Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-langkah Optimasi SEO On Page Terbaru

SEO On Page adalah bagian dari metode optimasi situs yang khusus memaksimalkan faktor internal situs dan konten agar mendapatkan peringkat bagus pada mesin pencari seperti Google sehingga bisa dimunculkan di halaman pertama atau bahkan urutan nomor satu. 

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, SEO terbagi dua, yakni on page dan off page. Keduanya sama pentingnya dan wajib dipelajari jika memang serius ingin meningkatkan kualitas situs dan memperoleh banyak pengunjung, khususnya trafik organik.

Berbeda dengan SEO Off Page, optimasi On Page berkutat pada hal-hal yang langsung terkait dengan situs, laman dan konten yang ada. 

Manfaat Optimasi SEO On Page

cara seo on page
Cara SEO On Page

Ada beberapa manfaat dari optimasi secara on page. Meski harus diakui bahwasannya untuk sebagian besar orang, hal ini tidak mudah dan bahkan melelahkan.

Trafik Organik

Mengapa optimasi internal ini sangat penting? Berbeda dengan off page yang berpotensi mendatangkan trafik dari media sosial maupun referal lainnya, SEO On Page berpeluang besar membuat web Anda memiliki banyak trafik organik. 

Kenapa optimasi ini bisa menghasilkan trafik organik dari internet atau mesin pencari? Karena orang yang datang ke situs Anda berasal dari search engine. Mereka mengetik kata kunci, lalu melihat konten situs Anda berada di halaman pertama atau puncak, sehingga mereka memilih mengunjungi blog Anda daripada yang lain.

Bertahan Lama

Masih ada kaitannya dengan keberhasilan atau cara bisa page one di Google, ketika konten dipilih oleh mesin pencari untuk diletakkan di halaman pertama, maka daya saing blog Anda jauh lebih besar daripada jika hanya mengandalkan sosial media. 

Tentu saja ini tergantung kata kunci dan niche yang Anda bidik. Jika mengandung CPC tinggi sehingga berpeluang mendapatkan banyak pendapatan dari AdSense atau bisa mengkonversi trafik menjadi pembeli, maka jelas akan ada banyak pesaing yang siap menggeser posisi Anda. Jadi jangan lengah.

Branding

SEO On Page sangat erat kaitannya dengan kualitas konten, laman atau blog Anda. Jika mampu mengaplikasikan teknik-teknik dengan baik, maka sudah pasti ada dua hal yang didapatkan sekaligus : 

  1. Memperoleh kepercayaan mesin pencari.
  2. Pembaca puas.

Faktor yang kedua, dimana pengunjung Anda puas, sangat penting. Bisa jadi mereka nanti akan merekomendasikan konten Anda dan tak segan-segan untuk datang kembali tanpa diminta. 

Elemen dalam SEO On Page

Sekarang kita akan langsung membahas elemen-elemen yang ada dalam SEO On Page sehingga Anda sebagai seorang pemilik situs bisa memiliki gambaran jelas bagian mana yang perlu mendapatkan fokus untuk dioptimasi. 

Konten

Pertama-tama tentu saja adalah konten. Ingat bahwa algoritma Google maupun mesin pencari lainnya terus berkembang dan semakin pintar. Meski demikian, tujuannya tetap sama, yakni berusaha menyajikan konten yang tepat kepada para pengguna internet. 

Konten bisa bermacam-macam, misalnya tulisan, infografis, video, gambar ataupun kombinasi dari semuanya. 

Dalam optimasi internal ini, maka beberapa elemen yang harus diperhatikan adalah : 

  • Judul konten.
  • Sub-judul.
  • Meta description.
  • Tag.
  • Kata kunci.
  • Url
  • Alt gambar.
  • Internal link.
  • Eksternal link.
  • Teknik penulisan.

Semuanya dan beberapa hal lain yang terkait langsung dengan postingan dari blog Anda harus dioptimasi sedemikian rupa agar mampu meningkatkan daya saing dengan kompetitior sehingga Google merekomendasikan konten Anda di posisi pertama. 

Blog 

Secara keseluruhan, blog Anda juga berperan sangat penting. Jika konten bagus namun blog memiliki fundamental yang buruk, bisa jadi konten-konten lainnya yang berpotensi masuk page one jadi gagal bersinar. 

Beberapa hal terkait hal ini yang perlu Anda perhatikan adalah : 

  • Tema / template blog.
  • HTML.
  • Responsif.
  • Tata letak / layout.
  • Struktur.

Pada dasarnya semua masalah akan selesai jika Anda berhasil memilih template yang pas dan paham cara memodifikasinya agar sesuai dengan kebutuhan web Anda. 

Mengapa demikian? Karena pada dasarnya setiap blog punya karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu bahkan setelah membeli template premium, Anda harus segera mengaturnya agar menunjang SEO On Page. 

Langkah-langkah Penerapan SEO On Page

Ada banyak sekali langkah yang harus diambil terkait optimasi situs agar lebih ramah dan mudah diindeks oleh mesin pencari. Namun Anda bisa melakukan tahapan yang ada di bawah ini terlebih dahulu setelah itu baru mulai mencari teknik lainnya. 

Semua tahap SEO On Page di bawah ini sudah disusun mulai dari yang paling fundamental dan wajib dilakukan. 

Memilih Template Responsif

Ini adalah hal yang mutlak harus dilakukan. Pilihlah template blog yang responsif dan sesuai dengan algoritma terbaru dari Google. Jika hal ini tidak Anda lakukan, maka konten-konten Anda akan sulit bersaing di mesin pencari. 

Perlu diketahui bahwa Google senantiasa memperbaiki algoritma. Untuk itu bacalah artikel-artikel yang dikeluarkan langsung oleh Google untuk bisa mengikuti perkembangan yang ada. 

Dalam algoritma terbaru, Google sangat mengedepankan sisi mobile-friendly. Ini adalah sesuatu yang mungkin tidak bisa diikui oleh template lama yang dibuat 7 tahun yang lalu. Selain itu beberapa isu lain yang cukup menjadi perhatian Google antara lain adalah speed loading, breadcrumb dan posisi / penempatan iklan. 

Untuk menghemat waktu, silahkan coba template berbayar yang selalu diupdate oleh pemiliknya, misal dari Mas Sugeng atau Igniel. Meski berbayar, jika tidak pernah ada upgrade, bisa jadi akan gagal memenuhi persyaratan terbaru Google nantinya. 

Ini tentu berbeda jika Anda seorang ahli koding yang paham bagaimana memaksimalkan HTML dan CSS. Namun jika tidak, lebih baik ambil cara yang mudah saja. 

Mengatur Tata Letak

Layout atau tampilan tata letak blog seharusnya tidak perlu diubah-ubah. Bahkan jika sering gonta-ganti blog ataupun mengubah layout akan membuat blog menjadi sepi karena tidak SEO. 

Untuk itu pertimbangkan masak-masak saat mengatur layout. Apa saja widget yang perlu ditampilkan, dimana meletakkan banner, berapa jumlah postingan related posts yang ingin ditonjolkan, dan sebagainya. 

Tata letak yang buruk akan membuat blog susah di-crawl oleh mesin pencari sekaligus membuat pembaca tidak nyaman. Tentu hal ini tidak Anda inginkan. 

Riset Kata Kunci

Ini bagian yang susah-susah gampang. Banyak bukti bahwa konten-konten yang tidak perlu melalui tahap riset kata kunci justru bisa menduduki peringkat pertama Google. Meski demikian, ada baiknya Anda tetap melalui tahap ini walau belum tentu juga pasti mendapatkan hasil optimal.

Kenapa? Tentu saja karena kompetitor Anda tidak akan tinggal diam saja melihat Anda sukses. Mereka akan terus memperbaiki kualitas konten yang akhirnya menggeser web Anda dari peringkat pertama. 

Lalu bagaimana cara meriset kata kunci yang tepat? Anda bisa mereka-reka sendiri, namun juga bisa menggunakan bantuan tools di bawah ini : 

  • Google Trends.
  • Google Keywords dari Google Ads.
  • Google Search Console.
  • Ahrefs.
  • Ubbersuggest. 
  • Keywords Finder.

Tidak semuanya gratis namun jika memang Anda punya modal coba saja yang berbayar sekalian. Tools yang bagus akan dengan lengkap menyajikan saran kata kunci, CPC, tingkat persaingan, volume pencarian hingga contoh-contoh konten yang menduduki peringkat pertama dengan keywords tersebut.

Bukan hanya kata kunci utama yang perlu Anda dapatkan, namun juga kata kunci turunan, LSI dan sinonim. Pokoknya kalimat atau frase yang kemungkinan akan membawa pengunjung menuju ke situs Anda. Semuanya harus Anda temukan, seleksi dan gunakan di konten dengan tepat.  

Menyebar Kata Kunci

Bahkan setelah Anda menemukan kata kunci yang tepat yakni memiliki tingkat persaingan rendah tetapi volume pencarian tinggi, tugas Anda belum selesai. Selanjutnya, sebarlah keywords tersebut ke dalam konten. 

Beberapa ahli SEO menyarankan untuk menyebar keywords di : 

  • Judul
  • Sub-judul.
  • Paragraf awal.
  • Meta Deskripsi.

Silahkan ikuti saran di atas namun ingat untuk tidak membombardir pembaca dengan konten yang aneh, yakni penuh keywords sehingga tidak enak dibaca. 

Memilih Judul

Langkah selanjutnya adalah memilih judul. Ada banyak kasus dimana tingkat klik rendah padahal sudah masuk ke halaman pertama. Ini karena pengguna internet tidak tertarik dengan judul yang dibuat. Tentu sangat disayangkan. 

Jadi jangan main-main dengan judul namun benar-benar pertimbangkan masak-masak agar pengunjung tertarik membaca konten yang sudah Anda buat. 

Struktur Konten

Ada baiknya dalam postingan, Anda menggunakan juga sub-judul, bullet maupun numbering. Selain lebih enak dibaca dan dipandang mata, beberapa ahli SEO mengatakan hal ini juga mempengaruhi crawling dari mesin Google. 

Struktur yang rapi akan jauh lebih baik dari pada yang asal tulis dan tidak nyaman untuk dinikmati oleh pembaca. 

Internal dan Eksternal Link

Internal link adalah segala link dalam postingan yang mengarah ke artikel dalam blog yang sama. Keberadaan internal link sangat penting untuk bisa menaikkan popularitas dari artikel Anda yang lain. Jika memang ingin mendalaminya lebih lanjut, baca cara membuat internal link yang terstruktur dan rapi untuk menunjang SEO. 

Berbeda dengan internal link, eksternal link adalah semua tautan yang menuju artikel di luar blog. Ini juga penting jika Anda ingin memperkuat pendapat atau keterangan dengan merujuk pada artikel yang dibuat oleh para ahli misalnya. 

Gambar, Video dan Audio

Ada baiknya konten Anda tidak hanya melulu berisi tulisan, namun juga diselipi gambar yang menunjang agar pengunjung merasa nyaman. 

Untuk gambar, pilihlah yang sesuai dengan pembahasan serta atur alt dan tag agar berisi salah satu kata kunci yang Anda bidik. Selain itu jika memang dibutuhkan, lengkapi juga dengan video maupun audio. 

Kualitas Konten

Sekarang setelah semuanya selesai dan Anda sudah membuat artikel, langkah selanjutnya adalah membacanya dan merenungkannya. 

  1. Apakah artikel Anda memberikan solusi yang dicari oleh pengguna internet?
  2. Apakah artikel Anda layak bersaing dengan artikel sejenis?
  3. Apakah pembaca sudah nyaman dengan kalimat yang Anda susun?

Jangan ragu untuk menjawab jujur. Rubahlah jika memang jawabannya tidak memuaskan. Jangan takut merubah posisi kata kunci atau memangkas keywords jika memang diperlukan. 

Ingatlah bahwa ada ribuan orang di luar sana yang mungkin sudah menerbitkan artikel yang sama dengan milik Anda. Walau begitu, kenyamanan pembaca adalah nomor satu. Mereka akan jadi visitor loyal dan mengunjungi blog Anda jika memang Anda menawarkan sesuatu yang menjadi jawaban bagi masalah mereka. 

Demikian, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan tunda lagi. Silahkan dicoba dan aplikasikan agar mendapat hasil yang maksimal. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Langkah-langkah Optimasi SEO On Page Terbaru"

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label