Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Menulis Artikel Blog Terbaru Paska Update Algoritma 2022

Pertengahan Agustus 2022, dunia digital marketing dan SEO dihebohkan dengan update algoritma dari Google. Bagaimana tidak, banyak orang yang mengaku situsnya mengalami penurunan peringkat di hasil pencarian. Tentu ini masalah yang serius.

Untuk ukuran blog, apalagi bukan blog marketing yang menjual sesuatu dan hanya ingin mendapatkan pembaca yang banyak, bisa berada di posisi 1 Google sangat diidam-idamkan. Karena itulah nanti yang akan menjadi faktor datangnya trafik secara organik.

Para blogger pada umumnya gagal paham dalam mengelola blog mereka. Ada hal mendasar yang harus diketahui, bahwa blog yang hanya menjual tulisan untuk dibaca, memiliki cara optimasi yang berbeda dengan situs marketing yang memasarkan suatu produk.

Untuk blog yang tidak menjual apapun, bukan bagian dari affiliasi perusahaan melainkan hanya menampilkan tulisan dengan harapan banyak pembaca dan sumber uangnya dari AdSense atau semacamnya, teknik optimasinya jauh lebih sederhana. 

Tips Membuat Artikel Blog yang Baik

Salah satu faktor optimasi terpenting untuk blog jenis ini adalah dengan membuat konten yang menarik, enak dibaca manusia, dan memberi solusi atas suatu masalah.

tips menulis artikel terbaru
tips menulis artikel terbaru

Berikut adalah tips menulis artikel blog yang sesuai dengan panduan Google, sehingga berpotensi membuat postingan mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian. 

  1. Tentukan topik. Pastikan topik atau hal yang akan dibahas dalam artikel sudah dikuasai dengan baik. Jangan sampai membahas review game tetapi Anda tidak pernah memainkan game tersebut dan hanya mengandalkan tulisan orang lain sebagai sumber utama. Pasti hasil artikelnya tidak akan nikmat untuk dibaca atau lebih parahnya, Anda terpaksa melakukan plagiasi. 
  2. Tentukan bentuk dan jenis artikel. Apa yang ingin Anda tulis? Ini masih sangat terkait dengan poin 1. Jadi jika ingin membuat postingan tentang tutorial mencopot busi sepeda motor misalnya, tentu tidak perlu panjang-panjang. Kecuali Anda ingin membuat artikel pilar
  3. Cari sumber data terkait topik. Meski Anda sudah memainkan sebuah game selama bertahun-tahun dan terhitung expert, tetapi untuk membuat ulasan mengenai hal tersebut, tetaplah butuh sumber data yang benar agar tulisan bisa menjadi lebih enak dan kredibel. 
  4. Tulis dengan bahasa yang sederhana. Postingan yang baik adalah yang dapat dicerna dan dimengerti pembaca. Lihatlah gaya bahasa yang dipakai di Wikihow ataupun Wikipedia. Semuanya ditulis dengan gaya yang sederhana dan tidak bertele-tele. Membuat tulisan yang enak dan mudah dicerna meski sedang membahas topik yang rumit adalah sebuah kelebihan tersendiri dari seorang penulis. Dan itu sama sekali tidak menurunkan kredibilitas Anda. Untuk melakukannya makan perlu sekali memperkaya kosakata. 
  5. Gunakan kaidah penulisan yang baku. Bukan berarti kalimat menjadi kaku, tetapi ikutilah aturan yang benar. Kalau belum paham, buka lagi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD sampai SMA. Luangkan waktu untuk membuat kalimat dengan struktur dan pola yang benar. Ingat, kalimat yang baku berarti yang sudah teruji secara tatabahasa dan itu kunci untuk menghasilkan postingan yang enak dibaca oleh manusia. 
  6. Artikel yang baik adalah artikel yang sudah jadi. Apa artinya? Artinya artikel yang baik itu yang bisa dibaca pembaca, bukan yang ada diangan-angan Anda dan tidak pernah terwujud. 

Mudah bukan? Jadi mulai sekarang, silahkan revisi cara pandang dalam membuat artikel. Lupakan SEO dan fokuslah membuat artikel yang baik, enak dibaca serta informatif

Banyaknya Kata

Lantas bagaimana dengan banyaknya kata. Sebenarnya itu tergantung dengan apa yang kita bahas. Membuat postingan tentang tips menulis artikel untuk blog misalnya, tidak perlu panjang-panjang. Asal semua poin yang ada sudah dijabarkan dengan baik, kurang dari 1000 kata juga tidak masalah. 

Namun jika ingin agar pembaca paham dengan detail, misalkan membahas tentang tips travelling ke sebuah tempat yang masih hidden gem, tentu ada baiknya menjabarkan semua hal yang perlu. Alhasil, bisa jadi akan tercipta sebuah artikel panjang lebih dari 1500 kata. 

Foto Pelengkap

Apakah harus ada foto pelengkap atau gambar pendukung? Sekali lagi, jawabannya tergantung konteks. Jika memang sedang membahas sebuah tutorial, ada baiknya melengkapi dengan gambar penunjang untuk tiap langkahnya, karena banyak orang yang akan terbantu dengan konten visual seperti itu. 

Gambar juga berfungsi mempercantik konten sehingga mata tidak lelah karena hanya membaca tulisan semata. 

Itu dia tips menulis artikel terbaru. Intinya, tulislah artikel untuk manusia, yakni yang enak dibaca dan informatif. Artikel jenis itu tentu akan mudah mendapatkan pembaca. Atau jika mengirimkannya untuk situs yang membayar kontributor, pasti mudah lolos dan segera tayang. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

2 komentar untuk "Tips Menulis Artikel Blog Terbaru Paska Update Algoritma 2022"

  1. Tambah lagi ilmu nulis untuk newbie seperti saya. Thanks banyak gan, artikel yang bermanfaat.
    Mohon pendapat gan, Neil Patel info 3 hari lalu, bahwa mbah Google mulai merubah pola "kesenangannya" dari artikel yang puannjang, ke artikel yang simple, informatif dan solutif untuk audience.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, senang bisa membantu. Sebenarnya itu juga keinginan Google dari dulu, hanya saja mungkin baru bisa dilakukan sekarang, yakni menaikkan artikel yang solutif di mesin pencari tanpa perlu embel-embel harus panjang.

      Hapus