Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Tubuh



https://catatanadiwriter.blogspot.com tips sederhana menjaga kesehatan tubuh
Sumber ; Unsplash

Menurut World Health Organization (WHO), atau badan kesehatan dunia PBB : diet yang tidak sehat serta kurangnya olahraga dapat meningkatkan resiko kesehatan tubuh secara umum. Tentu fakta ini diambil dari hasil penelitian yang sangat jeli dan dapat dipercaya.

Namun apa sebenarnya kunci untuk menjaga kesehatan tubuh?

Memiliki tubuh yang sehat merupakan idaman semua orang. Bahkan riset dari Statistic Brain, sebuah lembaga penelitian terkemuka, mengatakan bahwa menjadi sehat adalah satu dari lima resolusi tahun baru paling populer yang dibuat setiap tahun.

Namun faktanya tidak semua orang berhasil untuk memenuhi resolusi tersebut. Apakah menjadi menjaga kesehatab tubuh sesulit itu?

Sebenarnya tidak. Berikut adalah beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Perhatikan pola makan.


Banyak orang memiliki pola makan yang buruk. Hal ini pada akhirnya akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Untuk itu penting bagi semua orang mengetahui pola makan yang benar.

Sayangnya banyak yang menganggap mengubah pola makan merupakan hal yang ribet dan menyusahkan. Padahal kuncinya hanya sederhana : porsi makan, jam makan dan jenis makanan.

Jangan makan terlalu banyak. Makanlah secukupnya. Porsi makan yang berlebihan bukan hanya dapat membuat organ pencernaan bekerja lebih keras, namun juga berpotensi mengakibatkan obesitas.

Hal ini tentu sangat ingin Anda hindari bukan? Untuk itu, mulailah perhatikan porsi makan Anda. Gunakan piring yang tidak terlalu besar serta hindari makan berlebihan.

Jam makanpun harus Anda perhatikan untuk menjaga kesehatan. Jangan sampai Anda terlalu sering melewatkan jam makan yang seharusnya atau mempercepat jam makan.

Organ pencernaan Anda butuh waktu yang cukup untuk bisa bekerja kembali. Jam makan yang tidak teratur dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, seperti maag, asam lambung, dan lain-lain.

Satu hal lagi yang harus juga mendapat perhatian adalah jenis makanan. Seenak apapun makanan, namun jika tidak baik untuk tubuh Anda, lebih baik Anda hindari.

Makanan yang mengandung kolesterol, lemak dan gula berlebihan lebih baik tidak Anda konsumsi. Juga jenis makanan yang tidak segar lebih baik tidak Anda makan.

Untuk referensi lebih lanjut, silahkan baca artikel tentang hubungan antara pola makan dan hidup bahagia berkualitas yang membahas secara lengkap dan menarik seputar kebiasaan makan yang baik. 

Ubah Gaya Hidup


Dalam penelitian yang dirilis oleh AIA pada tahun lalu, indeks kesehatan atau Healthy Living Index masyarakat Indonesia mengalami penurunan.

Bahkan dari penelitian yang sama, hanya 52% masyarakat Indonesia yang melakukan olahraga rutin. 
Hal ini patut disesalkan karena ini menjadi salah satu pertanda kurangnya perhatian masyarakat pada gaya hidup sehat.

Secara sederhana gaya hidup sehat bisa dirangkum dalam dua hal, yakni istirahat yang cukup dan berolah-raga.  

Kurang istirahat dapat menyebabkan berbagai penyakit, antara lain anemia, meriang, sakit kepala hingga tekanan darah tinggi.

Sedangkan, jarang melakukan olah-raga dapat membuat tubuh Anda terasa kaku, mudah lemas dan gampang terserang penyakit.

Maka selain memperhatikan makanan, gaya hidup juga harus diubah untuk menjadi lebih sehat lagi.

Hindari Stress.


Dr. Kim Glass dari Bupa Health Clinics mengatakan jika stress dapat merusak dan membahayakan tubuh. Hal ini tentu harus Anda hindari.

Untuk itu, maka cara selanjutnya adalah mengurangi stress. Bahkan lebih lanjut, stress ternyata dapat mengundang berbagai gangguan kesehatan antara lain ; hyperarousal, tekanan darah tinggi, migrain, dan bahkan stroke.

Lalu bagaimana cara terbaik untuk mengurangi stress. Catatan Adi merangkum setidaknya ada 4 hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari diri dari stress berlebihan ;

1. Jangan terlalu perfeksionis.
2. Sering meluangkan waktu dengan keluarga atau teman.
3. Hindari menonton tayangan yang memacu emosi.
4. Memelihara hewan di rumah.

Kesimpulan : Menjaga kesehatan tubuh tidak sesulit yang dipikirkan. Perhatikan 3 hal kunci, yakni pola makan, gaya hidup dan tingkat stress. Hidup seimbang adalah kunci dari kesehatan tubuh yang prima.

Semoga artikel tetang menjaga kesehatan tubuh ini dapat bermanfaat untuk Anda. Baca juga artikel lainnya tentang topik kesehatan dari Catatan Adi.

1 Response to "Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Tubuh"

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel