Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Bermain Catur

Bukan sekedar hobi, catur ternyata juga punya segudang manfaat bagi penggemarnya. Oleh karena itu, jangan heran bahkan banyak orang tetap menggemari olahraga papan ini. 

Manfaat Bermain Catur

manfaat bermain catur
manfaat bermain catur

Sebagai sebuah olahraga dengan sejarah yang panjang, catur telah dipertandingkan di berbagai ajang bergengsi. Selain itu para atlit catur juga dipuja sebagai manusia-manusia cerdas. Ini tidak mengeherankan karena dalam bidang yang satu ini, olah pikir jauh lebih berperan daripada olah jasmani. 

Inilah beberapa kelebihan atau manfaat dari bermain catur yang bisa didapatkan oleh para penggemarnya, mulai dari melatih cara berpikir hingga keuntungan secara finansial. 

Melatih Kesabaran

Tentu saja menjadi pecatur harus memiliki tingkat kesabaran yang baik. Bermain catur adalah sinonim dari upaya terbaik dalam melatih rasa sabar.

Orang yang terbiasa bermain catur dengan taktik dan strategi, tidak akan buru-buru dalam melangkah. Ia akan mempertimbangkan semuanya dengan baik.

Selain itu, pecatur dengan jiwa petarung akan terbiasa untuk tidak mudah menyerah meski mungkin telah melakukan beberapa kesalahan dalam melangkah sebelumnya. 

Melatih Ketelitian

Manfaat lain dari bermain catur adalah melatih ketelitian. Sebelum menggerakkan bidak catur, seseorang akan melihat secara seksama ancaman-ancaman yang bisa membahayakan posisi bidaknya, khususnya sang raja.

Ketelitian adalah hal yang mutlak, termasuk dalam menyusun strategi untuk bermain catur. Meski secara teori ada banyak langkah-langkah yang bisa dihapalkan, namun saat berlaga, ketelitian lebih penting daripada hanya sekedar menghapal langkah dan teori. 

Menjadi orang yang teliti bisa menjadi modal berharga dalam mengarungi berbagai bidang kehidupan, baik itu pekerjaan, percintaan, sosial, karir, keluarga, dll. 

Berpikir Cepat

Salah satu mode permainan catur yang paling banyak digemari adalah bermain dalam 10 menit. Dalam tipe permainan ini, seseorang harus berpikir tepat dan cepat. 

Hal ini wajar karena hanya dengan berpikir cepat, maka bisa terhindar dari kondisi dimana kehabisan waktu. 

Terbiasa Berpikir Dalam Tekanan

Perang psikologis adalah hal yang biasa dalam bermain catur, baik online maupun offline. Untuk itu, jangan heran ketika sedang bertarung, para pecatur sebenarnya sedang berada dalam tekanan. Terbiasa berada dalam kondisi ini akan membuat diri menjadi tangguh. Pecatur yang mampu bertahan dalam tekanan berarti merupakan pribadi yang kuat dan tidak bisa diremehkan. 

Terbiasa Berpikir Taktis

Ketika sudah berlaga di papan catur, seseorang tidak bisa hanya mengandalkan alur berpikir yang spontan, melainkan harus terbiasa berpikir taktis. Sambil menunggu giliran untuk menggerakkan bidak, para pemain akan berpikir langkah apa yang akan diambil nantinya. Inilah manfaat yang bisa didapatkan dari permainan catur. 

Kreatif

Catur membuat orang menjadi kreatif. Itu karena ketika di papan catur, para pemain akan beradu strategi untuk bisa saling membuka pertahanan dan memberikan serangan-serangan yang mengejutkan yang tidak diduga sebelumnya. Tentu untuk bisa melakukan hal ini diperlukan jiwa-jiwa yang kreatif dan mau berpikir out of the box.

Sebagai Pegangan Karir

Siapa bilang catur tidak bisa menjadi bidang profesi yang menjanjikan. Ada banyak ajang atau kompetisi yang mempertemukan para pecatur dalam sebuah momen yang profesional.

Orang-orang seperti Magnus Carlson dan para grand master dunia catur lainnya sudah membuktikan bahwa bidang ini punya jenjang karir yang jelas. 

Sebagai Sumber Pendapatan

Ada banyak cara mendapatkan penghasilan dari kemahiran seseorang dalam memainkan bidak-bidak catur untuk kemudian meraih kemenangan.

Beberapa diantaranya adalah : 

  • Menjadi atlit catur.
  • Membuka sekolah catur.
  • Membuat channel youtube bernuansa catur.
  • Menulis buku teori catur.

Sebagai Hiburan

Bagi sebagian orang, catur memang olahraga berat, dalam arti menguras waktu dan pikiran untuk bisa saling mengalahkan. 

Padahal sebenarnya catur bisa menjadi sarana mencari hiburan yang murah meriah, bahkan gratis. Dengan catur, para penggunanya bisa melepaskan penat setelah seharian bekerja. 

Sebagai Sarana Mempererat Persahabatan

Olahraga catur punya kelebihan dibandingkan beberapa olahraga populer lainnya semacam sepakbola, basket ataupun golf. Itu adalah catur sangat fleksibel. Olahraga ini bisa dimainkan dimana saja : warung kopi, ruang kelas, pos satpam hingga di pekarangan rumah. 

Kelebihan ini memungkinkan orang-orang untuk menggunakan catur sebagai sarana mempererat persahabatan dan saling mengakrabkan diri.

Bukan hanya semata mengejar kemenangan, catur juga menjadi alat untuk memecahkan kebuntuan dan melakukan kegiatan bersama secara positif.

***

Itulah serangkaian manfaat dari bermain catur. Sekarang baca juga tips bermain catur agar bisa menang dengan baik. 

Adi
Adi Saya adalah seorang penulis dan blogger yang sudah mendalami dunia blog sejak 2010. Saya menulis tentang banyak hal, seperti games, teknologi, filsafat, pendidikan, politik, fashion, olahraga, buku, kuliner, dll. Pernah mengikuti berbagai pelatihan dan kursus dari NGO maupun pemerintah.

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Bermain Catur"