7 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan


7 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan / Catatan Adi
sumber flo_karr dari unsplash


Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa kegiatan bersepeda memiliki banyak manfaat. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir mulai digalakkan lagi demam bike to work dan bike to school.

Lantas apa saja manfaat bersepeda bagi kesehatan? Berikut Catatan Adi merangkum tujuh manfaat bersepeda bagi kesehatan yang perlu Anda tahu.

1. Mengurangi resiko penyakit jantung.

Manfaat bersepeda sebagai upaya untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung sudah lama diketahui. Bahkan National Health Service secara resmi merekomendasikan aktivitas bersepeda untuk mencegah terkena penyakit jantung.

Hal yang sama juga terungkap dari hasil penelitian oleh Universitas Glasgow, Skotlandia. Para peneliti disana mempelajari 260.000 sampel orang dalam kurun waktu lima tahun dan hasilnya : mereka yang bersepeda memiliki potensi terkena serangan jantung yang jauh lebih kecil.

2. Mengurangi berat badan secara aman dan alami.

Banyak orang bersepeda untuk menurunkan berat badan yang berlebihan dan hal ini memang sudah banyak diakui.

Sebagai sebuah aktivitas yang menuntut seluruh tubuh untuk bergerak, kegiatan olahraga bersepeda dapat secara efektif membantu seseorang untuk menurunkan berat badannya.

Pada saat bersepeda kalori dan lemak akan terbakar dan tubuh akan menjadi lebih segar. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

3. Mengurangi resiko diabetes.

Ini memang fakta yang mengejutkan : bersepeda dapat mengurangi potensi terkena diabetes. Namun hasil riset dari para peneliti di Finlandia tentang bersepeda menyebutkan hal tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, mereka yang rutin bersepeda, menurut hasil penelitian ini, ternyata memiliki resiko terkena diabetes yang jauh lebih kecil dari yang tidak melakukannya.

Baca juga artikel tentang pola makan sehat untuk meningkatkan kualitas hidup Anda. Artikel ini juga berisi berbagai tips untuk menjauhkan diri dari berbagai penyakit berbahaya. 

4. Mengurangi resiko kanker.

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti di masa kini. Namun hasil penelitian terkini menyebutkan bahwa kegiatan bersepeda dan menjaga asupan makanan dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Riset tersebut juga mengemukakan jika seseorang dengan tubuh yang bugar akan beresiko lebih kecil terkena kanker.

Bahkan disebutkan jika aktifitas mengayuh sepeda ini dapat membuat seseorang lebih kecil terkena potensi kanker usus dan payudara.

5. Sangat baik untuk tulang.

Seseorang yang rajin bersepeda secara rutin akan memiliki struktur tulang yang baik. Kegiatan mengayuh sepeda bukan hanya menuntut pergerakan otot kaki saja, sebenarnya ini juga membuat seluruh anggota tubuh dan otot bergerak. Hal ini nantinya akan memperkuat otot dan menjaga fleksibilitas tulang. Di samping itu koordinasi dan keseimbangan tubuh juga akan semakin baik.

6. Menjaga kesehatan paru-paru.

Ternyata bersepeda juga dapat menjaga kesehatan paru-paru. Hasil penelitian dari Kings College London bekerja sama dengan Camden Council mengungkapkan bahwa orang yang bersepeda lebih sedikit terkenal asap kendaraan bermotor daripada para pengemudi sepeda motor atau mobil.

Hal ini tentu saja membuat para pengendara sepeda memiliki resiko lebih sedikit untuk terkenal ganguan paru-paru karena polusi udara daripada mereka yang naik kendaraan bermotor.

7 Memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Seorang peneliti dari Appalachian State University, David Nieman,  mengungkapkan bahwa bersepeda dapat membantu memperkuat sistem pernafasan sehingga akan semakin jarang terkena flu.

Senada dengan hal itu, Profesor Tim Noakes dari University of Cape Town mengatakan bahwa olahraga ringan yang dilakukan secara rutin seperti bersepeda dapat meningkatkan kekebalan dan imun tubuh.

Berbagai manfaat bersepeda Catatan Adi
ilustrasi bersepeda, foto by @ocen di unsplash


Untuk bacaan lebih lanjut kami sarankan membaca artikel Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Tubuh, yang berisi tips-tips sangat sederhana namun bisa membuat Anda selalu bugar. 

Kesimpulan  : Melihat berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan bersepeda, maka tak ada salahnya jika Anda juga mencobanya. Bersepeda memang dapat membantu menjaga kesehatan sekaligus membuat tubuh makin segar dan prima. Selain itu, bersepeda juga sangat ampuh untuk mengurangi stress dan tekanan jiwa.

Semoga artikel mengenai manfaat bersepeda bagi kesehatan ini berguna untuk Anda semua. Baca terus artikel bermanfaat dan berkualitas dariCatatan Adi di rubrik kesehatan.

0 Response to "7 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel