Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mendapatkan Uang dengan Menulis Artikel

Menulis artikel dibayar - Apakah kamu sedang cari situs yang membayar artikel atau tulisanmu? Frustasi karena tak kunjung menemukannya? Jangan khawatir karena pada saat ini Catatan Adi akan memberikanmu daftar media online yang menerima kiriman artikel serta memberikan honor kepada penulis lepas.

Artikel ini sudah kami update dan tingkatkan kualitasnya agar sesuai dengan kondisi terkini dan membantu Anda untuk tahu cara menulis artikel dibayar terbaru. 

Untuk kamu yang memang ingin merintis karir serta ingin tahu cara menjadi penulis artikel lepas alias freelance writer, silahkan simak ulasan berikut ini.


Menulis Artikel Dibayar - Ini Daftar Lengkapnya!

situs yang membayar artikel

Banyak sekali cara menghasilkan uang dari internet. Salah satunya adalah dengan menjadi seorang penulis artikel untuk media online

Aku pribadi sedih melihat banyak orang yang ingin merintis karir jadi penulis artikel, content writer, copywriter atau kontributor namun tidak tahu harus mengirim kemana tulisannya. Padahal ada beberapa situs yang siap menerima konten serta membayar kontributor untuk tulisannya.

Namun sayang, di era digital ini, ada situs yang hanya membayar penulisnya berdasarkan views atau jumlah tayang, bukan langsung memberi kompensasi per artikel

Ini tentu saja menyulitkan mereka yang punya kualitas tulisan luar biasa tetapi tidak memahami SEO, terlebih lagi web tersebut strukturnya jelek, tidak pernah memasang iklan, DA/PA rendah, sering mendapat teguran Google serta asal terima tulisan.

Alhasil untuk web yang membayar tulisan seperti itu, penulis yang mengirim artikel dan ingin dibayar jadi kesulitan. Mereka memaksa penulis membuat konten dan sekaligus mencari pembaca. Sungguh pekerjaan yang susah.

Untuk itu dalam daftar situs yang menerima kiriman artikel dan membayar kontributor ini akan aku bagi dalam dua kategori, yakni langsung membayar berdasarkan kualitas tulisan dan membayar berdasarkan jumlah tayang.

Ini adalah alternatif untuk kamu yang pernah mencoba jalur blog, yakni kesusahan dan kesulitan ketika membuat blog dari awal hingga menghasilkan uang. Padahal semuanya sebenarnya sama saja, tergantung passion dan talenta masing-masing.

Untuk kamu yang memang penulis berkualitas, silahkan coba kategori yang langsung membayar per artikel terbit karena bayaran yang diberikan kepada kontributor jauh lebih besar namun dengan proses kurasi yang tidak mudah.

Kalau kamu jago bikin artikel judul bombastis dan ahli SEO silahkan coba yang kedua, karena makin besar jumlah tayang, bayaran per artikel bukan lagi ratusan ribu, tapi bisa jutaan.

Tips: Jika memang ingin menjadi penulis profesional, mulailah untuk rajin berlatih menulis secara rutin. 

Menulis rutin? Apa tidak capek? Tidak jika sudah tahu formulanya. Untuk itu ada baiknya Anda membaca panduan agar bisa menulis setiap hari. Nantinya kamu akan bisa menjadi jauh lebih produktif dalam menghasilkan artikel secara terus menerus dan menjadi penulis profesional. 

Sebelum melanjutkan membaca, artikel ini cukup panjang. Kami juga menulisnya dengan usaha, baik fisik maupun pikiran. Tidak ada niat jelek sedikitpun, namun kami berharap Anda membacanya hingga selesai, karena semua sudah diringkas serta isinya 'daging semua', tiap poin yang ada akan benar-benar membantu Anda menuntun menjadi penulis profesional dengan cara memberikan jalan dan pemahaman terkait situs yang bisa Anda jadikan sarana menulis dan mendapatkan penghasilan

Oke ini dia daftar website dan media online yang membuka lowongan penulis lepas dan membayar artikel dari kontributor.

Situs yang Membayar Langsung Artikel yang Terbit

Jadi ini daftar untuk situs yang menerima tulisan dari netizen, pembaca atau penulis lepas dan langsung membayarnya tanpa kamu susah payah cari views. Tapi harus lulus kurasi ya.

Catatan Adi

Benar, Anda bisa menghasilkan uang dari menulis artikel untuk Catatan Adi. Honor yang didapat adalah 20k untuk setiap artikel terbit. 

Menarik bukan? Anda bisa mengetahui syarat dan tata cara pengirimannya secara lebih lengkap dan detail di halaman cara menulis artikel dan dibayar di Catatan Adi.

Remotivi

Ini juga adalah situs yang menerima kiriman artikel. Silahkan coba mengirim tulisan Anda ke Remotivi dan jika berhasil Anda akan mendapat bayaran.

Remotivi adalah oase di tengah belantara hutan media online Indonesia. Di saat yang lain ngejar view melalui konten-konten clickbait demi ngejar view dan AdSense, situs ini fokus pada kualitas.

Remotivi punya web sekaligus kanal Youtube. Kalau kalian jengah dengan konten-konten clickbait dan pingin hiburan yang juga bikin otak moncer, buka aja Youtube dan ketik kata kunci remotivi. Semua fenomena media kita dikupas tuntas secara satir tapi gurih di sana.

Silahkan coba menulis di Remotivi jika Anda punya kemampuan menulis yang mumpuni. Fee yang didapat juga cukup besar di sini. 

Esai Edukasi

Kalau yang ini mungkin banyak yang belum tahu. Padahal situs Esai Edukasi ini terbukti langsung membayar tulisan para penulis artikel dengan nominal yang sangat besar asal lolos review.

Situs ini memang benar-benar menghargai para penulis artikel dan content writer yang ingin menyalurkan bakat mereka.

Mengambil tema pendidikan dan pengembangan diri, web pendidikan terbaik di Indonesia ini siap membayar tulisan yang sudah dikurasi.

Situs pendidikan terbaik di Indonesia ini membuka diri untuk menerima artikel dari anda dengan bayaran yang cukup menggiurkan untuk ukuran website baru. Untuk mencoba silahkan lihat syarat yang diminta dengan cara langsung kunjungi alamat resminya di ke tautan ini.

Bayaran yang diterima dari menulis di Esai Edukasi cukup besar dan fantastis, yakni sekitar 100.000 hingga 400.000 per artikel terbit/ seri artikel tergantung topik dan kedalaman materi.

[Updated : Saat ini Esaiedukasi.com hanya menayangkan tulisan dari tim internal dan menghentikan sementara penayangan artikel dari luar]

Basabasi

Ingin mengirim puisi dan dibayar? Cari situs yang membayar kiriman cerpen? Pingin mengirimkan resensi buku dan menerima honor? Harus coba Basabasi!

Harusnya kalau kalian penulis, kalian tahu situs ini. Minimal pernah denger lah. Situs Basabasi.co adalah salah satu dari sedikit situs yang konsisten bakalan bayar tulisan kamu dengan honor yang lumayan.

Pokoknya kalau kamu pingin jadi penulis terkenal dan pingin dapet bayaran, baca aja syarat, cara dan keterangannya di sini https://basabasi.co/ngirim-tulisanmu/

Jangan asal kirim artikel, karena di sini tulisanmu akan mengalami moderasi alias kurasi. Bayaran menulis di Basabasi memang besar tapi kamu harus punya tulisan yang berkualitas.

Mojok 

Menulis artikel dibayar dengan cukup besar? Kamu juga bisa mencoba mengirim artikel, curhat, opini atau argumentasi di mojok. Ini adalah situs yang langsung membayar penulis artikel yang kontenya berhasil lolos proses seleksi.

Semua dibahas secara nyeleneh di sini, mulai dari topik politik yang panas sampe urusan gajinya Via Valen. Mojok memang selalu membuka lowongan penulis artikel. 

Tapi harus tahu ya, nulis di MOJOK itu cukup susah. Atau bisa dibilang sangat susah karena topiknya bukan topik sembarangan. Bila serius pingin nyoba, silahkan baca contoh-contoh artikelnya atau ntar kena tolak dan frustasi lalu pensiun nulis. 

MBDC

Alkisah, sebelum Mojok eksis, Christian Sugiono sudah lebih dahulu maen di ranah guyonan cerdas ini. Melalui MalesBangetDotCom. Iya bener Christian Sugiono yang artis itu.

Bahkan MBDC lebih lengkap sih. Selain ada lini infografis, juga ada rubrik detektif-detektifan hingga quiz.

Pingin nyoba jadi kontributor MBDC ? Tapi yakinkan diri kalian kalo emang cocok ma ideologi (cie ideologi) situs mengocok perut ini ya. Baca dulu saran dan nasehat bijaknya di  cara jadi kontributor MBDC

[Updated : Sayang sekali situs milik Christian Sugiono ini sudah berhenti tayang]

Tirto Id

Bayaran di Tirto Id tergolong yang paling besar. Memang wajar karena situs berita ini juga cukup bonafid. Namun kalau kamu ingin tahu cara jadi penulis di Tirto, ketahui syarat dan konten yang sesuai dengan yang diinginkan. Jangan asal kirim konten.

Perhatikan panjang dan jumlah kata, metode penulisan, hingga topik. Semua itu adalah kunci supaya tulisanmu bisa diterima oleh media online seperti Tirto.

Kamu juga ga perlu susah-susah cari pembaca, karena Tirto Id akan langsung bayar tulisan yang terbit tanpa mikirin kuantitas views. Jadi tugasmu adalah fokus menulis dan menghasilkan karya yang bagus.

VOXPOP

Vox populi artinya suara rakyat. Situs ini cukup bonafid. Nuansa niche atau topik yang diusung mirip dengan Tirto dan Geotimes. Jika Anda jago mengulas fenomena sosial serta ahli beropini, langsung saja menulis untuk Voxpop.

Geotimes

Cukup menggiurkan jika artikel Anda diterima lalu bisa tayang di Geotimes. Coba baca dahulu seperti apa 'warna' dari tulisan yang diinginkan redaktur Geotimes sebelum mencoba mengirimkannya.

Brilio.net

Sangat rugi jika Anda sebagai penulis artikel tetapi belum menjajal nuansa di Brilio. Kabarnya pertumbuhan situs ini sangat pesat dan bayaran per artikel juga manusiawi. Semoga beruntung. 

Terminal Mojok

Mirip seperti Mojok dan memang masih satu grup namun beda platform. Terminal Mojok adalah platform UGC, jadi sedikit lebih mudah untuk dijajal. Tulisan yang terbit akan mendapatkan poin dan bisa ditukarkan dengan uang tunai. 

BekelSego

Bekel Sego adalah sebuah situs baru yang cukup membuat heboh di Indonesia karena berani membayar penulis. Meski hanya Rp 10.000 per artikel, namun apa yang dilakukan BekelSego cukup menarik. Silahkan coba menulis di Bekel Sego jika Anda berkenan. 

Kotomono

Selanjutnya ada Kotomono, sebuah web yang membahas berbagai hal. Kontributor yang tulisannya lolos di sini akan dibayar 15.000 rupiah per artikel. 

Situs yang Membayar Berdasarkan Views 

Jadi di situs ini, kamu tidak langsung dibayar, namun harus berjuang agar artikelmu bisa dibaca banyak orang. Susah juga ya? 

Kalau ahli SEO ga masalah sih. Coba saja baca artikel kami >>> Cara Menulis Artikel Agar Viral yang akan membantu kamu menaikkan jumlah tayang sehingga pendapatan menjadi meningkat. 

Baiklah, sekarang kita bahas situs yang membayar tulisan dari penulis artikel berdasarkan besarnya jumlah tayang tulisan. Ingat ya di sini cara mainnya adalah menulis dibayar dengan catatan berhasil meraih jumlah tayang besar. 

IDN 

Ini cukup terkenal. Silahkan coba menulis untuk IDN. Beberapa tips jika ingin serius di IDN adalah menulis artikel secara listicle dengan niche viral. 

Nulis.Co.Id 

Di sini kamu akan mendapatkan honor berdasarkan jumlah orang yang klik iklan yang ditampilkan di artikelmu. 

UC Browser 

Salah satu platform menulis terbaik. Sudah banyak yang dapat jutaan bahkan puluhan juta. Kamu tinggal bikin artikel yang menarik dan mengundang pembaca untuk datang. [Updated : UC Browser nampaknya tidak menerima pendaftaran penulis lagi. CMIIW] 

Kompasiana Salah satu bagian dari keluarga besar kompas. Sistemnya UGC alias User Generated Content. Ada program K-Rewards. Intinya kamu harus buktikan bisa punya banyak views untuk dapat reward. 

MIXNOT 

Ini adalah platform UGC alias user generated content. Jadi para penulis bisa mengirim apapun tulisan tanpa proses kurasi. Namun honor yang diterima sangat kecil sekali, karena Mixnot.com masih baru dan hanya mengandalkan iklan. Untuk kalian yang punya latar belakang sebagai blogger, nampaknya cukup cocok menulis di Mixnot karena di sanalah tempat berkumpul para narablog Indonesia. 

(Update: Mixnot sudah berganti nama. Kurang jelas apakah masih menawarkan benefit untuk kontributor atau tidak). 

Digstraksi 

Ingin mencoba menulis di tempat yang nyaman dan dengan proses kurasi? Silahkan coba Digstraksi.com karena di sinilah salah satu situs yang membayar kontributor atau penulis artikel. Sama seperti platform UGC lainnya, Digstraksi memberikan honor sesuai dengan jumlah tayangan dan metrik lainnya.

Situs-situs di atas akan memberikan honor sesuai dengan perhitungan berdasarkan trafik pembaca yang ada. Sangat baik sebelum kamu menulis untuk tipe web seperti itu, ketahui macam-macam tipe pembaca agar artikel yang kamu buat tepat sasaran serta tidak sia-sia.

Platform Sosial Media Membayar Penulis

Seiring dengan berjalannya waktu, ada beberapa platform sosial media yang juga membayar penulisnya. Aku sendiri mengetahui beberapa diantaranya, namun dalam kesempatan kali ini hanya akan berbagi dua yang terbaik, meski kata terbaik di sini tentu saja relatif. 

Mendapatkan Uang Menulis di Medium 

Medium sudah sejak lama menjadi sumber penghasilan online. Inilah cara mendapatkan uang dari internet bagi para penulis, baik profesional maupun medioker. 

Bagaimana caranya? Dengan bergabung ke dalam Medium Partner Program. Harus diakui bayarannya sangat besar. Berapa bayaran menulis di Medium

Bisa sampai 700 dolar perbulan, namun ada beberapa hal yang ingin aku konfirmasi agar para pembaca budiman sekalian bisa bijak dan tidak memberi ekspektasi terlampau liar berujung kekecewaan : MPP atau Medium Partner Program hanya akan membayar melalui Stripe, bukan Paypal

Jadi pastikan Anda punya akun Stripe. MPP membayar berdasarkan jumlah claps dari pembaca. Jika pembaca merasa artikel Anda bermanfaat, maka jangan kaget jutaan bahkan belasan juta rupiah mengalir ke akun Anda. 

Claps berasal dari anggota premium yang mengakses Medium dengan cara berbayar. Ini problemnya : Di Indonesia, ada berapa orang yang mau membayar untuk membaca? Sudah cukup besarkah kesadaran orang untuk membayar para penulis? Jadi jika ingin mendapatkan uang dari internet lewat menulis, cobalah Medium namun tulislah dalam Bahasa Inggris. Belum ada cara yang lain selain ini.

Mendapatkan Uang dari Quora 

Sudah sejak lama terjadi 'histeria' di kalangan penulis online Indonesia. Hal itu tak lain adalah karena adanya Quora Partner Program yang memberikan bayaran sangat tinggi bagi mitra. Sekali lagi, yang dibayar adalah Mitra Quora. Jadi para mitra ini akan membuat pertanyaan. Jika trafik besar, mereka akan mendapatkan bayaran yang ditransfer melalui Paypal tiap bulan. Ini adalah situs pembayar kontributor terbesar yang benar-benar menjadi tumpuan rejeki bagi cukup banyak orang. 

Namun ada dua hal yang ditekankan: Tidak ada yang tahu cara supaya diundang menjadi Mitra Quora. Perhitungan trafiknya memiliki rumus tertentu. Saat ini jumlah valuasi menurun drastis, namun jika ingin iseng-iseng berhadiah silahkan coba aktif di Quora, siapa tahu beruntung.

Mendapatkan Uang Dari Pembaca 

Nah, ini kasusnya : Anda ingin fokus nulis dan dapat uang, tetapi tidak mau lewat monetisasi blog dengan AdSense. Kenapa? Karena sadar lawannya adalah para suhu blogger penguasa dunia perbloggeran. 

Kedua harus melawan perusahaan media yang tulisannya amburadul, seadanya, jelek, lebih rendah kualitasanya dari punya Anda tapi dipersenjatai modal besar. Bisa ga masih dapat uang? Bisa. Caranya adalah dengan mendapatkan uang langsung dari pembaca. Buat blog dan dapatkan trafik atau tulisan dan daftarkan diri Anda ke situs donasi berikut. 

3 Jasa Platform Monetisasi Kreator 

Patreon, Trakteer, Saweria dan Sociobuzz

Pertama, tentu saja Patreon. Buatlah tulisan yang bagus dan fokus ke kualitas karya. Lalu tulislah bahwa kamu membuka donasi lewat Patreon kepada para pembaca. Nanti pembaca yang tahu diri dan sudah merasa terbantu serta memiliki pemikiran bahwa karyamu bagus akan berdonasi. Jika Patreon ini perusahaan dari luar negeri, di tanah air juga ada. Beberapa diantaranya adalah Trakteer, Saweria dan Sociobuzz. 

Karyakarsa 

Selanjutnya kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dengan menulis di Karyakarsa. Cobalah buat akun di sana. Nanti kamu bisa memilih untuk mem-premium-kan karyamu, sehingga orang yang mau baca harus membayar terlebih dahulu. Ini adalah cara manusiawi untuk menghargai penulis, bukan seperti media yang cuma memberi 10k per artikel yang tentu saja berkontribusi bagi hancurnya kualitas bacaan Indonesia. 10 ribu dapat apa bos? 

Membuat Member-List 

Wordpress dan Wix Tahukah kamu jika Wix dan Wordpress juga punya fitur integral yang memungkinkan owner atau penulis membuat karya berbayar? 

Jadi hanya pembaca yang tergabung dalam member yang bisa mengakses. Nah ini juga situs yang membayar tulisan langsung dan bisa berpotensi kayar raya. 

Ini beberapa tips menghasilkan banyak uang dari bisnis member list via Wordpress: Menulis karya fiksi nampaknya memberikan potensi lebih besar untuk meraup penggemar. Jadi cobalah perkuat skill menulis cerbung, cerpen maupun novel. Menulis puisi? Rasanya bukan ide yang bagus. Anda bisa menulis non-fiksi, seperti opini maupun in-depth article

Namun harus benar-benar bagus dan membuat orang ingin membaca terus tulisan Anda selanjutnya. Hindari menulis pendek dan berkualitas rendah. Ingat, mereka membayar untuk mendapat bacaan bermutu. Ketahui sedikit banyak tentang ilmu copywriting agar Anda lihai dalam merayu lebih banyak pembaca menjadi calon anggota berbayar. 

Kembangkan sayap dan cobalah untuk mempromosikan situs Wordpress Anda di forum, Facebook, Kaskus, Grup penulis di Telegram ataupun secara offline. Tentu semua tidak semudah yang kelihatannya tetapi jika Anda takut mencoba padahal sudah punya insting bagus, selamat : Anda tidak akan pernah sukses! 

Donasi Langsung 

Semoga Anda tidak lelah membaca artikel panjang ini. Sekali lagi, aku janjikan waktu Anda tidak sia-sia. Dalam artikel yang juga aku sangat lelah (baik fisik terlebih pikiran) dalam menulisnya ini, terbersit satu keinginan besarku seperti sudah kutulis di atas: Membuat Anda sukses menjadi Penulis Besar Profesional dengan memberitahu jalan yang mungkin Anda berjodoh. 

Oke bagian berikutnya: memasang donasi langsung. Beberapa blogger sudah melakukan ini. Mereka membuat blog, menulis karya dan mempersilahkan pembaca melakukan donasi jika dirasa bermanfaat. Mbak Igniel adalah salah satunya. 

Di blognya, Igniel memasang tombol donasi Paypal. Anda tidak punya Paypal. It's okey! Coba buat blog, tulis karya bagus dan pasang donasi via GoPay, Dana, Link Aja atau pulsa. Semoga beruntung!

Marketplace Penulis 

Selanjutnya kamu juga bisa menjual kemampuan menulis di pasar jasa. Istilah kerennya marketplace! Jadi bukan haya online store saja, ada juga tempat untuk menjual kemampuan menulis. Biasanya bahkan akan dapat banyak project yang tidak terduga dari luar negeri. 

Tentu bayaran penulisnya adalah US Dolar, SG Dolar, Euro, atau Australia Dolar. Tergantung klien Anda. Lantas dimana saja marketplace penulis? 

Aku sengaja tidak membahas poin ini dengan detail takut dikau lelah lalu berhenti membaca padahal ada poin lagi yang penting : tips menjadi penulis artikel. Jadi kubuat ringkas saja daftar marketplace untuk menjadi penulis dan mendapatkan proyek menulis. 

  • Rajabacklink. (Harus punya blog DA/PA tinggi. Tidak punya tidak masalah, masih ada lainnya.)
  • Sosiago. (Buat blogger dan bahkan non-blogger, contohnya influencer). 
  • Project.co.id. 
  • Sribulancer. 
  • Freelancer.com 
  • MediaBacklink

Menawarkan Tulisan Langsung 

Ingin jadi penulis artikel memang tidak mudah tetapi tetap jalan terbuka lebar. Sebelum nanti aku bahas tips jadi penulis yang profesional (mendapatkan bayaran uang secara nyata), maka aku bagikan juga saat ini cara yang lain supaya memiliki penghasilan dengan menulis. 

Menawarkan Jasa Penulis ke Blogger 

Langsung saja, Anda bisa menulis, membuka jasa penulisan artikel lalu tawarkan jasa itu kepada para blogger. 

Ada banyak suhu yang ngeblog tetapi sebenarnya butuh bantuan penulis lain dikarenakan banyaknya aktivitas dan kegiatan sehari-hari, entah karena sudah jadi PNS, memiliki banyak toko ataupun memelihara sekian ratus situs. 

Caranya bagaimana? Buka Facebook, carilah grup blogger. Cari mereka yang butuh tulisan. Cari blog yang besar. Kunjungi halaman kontak kami / contact us, lalu kirim email penawaran. 

Ingat ya, Anda bisa diterima dan dapat uang secara bulanan. Bisa juga dicaci maki karena ternyata kualitas tulisan sangat buruk. Tidak apa, jangan takut mencoba. 

Bergabung dengan Perusahaan Jasa Penyedia Artikel 

Ini tidak terlalu aku sarankan, kecuali dirimu sudah tahu resikonya. Apa itu? Anda akan dibayar sangat murah. Saya ingatkan, bukan murah tetapi sangat murah. Mungkin sekitar 10k per-artikel. Jika cocok oke sajalah. 

Di sinilah yang aku sayangkan. Terlampau murah penerima jasa dalam membeli artikel akan berakibat fatal secara nasional: tingkat literasi Indonesia akan terlihat tidak bermutu. Silahkan lihat saja jika ada berita viral. Paling sumbernya satu: ANTARA. Lainnya nyaris sama persis. Andaikanpun beda, ternyata sumbernya adalah alihbahasa dari media luar negeri. 

Menulis Cerpen dan Novel Dibayar 

Update terbaru, untuk kalian yang hobi menulis kisah fiksi, silahkan coba beberapa platform menulis novel dan cerpen dibayar, yakni: Wattpad Goodnovel Novelme Tentu saja, kualitas adalah yang utama. Selain itu pastikan tidak terlalu idealis. Bacalah keinginan pasar, khususnya remaja dan ibu-ibu. Pelajari cara menulis cerpen yang benar agar bisa menghasilkan cerpen maupun novel yang laris dan menghasilkan uang. 

Tips Menjadi Penulis Artikel atau Kontributor 

Sekarang sampailah ke bagian akhir. Selamat, jika kamu membaca runtut dengan tekun dan teliti dari awal hingga bagian ini, kemampuan membaca Anda luar biasa. Ini modal bagus jadi penulis handal profesional. 

Ternyata banyak juga yang terus mengirim pesan ke Catatan Adi terkait lowongan penulis artikel ini. Oleh karena itu kami akan berikan tips untuk kamu yang ngebet pengen mencoba jalan ninja menjadi seorang freelance writer ya. 

  1. Ketahui Topik. Ini penting. Ketahui artikel jenis apa yang diterima oleh situs-situs tersebut. Jangan sampai Anda mengirim resep masakan ke portal berita politik. Sudah pasti tidak akan diterima. Ada 23 jenis artikel yang ada populer di dunia maya ini, cobalah pelajari dan pastikan untuk mengirim tulisan yang tepat ke media yang benar. 
  2. Riset. Buatlah analisa dan penelitian kecil-kecilan, seperti apa sih kualitas yang diinginkan dari tim tersebut. Apakah artikel dengan analisa mendalam, atau esai segar yang dipenuhi ilustrasi jenaka? Latih dan kembangkan kemampuan menulis Anda. Anda bisa memulainya dengan membuat blog personal yang berisi kumpulan karya-karya Anda. Jika nanti menghadapi kendala menulis, segera cari solusinya. Jika berminat, kami sudah buat artikel yang berisi tips tersebut >>> Cara Mengatasi Writers Block
  3. Buat Tulisan Bagus. Ada suatu trend yang unik dimana tulisan berbentuk listicle mulai diminati. Cobalah membuat artikel tersebut atau kembangkan ciri khas Anda sendiri. Pastikan tidak ada tipo atau alur yang aneh. 
  4. Kirim dan Rajin Tanya. Ini yang penting. Cobalah hubungi via email baik-baik. Jadi jangan cuma asal kirim, namun tulis data diri plus ceritakan sedikit tentang artikel Anda di badan surat. Setelah satu atau dua minggu, tanyalah via surat elektronik apakah artikel yang telah Anda kirim sesuai dengan penilaian dan lolos review. Ohya, jangan lupa ya, jika ada panduan komunitas, coba pelajari dan baca dengan cermat. Siapa tahu di situ ada hal-hal yang bisa membuat artikel Anda dipertimbangkan. 
  5. Share. Intinya adalah membuat artiel yang menarik sehingga bisa menghasilkan uang. Ini yang juga penting untuk dilakukan : Berbuat baiklah. Orang baik biasanya mujur. 

Caranya gimana? Silahkan share dan bagikan artikel dari Catatan Adi ini sehingga banyak orang bisa terbantu. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat untuk Anda. Juga kami doakan Anda bisa mendapat banyak uang dari artikel yang Anda tulis lalu kirimkan. 

Jangan menyerah untuk menggapai mimpi menjadi kontributor maupun penulis artikel. Kenapa kami menulis artikel panjang ini? 

Padahal .... Belum tentu dibaca habis oleh pembaca. Banyak orang Indonesia yang suka membaca dengan cara skimming. Akibat skimming, maka bounce rate Catatan Adi bisa melonjak. Tentu ini mengkhawatirkan secara SEO. 

Jadi artikel ini juga berisiko. Menulis artikel ini melelahkan karena menguras pikiran, waktu, tenaga bahkan kesabaran. Rawan dicontek sesama blogger. Sering pembaca tidak memberi apresiasi apapun, bahkan berkomentar saja tidak. 

Kenapa? Kenapa kami membuatnya? Tentu ada tujuannya. Beberapa diantaranya mungkin akan terdengar naif bagi Anda, tetapi inilah tujuan kami berbagi artikel mendapat penghasilan dari menulis di internet lengkap ini: Membantu para calon penulis besar Indonesia. 

Kami yakin ada banyak penulis hebat yang hilang sia-sia karena tidak tahu jalan mana yang harus ditempuh. Mungkin salah satunya Anda. Jika kami berhasil membantu Anda, maka itu kepuasan pribadi penulis. Memperbaiki ekosistem literasi Indonesia. Artikel yang dijual murah itu karena penulisnya ga tahu jalan yang benar. Akhirnya kualitas tulisan menurun. Indonesia penuh berita, artikel dan opini yang kurang bermutu. Kapan bisa maju? 

Itulah sedikit curhat penulis di akhir artikel ini. Jika ada waktu, silahkan baca beberapa postingan yang lain terkait kepenulisan dan tips menulis, mungkin saja juga berguna untuk Anda. 

Akhir kata, seperti kami juga lelah dalam menulis artikel panjang ini, kami tahu Anda juga capek membacanya. Namun jangan berhenti di Anda. 

Silahkan bagikan, siapa tahu salah seorang rekan yang sedang frustasi dalam mencari pekerjaan lalu terinspirasi dengan tulisan ini sehingga menyelamatkan dirinya bahkan membuatnya sukses. Tentu tidak akan ada yang sia-sia. Semoga sukses!

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

30 komentar untuk "Cara Mendapatkan Uang dengan Menulis Artikel "

  1. Oh jadi ini Situs Yang Bakal Bayar Tulisanmu LANGSUNG.

    Boleh juga nih saya coba, siapa tau beruntung. Makasih informasinya 👌

    BalasHapus
  2. Wah boleh juga nih ane coba min... Sangat inspiratif khususnya bagi para konten writer lepas dan bagi mereka yang hobi menulis 😊👌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener gan, selain ngeblog, bisa juga ngirim2 artikel gitu. Lumayan gedhe logh!

      Hapus
  3. Wahh dpt tips baru, lumayan nih ane coba, klo lupa tipsny tinggal kunjungi artikel ini aj:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke gayn, saling dukung dan menguntungkan aja pokoknya ya :)

      Hapus
  4. Baru tau Mojok dan MBDC, tapi yg no 2 patut dilirik nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Coba aja gan! :) semoga beruntung ya

      Hapus
  5. Betul banget apa yang di sampaikan,harus tetap konsisten...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, dengan konsisten kita akan makin bisa meningkatkan kualitas tulisan sehingga layak terbit dan mendapatkan penghargaan berupa cuan.

      Hapus
  6. Banyak juga ya situs-situs yang menyediakan fee untuk sebuah karya tulis. Wajib dicoba juga. Itung -itung menyalurkan hobi sebagai penulis.
    Terima kasih atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya benar, sekalian melakukan hobi sekalian mendapatkan penghasilan.

      Hapus
  7. Wah Nice info gan... Boleh dicoba nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba gan, semoga berhasil ya....

      Hapus
  8. Bagus nih, buat ngumpulin receh... hehe

    BalasHapus
  9. jadi kontributor MBDC boleh juga ya gan, sekalian buat ngelatih gaya bahasa jg..
    btw, tetaplah ngeblog karena ngeblog bisa bikin kita ga gob*** 😁 nice words gann

    BalasHapus
  10. Wah, baru tau ada Remotivi. Kalau yang lainnya, terutama su BasaBasi itu udah sering dengar, sih. Tapi, Gan, situs-situs itu ada kurasinya kan, ya. Biasanya lumayan lama tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti ada tapi kan bisa bantu kita buat bikin konten yang berkualitas juga. Coba aja gan.

      Hapus
  11. Itu yang nerima karya kaya cerpen ada gak min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok, basabasi kayaknya nerima cerpen.

      Hapus
  12. lagi doyan banget belajar nulis, plus lagi kepepet banget butuh duit eh artikel ini muncul 😁, makasih bang dan semoga kita beruntung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, semangat ya. Semoga makin sukses dan beruntung juga.

      Hapus
  13. Terimakasih Catatan Adi. Jarang saya temukan informasi tentang "menulis artikel dibayar".

    Saya akan baca lagi dan tentukan beberapa opsi yang sesuai kondisi dan kemampuan saya.

    Saya seorang guru les privat Bahasa Inggris, juga tertarik dunia politik dan sosbud.

    Saya kira, akan menulis tentang politik, pendidikan dan sosbud.

    Sekali lagi, terimakasih.
    Tuhan memberkati, Catatan Adi semakin ramai dan lancar rupiahnya. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat mas. Terima kasih doanya ya.......

      Hapus