Panduan Memotong Dan Mengedit Lagu Menggunakan Audacity

Tutorial - Ada banyak sekali software komputer untuk mengedit suara, entah  itu lagu, rekaman, dll. Salah satunya adalah Audacity. Catatan Adi sendiri sudah belasan tahun memakai software yang satu ini.

memotong lagu audacity
logo Audacity

Keunggulan Audacity


Mengapa banyak orang, termasuk Catatan Adi yang lebih memilih menggunakan Audacity untuk mengedit suara? Ternyata memang ada beberapa keunggulan yang menjadi ciri khas software yang satu ini :

1. Ringan.

2. Bisa dijalankan di banyak OS.

3. Sangat mudah.

4. Fiturnya cukup lengkap.

5. Memiliki versi free alias gratis.

File yang bisa diedit menggunakan Audacity


Ada berbagai format musik seperti :

1. Tom's lossless Audio Kompressor (TAK), Monkey's Audio (filename extension APE), FLAC, TTA, WavPack (filename extension WV),  Apple Lossless, MPEG-4 ALS, MPEG-4 SLS, MPEG-2 DST,  Shorten, ATRAC Advanced Lossless, Windows Media Audio Lossless (WMA Lossless).1. 3. AU, AIFF, WAV  dan raw header-less PCM.
4. ATRAC, MP3, Vorbis,  AAC, Mousepack, dan Windows Media Audio (WMA).

Terkadang kita perlu mengedit File Suara untuk berbagai keperluan. Seperti memperbesar suara hasil rekaman,  memotong lagu untuk menjadikan ringtone HP, Memotong suara karena sensor (berbicara tidak sopan), Menggabungkan file suara rekaman dengan musik backround,  mengedit suara rekaman agar menjadi menggema, menghapus noise, mengatur agar suara di akhir musik mengecil atau berbagai keperluan lainnya. Semua itu bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi sederhana yaitu Audacity.
Aplikasi ini bisa temen-temen download di situsnya :  Audacity

Menggunakan Audacity


Berikut Tampilan lembar kerja Audacity :


menggunakan audacity Catatan Adi

Cara memasukkan file Anda ke lembar kerja Audacity

1. Buka Aplikasi Audacity

2. Klik File Lalu open atau bisa juga Gunakan Sistem Seret (Drag File MP3 Ke dalam Aplikasai), jika bukan mp3, coba convert dulu file suara tersebut ke mp3 dengan free  audio converter atau aplikasi lain

Menghapus bagian tertentu dalam file suara

Bagi yang bekerja di industri kreatif, sangat dibutuhkan software yang ringan namun mumpuni. Salah satunya adalah untuk menghapus bagian tertentu dari sebuah rekaman, lagu, mp3, dll. Jawabannya adalah Audacity.

Lalu bagaimana cara menghapus bagian tertentu dalam sebuah file suara menggunakan Audacity? Berikut panduannya.

1. Buka File Suara yang ingin kita Potong (Sudah mp3)

2. Klik Selection tools, lalu pilih area yang ingin kita buang, lalu klik delete di keyboard

3. Pastikan suaranya tidak sedang play karena tombol delete tidak berfungsi saat file tersebut sedang anda play di audacity

Jika kita hanya akan memotong file mp3 dengan sederhana, misalnya ingin mengambil suara dari detik sekian sampai sekian saja. Sehingga tidak cukup ribed seperti cara audacity di atas yaitu menghapus di tengah-tengah. Kita bisa menggunakan aplikasi yang sederhana, yang bisa anda baca di Cara mudah Potong File Musik dengan Free Mp3 Cutter.

Menggabung-gabungkan file musik

Ada kalanya juga kita ingin menggabungkan dua atau lebih file suara. Hal ini kadang membuat kita pusing. Jangan khawatir, Anda bisa melakukannya menggunakan Audacity. Software ini mampu membantu Anda untuk meng

1. Buka file suara yang ingin kita buka sebagai suara pertama (seret atau open).

2. Seret file suara musik berikutnya (jangan open), kemudian letakkan di ujung setelah musik pertama jika ingin play berlanjut, atau di bawah file utama jika ingin digabung sebagai backround (paly bersamaan).

3. Jika musik yang kedua malah dibawah musik pertama (padahal kita pengen di ujung musik pertama). Kita bisa block seluruh musik kedua kemudian pilig Copy. Kemudian pergi ke ujung musik pertama (klik), lalu paste di situ.

4. lakukan point 2 dan 3 untuk musik-musik yang lain.

Memberi backsound pada sebuah proyek musik / mp3

1. Buka File Suara Musik Rekaman Kita (File harus berekstensi mp3). Jika bukan mp3, coba ubah (convert) menjadi mp3 dengan aplikasi free audio converter atau aplikasi yang lain
2. Seret File Musik yang akan di jadikan Backround dan letakan di bawah file musik utama
3. Jika ingin menggeser Musik ke kanan atau ke kiri, gunakan Time Shift Tools.

Memperbesar suara hasil rekaman

Jika suara hasil rekaman yang kita buat terlalu kecil, meskipun sudah dalam volume player dan speaker yang Full. Sahabat bisa mencoba edit File Suara musik yang temen-temen miliki  menjadi lebih besar dengan aplikasi ini.

1. Buka File Suara  musik yang mau kita Edit (Sudah mp3)

2. Perhatikan Sebelah Kiri di atas L dan R

3. Perbesar suara musik dengan Menggeser Ke arah Plus Atau negatif.

Mengatur volume suara keluar dan masuk

Jika kita ingin mengedit agar suara masuk pertama kali terdengar kecil dan lama-lama semakin besar, temen-temen bisa menggunakan Fade In. Atau mengatur agar suara Di akhir musik semakin mengecil, bisa menggunakan Fade Out.

1. Buka File Suara Musik yang mau kita Edit (sudah mp3)

2. Pilih Area Menggunakan Selection Tools

3. Klik Effect lalu Pilih Fade In atau Fade Out

Mengekspor file hasil editan

Jika kita telah selesai melakukan Edit File musik yang kita miliki. Kita bisa menyimpan Hasilnya melalui menu File, lalu menyimpan nya menjadi file mp3 atau jenis yang lain.

1. Pilih Eksport, lalu pilih tipe file (mp3, amr, dll). Jangan lupa pilih juga kualitas kbps yang anda mau di menu option di sekitar tombol Simpan.

2. Atau Save Projek Jika Pekerjaan Kita Belum Selesai

Jika anda bermasalah dengan menyimpan di file mp3 karena bermasalah dengan libmp3lame, pilih saja file jenis lain. Karena nanti bisa dengan mudah kita convert menjadi mp3 dengan free audio converter. Atau anda bisa mencoba menggunakan libmp3lame berikut ini.

Demikianlah artikel dari Catatan Adi kali ini yang membahas tutorial memotong dan mengedit lagu menggunakan Audacity. Semoga bermanfaat bagi Anda. Baca juga artikel menarik lainnya seputar tutorial hanya di Catatan Adi.


0 Response to "Panduan Memotong Dan Mengedit Lagu Menggunakan Audacity"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel