Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudahnya Menemukan Informasi Rapid Test Terdekat Melalui Halodoc


Dalam masa pandemi ini semua masyarakat Indonesia harus memahami betapa pentingnya rapid test sebagai bentuk penanggulangan penyebaran COVID 19.

Sayang sekali hingga saat ini masih banyak kelompok masyarakat yang menolak petugas medis ketika ingin melakukan rapid test. Hal tersebut antara lain dikarenakan kurangnya edukasi yang menyeluruh kepada semua elemen masyarakat.

Oleh karena itu, mari pelajari pengertian dan betapa pentingnya rapid test untuk mempercepat selesainya pandemi virus corona di Indonesia.

rapid test surabaya bersama halodoc | Catatanadi.com
Rapid Test 

Apa Itu Rapid Test Corona?

Sederhananya, rapid test corona adalah sebuah uji masal yang dilakukan sebagai langkah untuk mendeteksi keberadaan virus. Mengingat virus Corona bisa menular dengan sangat cepat, petugas medis harus mendeteksi dan merawat orang yang terindikasi positif Corona secepat mungkin.

Di Indonesia, rapid test corona menggunakan sample darah dari pasien. Dari sampel darah tersebut, akan terlihat kadar antibodi bernama imunoglobulin G dan imunoglobulin M. Orang yang terindikasi positif corona memiliki hasil rapid test dengan kadar imunoglobulin M tinggi dan harus dibawa untuk menjalani test PCR.

Pentingnya Rapid Test Masal Di Setiap Acara Umum

Belakangan ini, terjadi banyak sekali penularan virus corona dari OTG alias Orang Tanpa Gejala. OTG adalah orang - orang yang positif virus corona namun tidak mengeluarkan gejala karena memiliki antibodi yang relatif lebih kuat. Umumnya, orang yang positif corona mengeluarkan gejala - gejala seperti :
  • Demam
  • Sesak nafas
  • Batuk - batuk

Namun bila orang tersebut punya sistem pertahanan tubuh yang kuat, bisa jadi OTG tidak mengeluarkan gejala - gejala ini. Tetapi bukan berarti virus corona yang ada di dalam tubuhnya tidak akan menular.

Dengan diadakannya rapid test, petugas medis bisa mengetahui siapa saja orang - orang yang terindikasi positif corona meskipun tidak mengeluarkan gejala. Sehingga, orang tersebut tidak menularkan virusnya kepada orang lain dan membuat jumlah pasien corona menjadi semakin banyak.

Virus covid - 19 menular melalui droplet atau percikan air liur. Dan droplet ini bisa keluar dan menyebar ke orang lain ketika batuk, bersin, berbicara, bahkan ketika bernapas. Itulah mengapa menggunakan masker sangat penting karena bisa mencegah penyebaran sekaligus mencegah tubuh tertular dari orang lain.

Selain itu, orang yang hasilnya negatif juga jadi bisa menjauhi tempat - tempat yang pernah ada orang dengan hasil rapid test positif agar tidak ikut tertular. Ada pula beberapa orang yang sangat direkomendasikan untuk mengikuti rapid test. Di antaranya adalah :
  • OTG alias Orang Tanpa Gejala
  • Orang yang memiliki pekerjaan yang memaksa mereka melakukan kontak dengan masyarakat umum
  • Pasien Dalam Pengawasan atau PDP
  • Orang Dalam Pengawasan atau ODP
  • Orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif corona dalam jangka waktu minimal 7 hari

Mengingat pentingnya rapid test, maka Halodoc bekerja sama dengan beberapa institusi kesehatan memberikan kemudahaan akses untuk melakukan rapid test mandiri kepada semua kelompok masyarakat.

Halodoc adalah sebuah aplikasi kesehatan yang memberikan kemudahan untuk berbagai solusi kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Halodoc bisa diakses melalui situs ataupun aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Playstore ataupun Apple Store.

Dengan Halodoc, kini Anda semua tidak perlu lagi repot untuk mencari dokter ataupun rumah sakit. Melalui fitur cari dokter Anda akan dengan mudah menemukan berbagai rumah sakit dan dokter terdekat.

Seperti contoh, untuk Anda yang mencari tempat untuk covid test Surabaya, Anda bisa mencarinya di fitur cari dokter. Lalu Halodoc akan memberikan rekomendasi rumah sakit yang tepat untuk Anda.
Dengan segala fitur dan kemudahaan yang diberikan, maka tak salah bisa Halodoc makin mendapat apresiasi dari seluruh elemen masyarakat.
Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Mudahnya Menemukan Informasi Rapid Test Terdekat Melalui Halodoc"

Berlangganan via Email