Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 50 Hantu di Indonesia Terlengkap dari Berbagai Daerah

Orang Indonesia sudah lama mengenal beberapa nama hantu dari berbagai daerah. Seiring dengan berjalannya waktu, daftar hantu di Indonesia kian bertambah. Hal itu dipengaruhi oleh masuknya budaya pop luar negeri yang turut menambah kekayaan nama-nama setan yang populer di masyarakat.

Dalam kesempatan kali ini, Catatan Adi yang memang suka hal berbau misteri, akan memberikan ulasan menarik tentang daftar setan di Indonesia yang berisi 50 nama-nama hantu yang terkenal di kalangan rakyat Indonesia.

Nama-nama hantu di Indonesia
Setan di Indonesia

Di daftar ini kami juga akan sebisa mungkin memberikan ulasan terkait asal hantu tersebut berikut sedikit latar belakangnya dan alasannya kenapa kok harus ditakuti.

Meski demikian nama setan dari Indonesia asli di bawah ini juga akan digabung dengan hantu impor, supaya khazanah budaya seram di negeri kita makin menakutkan.

Inilah daftar hantu yang berlatar belakang asli Indonesia, meski jelas bahwa jika dirunut sampai ke akar-akarnya, mungkin tetap ada pengaruh dari luar negeri.

1. Banaspati

Banaspati adalah nama hantu dari Jawa yang berbentuk kepala terbang dan diselemitui api. Ada juga yang menyebut Banaspati sebagai bola api terbang yang merupakan bentuk santet dari dukun berilmu tinggi. 

2. Genderuwo

Genderuwo sangat terkenal sebagai makhluk ghaib yang suka menakuti orang-orang ketika malam menjelang. Bentuk dari genderuwo sendiri adalah sosok yang tinggi besar, hitam, seperti bayangan namun bisa beralih rupa menjadi manusia untuk mengelabui korbannya. Genderuwo termasuk hantu mesum yang dikabarkan suka menodai wanita-wanita. 

3. Ndas Glundung / Ndas Pringis

Berbentuk kepala tanpa badan yang suka menakuti orang-orang. Dalam cerita-cerita lawas yang berkembang di masyarakat, Ndas Glundung sering menyamar sebagai objek bulat, macam buah semangka atau bola dan masuk ke keranjang belanjaan. Nanti ketika dibuka di rumah akan berubah jadi wujud asalnya, yaitu kepala dengan mulut mrenges seperti sedang pamer gigi habis di-bleaching.

4. Kuntilanak

Hantu paling mengerikan yang sering dimanfaatkan emak-emak Nusantara untuk membuat anak-anak segera pulang ketika sudah kelewat sore.

Kuntilanak berkembang menjadi semacam mitologi yang dipercaya luas oleh rakyat Indonesia, sebagai perwujudan hantu wanita berdaster putih yang suka menculik anak-anak untuk disusui dan dijadikan budaknya. 

5. Tuyul

Tuyul adalah hantu pekerja keras yang tanpa lelah mencari uang demi majikannya. Hebatnya, tuyul tidak mau mengacaukan kondisi moneter nasional sehingga pantang mencuri di bank. Belum diketahui apakah tuyul juga tertarik dengan mata uang kripto. 

Catatan Adi sempat mengulas secara detail mengenai perkembangan mitos tuyul dari masa-masa. Silahkan baca di artikel tentang Tuyul jika Anda tertarik. 

6. Pocongan

Entah apakah leluhur kita yang belum mengenal kain pocong juga pernah dihantui oleh makhluk gaib satu ini. 

Hantu pocong atau pocongan memiliki cerita dengan berbagai versi. Dalam perkembangannya, ada banyak kasus kejahatan yang melibatkan orang-orang kurang waras yang sudi-sudinya membongkar makam demi berburu tali pocong perawan. 

Di beberapa urban legend, pocong juga jadi kambing hitam dimana ludahnya ditengarai bermanfaat untuk membuat masakan dari restoran yang pemiliknya menggunakan jasa dukun bisa jadi lebih lezat. 

7. Sundel Bolong

Sundel Bolong adalah hantu wanita, mirip seperti Kuntilanak, namun ciri khasnya adalah adanya lubang di punggungnya. Di lubang itu, dikatakan terdapat cacing, kalajengking, ulat, dan hewan-hewan menjijikkan lainnya. 

8. Siluman Buaya Putih

Hantu yang satu ini berbentuk siluman yang sering berwujud sebagai buaya putih. Di beberapa tempat, Siluman Buaya Putih dipuja untuk praktik memperkaya diri. 

9. Hantu Gebi

Tentu saja Hantu Gebi harus dimasukkan dalam daftar setan-setan di Indonesia. Hantu ini tidak jelas bentuknya seperti apa, karena Gebi sendiri juga tidak pernah muncul. Hanya saja hantu ini sangat populer di kalangan angkatan MP3 dan hape batangan JAVA. 

Hantu Gebi sangat erat kaitannya dengan sebuah lagu misterius yang sebenarnya tidak punya nuansa mistis sama sekali (bandingkan dengan lingsir wingi), namun kisah yang berkembang adalah Gebi akan datang untuk menghantui mereka yang mendengarkan lagu ini. 

Menurut penulis, justru yang sebenarnya setan adalah yang membuat kisah-kisah kurang ajar seperti ini yang membuat orang Indonesia yang dari sononya suka ditakuti makin menjadi-jadi. 

10. Kolor Ijo

Ini adalah hantu yang muncul dan berkembang pesat khususnya di media 90an hingga 2000an. Diceritakan kolor ijo adalah raksasa yang berkulit hijau dan tentu saja memakai kolor hijau. Apakah ini saudara dari Hulk, juga tidak banyak yang bisa menjelaskan. Hanya saja beberapa tahun lalu sempat terungkap ada sesosok anying pria mesum yang menyamar jadi kolor ijo dan menjahili para wanita. Untuk saja setan jadi-jadian ini tertangkap. 

11. Jerangkong

Berbentuk tengkorak alias rangka tulang-belulang yang bisa berjalan, Jerangkong juga dimanfaatkan oleh orang tua agar anaknya mau makan dan bisa gemuk sehingga terhindar dari sakit penyakit. 

12. Kongkong Pancing

Kongkong Pancing adalah hantu asal Sulawesi yang berbentuk seorang penunggang kuda ditemani oleh para silmuan. Mereka gemar menakuti penduduk kampung di sekitar Gunung Bawakaraeng. 

13. Momok

Untuk yang satu ini, kita harus melihat KBBI. Momok adalah sesuatu yang ganas, kalau misal dalam kalimat seperti : Cristiano Ronaldo adalah momok yang menakutkan bagi AC Milan. Nah momok sendiri juga berarti hantu secara umum. 

14. Nenek Gayung / Kakek Cangkul

Nenek Gayung adalah hantu atau setan yang makin berkembang selaras dengan film horor kebanggaan anak bangsa dengan judul yang sama, Hantu Nenek Gayung. 

Jika membahas Nenek Gayung, haruslah juga sekalian mengulas suaminya, yakni Kakek Cangkul. Dikisahkan dia adalah hantu berwujud manusia tua bangka yang hobi membawa cangkul kemanapun. 

15. Setan Alas

Bermula dari usaha manusia untuk menyebut hantu-hantu penunggu hutan, Setan Alas akhirnya bermetamorfosis menjadi umpatan ketika orang sedang marah pada rekan kerjanya yang memang ga ada akhlak. Dasar Setan Alas! 

16. Kuyang

Kami sudah pernah membahas secara detail di artikel berjudul Hantu Kuyang. Memang ini adalah satu satu makhluk hidup legend yang bisa digolongkan sebagai hantu papan atas dalam menyebarkan rasa takut.

Berasal dari Kalimantan, Kuyang ditengarai suka memakan janin atau bayi dari manusia. Untuk itu, banyak orang berjaga-jaga jika ada orang yang hamil dan mau melahirkan. 

17. Suwangi

Jika Kuyang sangat terkenal di Kalimantan, maka di Indonesia bagian timur ada Suwanggi. Hantu ini dikenal oleh masyarakat Papua dan identik dengan ilmu sihir.

18. Palasik

Mirip Kuyang, namun ia berkembang menjadi semacam urban legend untuk wilayah yang didiami suku Melayu Sumatera dan Minang. Apakah dia merupakan wujud dari Kuyang di luar Kalimantan? Bisa jadi. 

19. Jelangkung

Jelangkung atau Jailangkung sebenarnya adalah papan permainan mirip Ouja, namun juga menggunakan boneka yang dibuat dari ranting ataupun kayu kecil. 

20. Orang Bunian

Cerita seputar Orang Bunian berkembang luas, khususnya di Kalimantan dan Malaysia. Mereka dikatakan punya kekuataan ghaib dan sakti. Selain itu mereka misterius dan jarang mau menampakkan diri pada masyarakat luas. 

21. Hantu Lulun Samak

Dari Jawa Barat ada juga Hantu Lulun Samak, yang entah kenapa punya kemiripan dengan beberapa hantu lain, yakni menakuti anak-anak. Khusus Lulun Samak, hantu ini sering muncul di sungai ketika hari menjelang malam.

22. Babi Ngepet

Ini adalah upaya dari orang-orang yang ingin sugih tapi enggan kerja keras. Alhasil mereka ambil jalan pintas yaitu berubah wujud jadi babi dan mencuri uang. Apakah babi-babi yang katanya siluman itu beneran babi atau babi ngepet, penulis juga tidak tahu. 

23. Tetangga Berisik

Tetangga yang berisik, hobi dangdutan koplo ga jelas dengan suara bervolume super berisik juga adalah hantu. Mereka tidak layak hidup di lingkungan manusia. Sayangnya, kalau Anda adalah satu-satunya manusia di sarang para hantu jenis ini, kami turut prihatin. 

24. Oreng Pote

Ini adalah hantu yang berasal dari Pulau Bawean. Oreng Pote memiliki wujud seperti manusia namun kulitnya putih dan matanya hitam. Hantu ini kerap membawa sial 

25. Hantu Jeruk Purut

Urban Legend dari anak Jakarta Selatan. Satu hal yang bikin geleng-geleng kepala, Hantu Jeruk Purut sejatinya adalah pastor yang bergentayangan tanpa kepala. Kok bisa?

26. Hantu Budheg

Juga merupakan urban legend yang berkembang luas di era modern, Hantu Budheg adalah penampakan sosok yang mirip orang budheq atau tuli. Ia kemudian mempertontonkan dirinya ditabrak kereta api atau bis. 

27. Ohang Pandak

Hantu yang bergentayangan di sekitar Gunung Kerinci dan wilayah di sekitarnya. Disebut demikian karena bentuknya kayak orang tapi pendek. 

28. Si Manis Jembatan Ancol

Muncul setelah kasus pembunuhan dan pemerkosaan seorang wanita. Hantunya ditengarai bergentayangan. Di televisi, sinetron Si Manis Jembatan Ancol juga menghantui para bocil generasi 90an, padahal rumah mereka di desa jauh dari kawasan Jembatan Ancol. 

29. Hantu Muka Rata

Apakah terpengaruh oleh budaya Jepang? Bisa jadi, tapi Hantu Muka Rata sangat terkenal sebagai sosok hantu modern yang muncul karena korban kecelakaan. Ini beda sama muka tembok. 

30. Hantu Politik

Adalah makhluk misterius yang tiba-tiba muncul pada saat kampanye dengan senyum manisnya lalu kabur dan menghilang ketika tujuan yang diidamkan sudah terwujud. Inilah hantu dari segala hantu. 

31. Mariaban

Adalah hantu dari Kalimantan yang mirip Genderuwo, yang berbadan besar dan memiliki bulu yang lebat. Dasar orang Indonesia, hantu ini justru diburu untuk diambil bulunya. Katanya bisa buat wanita jatuh hati. Padahal jimat paling kuat untuk urusan ini hanya dua : janji palsu dan uang banyak. 

32. Bojog Selem

Bojog Selem adalah hantu asal Pulau Bali yang cukup ditakuti oleh orang-orang yang mempercayai keberadaannya. Hantu ini punya cakar yang panjang dan wujudnya mirip kera. 

33. Kandoleng

Ini adalah hantu asli Nusantara dan memiliki kepopuleran yang cukup tinggi dalam dunia perhantuan. Mirip dengan hantu lainnya, dia suka memangsa anak-anak. Hantu ini menjadi mitos yang cukup menyeramkan di wilayah Sulawesi.

34. Antu Banyu

Ini adalah setan dari Indonesia dengan cerita yang sangat seram. Jadi wujudnya adalah wanita dan suka menyamar sebagai penumpang kapal. Setiap kapal yang ditumpanginya akan tenggelam.

Saat kapal tenggelam dan orang-orang masuk air, Antu Banyu segera memangsa mereka. Serem kali, bah! Dia berkembang di tengah masyarakat Sungai Musi dan sekitarnya.

35. Siluman Ular

Banyak mitos yang berbeda-beda tentang siluman ular, namun Catatanadi.com akan mengulas mengenai siluman ular yang menjadi media untuk memperkaya diri secara jahat. 

Jadi pemilik siluman ular akan menyerahkan pembantu atau orang-orang terdekatnya untuk dimangsa sang siluman demi cuan. Kurang ajar!

36. Hantu Bajang

Hantu Bajang muncul dari anak-anak yang keguguran atau digugurkan atau dibuang oleh orang tuanya. Kasihan sekali nasibmu nak. Sungguh kejam dunia. 

37. Jurig Jarian

Ini adalah setan dari Sunda, yakni hantu yang suka menunggu tempat sampah atau tempat-tempat yang kotor. Jurig Jarian merupakan hantu endemik Indonesia. 

38. Hantu Mata Terbang / Mata Besar

Hantu ini berbentuk mata yang besar dan terbang melayang-layang seperti layang-layang benang panjang. Sungguh menakutkan. Udah, gitu aja. 

39. Hantu Noni Belanda

Hantu ini mulai muncul paska kemerdekaan, yakni dengan subyek utama setan wanita bule yang bergentayangan di sebuah bangunan. Ada banyak versi dan tiap wilayah nampaknya punya hantu noni Belanda masing-masing. 

40. Hantu Setan Jepang

Mirip sama Hantu Noni Belanda, Hantu Setan Jepang muncul paska kemerdekaan dan berwujud para prajurit Jepang yang bergentayangan. Mungkin tentara Jepang akan makin merana mengetahui negerinya dijadikan bemper Amerika Serikat dalam mengawasi Asia. 

41. Lampor

Hantu ini mirip Banaspati dan bahkan catatanadi.com menengarai ini adalah versi alternatif dari Banaspati, karena sama-sama berbentuk bola api dan terkait dengan ilmu yang ga bener. 

42. Mak Lampir

Cerita Mak Lampir ternyata lebih rumit dari yang ditayangkan Indosiar. Katanya dia adalah puteri Champa yang ke Indonesia dan kemudian jadi setan setelah bertapa di Gunung Merapi. 

43. Gerandong

Entah ini awalnya makhluk ciptaan tipi Indonesia atau memang ada, tapi Grandong atau Gerandong segera mendapatkan tempatnya di kalangan penggila mistis dan pecinta cerita setan. Dia adalah anak dari Mak Lampir yang punya wujud sebagai manusia berbulu lebat. 

44. Siluman Anjing

Adalah hantu berwujud anjing tapi berkepala manusia. Siluman anjing sering mengikuti orang yang berjalan sendirian untuk ditakut-takuti.

45. Parakang

Satu lagi hantu asal Sulawesi, yakni Parakang. Entah mengapa hantu Indonesia dikabarkan suka memangsa anak-anak, tak terkecuali dengan Parakang. 

Setan Parakang diceritakan adalah pemakan anak-anak. Ia punya wujud manusia dengan bentuk rambut acak-acakan dan bau yang tidak enak.

46. Hantu Botol Manci

Ini adalah setan dari Maluku dan sekitarnya. Ia berwujud bayi yang menyeramkan dan bertopi kerucut. Ia juga selalu membawa botol minum kemana-mana? Jadi sejak kapan hantu ini muncul? Tentu sejak ditemukan botol. 

47. Andong Pocong

Ini adalah hantu yang paling mengerikan menurut versi Catatan Adi, karena berkembang sangat luas seiring dengan pembangunan jalan, jembatan, hingga gedung. 

Hantu Andong Pocong jelas adalah wujud teror, entah tercipta dengan sengaja atau tidak, yang sangat meresahkan. Dikatakan ada pocongan yang naik dokar (terdengar menggelikan padahal mengerikan) namun ia menculik anak-anak untuk jadi tumbal proyek. 

Hantu Andong Pocong sampai membuat pihak berwenang turun tangan. Apakah ini adalah gerakan sindikat penjualan organ manusia, atau hanya keisengan tidak bertanggung jawab yang berkembang secara otomatis, tidak ada yang tahu. 

48. Jenglot

Hantu berbentuk seperti ginseng yang sering digunakan menjadi jimat. Mudah ditemui, baik di pasar malam atau marketplace. 

49. Hantu Mambang

Menurut Catatan Adi, Hantu Mambang adalah sisa-sisa dari local wisdom di tanah Jawa. Alih-alih dijauhi, Hantu Mambang justru membantu petani dalam rangka mengusir hama burung dan belalang. Sebagai imbalannya, keluarga tani tradisional memberikan sesajen bagi makhluk ini. 

Kini Hantu Mambang kalah tenar dengan pestisida dan insektisida yang makin luas digunakan dalam dunia pertanian. 

50. Wewe Gombel

Jangan salah baca, ini wewe gombel, bukan cewek gembel. Hantu ini punya banyak kemiripan dengan kuntilanak, hanya saja dia tidak terlalu suka bernyanyi dan suka menculik anak-anak untuk disusui dengan susunya yang menggelambir. 

Itulah nama-nama setan yang terkenal dari Indonesia dan mancanegara yang juga mulai populer di kalangan rakyat negeri 62. Mana hantu yang paling kamu takuti?

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

2 komentar untuk "Daftar 50 Hantu di Indonesia Terlengkap dari Berbagai Daerah"

  1. waduh banyak banget ya mas jenis hantu di indonesia, seremnya ga kalah sama hantu di luar negeri :D

    BalasHapus
  2. wow matabelo hihi
    banyak banget sampai 50 ya Mas Adi...aku tuh takut banget ama yang namanya kuyang atau palasik...ya belom pernah lihat sih cuma baca baca aja urban legend beberapa daerah di Indonesia...tapi ngebayangin modelannya ada kepala tok dan usus serta jeroan terburai itu loh...duh begidik aku kwkwkwk

    kalau orang bunian aku malah baru engehnya setelah nonton horror komefi asal Malaysia...sebangsa peri hutan waktu itu aku nontonnya Mas

    kalau dulu waktu kecil sering diweden wedeni orang tua misal kita main terus ga mau pulang, katanya he awas loh ntar digowo momok...atau wewe gombel wkwkwk..

    yang hantu mambang ternyata mitosnya malah bantuin petani ngusir hama ya..unik juga Mas :)

    BalasHapus

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pilihan Hari Ini