Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Tips Menang Bermain Catur

Catur adalah cabang olahraga yang cukup tua namun terus menerus memiliki penggemar dari berbagai generasi di seluruh belahan bumi. Seperti sepakbola, catur juga memiliki keunikannya sendiri.

Dia dimainkan tidak hanya di dalam gedung-gedung megah, namun juga di warung kopi pinggir jalan. Teorinya di pelajari di sekolah-sekolah khusus dan tekniknya selalu berkembang dari masa kemasa. Olahraga ini benar-benar menguras otak, namun di saat yang bersamaan mampu menciptaan kesenangan yang luar biasa. 

Dalam perkembangannya, catur telah bermetamorfosa sebagai sebuah kegiatan yang digilai sekaligus dipelajari dengan serius. Meski demikian, nyatanya ada catur juga memiliki pakem-pakem yang terus dipakai hingga hari ini, yang disebut formasi.

Penting sekali bagi seorang pecatur untuk memahami filosofi dari masing-masing formasi. Penulis sendiri bukanlah seorang pemain catur profesional namun sangat suka dengan olahraga satu ini. 

Dalam pertandingan antara Dewa Kipas melawan GM Irine, catur mendapatkan tempat yang istimewa di kalangan netijen Indonesia yang terkenal bar-bar. Tentu ini hal yang menarik. Namun perlu dicatat, bermain catur secara sporadik tidak akan banyak membantu. Kemenangan GM Irine sekali lagi makin menegaskan perlunya memahami filosofi dalam menggerakkan bidak-bidak yang ada serta mempelajari teknik-teknik yang sudah digunakan para master. 

Di artikel yang sederhana ini, penulis akan berbagi 14 tips sederhana untuk bisa menjadi pemenang dalam permainan itu, namun tentu saja teori yang ada masih mentah dan umum. Meski demikian penulis berharap bisa memberikan sumbangsih dalam mempopulerkan olahraga catur di kalangan warga Indonesia. 

Menguasai Lapangan Tengah

Ini adalah tips pertama yang ingin dibagikan oleh penulis. Kuasi lapangan tengah secepatnya dengan baik. Hal ini akan menjadi sarana untuk mengembangkan permainan selanjutnya sekaligus memberi tekanan secara langsung kepada lawan.

Cara yang bisa digunakan bermacam-macam, seperti memajukan pion dan menggunakan para kuda atau menteri. Sebenarnya adalah beresiko jika langsung memainkan ratu di langkah-langkah awal karena ini akan memberikan musuh sebuah target untuk dikejar. Tetapi jika Anda memang memiliki rencana yang jitu, misalnya memakai pembukaan Napoleon's Attack, maka wajarlah jika memang langsung menggerakkan ratu. 

cara supaya menang main catur
tips main catur


Jangan Buang Waktu

Membuang-buang waktu dengan melakukan langkah yang tidak terukur sejatinya adalah bunuh diri. Terlebih jika Anda bermain dengan aturan 10 menit. Beberapa hal yang perlu diingat adalah tidak menggerakkan bidak yang sama dua atau tiga kali secara beruntun. 

Ketika musuh sedang berpikir, maka Anda juga harus memikirkan konsekuensi dari langkah Anda, mencari gambaran serangan lawan atau merencakanan bagaimana tahapan pengembangan permainan selanjutnya. Hal ini penting agar ketika giliran Anda tiba, waktu tidak terlalu banyak terbuang percuma. 

Ada baiknya memang menggunakan teknik baku yang sudah populer dipakai. Pembukaan Benko dan Pembukaan Inggris bisa dijadikan referensi untuk Anda yang gemar memaksimalkan potensi dari serangan diagonal khas bidak menteri.

Melindungi Raja dengan Rokade

Raja adalah inti dari permainan. Untuk itu sangat wajar jika dilindungi sedemikian rupa. Jangan membuat wilayah di sekitar Raja menjadi begitu terbuka. Sebaliknya, pelajari kapan melakukan rokade sehingga sang pemimpin bisa lebih terlindungi.

Meskipun rokade umum dilakukan, jangan sampai nantinya raja akan terkurung, dan lawan dengan satu kali gerakan dari ratu akan membunuh Anda. 

Sering sekali raja berada di g1 sedang ada tiga pion berjajar di depannya. Ini merupakan hal yang berbahaya, karena begitu seorang ratu atau beteng musuh datang, misal di e1, tamatlah Anda. Alih-alih menutup penuh, gerakkan pion dari g2 ke g3, lalu buka kuda sehingga akses beteng dari a1 bisa leluasa. 

Serangan Garpu, Sangat Berbahaya

Apes sekali jika musuh berkali-kali mampu melancarkan serangan garpu. Dalam formasi catur, ada bainya untuk memposisikan bidak-bidak berharga sedemikian rupa sehingga terhindar dari serangan ini. 

Serangan garpu adalah sebuah teknik dimana satu bidak mengancam dua material musuh sekaligus, misal pada posisi dimana kuda melakukan skak terhadap raja tapi juga mengancam ratu. Atau menteri yang mengancam kedua beteng sekaligus. 

Serangan garpu menjadi sebuah teknik catur paling berbahaya jika bisa dimaksimalkan. Namun tentu saja lawan tidak akan dengan mudah terjebak. 

Menukar Bidak, Perhatikan Harga dan Konsekuensi 

Pasti semua pemain paham bahwa setiap bidak memiliki harga atau level, setidaknya berdasarkan kemampuan gerak dan daya jelajahnya.

Ratu adalah yang paling berharga setelah raja, kemudian diikuti berturut-turut adalah beteng, menteri dan kuda. Urutan itu bisa saja berubah tergantung formasi catur apa yang digunakan pemain. 

Jangan lupakan juga konsekuensi yang harus dialami ketika menukar bidak. Misal, menukar beteng dengan beteng. Mungkin terlihat setara, tetapi jika posisi sedang tidak bagus, maka hal ini akan menimbulkan kesulitan. Jadi benar-benar pahami dampak yang akan terjadi setelah pertukaran. 

Memaksimalkan Pion

Pion jangan dibuang percuma. Termasuk juga dengan menempatkannya di sembarang posisi. Justru di saat genting, pion akan sangat berharga. Dalam formasi burung, pion bahkan mampu menjadi pendukung yang sangat bisa diandalkan. 

Jangan lupa juga, pion bisa berubah menjadi bidak yang lain, misal ratu atau beteng jika sudah mencapai garis akhir. Ini adalah kemampuan yang hanya dimiliki oleh pion. 

Jangan Kurung Beteng, Kuda dan Menteri

Apakah Anda sering melihat posisi dimana pemain memiliki beteng, kuda dan menteri, namun serasa tidak berguna karena terkurung di tempat awalnya. Inilah hal yang harus dihindari.

Cobalah untuk tidak terlalu berfokus pada satu sisi sayap, baik kiri saja maupun kanan saja. Sebaliknya, cobalah membuka pion dan kembangkan permainan di dua sayap, setidaknya jangan biarkan potensi yang Anda miliki terkurung tidak bermanfaat. 

Pikirkan Pola Serangan Lawan

Jangan hanya terpaku pada strategi catur yang Anda gunakan, tetapi juga waspadai serangan yang sedang dibangun lawan. Apakah sebenarnya yang ia sembunyikan nanti? Nah, hal ini mutlak dimiliki, yaitu menebak pola permainan musuh untuk bisa mengantisipasinya. 

Dukung Pion dengan Beteng dan Menteri

Pion tentu tidak bisa bergerak leluasa tanpa dukungan. Memang pada umumnya para serdadu digunakan sebagai pelindung perbatasan yang baik, namun harus juga mendapat dukungan dari bidak lainnya, misal beteng dan menteri.

Jangan Menempatkan Bidak Secara Berurutan

Ini adalah hal yang fatal, karena jika lawan melakukan serangan garpu, maka Anda bisa mengalami kerugian besar. Contoh yang sering terjadi adalah menempatkan ratu di depan raja. Hal ini akan sangat berbahaya, karena jika ada serangan yang mengancam ratu, misal dengan beteng, ratu tidak bisa bergerak karena harus melindungi raja yang berada di belakangnya. 

Rencanakan 3-4 Langkah Selanjutnya

Ini hal yang wajib. Anda harus punya perencanaan untuk tiga atau empat langkah selanjutnya. Agar lebih mudah, Anda bisa sering melihat rekaman pertandingan dari para pemain hebat dan grand master melalui internet ataupun video. 

Selain itu, cobalah baca-baca teori-teori catur lainnya, misal urutan langkah untuk melawan pembukaan Gambil Aleppo atau cara membongkar pertahanan Sisilia. Sudah ada beberapa pakem urutan yang bisa Anda gunakan, tetapi di samping itu sebagai pemain, Anda juga harus berpikir dinamis. 

Penguasaan Posisi, Penting!

Penguasaan posisi adalah hal yang sangat penting. Pernahkah Anda melihat lawan hanya menempatkan seorang menteri, seorang kuda dan tiga pion yang selalu statis. Meski demikian keberadaan mereka ternyata mampu mengurung posisi dari ratu dan beteng secara keseluruhan. Bahkan juga mengancam raja secara signifikan.

Bertahan Terlebih Dahulu, Mengapa Tidak?

Seperti sudah disinggung, salah satu pertahanan terbaik adalah sistem Sisilia yang pernah cukup populer, dan bahkan hingga saat ini. Hal ini bisa Anda tanamkan dalam benak Anda, bahwa serangan super ofensif, misal langsung dengan formasi Larsen dengan kombinasi Gambit Paschmann, bukanlah sebuah hal yang wajib. 

Jika ingin mengembangkan pola defensif, sambil membangun serangan mematikan di belakang para pion dan juga melakukan rokade, juga merupakan hal yang bisa dilakukan. 

Jangan Blunder 

Di atas semua itu, jangan melakukan kesalahan konyol atau blunder. Ini bukan hanya mengenai apa yang harus dimakan, tetapi apa yang sebaiknya segera digerakkan agar tidak diambil oleh musuh. Blunder akan mendatangkan petaka.

Untuk urusan blunder, memang sering terjadi di kalangan pemain pemula. Hal ini wajar. Dengan sering berlatih, maka blunder bisa ditekan. 

Itulah beberapa tips dalam bermain catur. Anda perlu untuk terus mengikuti perkembangan strategi catur modern agar permainan menjadi efektif dan menguntungkan Anda. Semoga bermanfaat. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "14 Tips Menang Bermain Catur"

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label