Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Skor Kredit Menjadi Syarat Lamaran Kerja, Ini Cara Ceknya

Di era modern ini, skor kredit bukan lagi sekadar parameter untuk mendapatkan pinjaman. Kini, seiring dengan perubahan dinamika dunia kerja, skor kredit juga menjadi salah satu kriteria yang diperhatikan oleh perusahaan saat menerima lamaran kerja. Artikel ini akan membahas mengapa skor kredit menjadi syarat lamaran kerja dan memberikan panduan cara cek skor kredit.

Pentingnya Skor Kredit dalam Lamaran Kerja

cara cek skor kredit
cara cek skor kredit

Skor kredit pada dasarnya mencerminkan sejauh mana seseorang dapat dipercaya dalam mengelola keuangan mereka. Banyak perusahaan kini mempertimbangkan skor kredit sebagai indikator integritas dan kedisiplinan finansial calon karyawan. Berikut ini beberapa alasan pentingnya skor kredit dalam lamaran kerja.

1. Memperlihatkan Keandalan Keuangan

Skor kredit mencerminkan keandalan keuangan seseorang. Perusahaan cenderung menganggap bahwa karyawan dengan skor kredit yang baik lebih cenderung dapat mengelola tanggung jawab finansial dengan baik, sehingga dapat diandalkan dalam hal keuangan perusahaan.

2. Integritas dan Kredibilitas

Skor kredit juga dianggap mencerminkan tingkat integritas dan kredibilitas seseorang. Perusahaan percaya bahwa individu dengan catatan kredit yang baik cenderung lebih jujur dan dapat dipercaya dalam menjalankan tugas-tugas pekerjaan.

3. Manajemen Risiko

Pemilihan calon karyawan dengan skor kredit yang baik dapat membantu perusahaan mengurangi risiko terkait dengan potensi masalah keuangan yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan di masa depan.

Cara Cek Kredit

Setelah mengetahui pentingnya skor kredit dalam lamaran kerja, berikut cara cek skor kredit yang benar.

1. Hubungi Biro Kredit

Langkah pertama adalah menghubungi biro kredit yang beroperasi di negara tempat Anda tinggal. Biasanya, terdapat beberapa biro kredit yang memberikan layanan cek skor kredit, seperti Idebku, IDScore, Skorlife.

2. Lengkapi Informasi Pribadi

Untuk mendapatkan skor kredit, Anda perlu menyediakan informasi pribadi yang diperlukan oleh biro kredit, seperti nama lengkap, alamat, nomor identifikasi, dan informasi keuangan lainnya.

3. Verifikasi Identitas

Biro kredit akan memverifikasi identitas Anda sebelum memberikan akses ke skor kredit. Pastikan informasi yang Anda berikan akurat dan sesuai dengan catatan keuangan Anda.

4. Dapatkan Laporan Kredit

Setelah proses verifikasi selesai, Anda dapat mendapatkan laporan kredit lengkap yang mencakup skor kredit Anda serta informasi terkait keuangan lainnya.

Itulah tadi cara mengecek skor kredit. Pengecekan skor kredit perlu dilakukan karena memiliki peran krusial dalam proses penerimaan pekerjaan. Selain itu, menjaga keuangan pribadi dengan baik bukan hanya memberikan dukungan untuk melamar pekerjaan, tetapi juga berkontribusi pada pencapaian stabilitas keuangan secara keseluruhan.

Ketika seseorang memiliki skor kredit yang baik, pintu terbuka lebar untuk mendapatkan  pinjaman tanpa jaminan. Lembaga keuangan cenderung percaya pada individu dengan rekam kredit yang positif, sehingga peluang mendapatkan pinjaman tanpa jaminan menjadi lebih besar.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

15 komentar untuk "Skor Kredit Menjadi Syarat Lamaran Kerja, Ini Cara Ceknya"

  1. Penting banget ini ya mendapatkan skor kredit yang baik, biar apply peminjaman modal di bank akan lebih mudah. Ternyata mudah ya mengecek skor kredit kita :)

    BalasHapus
  2. Gak hanya buat mengajukan pinjaman aja ya ternyata si skor ini, dalam hal penerimaan karyawan pun punya pengaruh kuat pula

    BalasHapus
  3. wahh jadi fenomena baru nih saat lamar kerja bi checking dipermasalahin juga hehehe.. sebenernya itu kebijakan masing-masing perusahaan yaa buat tau personal calon karyawan, makanya biar well prepare cek dulu skor kredit kita hihi.. pas banget nih artikelnya pasti banyak yang belum tau caranya

    BalasHapus
  4. Waaah, saking pentingnya sekarang malah dijadikan syarat lamar kerja ya..
    Emang sih, klo susah bayar utang biasanya orangnya ngga amanah, ya
    Masuk akal...

    Btw, dulu istilahnya BI Cheking dan itu hanya orang2 tertentu yang bisa liat.
    Sekarng malah gampang ya liatnya, cuma dari aplikasi

    BalasHapus
  5. Dengan adanya skor kredit saat melamar pekerjaan secara ga langsung membuat kita harus terus mengasah kemampuan dan keterampilan diri sendiri

    BalasHapus
  6. Waktu saya masih jadi mbak-mbak kantoran dan terlibat dalam seleksi penerimaan karyawan, skor kredit ini selalu ditanyakan. Kebetulan dulu ada teman yang kerja di perbankan yang bisa mengecek hal ini. Jadi sebelum beberapa candidate terpilih (sekitar 5 orang dengan nilai terbaik), saya dan orang HRD sudah punya review soal skor kredit yang bersangkutan. Cara ini menurut saya (sangat) efektif karena bisa menilai kredibilitas ybs dan bagaimana perusahaan menaruh kepercayaan secara finansial.

    BalasHapus
  7. Keren ya, sekarang skor kredit jadi syarat lamaran kerja
    Screening awal supaya jangan terjebak ngerekrut pegawai yang ternyata terjerat pinjol, bahkan gali lubang tutup lubang
    Karena dalam hidup berlaku, kitalah yang mengendalikan uang, jangan sebaliknya

    BalasHapus
  8. Masing-masing dari kita punya skor kredit ternyata yaa..
    Informasi baru buatku nih.. Karena selama ini gak pernah menggunakan produk bank manapun yang berupa pinjaman. Jadi tau manfaatnya ketika nilai skor kreditnya bagus.

    BalasHapus
  9. Wah, ternyata bukan cuma buat syarat bisa memperoleh kredit dari bank saja ya. Bahkan untuk memperoleh pekerjaan pun, kini penyedia kerja sudah mulai melihat skor kredit juga.

    BalasHapus
  10. Betul juga, ya. Dari skor kredit, kita bisa screening kepribadian seseorang. Nah, makin menarik lagi nih kalau lalu dibuatkan tulisan tutorial untuk cek skor kredit. Saya pernah coba di BI Checking, ternyata nggak semudah yang dikatakan.

    BalasHapus
  11. Bener sih sekarang skor kredit itu berpengaruh banget bukan cuma ke kelancaran mengajukan pinjaman tanpa agunan tapi juga ke proses penerimaan karyawan apalagi untuk karyawan yang memang pekerjaannya di bidang perbankan. Jadi penting banget emang menjaga skor kredit dan ngecek skor kredit

    BalasHapus
  12. Skor kredit jadi syarat lamar kerjaan? Wah aku baru tahu nih jaman skg syaratnya ini. Biasanya kan buat syarat ngajuin pinjaman ya. Bagus juga nih syaratnya supaya pegawai gak ngutang2 mulu ya

    BalasHapus
  13. wah baru tau nih klo skor kredit jadi salah satu acuan saat melamar pekerjaan. Ternyata samapi ke kondisi finansial yah sekarang sebelum melamar atau dapat pekerjaan

    BalasHapus
  14. Skor kredit yang menjadi nilai tambah untuk penerimaan karyawan ini menurut saya cukup menarik ya Kak. Walau saya sendiri bukan pengguna jasa kredit perbankan, tapi jadi tahu juga masalah skor kredit ini bisa jadi acuan kepercayaan perusahaan terhadap calon pekerja

    BalasHapus
  15. Ga tau apakah harus sedih atau biasa saja dengan fakta ini. Meski memang ada benarnya bahwa skor kredit bagus berarti dia baik dalam management daripada sesama yang berskor jelek.
    Saya jadi kepikiran nih, misal ortu bayar sekolah anak melalui pinjol x yg memang untuk itu dan si ortu pernah telat yng kena skor si ortu atau si anak, ya?

    BalasHapus