Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

24 Cara Riset Keyword

Riset keywords adalah kegiatan untuk mencari kata kunci yang tepat untuk kemudian digunakan di dalam artikel. Proses ini sangat penting dan bahkan merupakan bagian terpenting dalam SEO On page

Seperti diketahui, ada banyak sekali resiko jika hanya menulis artikel tanpa melakukan riset kata kunci yang tepat. Beberapa adalah : 

  • Artikel sulit bersaing di SERP karena ternyata kata kunci yang ditarget sudah digunakan oleh situs dengan fundamental dan modal yang kuat. 
  • Artikel jadi sepi pembaca karena ternyata volume pencarian dengan kw tersebut sangat rendah atau bahkan nyaris tidak ada. 

Dua hal tadi bisa berakibat blog secara keseluruhan menjadi sulit berkembang. Akibat selanjutnya Anda bisa makin salah strategi dalam mempertahankan maupun meningkatkan kinerja blogging. 

Tidak hanya melulu soal SEO On Page, dalam proses optimasi secara Off Page, artikel yang mengandung kata kunci yang tepat akan lebih mudah dipromosikan maupun dikembangkan dengan strategi lainnya. 

Bagaimana Cara Menemukan Keywords untuk Artikel?

Cara Riset Keywords
Cara Riset Keywords

Pertanyaan di atas memang wajar untuk ditanyakan jika Anda seorang blogger maupun penulis artikel freelance. Namun untuk menjawabnya tidak mudah.

Ada banyak sekali cara yang dilakukan. Secara umum untuk melakukan riset kw yang tepat, seorang blogger haruslah : 

  • Memahami istilah penting terkait riset kata kunci.
  • Menggunakan metode atau alat yang tepat. 

Kedua hal di atas mutlak untuk dikuasai, baik secara umum terlebih secara dalam dan mendetail. Karena tanpa memahami keduanya, maka riset yang dilakukan terancam sia-sia. 

Istilah Dalam Riset Keywords

Jika ingin melakukan riset kata kunci, maka Anda harus memahami beberapa istilah berikut ini dengan baik dan tepat : 

Volume Pencarian

Ini adalah istilah yang merujuk pada seberapa banyak orang-orang di internet menggunakan kata tersebut dalam mesin pencari. Makin besar volume pencarian, maka artinya makin besar punya calon pembaca dari artikel Anda nantinya. Meski demikian haruslah diingat bahwa terkadang ada kata kunci yang hanya booming dalam waktu tertentu. Untuk itu, tools tertentu menyajikan perkembangan volume pencarian dalam rentang waktu tertentu, misal 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan. 

Tingkat Kesulitan

Tidak hanya volume pencarian, Anda sebagai penulis artikel juga harus tahu tingkat kesulitan dari keywords yang akan digunakan. Apakah sudah banyak yang membuatnya? Apakah konten yang menggunakan frasa tersebut memiliki kekuatan yang cukup sulit untuk digeser? Itulah beberapa hal yang juga harus diketahui.

Analisa Kompetitor

Dalam perkembangannya, beberapa tools juga menyajikan data terkait konten-konten yang berada di posisi teratas dalam persaingan di keywords itu. Ini hal yang penting. Dengan bermodalkan hal ini, Anda bisa tahu seperti apa artikel yang harus Anda tulis setidaknya agar kualitasnya sama dengan konten yang sudah ada. 

Selain tiga hal di atas, beberapa tools pencari kata kunci juga akan menyajikan aneka data, grafik dan tabel terkait banyak hal, misal jumlah tautan, tingkat kepopuleran di media sosial hingga CPC. Tentu yang terakhir ini sangat cocok untuk Anda yang juga menggunakan blog sebagai sumber pendapatan melalui monetisasi iklan, misal Google AdSense. 

24 Macam Cara Melakukan Riset Keywords

cara melakukan riset kata kunci
cara melakukan riset kata kunci

Tanpa berpanjang kata lagi, inilah 24 cara untuk mencari keywords dalam menulis artikel blog. Anda sebagai blogger pasti akan terbantu dengan uraian ini. Pilihlah cara yang paling baik, efektif dan efisien bagi pengembangan blog Anda. 

Meski kami memberikan penjelasan secara baik, namun jika ingin mengetahui lebih lanjut tiap-tiap poinnya, Anda bisa mengetahuinya secara lebih detail karena kami sudah menuliskan cara-cara riset keywords blog secara terperinci tiap poinnya. 

Cara Riset Keywords Menggunakan Google

Ini merupakan cara paling umum sekaligus paling banyak diminati. Kenapa? Karena selain pada dasarnya gratis, Google juga merupakan tujuan dan rujukan utama karena pihak Google yang nanti akan meranking artikel yang Anda buat. 

Ada beberapa fitur dan layanan dari Google yang bisa Anda manfaatkan. Jika Anda belum mengetahuinya, silahkan pelajari dengan seksama. 

Google Question Hub

mencari kata kunci menggunakan Google Question Hub
Google Question Hub

Anda sedang mencari cara riset keywords gratis? Maka Google Question Hub jawabannya. Ini adalah fitur Google yang mulai muncul sekitar tahun 2019-2020 dan jika dimaksimalkan dengan baik sudah lebih dari cukup untuk menemukan kata kunci yang tepat dalam membuat artikel yang mampu menarik banyak trafik organik. 

Google Question Hub adalah fitur yang menyajikan pertanyaan-pertanyaan dari para pengguna mesin pencari Google. Jadi dengan bermodalkan pertanyaan tersebut, Anda bisa membuat artikel. Dengan kata lain, Google sudah menyediakan orang yang siap mencari dan membaca artikel yang akan dibuat. Menarik bukan?

Untuk itu jangan lewatkan kesempatan ini. Segera ketahui cara riset keywords menggunakan Google Question Hub sehingga selain hemat, Anda bisa mendapatkan trafik organik. 

Google Auto Complete Predictions

mencari kata kunci blog menggunakan Google Auto Complete Predictions
Google Auto Complete Predictions

Sebenarnya kurang tepat jika dikatakan Anda tidak mengenal Google Auto Complete Predictions. Ini adalah rekomendasi kalimat yang selalu diberikan ketika seseorang sedang mencari sesuatu di kolom pencarian. Mungkin Anda hanya tidak tahu istilahnya tetapi sebenarnya sudah sangat sering melihatnya. 

Coba lihat gambar di atas. Itulah Googole Auto Complete Predictions, dimana Google memiliki teknologi untuk merekomendasikan apa yang akan ditulis oleh para penggunanya. Tentu ini berasal dari kalimat atau frasa sebelumnya yang sering digunakan dalam kolom pencarian

Google Keywords Planner

Google Keyword Planner
Google Keyword Planner

Bagi para praktisi SEO dan orang-orang yang berkecimpung di dunia digital marketing, Google Keywords Planner adalah alat wajib untuk bisa meningkatkan kinerja sekaligus mencapai target, yakni mendapatkan banyak trafik yang diharapkan bisa dikonversi menjadi pembeli. 

Andai bukan blog tentang jualan, Anda tetap bisa memanfaatkan layanan Google Keywords Planner. Terlebih fitur ini cukup menarik karena lengkap menyajikan data seputar persaingan dalam suatu kueri. 

Google Trends

Google Trends
Google Trends

Selain Keyword Planner, Google juga mempunyai Google Trends yang bisa menyajikan topik-topik yang ingin Anda ketahui datanya, baik itu secara rentang waktu, wilayah hingga grafik perkembangannya dalam kurun waktu tertentu. 

Meski sangat baik untuk blogger yang punya blog berbahasa Inggris dan target market Eropa maupun Amerika Serikat, Google trends juga bisa dimanfaatkan dalam memantau topik-topik yang sedang hangat di Indonesia. Tentunya dalam Bahasa Indonesia. 

Ketahui cara mencari topik menulis blog menggunakan Google Trends agar artikel Anda benar-benar memiliki volume pencarian yang sesuai dengan yang Anda harapkan. 

Google Search Console

Google Search Console
Google Search Console

GSC atau Google Search Console adalah alat terbaik untuk mendaftarkan blog kita dalam mesin pencari Google agar bisa dirayapi sehingga artikel di situs bisa ditampilkan. Namun ternyata tidak itu saja fungsi GSC. 

Banyak yang belum tahu bahwa GSC bisa menjadi sarana mencari kata kunci terbaik dan bahkan mengoptimalkan postingan lawas agar mampu mendapatkan lebih banyak trafik. Kami sudah pernah membuat panduan mengenai hal tersebut. Silahkan dibaca dengan baik. 

Google "People Also Ask"

memanfaatkan fitur People Also Ask untuk mencari kw
People Also Ask

Fitur selanjutnya yang tak kalah seru dan unik serta harus Anda coba adalah Google People Also Ask atau PAA. Ini merupakan layanan Google yang bertujuan agar para pengguna mesin telusurnya juga punya insight lain terkait apa yang sedang mereka tanyakan. 

Dalam PAA, Google menyediakan kalimat berupa pertanyaan yang ditanyakan orang-orang dan tentu saja ini merupakan hal yang bisa dimanfaatkan menjadi kata kunci dalam membuat artikel. 

Google Discovery

Google Discover
Google Discover

Ini adalah fitur dimana Google menampilkan berita, informasi maupun konten (artikel dan video) kepada para pengguna aplikasi Google di Android. Jika Anda menggunakan Google di Android, maka pasti sering melihat kartu-kartu berisi berita atau informasi yang direkomendasikan untuk Anda. Itulah Google Discover. 

Bisakah Google Discover dimaksimalkan untuk mencari kw? Tenang, kami sudah menyediakan panduannya untuk Anda di cara memanfaatkan Google Discover untuk mencari topik menulis artikel

Menemukan Kata Kunci dari Medsos / Forum

Jangan salah, dengan media sosial Anda sebagai blogger atau praktisi SEO juga bisa menemukan kata kunci, baik itu evergreen atau yang sedang populer saat ini. Hebatnya lagi Anda bisa melakukannya tanpa perlu mengeluarkan biaya alias gratis. 

Ada beberapa medsos yang bisa digunakan. Silahkan klik jika memang ingin mengetahui caranya secara detail, kami sudah buat panduannya untuk masing-masing poin. 

Quora

Quora adalah salah satu media sosial terbaik saat ini. Socmed ini merupakan kombinasi antara Medium, Ask FM dan Facebook. Anda bisa mengajukan pertanyaan, membuat Ruang hingga berkomunikasi dengan sesama pengguna. 

Sebagai blogger, Anda juga bisa memanfaatkan Quora untuk mencari keywords. Ada banyak penulis hebat di sana dengan latar belakang yang mengagumkan. Karya tulisan yang mereka hasilkan juga luar biasa. Namun bagaimana cara mencari kw di Quora? Cari tahu detailnya di sini. 

Twitter

Tentu saja dengan Twitter Anda akan mampu mendapatkan banyak sekali topik maupun kata kunci sebagai modal untuk menulis artikel. Ketahui secara detail cara mencari keywords terbaik dari Twitter untuk blog. 

Pinterest

Sebenarnya secara umum Pinterest juga merupakan salah satu medsos bahkan terhitung yang cukup populer di Indonesia. Meski demikian karena kontennya pada umumnya adalah gambar serta video, mungkin banyak yang belum tahu di sini Anda juga bisa mendapatkan kata kunci berkualitas dari Pinterest. 

Facebook

Riset keywords dibutuhkan untuk mendapatkan kepastian bahwa artikel yang ditulis memang akan ada yang membacanya. Dan di Facebook Anda akan mendapatkan banyak sekali cara untuk menemukan kw yang berkualitas.

Bagaimana caranya? Bisa dengan mengamati perkembangan grup yang membahas topik yang sama dengan niche blog ataupun 5 cara powerfull lainnya. Ketahui semuanya di sini. 

Tiktok

Perkembangan Tiktok dalam 4 tahun belakangan ini sangat mengagumkan. Dengan berbagai keunggulan dibanding medsos yang sudah lebih dahulu hadir, Tiktok mampu mempertahankan posisinya bahkan mengancam kompetitornya.

Berbagai cara bisa Anda lakukan untuk bisa mencari topik atau ide menulis artikel dari Tiktok, bahkan termasuk mempopulerkan topik dan ide yang sudah Anda buat. Luar biasa, bukan? 

Medium

Memang Medium sebagai media sosial jauh lebih populer secara internasional, khususnya bagi para penutur Bahasa Inggris. Ini tentu bagus jika Anda adalah pemilik blog bule. Jangan lewatkan panduan mencari ide menulis dan kw dari Medium. 

Kaskus

Harus diakui bahwa masa kejayaan Kaskus sebagai sebuah forum internet terbesar di Indonesia sudah lewat. Semua itu tidak lain karena perkembangan media sosial di Indonesia yang begitu dinamis. Lantas jangan berpikir dengan itu, Anda tidak bisa mencari kata kunci dari Kaskus. Tetap bisa. Baca semuanya di artikel ini. 

Ads Id

Jika Anda belum tahu, maka sekarang Anda akan sangat senang mengetahui bahwa ada forum bernama Ads Id. Di sini berkumpul para praktisi SEO, digital marketing, blogger maupun web developer yang tentu saja rutin membahas banyak hal bermanfaat. 

Dari sini semuanya bermula. Dengan bahasa daging tersebut, Anda bisa gunakan dan olah untuk menjadi modal menulis artikel blog. Menarik bukan? Bukan hanya kata kunci tetapi juga ilmu yang bermanfaat. 

Tools Untuk Mencari Kata Kunci 

Selain menggunakan medsos dan fitur dari Google, ada banyak tools yang powerfull dalam membantu Anda menemukan keywords yang baik. Sayangnya, nyaris semua tools ini hanya bisa dimanfaatkan secara maksimal jika memiliki akun premiun atau berbayar. 

Ubersuggest 

Rasanya ini masih menjadi tool SEO terbaik saat ini, yakni Ubersuggest. Hanya saja Anda perlu modal untuk berlangganan jika ingin mendapatkan layanan premium. 

Dengan Ubersuggest dari Neil Patel, Anda mampu mengetahui secara cukup detail persaingan di tiap kueri sehingga bisa mengukur atau membandingkan dengan fundamental blog Anda. 

Ahrefs

Ahrefs sangat baik untuk mengeksplorasi keywords berbahasa Inggris. Untuk Bahasa Indonesia rasanya harus perlu ditingkatkan kembali. Namun fitur lain dari Ahrefs sangat bermanfaat, termasuk diantaranya mengukur kompetitor yang juga menggunakan kata kunci yang sama dengan konten Anda. 

Moz

Salah satu kelebihan Moz adalah dapat dipasang sebagai ekstensi tambahan di browser, sehingga secara langsung Anda bisa mengintip kekuatan dari sebuah situs yang Anda buka. Tentu meski berbagai fasilitas Moz bisa diakses gratis, namun jika ingin mendapat layanan maksimal harus berlangganan. 

Dua fitur lainnya yang cukup penting yakni Keyword Explorer dan Link Explorer. Ketahui cara menggunakan Moz untuk mencari kw sehingga mampu meningkatkan kunjungan ke blog Anda. 

SEMrush

SEMrush adalah sahabat bagi semua blogger dan pengembang situs, khususnya untuk mencari kata kunci yang relevan dengan niche web mereka. Anda juga bisa memanfaatkannya. Alat khusus milik SEMrush ini bernama Keywords Magic Tool.

Question DB

Belum pernah mendengar tool yang satu ini? Jangan khawatir, karena memang Quesiton DB lebih populer di luar negeri, khususnya untuk mencari kw dari blog berbahasa Inggris. Anda yang berada di jalur ini silahkan mulai mengeksplorasinya.

Keyword Tool Dominator

Alat yang bernama Keyword Tool Dominator sangat baik dalam membantu para penulis untuk mencari topik dan kalimat pokok yang akan dielaborasi menjadi sebuah artikel. Meski mungkin kurang begitu populer di Indonesia, nyatanya Keyword Tool Dominator memiliki berbagai keunggulan yang bisa Anda coba sebagai alternatif tool pencari keywords terbaik. 

Media Massa

Memang pada dasarnya terjadi suatu fenomena yang menyedihkan dimana konten klik bait dan konten yang mementingkan iklan sering ditayangkan oleh media massa kita, khususnya yang berplatform website. 

Meski demikian, media massa masih menjadi sumber mencari ide, topik bahkan keywords, khususnya yang bertipe populer. Ini bisa juga Anda manfaatkan. 

Koran

Beberapa koran besar seperti Kompas, Media Indonesia, Suara Merdeka ataupun Jawa Pos rutin mengunggah berita dalam maupun luar negeri. Berita lokalpun sering muncul. Inilah kelebihan media koran yang sudah punya akar yang kuat. Ketahui cara mencari keyword dari surat kabar agar Anda selalu punya alasan untuk menulis artikel. 

Televisi

Saluran televisi dan acara-acara yang ditampilkan juga bisa jadi sumber menulis artikel untuk blog asal Anda tahu caranya dengan baik. 

Langkah dalam mencari kata kunci menulis artikel dari televisi sudah kami jelaskan di postingan sebelumnya. Silahkan lihat dan praktikkan. 

Situs Media Populer

Sekarang hampir semua media massa yang dahulu berplatform koran, radio maupun televisi juga punya kanal ataupun website. Mereka punya variasi konten dan kualitas postingan yang berbeda. Cobalah amati dan analisa, maka akan dengan mudah Anda menemukan banyak kw dari situs populer untuk dijadikan konten. 

Susun Strategi yang Tepat

Strategi SEO yang Tepat
Strategi SEO yang Tepat

Apa maksudnya dari menyusun strategi yang tepat? Pertama pastikan bahwa rencana pengembangan blog Anda benar-benar sepadan dengan apa yang sudah Anda keluarkan, baik itu biaya, waktu dan tenaga. Jangan sampai nantinya membeli banyak tools premium namun penghasilan sangat kecil bahkan tidak mampu untuk membayar langganan domain. 

Banyak Belajar

Tentu saja ini merupakan hal yang wajib dilakukan setiap blogger, yakni rajin belajar. Hal ini juga berhubungan dengan rajinnya Google dan Bing melakukan update algoritma. Jangan sampai Anda ketinggalan. 

Belajar dari referensi yang tepat dan detail mengenai SEO juga penting agar Anda mampu mencari celah sehingga tidak melulu mengeluarkan dana besar. 

Rajin Bereksperimen

Selain belajar, tentu saja segera eksekusi ilmu yang Anda dapatkan. Cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut ini : 

  • Melakukan variasi dalam menulis artikel.
  • Berkeksperimen dengan Long Tail Keyword dan LSI.
  • Menulis dengan tingkat Keywords Density dan Persebaran Keywords yang berbeda-beda lalu menganalisa hasilnya.

Pentingnya Menemukan Keyword yang Tepat

Sekali lagi harus diingat bahwa mencari dan kemudian menemukan keywords yang tepat seperti menemukan emas. Emas akan tetap jadi emas jika tidak diolah. Jadi setelah menemukannya Anda harus bisa memanfaatkannya menjadi artikel dengan cara yang tepat pula. 

Konsisten Dengan Satu Niche

Apakah ini harus? Sebenarnya tidak namun jika Anda baru mau buat blog di tahun ini, rasa-rasanya cara paling mudah adalah dengan setia pada satu niche terlebih dahulu dan kemudian mengeksplorasi semua kueri yang ada dengan baik. 

Mempelajari Berbagai Cara Mencari Keyword 

Di atas sudah dijelaskan ada 24 cara. Jangan terpaku pada satu atau dua cara. Cobalah semuanya atau setidaknya beberapa yang menurut Anda paling efektif. Jika perlu temukan cara Anda sendiri. Ingat kompetitor Anda bukan cuma sesama blogger blog personal tetapi juga marketplace dan bahkan media raksasa. Semoga sukses!

Adi
Adi Saya adalah seorang penulis dan blogger yang sudah mendalami dunia blog sejak 2010. Saya menulis tentang banyak hal, seperti games, teknologi, filsafat, pendidikan, politik, fashion, olahraga, buku, kuliner, dll. Pernah mengikuti berbagai pelatihan dan kursus dari NGO maupun pemerintah.

Posting Komentar untuk "24 Cara Riset Keyword"