Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Superhero dan Antihero Terbaik Versi Catatan Adi

Semua orang membutuhkan superhero, khususnya di saat-saat dimana dirinya ditindas. Sama seperti penduduk yang tak berdaya, baik itu di Gotham maupun Metropolis, penduduk dunia juga sedang menghadapi bahaya yang jelas-jelas memuakkan. Korupsi, kriminalitas hingga perang membuat masyarakat terancam. 

Melarikan diri ke dunia maya dengan segala kesempurnaan (maupun ketidaksempurnaannya) adalah alternatif yang bisa dipilih. Ada yang memuja Superman, alien dari Kripton. Ada juga yang menggemari tokoh-tokoh dari gang Avengers. Lalu bagaimana dengan diriku? 

daftar antihero terbaik di dunia
antihero terbaik

Aku sendiri menyukai superhero yang kejam, sadis dan tidak kenal kompromi. Karakter yang demikian tampak lebih nyata daripada orang-orang konyol yang kuat tetapi berkompromi pada penjahat dan mengharapkan mereka tobat.

Aku sepakat dengan Frank Castle, bahwa satu-satunya cara untuk memastikan penjahat tidak mengulangi kejahatannya adalah dengan menghabisinya.

Baik DC maupun Marvel, dan juga Nickelodeon memiliki banyak karakter unik yang secara langsung maupun tidak, aku gemari. Sayangnya, beberapa dari mereka ternyata memiliki label villain, bahkan anti-hero.

Apa itu villain? Secara garis besar, villain artinya musuh. Sedang anti-hero adalah superhero yang berada di wilayah abu-abu, karena juga menggunakan kejahatan untuk melakukan aksinya.

Mengenai superhero, ataupun villain dan antihero ini, aku akhirnya memutuskan untuk membuat semacam daftar yang berisi para tokoh hebat tersebut. Perlu juga aku tegaskan bahwa dalam daftar nanti, akan ada banyak karakter yang berasal dari berbagai sumber, mulai dari serial anime Naruto hingga pewayangan yang berbasis epos dari India. Ada juga tokoh yang aku cuplik dari film box office yang mungkin menurut kalian bukan termasuk golongan superhero. 

Ingat bung! Superhero adalah pahlawan dengan kekuatan super. Artinya melebihi manusia biasa. Bisa jadi dia mampu membengkokkan jeruji besi, bisa jadi dia sangat jenius. Justru itu, semakin mendekati kenyataan (dari segi kemampuan) menurutku semakin menarik. 

Jadi, apakah kalian siap untuk bertemu dengan para superhero tangguh versi Catatan Adi? Tidak masalah jika kalian nantinya sepakat untuk tidak setuju dengan daftar ini, karena semuanya murni opini dari saya. Namun, hal itu tidak akan menggoyahkan pendapatku bahwa dunia lebih membutuhkan superhero yang tegas dan kuat, karena kriminalitas dan kejahatan sudah semakin parah setiap harinya. 

-----*****-----

Berikut adalah beberapa daftar superhero yang nantinya akan aku bahas tersendiri di artikel mendatang. Kalian bisa menambahkan daftarnya menurut pertimbangan kalian di kolom komentar. 

  1. The Punisher
  2. Amon 
  3. The Anarky
  4. Batman
  5. Pain
  6. Light Yagami
  7. Clyde Shelton
  8. Adipati Karna
  9. Carrie
  10. Jesse Custer

Mari kita bahas sedikit : 

The Punisher

The Punisher adalah seorang superhero sekaligus penjahat. Dalam dunia khalayan ciptaan para kreator Marvel, Punisher adalah sosok yang tegas dan 'sedikit' kejam. Berbeda dengan kebanyakan superhero lainnya yang bersifat defensif, The Punisher sangat agresif. Dia juga memiliki cara tersendiri untuk mengatasi para penjahat. 

Dalam beberapa kesempatan, The Punisher tampil bersama superhero lainnya. Seperti ketika ia bertarung dengan para mutant di X-Men atau bertemu dengan kelompok Avengers. 

Satu hal yang pasti dan merupakan benang merah dari semua ini adalah, mereka semua superhero yang tegas. Sesuatu yang benar-benar kita butuhkan sekarang. 

Satu hal lagi yang aku suka dari The Punisher adalah dia seorang manusia. Bukan alien, dewa apalagi mutan aneh. Dia seorang prajurit yang punya keberanian dan kemampuan. Dua kombinasi yang dibutuhkan bahkan di dunia nyata yang penuh kejahatan ini. 

Amon

Namun bagi kalian penggila film Avatar, khususnya edisi Kora, maka sudah pasti tahu siapa sosok yang satu ini. Ya, dia adalah seorang penjahat yang kejam.

Lantas, kenapa Catatan Adi memasukkannya di daftar? Tentu saja karena motifnya. Dia adalah seorang idealis. Dunia di universe Avatar sudah rusak dan parah. Para pengendali berkuasa dan membuat manusia normal seakan tidak ada harganya. Ini adalah dunia yang tidak adil. Andai semua orang punya kemampuan mengendalikan air, api, udara atau tanah, maka keseimbangan terwujud. Namun nyatanya banyak orang yang hidup biasa-biasa saja, bukan sebagai pengendali.

Amon datang untuk memperbaikinya. Namun dengan caranya sendiri. Oke, maka dengan tegas aku nyatgakan : welcome to the club, bro!

The Anarky

Selanjutnya, The Anarky. Dari namanya saja sudah jelas kalau superhero satu ini kental dengan nuansa anarkisme. Sungguh keren DC bisa menyisipkan seorang superhero (atau anti-hero) yang punya karakter seperti ini.

Seperti apa kisah dari seorang bocah yang ingin menegakkan kebebasan serta menghancurkan tirani kejahatan yang menindas masyarakat itu? Kalian bisa baca di edisi khusus Catatan Adi yang membahas mengenai ideologi anarko.

Batman

Dia adalah manusia kelelawar sekaligus tokoh paling populer di daftar ini. Ketegasannya dan kemisteriusannya membuatku wajib memasukkan namanya.

Batman adalah superhero sekaligus anti-hero yang keren. Dia manusia biasa, dengan tekad yang luar biasa dan masa lalu super kelam. Ingin tahu pendapatku tentang dirinya? 

Pain

Kalau yang satu ini dari Naruto. Tokoh yang benar-benar punya visi yang mengerikan. Dialah Pain, satu orang yang mengendalikan sekelompok zombie dengan tenaga luar biasa.

Kalian bisa baca kisahnya di Pain, tokoh antihero Naruto. Meski pada akhirnya tunduk dan ditaklukkan Naruto dengan jurus bacot no jutsu, tetapi Pain telah memberikan kenangan luar biasa pada masyarakat tentang apa itu rasa sakit. 

Light Yagami

Aku mengambil dirinya dari serial Death Note, sebuah film kartun dengan nuansa gelap dan konten yang cukup berat. 

Death Note sendiri adalah sebuah buku sakti dimana siapapun yang kau tulis namanya di situ akan mati. Light Yagami adalah antihero dengan kekuatan paling mengerikan, karena bersama Death Note, dia bisa membunuh tanpa menyentuh. 

Clyde Shelton

Apa kau merasa Clyde Shelton dari Law Abiding Citizen tidak layak disebut sebagai superhero? Oke, mari kita perjelas. 

Manusia ini sangat cerdas. Dia mungkin adalah perwujudan Tony Stark dan Bruce Wayne dalam kehidupan nyata. Selain itu, Clyde Shelton juga menggunakan kecerdasannya untuk mendobrak sistem yang sudah rusak. 

Adipati Karna

Sejak kecil aku kagum pada tokoh ini. Adipati Karna adalah sosok pejuang yang jauh dari hingar bingar pemujaan. Dia melawan Pandawa yang adalah lakon sejati dalam gelaran Mahabarata. Lantas, apa yang unik dari Karna? 

Dari Karna kita belajar bahwa kebenaran absolut itu tidak ada. Meski fiksi tetapi sosok Karna nampaknya akan selalu hidup di dalam hati mereka yang bersimpati pada jalan hidupnya. 

Carrie

Berasal dari film dengan judul yang sama, Carrie adalah seorang ramaja putri yang hidup dengan dunia yang tidak terlalu baik. Dia tinggal bersama ibu yang aneh dan teman-teman yang merundungnya berkali-kali.

Untungnya Carrie White bukan manusia biasa. Dia punya sebuah super-power yang mengerikan, mungkin setara Rogue Phoenix di film X-men. Ya, dia adalah sosok yang dibutuhkan untuk memberi pelajaran para pembully di dunia nyata. 

Jesse Custer

Aku menyebutnya seorang Kristen radikal yang tidak takut mati. Memang benar, terkadang perdamaian hanya bisa diciptakan dari selongsong peluru, bukan khotbah nan indah. Dan Jesse Custer dari film The Preacher sudah membuktikannya.

Berasal dari negeri yang damai, Jesse pergi ke Afrika untuk misi mendakwahkan agama Kristen. Di sana, dia bertemu para pemberontak yang kejam dan bengis. Alih-alih menyerah, Jesse memilih bertempur. Inilah karakter yang memberi kita semangat untuk tidak takut pada penindasan, sesuatu yang benar-benar dibutuhkan oleh manusia yang tertindas. 

= = = = =

Sekali lagi, daftar ini benar-benar sangat subyektif. Kalian bisa-bisa tidak setuju. Maka kenapa tidak membuat daftar antihero terbaik versi kalian sendiri, lalu tulis di kolom komentar? Aku akan dengan senang hati membacanya. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Superhero dan Antihero Terbaik Versi Catatan Adi"

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label