Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Alat Musik Unik dari Seluruh Dunia

Manusia memang sangat kreatif. Selain mampu memenuhi kebutuhan dasarnya, umat manusia juga memiliki daya cipta dan kreasi di bidang seni. Salah satu hasil karya manusia adalah alat musik.

Alat musik merupakan benda-benda yang digunakan untuk menghasilkan suara maupun musik. Dari sejak semula, manusia menggunakan alat musik untuk berbagai hal, misalnya ritual agama, menghibur diri, perayaan, hingga sinyal adanya kejadian penting.

Alat Musik Unik
Alat Musik Unik

Dari semua alat musik yang ada di dunia ini, beberapa terlihat lebih unik dari yang lain. Keunikan itu antara lain berasal dari faktor bahan dasar, cara membuat hingga cara menggunakannya. 

Pyrophone

Pyrophone merupakan alat musik aneh yang berasal dari Jerman. Bentuknya sama seperti organ atau piano namun menggunakan tabung hidrogen. Inilah yang membuat alat musik yang lahir dari Jerman tersebut unik. 

Didgeridoo

Ada beberapa alat musik yang harus ditiup untuk bisa menghasilkan bunyi. Dari semua instrumen tiup, didgeridoo adalah salahs atu yang paling unik. Alat musik ini mirip terompet namun sangat panjang.

Didgeridoo atau didjeridu adalah alat musik khas orang Aborigin. Panjangnya bisa mencapai 1 meter lebih. Didjeridu atau disebut juga yaidi dibuat dari kayu yang diberi lubang. 

Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia. Untuk bisa memainkan angklung maka dibutuhkan kerja sama tim, karena aslinya satu orang hanya memainkan satu nada saja. 

Angklung terbuat dari bambu yang dilubangi. Cara memainkannya adalah dengan digoyang sedemikian rupa. Meski ini adalah benda tradisional namun cukup memukau orang luar negeri dan dunia internasional. 

Akordion

Akordion tergolong alat musik modern. Instrumen ini berasal dari Jerman dan diperkirakan sudah ada sejak 1822. 

Cara memainkan akordion sedikit rumit karena pemain harus menekan tuts-tuts yang ada sekaligus menarik mundur-majukan bagian tengah yang elastis. 

Lira 

Lira adalah alat musik dari Yunani dan penggunaannya sudah cukup umum menyebar di kalangan bangsa-bangsa di sekitar Laut Aegea, misal Romawi, Siria, Ibrani dan bahkan Mesir.

Lira termasuk dalam alat musik berbasis senar. Penggunaannya mirip kecapi, yakni dimainkan dengan cara dipetik. 

Aramba

Satu lagi alat musik unik yang ternyata berasal dari Indonesia. Alat musik ini bernama aramba dan berasal dari Sumatera Utara.

Aramba terbuat dari logam semacam kuningan yang dibentuk bulat pipih, mirip gong. Aramba dimainkan dengan cara dipukul dan masih digunakan dalam acara adat tertentu. 

Sangkakala

Sangkakala adalah suatu alat musik yang bisa menghasilkan suara keras dan nyaring. Sangkakala berasal dari budaya kuno Israel. Cara menggunakan sangkakala adalah dengan ditiup. 

Dalam budaya dan agama Yahudi, sangkakala digunakan dalam momen keagamaan. Sangkakala yang asli terbuat dari tanduk binatang yang dilubangi dan dihias. 

Erhu

Erhu merupakan alat musik gesek yang berasal dari Cina Kuno. Erhu menjadi unik karena dalam sejarahnya, alat musik ini sempat dilarang untuk dimainkan. Peraturan itu kemudian dicabut dan erhu menjadi semakin populer. 

Daun

Manusia memang unik dan cerdas. Bahkan hanya dengan bermodalkan daun yang ditekuk saja sudah mampu membuat karya seni yang indah. Memang bukan rahasia lagi bila di tangan beberapa orang luar biasa, daun bisa jadi alat musik. 

Kalimba

Kalimba adalah sebuah alat musik yang terbuat dari lempengan-lempengan logam yang dilekatkan pada sebuah kotak papan yang biasanya berlubang. Kalimba dimainkan dengan cara memetik lempengan logam tersebut. Kalimba berasal dari Afrika dan diperkenalkan kepada masyarakat Eropa sejak tahun 1960. 

_______

Itulah 10 alat musik unik dari seluruh dunia. Tentu masih banyak lagi instrumen menarik dan unik lainnya, namun dari daftar di atas sudah menunjukkan bagaimana kreatifnya umat manusia dalam menghibur diri menggunakan alat-alat disekitarnya. 


Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "10 Alat Musik Unik dari Seluruh Dunia"

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pilihan Hari Ini