Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Susunan Pemain Terbaik Portugal Lintas Generasi

Jika mendengar nama Portugal, mungkin saat ini yang ada di pikiran orang-orang adalah sosok Cristiano Ronaldo. Pemain yang disebut-sebut sebagai titisan alien dari planet Saturnus tersebut memanglah salah satu pesepakbola terhebat yang pernah bermain di bumi.

Namun sebenarnya Portugal juga penuh dengan deretan bintang-bintang papan atas. Di sepanjang masa, negeri ini rasanya tak pernah absen memunculkan sosok-sosok baru dengan kehebatan maupun keunikannya masing-masing. 

Dari semua peman hebat Portugal sepanjang masa, maka menyusun sebuah formasi tim yang disegani lawan bukanlah hal sulit. Justru kesulitan muncul bukan karena kekurangan pemain, tetapi kelebihan pemain di satu atau dua posisi sehingga harus benar-benar dicari sosok yang pas. 

Formasi 4-3-3

Tentu saja formasi 4-3-3 merupakan yang paling cocok diterapkan di tim impian Portugal yang berisi pemain-pemain hebat sepanjang masa. Dengan 4-3-3, permainan akan cenderung agresif dengan potensi untuk memaksimalkan sisi sayap sangat besar.

Sepanjang sejarah sepakbola, Portugal beberapa kali menghasilkan para pemain sayap hebat, sebuat saja Luiz Figo, Sergio Conceicao dan tentu saja CR7. 

Kiper : Manuel Bento 

Inilah salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Portugal. Pria yang lahir tanggal 25 Juni 1948 tersebut adalah juga pemegang rekor caps 650 pertandingan dalam hidupnya. 

Prestasi lainnya adalah membaca Benfica meraih 10 trofi liga dan menjadi pemain sepakbola terbaik Portugal tahun 1977. 

Pemain Belakang : Coentrao, Carvalho, Pepe, Bosingwa

Inilah kuarter yang akan membuat siapapun musuh gentar. Ada dua tukang jagal, Carvalho yang elegan dan Pepe yang brutal. Mereka adalah andalan di masanya.

Di kiri dan kanan, sosok Fabio Ceontrao dan Jose Bosingwa akan menjaga pergerakan sayap musuh sekaligus memberi dukungan bagi pemain tengah dan depan. 

Pemain Tengah : Conceicao, Deco, Figo

Memilih tiga orang untuk jadi pemain tengah bagi Portugal bukan perkara mudah. Ada nama-nama lain selain ketiga orang di atas yang sebenarnya juga cukup populer dan mempunyai skill mumpuni. Sebut saja Maniche, Nani hingga Costinha. Namun tiga nama di atas rasa-rasanya memang sudah cukup merepresentasikan hebatnya Portugal sebagai sebuah tim besar. 

Sergio Conceicao adalah pemain sayap kiri andalan Intermilan. Selain itu ia juga pernah memperkuat Parma dan SS Lazio. Deco adalah pemain naturalisasi Brazil yang kemudian membela Portugal. Di level klub, Deco adalah andalan bagi Chelsea dan Barca. Nama terakhir dari deretan pemain tengah Portugal adalah Luis Figo. Pemain ini merupakan gelandang kanan terbaik tim Selecao. 

Tim Nasional Portugal


Pemain Depan : Rui Costa, Ronaldo, Eusebio 

Sama seperti pemain tengah, memilih pemain depan juga tidak mudah. Bahkan nama-nama hebat seperti Bruno Fernandes, Pedro Pauleta hingga Nune Gomez harus tersingkir. 

Sebaliknya ada mantan gelandang AC Milan, Rui Costa yang menjadi penyerang lubang. Kepiawaiannya dalam menciptakan peluang adalah sesuatu yang akan memanjakan Eusebio serta CR7. 

Target Besar : Piala Dunia

Meski termasuk tim papan atas, Portugal belum bisa bersanding dengan Inggris, Italia, Spanyol dan Jerman karena terus menerus gagal merebut trofi Piala Dunia. Meski begitu, dalam kurung waktu dua dekade, Pasukan Ronaldo sukses menebar teror, khususnya ketika mereka berhasil merebut trofi Piala Eropa

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Susunan Pemain Terbaik Portugal Lintas Generasi"

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pilihan Hari Ini