Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Target Baru Blog Saya Selanjutnya: Menuju 1 Juta Views

Sebenarnya ini sepele dan sangat remeh, namun asyik juga untuk dikejar. Saya dan blog sederhana yang tidak bagus sama sekali ini sudah bersepakat untuk meraih mimpi baru di tahun ini dan tahun depan, yaitu mendapatkan 1 juta views.

Mengapa dikatakan sepele? Karena biasanya para blogger profesional memiliki target yang jauh lebih menantang, seperti: 

  • mendapatkan sekian juta rupiah dari Google AdSense
  • memperolah ribuan blog subscribe dalam setahun
  • mendapatkan daily viewer dengan jumlah tertentu.

Tapi tiap orang punya waktu dan jalannya sendiri, bukan? Termasuk juga Catatan Adi, sebuah blog personal sederhana yang masih sangat jauh dari sempurna. 

Jika Anda sudah pernah membaca postingan berjudul jelek tapi dicinta, jelas terlihat bahwa blog ini aneh. Sudah banyak effort yang saya keluarkan namun hasilnya masih juga tidak stabil.

Kembali ke Blog Personal

target baru catatanadi.com
mendapatkan 1 juta views untuk Catatanadi.com

Setelah banting stir berkali-kali dan merubah metode dalam mengelola, akhirnya saya sebagai pemilik blog ini mengarahkan Catatan Adi kembali menjadi blogger personal.

Penentuan jenis dan visi blog seperti ini penting agar tahu metode seperti apa yang cocok untuk dikembangkan. 

Beberapa waktu yang lalu, saya sudah menyusun niche yang akan diulas dalam blog ini. Tidak jauh berbeda dari sebelumnya, hanya saja akan benar-benar berfokus pada 'apa yang saya sukai', alih-alih hanya melayani keinginan pembaca dan SEO saja. 

Tadi malam, tepat sebelum saya menyelesaikan tulisan ini, ada inspirasi menarik dari seorang blogger senior papan atas, mbak Langit Amaravati. 

Dalam blognya yang berjudul menulislah untuk tiga orang, beliau menjelaskan bahwa pertama-tama seorang penulis harus menulis untuk dirinya sendiri. 

Inilah yang akhirnya menguatkan saya untuk menjadikan Catatan Adi sebagai ruang jeda dalam menjalani hidup, sehingga diri ini mampu mendapatkan pelarian yang pas yang sesuai dengan passion yang selama ini saya miliki, yaitu menulis.

Saya pernah menulis untuk beberapa web berita yang cukup ternama di jamannya, mendapatkan cukup banyak uang dari membuka jasa menulis artikel, bekerja di dunia nyata dan lainnya. Tentu semua itu menguras pikiran, namun juga seru karena bisa menambah pengalaman.

Sebagai penyeimbang, maka Catatan Adi benar-benar akan menjadi catatan pribadi yang terbuka untuk bisa dinikmati semua pembaca, tetapi tetap dijalankan sesuai passion saya. 

Almarhum Mas Shiq4, seorang penulis produktif yang sudah tidak bersama kita lagi, dalam blognya memberikan banyak sekali inspirasi menulis.

Tulisannya sangat personal dengan bahasa yang indah khas orang Melayu yang penuh dengan kalimat-kalimat mutiara yang elok tiada tara. 

Gaya inilah yang nantinya akan saya kembangkan, selain karena saya sudah jatuh cinta pada dunia literasi, juga karena ternyata itu memberikan ruang bagi saya untuk healing

Menuju 1 Juta Views

Saya yakin sekali andai Catatan Adi hadir lebih awal, misal sekitar tahun 2010, blog ini akan menghasilkan jutaan rupiah melalui metode tautan berbayar ataupun PPC.

Meski demikian, tidak ada gunanya menyesal, terlebih blog ini hanyalah side-project yang sebenarnya tidak gagal-gagal amat.

Buktinya, menurut dashboard blogger, Catatan Adi memiliki setengah juta views. Sebuah pencapaian yang juga patut untuk disyukuri.

views catatanadi.com 2019-2022
jumlah views Catatan Adi sejak 2019-2022

Mengelola blog pribadi itu menyenangkan, karena tidak dituntut agar SEO ataupun memenuhi metrik tertentu, misal DA/PA/DR/UR. 

Walaupun begitu, tak asyik rasanya jika tidak ada target untuk dicapai. Oleh karenanya, saya kembali mempersulit hidup dengan cara mencanangkan sebuah target yang cenderung ambisius, yakni mendapatkan 1 juta views.

Saya harap 1 juta views itu berhasil didapatkan tahun depan. Tentunya saya tahu ada berbagai macam traffic blog, dan bisa saja catatanad.com ini tidak melulu memperoleh viewer organik.

Perjalanan Catatan Adi Mendapatkan +500.000 Views

Blog personal seperti seorang teman baik yang terus menemani kita, dalam suka dan duka. Ia selalu menyediakan telinga dan hati untuk mendengar keluh kesah penulisnya. 

Adi, dari catatanadi.com

Cukup menyenangkan bahwa di bulan Agustus 2022 ini, blog personal yang menyebalkan ini berhasil mencatatkan hasil yang tidak jelek-jelek amat, yaitu >500k views.

Meski semua itu didapatkan dalam waktu 3 tahun, tetapi saya yakin bisa mendapatkan jumlah yang kurang lebih sama hanya dalam waktu setahun. 

Dengan jumlah artikel lebih dari 500 biji dan mulai adanya para pembaca loyal, saya yakin blog ini akan terus berkembang lebih cepat dari sebelumnya. Apalagi saya juga mulai rutin, walau mungkin tidak menulis artikel rutin tiap hari

Anda bisa juga membantu saya mencapai target ini jika berkenan. Namun andaikanpun tidak tercapai, it's fine. Saya akan tetap menulis di blog jelek ini, karena rasa-rasanya ini sudah jadi bagian dari perjalanan hidup saya. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

15 komentar untuk "Target Baru Blog Saya Selanjutnya: Menuju 1 Juta Views"

  1. satu satunya motivasi yang kuat adalah sesuai dengan apa yang disukai. itu yang menjadi dasar pondasi yang kokoh agar terus konsisten dalam senang atau susah. Dengan begitu maka kita akan menikmati sebuah proses, dan hasilnya pasti akan sejalan dengan proses. Sejatinya berhasil itu adalah menjalani menikmati proses yang sedang berjalan.

    BalasHapus
  2. Thanks mas. Benar sekali, kita seharusnya menikmati proses yang ada karena hasil tidak akan pernah mengkhianatinya. Thanks sudah membaca dan mampir, mas.

    BalasHapus
  3. Wih keren mas 😎 jadi ikut semangat saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya begitulah gan. Dukung saya ya, semoga bisa segera terealisasikan.

      Hapus
  4. Semoga dilancarkan berbagai target blognya.kalau blog saya masih ngalir aja nih,belum ada target muluk2nya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih doa dan dukungannya ya, Mbak Enny. :)

      Hapus
  5. Mantap mas Adi, semoga tercapai harapannya

    Jadi bergairah lagi saya, dimana akhir-akhir ini saya sendiri mulai malas-malasan nulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mas Tarmuji, sudah berkunjung. Ayo mas, semangat lagi hehehe....

      Hapus
  6. semangat untuk reach target ya mba.. semoga istiqomah dengan jalur yang dipilih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya Mbak Dian sudah berkunjung dan mendoakan. Amin. Sukses untuk kita semua.

      Hapus
  7. Semangat mas semoga tercapai.👍
    Langkah2 apa yg dilakukan mas untuk mencapai itu, siapa tau saya bisa mengikuti langkah2nya untuk mencapai target, klo saya ga banyak2 targetnya berharap 200view lah perhari 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa hal sih yang saya lakukan, Bang.
      1. Rajin update artikel pakai metode One Week One Post dimulai awal bulan ini.
      2. Blogwalking dan silaturahmi sesama bloger.
      3. Post ke media sosial, seperti Facebook dan LinkedIn.
      Btw, sukses ya untuk blog dan targetnya.

      Hapus
  8. Met berjuang ya.. semoga targetnya tercapai.. jangan lupa istirahat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks banget sudah mampir. Mohon dukungannya gan

      Hapus
  9. Target memang bisa membuat kita menjadi lebih semangat. Saya juga mulai membuat target untuk untuk kegiatan blogging saya. Rasanya jadi lebih terarah saat ngeblog.

    BalasHapus