Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ingin Menggunakan Software HRIS? Ini Dia Ragam Manfaatnya!

Software HRIS nyatanya memiliki peran dan fungsi yang penting bagi perusahaan, terutama dalam hal membantu HR dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

Seperti yang kita ketahui, peran HR di dalam perusahaan sangat penting. Sebab pekerjaan seorang HR akan berhubungan langsung dengan SDM di perusahaan. Tak hanya itu, seorang HR juga mengembang tugas dan tanggung jawab yang tidak sedikit di perusahaan.

Kehadiran software ini dapat membantu dan memudahkan HR dalam menjalankan tugas-tugasnya di perusahaan. Semakin baik pekerjaan yang dilakukan HR, maka akan semakin baik juga SDM yang ada di perusahaan.

Pada pembahasan ini, admin akan menjabarkan beberapa manfaat software HRIS bagi kemajuan perusahaan dan bisnisnya. Simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Software HRIS untuk HRD dan Perusahaan

ragam manfaat software HRIS

Selain membantu kegiatan operasional HRD, HRIS software juga memiliki beberapa manfaat lain yang dapat membantu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, diantaranya:

1. Meminimalisir Human Error

Manfaat penggunaan yang pertama yaitu mengurangi potensi terjadinya human error yang dilakukan oleh HR.

Bagaimanapun juga HR merupakan manusia yang tidak luput dari kesalahan. Penggunaan software ini, diharapkan bisa mengurangi kesalahan-kesalahan yang umum dilakukan oleh HR

Dengan begitu, HR dapat menjalankan pekerjaannya dengan lebih efektif dan efisien.

2. Mendorong Produktivitas

Penggunaan perangkat lunak HRIS adalah untuk menggantikan peran atau posisi HR di perusahaan. Melainkan, hanya membantu dan memudahkan HR dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Menggunakan HRIS software di perusahaan, dapat mempercepat berbagai macam proses administrasi dan juga pekerjaan HR. Hal ini tentunya berdampak pada meningkatnya produktivitas yang dimiliki oleh HR tersebut.

3. Membantu dalam Memantau Kinerja Karyawan

HRIS software memiliki berbagai macam fitur di dalamnya, termasuk fitur untuk menganalisa dan mengukur performa atau kinerja karyawan.

Pengukuran performa karyawan penting untuk dilakukan, tujuannya untuk melihat apakah kinerja yang diberikan karyawan sudah sesuai dengan harapan dan kebutuhan perusahaan atau malah sebaliknya.

4. Kegiatan Absensi Lebih Akurat

Salah satu tugas HR yaitu mencatat kehadiran atau absensi karyawan yang ada di perusahaan.

Melakukan pencatatan kehadiran dengan cara manual, tentu akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Namun, hal tersebut bisa diubah, dengan menggunakan software HRIS di perusahaan.

Melalui software ini, HR dapat dengan mudah melakukan pencatatan absensi secara cepat, tepat, dan akurat.

5. Tingkat Kepuasan Kerja Meningkat

Manfaat yang terakhir yaitu dapat meningkatkan kepuasan kerja di dalam perusahaan. Hadirnya HRIS di perusahaan, dapat membuat HR lebih fokus dalam melaksanakan tugas pengembangan karyawan.

Hal ini otomatis akan meningkatkan kualitas dari pengelolaan karyawan di perusahaan. Dampaknya, tingkat kepuasan kerja karyawan akan meningkat dan akan mendorong produktivitas dari karyawan itu sendiri.

Mudahkan Kegiatan Pengelolaan SDM Bersama LinovHR

Software HRIS LinovHR adalah salah satu software HR terbaik yang ada saat ini.

Memberikan Anda beragam solusi dan kemudahan dalam melakukan pengelolaan yang berhubungan dengan SDM, beserta data-datanya.

Kegiatan-kegiatan seperti penggajian, payroll, recruitment, penilaian kinerja, absensi, hingga program pengembangan dan pelatihan karyawan dapat dilakukan dengan cepat, akurat, dan tingkat keamanan yang tinggi.

Tunggu apa lagi? Daftar demonya sekarang juga, GRATIS!

Itulah pembahasan mengenai manfaat menggunakan software HR bagi HRD dan juga perusahaan. Semoga artikel kali ini, dapat menjadi referensi atau insight baru bagi perusahaan dan juga bisnis Anda.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

11 komentar untuk " Ingin Menggunakan Software HRIS? Ini Dia Ragam Manfaatnya!"

  1. Sekelas perusahaan dalam pengaturan sistem dan komunikasi saat ini pastinya harus sudah digitalisasi ya. Menyesuaikan dengan kondisi. Menggunakan software pastinya lebih baik, selain praktis juga kan biar lebih detail dan transparan. Soal biaya,kan perusahaan pasti ada anggaran ya

    BalasHapus
  2. Keren banget software HRIS ya?
    Sebagai angkatan mesin tik, saya ngalamin banget kesulitan HRD di era tersebut
    Semua serba ditulis, kalaupun ada komputer ya sekadar untuk ngetik
    Karena internet belum canggih
    Sekarang cukup menggunakan LinovHR , maka semua kebutuhan HRD terlengkapi

    BalasHapus
  3. Kebantu banget pastinya dengan menggunakan HRIS software di perusahaan. Selain menghemat biaya pengeluaran untuk bagian HRD, juga lebih teliti dalam pengoperasionalannya sehingga minim kecurangan yang mungkin terjadi terkait absensi, ketidakhadiran, dan lain-lain.

    BalasHapus
  4. Ini sangat membantu ya. Para HR harus tau tentang software ini. Apalagi sekarang memang udah era digital. Biar lebih efisien kerjanya.

    BalasHapus
  5. Terbantu banget pekerjaan tim HR kalau memanfaatkan software HRIS begini. Pun jadi nggak perlu merekrut karyawan di tim HR terlalu banyak termasuk mengurangi kesalahan karena human error. Jadinya bisa memberikan pelayanan yang terbaik juga agar seisi kantor betah dan produktif bekerja.

    BalasHapus
  6. Jika memang sangat membantu efektivitas dan efisiensi fungsi HRD di dalam organisasi, software HRIS ini patutlah dimiliki. Layaknya rangkaian sumber daya, SDM ini memegang fungsi penting dalam memajukan perusahaan. Jadi wajib ditangani dengan profesional dan semaksimal mungkin. Bukan hanya dalam tahap seleksi tapi juga saat tenaga kerja menjalankan tugas dan fungsi masing-masing.

    BalasHapus
  7. Enak ya HRD sangat terbantu dengan aplikasi ini. Memudahkan pekerjaan HRD dan lebih terkontrol juga karena sudah tersistem.

    BalasHapus
  8. Kalau begini HR di perusahaan akan terbantu dan dimudahkan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Software HRI menjadikan praktis kegiatan pengelolaan SDm perusahaan yaaa

    BalasHapus
  9. wah seneng banget nih sekarang pekerjaan tim HR dapat terbantu kalau memanfaatkan software HRIS begini. jadi lebih simple dan praktis ya kak

    BalasHapus
  10. bikin hidup makin simpel ya
    banyakkkk yg terbantu dgn adanya softwarr HR ini.

    makasiii infonya

    BalasHapus
  11. Keren ya sekarang ada software yang membantu HRD makin cepat menyelesaikan kerjaan di perusahaan. Info menarik bagi aku yang awam nih.

    BalasHapus