7 Tokoh Yang Akan Bersinar Di Pemilu 2024

Politik-Pemilu 2019 telah usai dan Presiden Joko Widodo terpilih kembali menjadi pemimpin negara. Praktis setelah ini, Presiden Jokowi tidak lagi bisa mengikuti pemilu 2024. Kemungkinan besar, Prabowo sebagai rival utamanya dua kali berturut-turut juga tidak akan mengikutinya.

tokoh yang akan bersinar di pemilu 2014
7 Tokoh Yang Bersinar di Pemilu 2024

Lalu siapakah tokoh yang kemungkinan menjadi calon presiden di pemilu 2024 mendatang? Atau setidaknya akan bersinar terang?

Berkaca dari situasi politik, sebenarnya kita bisa meramalkan beberapa tokoh politik yang bisa bersinar di pemilu mendatang.

Catatan Adi mencoba membuat daftar 7 tokoh politik yang akan bersinar pada pemilu 2024 mendatang. Siapa saja mereka?

1. Grace Natalie Louisa.


Kemunculan Grace Natalie di jagat perpolitikan Indonesia ibarat oase yang menyegarkan di tengah keringnya gurun Sahara.

Grace Natalie Catatan Adi
Grace Natalie, Ketua Umum PSI

Selain berparas ayu dan enak dipandang, visi yang diusung oleh Grace Natalie benar-benar baru. Alih-alih mengikuti patron kaku dan formal khas parpol pendahulunya, Ia membaca nuansa yang segar.

Bersama Partai Solidaritas Indonesia atau PSI, Grace mampu mencuri perhatian publik. Partai berlambang bogem mentah dan bunga mawar merah itu kini semakin diperhitungkan. Tidak tanggung-tanggung, tiga juta lebih rakyat Indonesia memilih berdiri bersama Grace.

Lalu apa kelebihan Grace dibanding politisi lainnya?
  • Kreatif, lihat saja partainya. Lebih suka menggunakan term yang segar dan gaul seperti bro-sis, kopi darat, dll.
  • Berwajah menarik, bukan hanya cantik tetapi juga elegan.
  • Bersih, tidak terjerumus isu HAM, Korupsi, apalagi Poligami. 
  • Seorang Ketua Umum, tentu saja hal ini membuat kans Sis Grace menjadi lebih besar. 
  • Dekat dengan Jokowi yang membuat pendukung Jokowi juga bersimpati padanya.
Apakah kans dari Grace bisa bertambah besar? Atau jangan-jangan ia adalah the next president? Mungkin saja...

2. Agus Harimurti Yudhoyono.


Tokoh satu ini mempunya banyak pendukung tidak hanya dari kalangan Partai Demokrat tetapi juga artis dan kabarnya emak-emak.

Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY memang bukan bintang kemaren sore. Perjalanan politiknya sudah ia mulai bahkan beberapa tahun sebelum hajat politik berupa pemilu 2014.

Jangan lupa, ia juga berpengalaman mengikuti Pilkada DKI melawan dua tokoh besar, Anis dan Ahok.

Bisa jadi 2024 mendatang adalah tahun keberuntungan sang putra SBY itu. Lalu apa saja modal bagi AHY untuk bisa bersinar di pemilu 20124?
  • Putra presiden, ini jelas merupakan keuntungan tersendiri. 
  • Partai Demokrat yang adalah partai politik kendaran AHY selalu stabil di papan tengah. 
  • Wajah tampan, bahkan bukan hanya ganteng namun berkarakter. Ada guratan jiwa muda yang selalu bergelora plus pancaran khas SBY yang kalem dan tidak meledak-ledak.
  • Berpengalaman, walaupun keok di Pilkada Jakarta.
  • Mantan TNI, hal ini bisa menjadi magnet bagi sebagian rakyat yang rindu pemimpin berlatar belakang tentara.
Apakah tahun 2024, AHY bisa mengikuti jejak ayahnya menjadi presiden Indonesia selanjutnya? Kita saksikan saja.

3. Tito Karnavian.


Kalau yang ini sebenarnya tidak diragukan lagi kapabilitas dan popularitasnya. Permasalahannya adalah, nampaknya Bang Tito kurang terlalu bergairah merangkai kisah di jalur politik.

Tito Karnavian Calon Presiden 2024
Tito Karnavian


Namun walau begitu, hati manusia siapa yang tahu. Bukankah hidup ini penuh dengan misteri.

Terlebih di masa kepemimpinan Bang Tito, Polri menjadi institusi yang lebih dicintai masyarakat dan terasa lebih profesional. Meski tentu saja banyak hal yang harus diperbaiki lagi.

Lalu apa saja modal bagi Bang Tito dalam mencalonkan diri menjadi capres 2024?


  • Kapolri, ini adalah modal utama. Tito adalah pemimpin tertinggi Polri. Hal ini membuatnya menjadi cukup populer di kalangan polisi. 
  • Profesional, banyak kebijakan Tito yang dinilai mampu menghadirkan profesionalitas di tubuh Polri.
  • Tegas. Di sepanjang Tito berdinas sebagai Kapolri, Indonesia mengalami banyak turbulensi politik. Demo berjilid-jilid dari FPI, teror bom dari para radikalis, hingga hajatan politik berupa pemilu dan pilkada senantiasa mewarnai kehidupan berbangsa. Namun Tito berhasil melewati itu semua dengan cukup baik.

Apakah semua modal tersebut bisa menghantarkan Tito menjadi presiden Indonesia selanjutnya? Kenapa tidak?

4. Basuki Tjahaya Poernama / Ahok


Tokoh yang satu ini terkenal sangat kontroversial. Namun bukan rahasia umum jika dia memiliki banyak sekali pendukung fanatik. Siapa lagi kalau bukan BTP.

BTP atau Ahok mulai terkenal ketika berpasangan dengan Jokowi semasa menjadi dwi tunggal ibukota.

Ketegasan dan kecerdasannya memukau jutaan orang. Walau tanpa kendaraan politik namun Ahok mampu terus 'memelihara' pendukung garis kerasnya.

Lalu apa saja modal Ahok dalam mencalonkan diri di pemilu 2024?

  • Populer. Walau tidak stabil, tetapi popularitas Ahok tidak diragukan lagi. 
  • Profesional. Ia dikenal sebagai seorang yang cakap, bukan hanya dalam hal kepemimpinan, namun juga politik.
  • Sekutu. Ia juga dikenal memiliki banyak teman dari kalangan partai politik.
Apakah Ahok akan memberi kejutan di pemilu 2024 mendatang? Mungkin saja.

5. Emil Dardak.

Namanya memang tidak setenar empat tokoh di atas, namun jangan salah, dia adalah salah satu tokoh yang paling berpotensi untuk bersinar di masa mendatang.

Emil Dardak bukan hanya tokoh politik biasa. Ia adalah wakil gubernur Jawa Timur sekaligus mantan Bupati Trenggalek.

Ia juga diuntungkan dengan wajah yang tampan dan istri yang cantik. Maklum, istrinya Arumi Baschin juga tak jarang menyita perhatian publik.

Lalu apa modal dari wagub ganteng dari Jawa Timur ini?


  • Jawa Timur adalah kunci. Jokowi sendiri yang merasakannya. Selain karena banyaknya jumlah penduduk, Jawa Timur juga menjadi salah satu indikator politik nasional.
  • NU dan Nasionalis. Walau dia maju bukan dari PDIP yang mencalonkan Puti, tetapi diperkirakan banyak petinggi partai banteng yang tetap loyal padanya. Ia kini juga dekat dengan Kofifah yang tak lain adalah salah satu ikon NU. Dua organ tersebut tentu saja menjadi modal berharga bagi Emil.
  • Bersih. Selama ini Emil belum pernah terjebak dalam kasus apapun. Hal ini tentu saja menguntungkan baginya di masa depan. 

Siapapun yang ingin bertarung di 2024 harus memperhitungkan sosok kita yang satu ini. Bukan tidak mungkin, dari timur Jawa, ia merebut tahta ibukota.

6. Ridwan Kamil.


Lagi-lagi wajah ganteng masih menjadi modal berharga. Namun yang ini bukan hanya ganteng, tetapi juga jenius dan berkarakter. Dia adalah Ridwan Kamil.

Bandung tidak jauh dari Jakarta. Bisa dikatakan Bandung dan Jakarta adalah satu kutub. Dan Ridwan Kamil sudah membuktikannya. Walau 'hanya' gubernur Jawa Barat yang berdiam di Bandung, namanya moncer hingga ke seluruh pelosok nusantara.

Apa saja modal dari Ridwan Kamil?

  • Dekat dengan semua golongan. Baik Islam maupun nasionalis. Milenial maupun kaum tua. partisan maupun independen. Ridwan Kamil mampu berdiri di atas semua golongan. Ini sebuah keuntungan tersendiri.
  • Mendapat dukungan Jawa Barat. Hal ini jelas terbukti dengan suksesnya Kang Emil merebut Jabar 1. Dan tidak menutup kemungkinan, dari kursi walikota, kemudian gubernur, ia melesat menjadi presiden. 
  • Karakter unik. Ia mampu menggunakan sosial media dengan baik dan efisien. Hal ini jelas merupakan sebuah keuntungan tersendiri. 

Kang Emil memiliki masa depan yang masih sangat panjang. Apakah dari Sunda, ia akan merebut kursi RI 1? Kita lihat saja.

7. Tri Rismaharini.


Semakin hari namanya semakin harum. Surabaya makin bersih dan tertata. PDIP, partainya juga menang gemilang di kandanganya. Itu semua berkat kerja keras seorang Risma, salah satu srikandi andalan Jokowi.

Banyak yang berharap Risma bisa melanjutkan karir politiknya. Terlebih tangan dinginnya benar-benar dibutuhkan oleh Indonesia.

Namun nampaknya ia masih adem ayem. Tetapi politik itu misterius, kawan. Mari kita ramalkan saja Bu Risma akan melanjutkan karir politiknya ke jenjang yang lebih tinggi paska usainya masa Jokowi.

Lalu apa saja modal dari walikota Surabaya ini?

  • Dukungan solid warga Surabaya. Bukan hanya kota buaya, nama Risma juga sering menjadi perbincangan di kota-kota lain di Jawa Timur. Jika maju sebagai presiden mendatang, besar kemungkinan arek-arek Suroboyo dan sekitarnya solid berdiri mendukungnya. 
  • Partai yang kuat. PDIP bukan sekali ini menang pemilu. Bahkan banyak yang meramalkan partai banteng akan menang di pemilu 2024 mendatang. Dan Risma bisa dikatakan adalah sosok lawas PDIP. Pasti partai ini akan solid mendukungnya jika ia jadi maju sebagai wakil warga banteng. 
  • Populer. Berkat kerja kerasnya menutup dolly, nama Risma makin moncer dan populer. 

Bagaimana kelanjutan kisah Risma? Mari kita ikuti saja perkembangannya.

Itulah 7 tokoh yang diprediksi akan makin bersinar. Mungkin hari ini mereka 'hanyalah' seorang ketua partai, gubernur atau walikota. Tapi dunia politik memiliki misterinya sendiri. Apakah salah satu dari mereka akan benar menjadi Presiden Indonesia selanjutnya? Kita tunggu saja.

9 Responses to "7 Tokoh Yang Akan Bersinar Di Pemilu 2024"

  1. Hehehehe semua dari barat, NA gub SULSEL layak dari timur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya keren tu kalo dibuat artikel tersendiri.

      Delete
  2. i don't thinks so, karena ke 7 tokoh diatas sudah ada mantan napi, mantan napi kan tidak diperolehkan menjadi pejabat lagi

    nice infoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup gan, tp bersinar blm tentu jd pejabat kan gan. Thanks yaaa

      Delete
  3. Menkeu Sri Mulyani menurut saya pantas masuk dalam daftar itu, walaupun bukan orang parpol, tapi profesionalitasnya pasti mampu membawa Indonesia menjadi negara maju.

    ReplyDelete

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel