Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

2 Fitur Terbaru MGID Mudahkan Publisher Tingkatkan Pendapatan dari Pemasangan Iklan

Salam blogger pemula. Halo, pembaca. Sudah lama sekali rasanya saya tidak membuat konten terkait blogging dan kali ini entah ilham dari mana saya akan membahas mengenai 2 fitur MGID yang berpotensi menaikkan pendapatan para publisher atau penayang iklan.

Untuk Anda yang belum tahu, MGID adalah sebuah platform yang memberi kesempatan kepada para blogger untuk mendapatkan penghasilan dengan cara menayangkan iklan-iklan dari perusahaan tersebut. Jadi sekilas, MGID memang mirip dengan Google Adsense ataupun Adstera.

Saya sendiri melalui blog Catatan Adi sudah cukup lama menjadi penayang iklan MGID. Meski memang dari pengalaman pribadi, pendapatan melalui Google Adsense jauh lebih besar, tetapi saya tetap mencoba untuk mengais recehan dari sini sambil berusaha cari ilmu supaya bisa cuan lebih banyak. 

logo MGID sebagai platform publishing iklan.
logo MGID


2 Fitur Terbaru MGID, Apa Saja?

Oke, cukup dengan pembukaannya. Sekrang saatnya saya akan membahas kedua fitur terbaru MGID yang menurut saya pribadi bisa meningkatkan pendapatan para publishernya. 

Apa saja fitur-fitur tersebut? Keduanya adalah: 

  1. Analisis SEO 
  2. Analisis Topik Trending.

Mari kita bahas keduanya, apakah memang benar-benar mampu membantu para penayang iklan meraih banyak cuan?

Namun sebelum kesana, mari satukan pemahaman agar tidak gagal paham. Mengapa MGID membuat fitur seperti ini? Apa mereka tidak takut uang habis karena membayar para penayang iklan?

Tentu tidak. MGID mengeluarkan fitur-fitur itu pada intinya juga membantu perusahaan tersebut agar semakin untung juga.

Intinya, kalau publisher mampu merajai SERP, maka secara langsung MGID juga untung. Kenapa? Ya karena dengan merajai SERP, maka akan ada banyak traffic ke blog/web yang berafiliasi dengan MGID sehingga iklan MGID akan makin mendapatkan eksposure. 

Paham sampai sini, saudara? Oke kalau sudah, mari kita lanjutkan perjalanan ini. Pertama kita bahas fitur Analisis SEO.

Untuk menggunakan fitur ini, masuk ke dashboard MGID, lalu masuk ke mode Publisher. Kemudian lihat tombol SEO dan klik. Lihat gambar di bawah ini.


Selanjutnya Anda akan diarahkan ke jendela baru. Lalu pilih blog yang ingin dianalisa. Nantinya mesin MGID akan butuh waktu 2-3 hari untuk bisa menampilkan hasil perayapannya ke blog atau situs Anda. 

Kalau sudah, Anda akan bisa melihat beberapa hasil SEO review dari MGID meliputi banyak hal, seperti masalah metrik domain dan masalah seputar SEO On-Page, seperti eror 3xx, 4xx dan bahkan javascript. 

hasil analisa SEO ON Page MGID
Masalah terkait SEO On Page

hasil analisa SEO MGID metrik domain
Masalah Metrik Domain 

Kalau dilihat, fitur ini memang bisa membantu para blogger dan owner web yang ingin mengaudit kinerja situs mereka. Lumayan, apalagi gratis. Tapi kalau soal keakuratan, silahkan nilai sendiri masing-masing. 

Fitur kedua adalah trending topic yang membantu penulis atau publisher mengetahui topik yang sedang trending dibeberapa wilayah untuk kurun waktu yang cukup variatif. Istilah kerennya riset keywords.

Fitur trend topic MGID

Cara masuknya tetap sama seperti fitur yang pertama, hanya pilih saja topic trend. Nanti bisa dipilih negara atau waktu analisanya. 

Kesimpulan

Saya pribadi cukup mengapresiasi apa yang dilakukan oleh MGID. Meski tidak bisa membuat tools selengkap Google Analytics dan Google Search Console, tetapi ini adalah langkah awal yang bagus dalam membantu publisher untuk meningkatkan pendapatan.

Kalau kalian, bagaimana? Ada ide atau opini terkait topik ini? Silahkan tulis di kolom komentar ya. Salam blogger pemula.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "2 Fitur Terbaru MGID Mudahkan Publisher Tingkatkan Pendapatan dari Pemasangan Iklan "