Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Bermain Strategi Tikitaka Barcelona di Winning / PES

Halo maniak playstation, khususnya kalian penggemar game sepakbola winning eleven dan PES. Kali ini catatanadi.com ingin berbagi suatu tips penting agar permainan kalian meningkat.

Mencetak gol bukan perkara sulit bagi mereka yang ahli. Lantas kadang merasa bosan? Lalu apa yang harus dilakukan? Kenapa tidak mencoba bermain teknik baru, seperti tiki-taka Barcelona.

Tika-taka Barcelona adalah suatu falsafah dan sistem permainan yang dikembangkan oleh Barcelona semasa dilatih Frank Rijkaard hingga Pep Guardiola. Ciri dari sistem tika-taka antara lain umpan-umpan pendek cepat, determinasi tinggi. alur permainan menyerang dan tusukan-tusukan dari berbagai arah. Alhasil gol bisa dipanen sebanyak mungin.

Jadi tiki-taka bukan cuma seni bermain sepakbola dengan mengoper kesana kemari, namun lebih kepada cara mencetak gol melalui dominasi operan dan serangan. 

Lantas bagaimana cara melakukan tiki-taka di PES atau Winning baik PS2 maupun PS3? Ini langkahnya. 

Memilih Klub

tutorial bermain tika taka di winning PES plyastation


Tidak semua tim bisa dibuat main tiki-taka. Pakailah tim yang punya kurva menyerang dan speed bagus. Dua itu adalah indikator utama. 

Selain itu silahkan cari klub yang mayoritas punya pemain jago gedor, ahli shooting, akurasi tinggi dan pinter gocek. Speed dan akselerasi cukup andalkan 3 atau 4 orang saja. 

Lalu klub mana yang cocok dibuat eksperimen tiki-taka?

1. Liverpool

2. Barcelona

3. Chelsea

4. Manchester City

5. Juventus

6. Bayern Munchen

7. Real Madrid

8. PSG

9. Atletico Madrid

10. Tothenham Hotspur

11. Timnas Portugal

12. Timnas Brazil

13. Timnas Argentina

14. Timnas Wakanda

15. Timnas Jerman

Mengatur Formasi

Ini adalah poin krusial. Bagaimana cara mengatur agar sistem permainan kita sejalan dengan cara bermain tiki taka? Ini jawabannya. 

Susunan Pemain

Ada banyak pilihan formasi yang bisa dipilih, tetapi paling enak pakai saja formasi 4-3-3. Untuk detailnya, pakai 4 pemain belakang, 3 pemain tengah dan 3 penyerang sekaligus. Tidak perlu pakai penyerang sayap, karena nanti pemain depan akan berpencar. Fokus utama adalah dominasi operan dengan cara umpan-umpan pendek. 

Usahakan pemain yang memegang bola punya 2 pemain lain yang melakukan back-up. Ketika mengumpan, coba alirkan ke sayap, lalu kembali ke tengah depan. Lihat gambar susunan pemain ini. 


Semua pemain tengah dan depan terlihat berdekatan dan saling terkait. Ini agar dominasi operan terjadi di wilayah musuh atau di luar garis tengah. Bisa juga kombinasikan umpan ke dalam, lalu umpan lambung jauh ke depan. 

Mengatur Permainan

Ini hanyalah gambaran umum. Silahkan dimodifikasi. 

  1. Masuk ke simple setting. 
  2. Pada kolom confirm, tekan semua kecuali side attack. 
  3. Pilih Attacking
  4. Pilih Mark Key Player
  5. Atur ini : 

    • L1 Offside Trap 
    • L2 Counter Attack
    • R1 Central Attack
    • R2 Pressure
  1. Pilih Back Line
  2. Pilih Full Auto
  3. Masuk Quick Setting, centang semua kecuali Side Attack. 
  4. Atur Mark Setting menjadi High semua pemain kecuali 3 Forward. 
  5. Simpan. Silahkan bermain. 

Bermain Ala Tiki-Taka

1. Umpan bola ke pemain terdekat dengan L1 + X atau X saja.

2. Kombinasikan dengan one two touch, yaitu L1 +  X atau L1L2 + X. 

3. Begitu mendapat bola, jika posisi sudah di dekat kotak 16 besar, gunakan manuver, gerak ke kanan atau ke kiri 4 langkah, lalu berhenti dan umpan ke samping depan. 

4. Tekan R2 + X untuk membuka ruang, pemain akan mundur ke arah gawang sendiri.

5. Gunakan L1 + Segitiga untuk umpan ke depan. Langsung tembak dengan 1 kali Kotak. 

Semoga berhasil. Rajinlah berlatih. Baca tips bermain lainnya dari catatanadi.com yang akan terus memberikan tutorial bermain winning eleven dan PES. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Cara Bermain Strategi Tikitaka Barcelona di Winning / PES "