua.

Jadi gimana dong?

Itulah alasan Amerika bisa maju. Mau ga nih maju kaya Amerika? Atau ngalahin Amerika? Ga mudah loh! Pertama yang harus diubah adalah mental. Mana mungkin bisa bersatu kalau saling membenci? Jangankan maju, mungkin kita akan mundur jauh ke belakang. Dan ketika Amerika sudah ternak cyborg, kita masih berburu belalang dan main perang-perangan antar sesama warga bangsa.

Semoga artikel tentang rahasia Amerika menjadi negara maju dan kaya ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

4 Responses to "Kenapa Amerika Maju?"

  1. Beda jauh dengan indonesia min. Orang berkarya malah di buly malah di jadiin meme

    ReplyDelete
  2. Untuk indonesia coba lebih bisa menghargai karya orang jangan hanya bisa mengkritik tanpa memberi saran, dan andaikata sisyem pemdidikan nya bisa di rumah bisa kemungkinan bangsa indonesia bisa maju

    ReplyDelete
  3. because everything can be possible, hanya saja ada kemauan untuk berubah atau tidak

    ReplyDelete
  4. Saya ada cacatan buat blogger! Perbandingan Majapahin dan Amerika Serikat itu sangat tidak proporsional bro! Perbandingannya harus apple to apple! Kalau di Indonesia ada Majapahit, di Amerika Serikat juga dulunya ada Suku Maya, dan banyak lagi. Mereka juga memiliki artefak-artefak yang jauh lebih berumur daripada yang ada di Indonesia.
    Itu aja sih

    ReplyDelete

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel