Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Mengatasi Lampu Indikator Injeksi Vixion Nyala Terus

Lampu indikator menyala terus - Yamaha Vixion adalah salah satu produk varian sepeda motor paling laris di Indonesia. Selain karena tampangnya yang gagah, motor satu ini punya berbagai keunggulan antara lain mesin yang gahar dan sudah injeksi.

Sebagai motor dengan sistem injeksi, tentu Yamaha Vixion harus diperlakukan berbeda dengan motor lainnya yang non-injeksi.

Dengan adanya sistem injeksi maka pengguna Vixion sebenarnya sangat dimanjakan, khususnya dalam hal perawatan motor. 

Spedometer Yahama Vixion terbilang berbeda dengan yang lain karena di sana ada tiga lampu indikator injeksi yang jika menyala berarti menandakan sesuatu.

Lampu Injeksi Vixion Menyala
Lampu Injeksi Vixion Menyala

Banyak pengguna Vixion langsung galau dan ketakutan jika mengalami lampu indikator injeksi nyala terus. Bahkan tak jarang ada yang panik. Sebenarnya respon seperti itu tidak perlu. Justru yang pertama dilakukan adalah menganalisa apa penyebab lampu menyala.

Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala

Langsung saja, berdasarkan pengalaman penulis ada banyak sekali penyebab lampu injeksi menyala terus. Lampunya berwarna merah sehingga memang bikin orang panik. Lalu bagaimana cara menanggulanginya?

  • Masalah pengapian. Ini yang paling sering terjadi. Jadi ada masalah dalam menyalakan motor sehingga motor tidak bisa hidup. Kalau itu tanda-tandanya, maka segera ganti busi Anda. Pakai saja NGK CR8E. Harga sekitaran 25 ribu -35 ribu. Tidak perlu memilih yang mahal karena motor Vixion bukan motor racing. Justru yang harus diperhatikan adalah cara membuka dan melepas busi Vixion yang harus dilakukan secara sabar dan telaten karena rangka Vixion memang bentuknya menyebalkan. Jadi proses melepas dan memasang busi akan jauh lebih sulit ketimbang motor bebek biasa. 
  • Masalah aki. Ini juga penting. Ingkatkah Anda kapan terakhir cek aki? Padahal komponen satu ini maha penting. Jika memang motor tidak mau menyala sama sekali, maka coba periksa aki. Untuk diketahui aki Vixion generasi 2017 ke bawah sangat bandel dan kuat. Bisa bertahan bertahun-tahun tanpa diisi ulang. Namun kalau sudah kelewatan jadi soak. Solusinya coba copot Aki dan isi ulang. Harga charge aki antara 10 ribu hingga 40 ribu rupiah.  
  • Masalah kabel dan kelistrikan. Ini agak rumit. Kalau tidak punya ilmunya lebih baik menyerah dan bawa ke tempat service resmi Yahama. Jadi ada kalanya lampu kontrol mesin injeksi menyala merah karena ada kabel yang putus, konslet ataupun tergangu. Masalahnya, kalau jok dibuka, maka akan ada banyak sekali kabel di sana. Penulis sendiri lebih memilih coba-coba dan meski butuh 4 hari akhirnya berhasil juga. Lumayan, nambah ilmu.
  • Gangguan ECU. Dalam dunia injeksi, khususnya Vixion, ECU adalah otaknya. Jadi kalau ada masalah seperti lampu merah menyala, bisa jadi gangguan ada di ECU. Silahkan utak-atik di sana. 
  • Throttle Position Center. Komponen ini juga sering jadi biang kerok kenapa lampu MIL dari Yamaha injeksi menyala. Silahkan periksa dan bersihkan. 
  • Masalah di radiator. Kalau memang sayang motor Vixion, harus dirawat. Salah satunya rutin cek air coolant yang warnanya hijau itu. Bisa jadi kedipan lampu di spedometer terjadi karena ada masalah dengan radiator.
  • Lean Angle Sensor. Ini sebenarnya bukan masalah serius dan jika ini yang terjadi, tidak perlu diperbaiki tetapi langsung saja ganti. Lean Angle Sensor adalah alat untuk menganalisa dan berfungsi sebagai sensor kemiringan posisi motor. Inilah hebatnya Vixion, banyak sekali komponen aneh-aneh. Harga komponen ini di marketplace antara 34 ribu hingga mendekati 200 ribu rupiah.
Demikian sedikit pengalaman mengatasi lampu MIL Vixion berkedip dan menyala terus semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk lebih lengkapnya perihal hal teknis dan lain-lain bisa dibaca di cara merawat sepeda motor agar awet dan selalu dalam kondisi maksimal. Sekian. 

Adi
Adi Saya adalah seorang penulis dan blogger yang sudah mendalami dunia blog sejak 2010. Saya menulis tentang banyak hal, seperti games, teknologi, filsafat, pendidikan, politik, fashion, olahraga, buku, kuliner, dll. Pernah mengikuti berbagai pelatihan dan kursus dari NGO maupun pemerintah.

Posting Komentar untuk "Pengalaman Mengatasi Lampu Indikator Injeksi Vixion Nyala Terus"