Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ketidakpastian - Refleksi #3

Dalam dunia fana ini, satu hal yang pasti justru ketidakpastian itu sendiri. Siapa menyangka tahun 2019-2021, dunia ambruk karena pandemi, sesuatu yang tidak pernah ada yang memperkirakan sebelumnya.

Pandemi telah mengubah banyak hal, bahkan hingga sekarang. Masih cukup banyak orang yang bisnisnya hancur karena COVID dan sampai hari ini belum mampu untuk bangkit. Inilah contoh nyata bagaimana ketidakpastian bisa mengubah hidup manusia.

Dalam dunia politik, ketidakpastian makin terpampang nyata. Politikus dari partai A bisa menyeberang ke partai B. Etika diinjak-injak, harga diri tidak diperhitungkan lagi. Semua dikorbankan demi kepentingan pribadi, demi nafsu berkuasa.

Ketidakpastian juga terlihat di dalam dimensi ekonomi. Inflasi datang dan pergi, tetapi lebih sering datang dan terus melambung. Hal ini membuat siapapun berada di ambang kebangkrutan maupun PHK. 

Lantas apa yang bisa dilakukan? Teruslah bekerja seperti biasa. Teruslah berusaha untuk berjalan apa adanya. Jangan biarkan ketidakpastian memengaruhi hidup. 

Dalam Alkitab sudah dijelaskan bahwa sebenarnya apapun usaha manusia itu sama seperti menjaring angin. Lebih lagi, tidak ada yang baru di dunia ini. Semua yang ada sudah pernah ada. Termasuk naik turunnya kehidupan.

Saya sendiri meyakini selama masih ada di dunia, manusia akan sering melihat perubahan. Itu adalah suatu formula pasti. Namun ada satu hal lagi yang tidak berubah, yaitu Tuhan Yesus.

Tuhan mendeklarasikan diri sebagai Alfa dan Omega, yakni yang pertama dan terakhir. Dia tidak berubah, baik Dia maupun firman-Nya yang pernah ia berikan. 

Di dalam dunia yang tidak pasti ini, saya yakin kita perlu sesuatu yang pasti dan tidak berubah, yaitu Tuhan Yesus. Dia sudah berjanji bahwa Dia tidak akan meninggalkan umatNya.

Mungkin saat ini Anda berada dalam kebingungan dan ketidakpastian. Yakinlah bahwa Tuhan Yesus selalu ada untuk Anda. Dia tidak akan meninggalkan Anda. 

ketidakpastian
ketidakpastian

Doa Refleksi Hari Ini

Tuhan, bantulah kami untuk bertahan dan bahkan terus bertumbuh dan berkembang. Ijinkan kami untuk terus berkarya, mencari rejeki dan membantu orang lain, apapun keadaan kami. Dan ketika berada di tengah ketidakpastian, topanglah Kami agar kami bisa tetap berdiri. Amin.

Kredit foto: Suzanne D. Williams on Unsplash

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Ketidakpastian - Refleksi #3"