Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Mayones

Mayones atau yang dalam Bahasa Inggris disebut mayonnaise adalah salah satu jenis saus yang beasal dari kombinasi minyak nabati, telur ayam dan cuka. 

Pada umumnya mayones ini digunakan sebagai campuran atau tambahan untuk perasa pada makanan seperti selada atau sandwich. Di beberapa tempat, orang terkadang membuat mayones dari bahan yang sangat sederhana seperti kuning telur saja, sari buah lemon atau mustard sebagai perasa.

cara membuat mayones
cara membuat mayones

Asal Usul Mayones

Menurut Wikipedia, dipercaya bahwa pencipta mayones adalah seorang koki asal Perancis bernama Louis Fran├žois Armand du Plessis, duc de Richelieu pada tahun 1756. 

Dia membuat sebuah saus yang disebut mayones sebagai peringatan perayaan perebutan pelabuhan Mahon di kepulauan Balearic oleh Perancis. Mahon inilah yang kemudian menjadi sauce mahonnaise dan kemudian mayonnaise/mayones. 

Sumber lainnya mengatajan bahwa asal-usul kata mayones berasal dari nama Charles of Lorraine, Duke of Mayenne. Konon saus dingin yang dimakan bersama ayam oleh Charles de Lorraine, duc de Mayenne disebut Mayennaise yang kemudian menjadi mayonnaise.

Cara Membuat Mayones

Bahan-bahan:

  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt mustard
  • 1/2 sdt air jeruk lemon atau vinegar
  • 1 sdt minyak zaitun
  • 1 sdt minyak sayur (misalnya minyak kelapa, minyak biji rami, atau minyak jagung)
  • 1 cangkir minyak sayur (atau lebih, tergantung seberapa kental yang Anda inginkan)

Cara membuat:

Masukkan telur, garam, mustard, air jeruk lemon, minyak zaitun, dan minyak sayur ke dalam blender atau food processor.

  1. Nyalakan blender atau food processor dan blend bahan-bahan tersebut hingga tercampur rata.
  2. Setelah tercampur rata, tambahkan minyak sayur sedikit demi sedikit sambil terus mengaduk atau meng Blend hingga tercampur rata. Jika terlalu kental, tambahkan sedikit air atau air jeruk lemon untuk memperlunak mayones.
  3. Setelah tercampur rata, masukkan mayones ke dalam wadah tertutup dan simpan di kulkas hingga siap digunakan. Mayones akan menjadi lebih kental saat dingin.

Catatan: Pastikan untuk memasukkan minyak sedikit demi sedikit saat membuat mayones agar tercampur dengan sempurna dan tidak pecah. Selain itu, jika Anda tidak memiliki blender atau food processor, Anda juga bisa membuat mayones dengan menggunakan whisk atau sendok. Cukup campur semua bahan ke dalam wadah dan aduk hingga tercampur rata.

Itulah cara membuat mayones beserta asal-usulnya. Mayones menjadi sangat terkenal dan seakan dianggap sebagai pelengkap utama dari berbagai makanan dari berbagai negara, termasuk makanan khas Jerman. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

1 komentar untuk "Cara Membuat Mayones"