Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Makna Lambang Pancasila Lengkap Dengan Simbol

Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia yang harus terus dipertahankan serta dilestarikan. Di dalam kelima sila dalam Pancasila memuat berbagai makna yang luhur yang bisa menjadi pedoman untuk seluruh warga negara.

makna simbol dan lambang pancasila
Pancasila

Adapun makna lima sila dalam Pancasila adalah : 

Makna Simbol Bintang

Sila pertama dalam Pancasila berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa. Adapun simbol dari sila pertama adalah bintang bersudut lima yang berada di dalam perisai. Arti dari simbol sila pertama adalah bintang sebagai pusat cahaya dari Tuhan kepada setiap umat manusia. 

Makna Simbol Rantai

Sila pertama dalam Pancasila berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab. Adapun simbol dari sila kedua adalah rantai yang memiliki 17 mata rantai berwarna kuning dengan latar belakang merah melambangkan generasi penerus bangsa yang saling sambung menyambung. 

Makna Simbol Beringin

Sila ketiga dalam Pancasila berbunyi persatuan Indonesia. Adapun simbol dari sila ketiga adalah pohon beringin yang berarti tempat berteduh. Simbol beringin juga memiliki makna persatuan yang kokoh dengan sulur yang menjalar panjang berarti keragaman bangsa Indonesia khususnya yang terdiri dari banyak suku dan budaya. 

Makna Simbol Kepala Banteng

Sila keempat dalam Pancasila berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Adapun simbol dari sila keempat adalah kepala banteng yang melambangkan tenaga rakyat Indonesia. Banteng juga adalah hewan yang suka berkumpul.

Makna Simbol Padi dan Kapas

Sila kelima dalam Pancasila berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Adapun simbol dari sila kelimat adalah padi dan kapas yang melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran. 

_____

Itulah makna kelima sila dalam Pancasila lengkap. Semoga kita selalu bisa mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Makna Lambang Pancasila Lengkap Dengan Simbol"