Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Kunci Sukses Dalam Hidup

Hidup penuh misteri. Ada orang-orang yang nampaknya mudah sekali meraih kesuksesan, namun ada pula yang harus berpeluh darah dalam mempertahankan eksistensinya. 

Lalu seperti apa formula untuk bisa menjalani hidup? Sebenarnya rahasia agar bisa mendapatkan kesuksesan sudah dibeberkan oleh banyak orang.  Namun dalam kesempatan kali Catatan Adi akan kembali berbagi beberapa diantaranya dalam esai yang berisi 20 hal yang harus disadari oleh semua orang dalam hidup ini. 


Kunci kesuksesan | catatanadi.com
Kunci Kesuksesan


1. Jangan Terlalu Percaya Pada Siapapun 

Jika dirimu mudah percaya pada seseorang, bahkan jika belum terlalu mengenalnya, itu adalah hal yang baik. Itu pertanda dirimu memiliki empati dan pemikiran postitif. Namun jangan pernah sekalipun percaya seratus persen pada seseorang. Hal ini penting untuk kamu sadari. 

Ya, begitu seseorang terlahir di dunia ini, ia sebenarnya hanya membawa satu hal, yaitu dirinya sendiri. Untuk itu maka satu-satunya orang yang bisa dipercaya di dunia ini tak lain adalah dirinya sendiri. Ingat, semua orang bisa berubah. Dan ketika ia berubah lalu mengkhianati kepercayaanmu, maka kamupun akan kecewa. Untuk itu jangan pernah percaya seratus persen pada siapapun. Justru sebaliknya, percaya dirilah senantiasa. 

2. Semua Bisa Mengecewakanmu 

Entah itu keluarga, teman, bos atau kekasihmu sendiri. Mereka bisa saja mengecewakanmu, mengkhianatimu atau membuatmu bersedih. Ini adalah poin kedua yang harus diketahui. Dengan mengetahui hal ini maka setidaknya kamu sudah mempersiapkan hatimu. 

Semua orang memiliki kehidupannya sendiri, pergolakan batin dan dilemanya sendiri. yang kadang keras, kadang sangat keras. Hal ini menuntut mereka untuk bersikap. Ada yang terus berbuat baik ada yang berubah jadi monster. Maka dari itu bersiaplah dengan semua skenario terburuknya. 

3. Jangan Larut Dalam Kesedihan 

Kau pasti akan bersedih. Gagal dalam percintaan, bangkrut atau dikecewakan. Tentu kau berhak untuk bersedih. Benar, kau berhak untuk mengeluh. Namun jangan pernah biarkan dirimu tenggelam dalam kesedihan yang berkepanjangan. Raihlah cita-cita dan tujuan hidupmu. 

Segeralah bangkit dan ambil hikmahnya. Berusahalah untuk tegar lalu tidak jatuh ke lubang yang sama dua kali. Jangan habiskan hidupnya hanya dengan bersedih dan menyesal. 

4. Uang Bukan Segalanya 

Benar bahwa uang bisa membeli segalanya, termasuk keluarga dan teman. Namun uang tak bisa membeli kesehatan dan kebahagiaan sejati. Ini yang harus kamu ingat. Jangan pernah sekalipun menghabiskan hidupmu hanya menjadi hamba uang. Ketika seseorang terlalu mencintai uang, ia akan melupakan dirinya sendiri. Ia akan menjadi robot yang menyedihkan. Hidup tak selalu tentang materi.

Bahkan sebenarnya uang hanyalah salah satu sarana untuk menghadirkan kebahagiaan, bukan kebahagiaan itu sendiri. 

Meski begitu, bukan berarti uang tidak penting. Dengan uang, maka kita bisa mencapai harapan dan membantu sesama. Uang memang bukan segalanya, tetapi tetaplah merupakan hal yang penting. 

5. Kesehatan Adalah Yang Utama 

Banyak orang terlampau keras bekerja sepanjang hidup mereka, lalu kemudian menghabiskan harta mereka untuk merawat tubuh mereka yang sakit. Sungguh menyedihkan bukan? Apakah seperti itu esensi dari kehidupan? Tentu tidak! Kesehatan adalah hal yang tak boleh ditukar dengan apapun. Tubuh yang sehat memungkinkanmu untuk menikmati hidup, bahkan mungkin ketika tak memiliki uang sekalipun. 

Untuk lebih membantu Anda mencapai tujuan hidup, silahkan baca juga tips untuk mengatur keuangan keluarga secara efisien dan seimbang. 

6. Keluarga Tetaplah Prioritas 

Apapun yang akan kamu lakukan selalu ingat bahwa keluargamu menunggu di rumah. Merekalah yang seharusnya menjadi alasan mengapa kau bisa bertahan untuk terus menapaki tangga kehidupan, sumber kebahagiaan sejati dan meraih kesuksesan. Untuk itu, ketika kesuksesan yang kamu idamkan datang, maka keluarga adalah yang pertama yang harus merasakannya. Jangan pernah korbankan keluarga demi apapun. Keluarga adalah tempatmu pulang. 

7. Tidak Pernah Ada Kesempatan Kedua 

Banyak orang yang bilang bahwa selalu ada kesempatan kedua. Kau tak akan pernah terlambat dalam melakukan apapun. Apa itu benar? Tidak, itu salah, bahkan salah besar! Tidak ada yang namanya kesempatan kedua. 

Ketika sebuah kesempatan lewat, maka ia tak akan pernah datang lagi. Justru yang ada adalah kesempatan lain. Kesempatan akan selalu ada dan datang. Jika kesempatan yang satu pergi maka memang bukan tidak mungkin kesempatan yang lain datang di lain waktu. Walau begitu jangan pernah dengan sengaja membuang kesempatan. Bahkan jika perlu, ciptakanlah kesempatan itu, salah satunya dengan cara menjadi lebih produktif

8. Jangan Pernah Terlambat 

Terlambat adalah sebuah hal yang buruk. Jangan biasakan dirimu untuk terlambat, karena pada dasarnya itu bukan perilaku orang sukses. Orang sukses mencintai waktu. Mereka akan bijak dalam mengatur waktu. Mereka tak akan pernah terlambat. Apalagi keterlambatan itu karena hal yang tidak berguna, semacam terlalu lama bermain media sosial ataupun ketiduran.

Usahakan untuk menuliskan hal ini di dalam alam bawah sadarmu. Jika kau terlambat maka itu adalah hal buruk. Bisa jadi kamu membuang satu kesempatan berharga yang akan membuat hidupmu melesat jauh ke atas. 

9. Jangan Pernah Membuang Waktu 

Uang bisa dicari, sahabat bisa ditemukan tetapi waktu yang hilang akan selamanya lenyap. Untuk itulah jangan pernah membuang buang waktu. Itu sama berharganya dengan kesempatanmu hidup di dunia yang fana ini. 

Waktu adalah harta paling berharga yang dimiliki seseorang. Dengan waktu yang cukup, seseorang bisa meningkatkan dirinya dan membangkitkan potensi untuk sukses. Jangan pernah membuang waktu untuk hal-hal yang tidak bijak. Main game sepanjang waktu, bermalas-malasan di atas kasur atau menggosip. Semua itu tidak berguna. Karena pada suatu saat kita akan mengenang masa lalu, baik yang menyenangkan maupun yang membuat kita menyesal. 

10. Selalu Miliki Cinta 

Milikilah cinta yang suci. Sebuah cinta yang murni yang akan memberikan energi kehidupan bagi siapa saja yang memilikinya. Cinta memang misterius, melebihi apa yang bisa dijangkau filsafat bahkan kadang terdengar mistis. 

Cinta, entah mengapa, bisa membuat seseorang menjadi sangat bersemangat. Milikilah cinta yang tepat. Berikan cinta itu pada orang yang tepat. Jangan menjadi hamba cinta tetapi punyailah hati yang penuh cinta yang tak pernah kering. 

rahasia hidup bahagia
rahasia hidup bahagia


11. Jangan Menyimpan Dendam 

Dendam akan membuatmu menderita. Untuk itu, belajarlah mengampuni. Jika tidak, maka setidaknya jangan terlalu habiskan energimu untuk mendendam. 

Orang akan terus mengecewakanmu dan jika kau terus menyimpan dendam, dirimu sendiri yang akan hancur. Bukankah terkadang kau juga mengecewakan orang. Memang ini tidak mudah, tetapi daripada menghancurkan hidupmu sendiri, maka belajarlah berlapang dada. Belajarlah ilmu ikhlas

12. Belajarlah Dari Kesalahan 

Kau akan terus berbuat kesalahan. Hari ini kau tergelincir, besok bisa saja kau jatuh terjerembab. Itu normal. Semua orang juga mengalaminya, termasuk orang sukses sekalipun. Tetapi yang jauh lebih penting adalah belajarlah dari itu semua. 

Jangan pernah menyesal berlebihan tetapi ambillah hikmah dari semuanya itu. Jadilah orang yang lebih hebat dari sebelumnya. Ingat Einstein? Dialah contoh terbaik untuk semuanya ini. 

13. Bekerja Keraslah 

Hidup ini adalah tentang bekerja. Jika kau tak bekerja maka sebenarnya kau sedang menyia-nyiakan hidup dan kehidupanmu. 

Teruslah bekerja keras dengan cerdas. Tingkatkan keterampilan dan skill. Jangan pernah jadi malas. Kemalasan dekat dengan kemalangan. Mereka akan berakhir menyedihkan. Orang yang sukses pastilah orang yang bekerja keras. Temukan ritmenya dan jangan pernah lepaskan. Bekerja keras akan membuatmua kuat dan kaya. 

14. Jangan Putuskan Tali Persahabatan 

Sahabat adalah aset berharga. Bersahabatlah dengan semua orang. Itulah nasihat emas yang harus kau camkan. Lebih dari itu, jangan pernah dengan bodoh memutuskan tali persahabatan. Sangat mudah mencari musuh tetapi tidak pernah gampang mendapatkan sahabat. 

Bekerja keraslah dan nikmati waktu indahmu bersama sahabatmu. Jangan pernah lupakan orang yang sudah pernah berjasa bagimu. Tetapi hindarilah teman racun. Mereka berbahaya! Banyak kasus menunjukkan rejeki datang dari sahabat. Baik itu lama atau baru. Orang yang memelihara tali persahabatan berarti juga memelihara harta dan hidupnya. 

15. Milikilah Lingkaran Kecil Namun Berharga 

Dan dari semua orang yang kau kenal, pilihlah beberapa yang bisa selalu menguatkan, membantu serta menghiburmu. 

Buat lingkaranmu tetap kecil namun menyenangkan. Sedikit namun berharga. Orang-orang datang dan pergi namun sahabat sejati akan tetap tinggal. Pertahankan lingkaranmu dan jadikan itu tameng yang akan melindungimu kelak. Biarpan sedikit tetapi jika penuh dengan orang-orang baik, maka hidupmu akan bahagia. Jauhkan dirimu dari lingkaran toksik.

16. Bersabarlah 

Mungkin hidupmu sekarang kacau. Orang merendahkan dan mengecewakanmu. Kau marah dan emosi. Itu wajar. Tetapi biar kuberitahu satu hal : bersabarlah. 

Orang yang sabar akan mudah untuk berpikir. Ia akan mampu mengendalikan singa di dalam jiwanya agar tidak bertindak bodoh. Latihlah kesabaran terus meneru, salah satunya dengan cara mencoba hidup sederhana. Bukan dengan buku-buku atau di dalam ruangan kelas, melainkan langsung di tengah-tengah kehidupan yang fana ini. 

17. Jangan Boros 

Jangan pernah menuruti hawa nafsumu. Jangan boros. Pergunakan uang dan sumber dayamu untuk hal yang baik. Bisa untuk investasi, proteksi, ataupun berlibur. Orang yang boros sebenarnya sedang menuju kepada kehancuran. 

Mereka hanya akan berakhir dengan penyesalan yang menyedihkan. Selain itu sikap boros tidak akan membuatmu kaya. Ia akan memenjarakanmu dalam lubang kemiskinan yang mana dari sana kau tak akan pernah bisa meloloskan diri. Jangan boros, ingat itu. 

18. Selalu Pikirkan Hal Positif 

Ini terdengar mudah namun faktanya tidak. Latihlah dirimu untuk selalu melihat hal yang positif pada setiap momen yang terjadi dalam hidupmu. Entah itu momen bahagia atau mengecewakan. 

Kreatifitas biasanya muncul dari cara pandang yang tidak biasa. Salah satu cara untuk melatih itu adalah dengan terus menerus meminta diri kita melihat hal yang positif di setiap kejadian yang kita alami serta mencoba berpikir selaras, antara jiwa-tubuh-pikiran. Bukan hanya bisa meningkatkan kreatifitas, hal ini juga melindungimu dari kekecewaan yang berlebihan yang bisa membunuh jiwamu. 

19. Berolah-raga

Berolah raga sangat penting untuk membantu menjaga kebugaran. Olah raga ringan namun rutin akan membuat tubuh menjadi segar. Jangan pernah sepelekan olah raga. 

Milikilah jadwal berolah raga secara rutin. Cobalah bersepeda. Pahamilah cara kerja tubuhmu. Usahkan untuk tidak merokok dan minum terlalu banyak. Tubuh yang sehat akan menunjangmu menjalani aktivitas dengan lebih baik. 

20. Membaca Dan Menulislah Sesering 

Mungkin Membaca akan membuatmu cerdas, menulis akan membuatmu bijak. Untuk itulah, selalu sediakan waktu untuk membaca dan menulis. Semua orang sukses melakukannya dan jika kau ingin sukses, maka lakukan itu juga. 

Orang yang kering ide dan tidak kreatif biasanya tidak suka membaca, terlebih menulis. Untuk itu, biasakanlah selalu membaca buku dan bacaan bermutu agar jiwa kreatifmu tetap terjaga. 

Baca tips menulis berikut untuk bisa menginspirasi Anda menulis rutin setiap hari yang tentu saja besar manfaatnya untuk kehidupan. 

Menulis bukan hanya baik untuk jiwa, bila dikembangkan dengan serius akan bisa menjadi sumber pendapatan yang cukup besar. Ketahui situs-situs yang menerima tulisan dari para penulis atau calon penulis seperti Anda di artikel berjudul 37 web yang menerima tulisan dari kontributor

Cara untuk hidup bahagia
Cara untuk hidup bahagia

Demikianlah 20 poin penting yang seharusnya disadari semua orang untuk bisa sukses dan produktif dalam hidup. Seperti kata orang, hidup ini penuh misteri. Tetapi dengan menyadari apa yang ada di atas, semoga bisa membantu kita semua untuk makin menikmati hidup. Selanjutnya baca juga artikel pilihan kami : apakah kita membutuhkan motivator? 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

6 komentar untuk "20 Kunci Sukses Dalam Hidup"

  1. Aduh point ke 17 "Jangan boros" bagaimana ya cara mengatasinya???
    Gara gara itu kayaknya ane gak sukses sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada 3 cara :
      1. Perbanyak pendapatan.
      2. Mulai ikut asuransi-tabungan-investasi.
      3. Membeli KPR, mobil dengan mencicil, dll.

      Langkah ketiga akan menstimulasi kita untuk lebih bijak serta tidak boros.

      Hapus
  2. kunci suksesnya banyak ya mas adi, sudah cocok jadi motivator ☺

    sekarang yang sedang getol aku lakukan sih rajin olah raga nih mas, biar badan fit bonus perut singsyet...ya biar gerak juga...

    menulis dan membaca juga jadi hiburan banget, tapi yang sudah pasti sih aksi nyatanya yaitu kerja keras diiringi doa (tawakal dan usaha), hehe...kalau point lainnya lebih ke memaknai nilai-nilai kehidupan ya. Penting juga memang supaya ya hidup biar begini begini aja (maksudnya biar sederhana asal bahagia). meski demikian Akhiratnya juga jangan lupa, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah padahal di lain konten saya menulis artikel tentang "apakah kita butuh motivasi" loh. Hehehehe...... Saya merangkum dari berbagai buku yang saya baca plus pengalaman hidup sih. Mbak Gustyanita Pratiwi dengan blognya yang lucu dan rutin update konten yang harusnya cocok jadi motivator sih. Hehehe

      Hapus
  3. Rumah fiksi hadir ☺️ setuju dengan artikel di atas 👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkunjung. Baca juga artikel lainnya ya. Cerpen dari Rumah Fiksi juga bagus-bagus. Salam.

      Hapus

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label