Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu penyakit umum yang banyak diderita oleh masyarakat, khususnya mereka yang sudah berumur. Bagi penderitanya, asam urat cukup menyiksa, terutama ketika sedang kambuh. 

Untuk mencegah penyakit ini agar tidak kambuh, beberapa orang menghindari untuk mengkonsumsi beberapa makan, misal terong. Seperti diketahui, terong merupakan salah satu sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat

Namun seperti apa sebenarnya penyakit asam urat itu? Apa penyebabnya? Lantas sayuran apa saja yang masuk dalam daftar makanan pemicu asam urat?

Memahami Gejala dan Penyebab Asam Urat

terong, contoh sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat
terong, contoh sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat

Apa itu penyakit asam urat? Jadi penyakit asam urat merupakan sebuah penyakit medis yang disebabkan karena terjadinya penumpukan kristal asam urat di dalam sendi dan jaringan sekitarnya. Lantas apa yang terjadi ketika kristal asam urat menumpuk? Kristal asam urat terbentuk ketika kadar asam urat dalam darah meningkat secara signifikan, menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai hiperurisemia.

Hiperurisemia terjadi bila kadar asam urat dalam tubuh melebihi batas normal tersebut. Pertanyaan yang muncul selanjutnya, berapa kadar normal asam urat Umumnya, kadar asam urat normal adalah 1,5–6,0 milligram per desiliter (mg dL) pada wanita, dan 2,5–7,0 mg dL pada pria.

Sebenarnya Asam urat adalah produk sampingan metabolisme tubuh yang bernama purin, senyawa yang terdapat dalam makanan dan tubuh. Asam urat terbentuk ketika tubuh memecah purin yang terdapat dalam makanan. Pada kondisi normal, asam urat dikeluarkan melalui urine. Namun, pada beberapa kondisi, tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau hanya sedikit asam urat yang dapat dikeluarkan. Hiperurisemia dapat disebabkan oleh faktor genetik, gaya hidup, serta pola makan yang kaya purin dan fruktosa. Penyakit ini lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita, dengan kecenderungan meningkat seiring bertambahnya usia.

Lebih lanjut, Penyakit asam urat atau yang juga disebut gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Berbeda dengan rematik, kondisi yang berupa radang sendi ini dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki.

Nyeri Sendi Karena Asam Urat

Mengapa penyakit ini sangat menyiksa penderitanya Ini karena penderita penyakit asam urat akan merasakan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Jangan salah, tidak melulu penyakit ini diderita mereka yang disebut lansia. Sebenarnya , penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang pria, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Bagaimana dengan kaum wanita. Jadi, pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause. 

Asam Urat Bukan Rematik

Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari, dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama. Seringkali orang salah kaprah dan menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Padahal, rematik adalah istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Makanan Pemicu Asam Urat

makanan pemicu asam urat
salmon dan daging adalah makanan pemicu asam urat

Ada beberapa hal yang dilakukan untuk mencegah kambuhnya asam urat, namun cara yang paling umum adalah dengan menghindari konsumsi makanan pemicu asam urat. 

Beberapa makanan yang secara luas dikenal sebagai pemicu asam urat dan wajib dihindari antara lain adalah: 

  • Daging Ayam
  • Daging Sapi
  • Salmon
  • Udang 
  • Daging Bebek
  • Kerang
  • Tiram

Di atas adalah daftar makanan yang sebaiknya dihindari untuk bisa mencegah kambuhnya asam urat. Selain itu hindari juga makanan yang mengandung soda ataupun alkohol, termasuk juga minuman kaleng. 

Sayuran yang tidak boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

 

sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat
sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat 

Selain itu ternyata beberapa sayuran juga masuk sebagai daftar makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam urat. Apa saja sayuran tersebut? Beberapa diantaranya adalah: 

  • Terong 
  • Bayam
  • Jamur
  • Brokoli 
  • Kembang Kol
  • Melinjo 
  • Kacang Polong

Ricasid Herbal, Sahabat Sehat untuk Meredakan Nyeri Sendi dan Linu

Selain harus memperhatikan asupan makanan, para penderita asam urat juga wajib untuk memperhatikan pola hidup termasuk mulai rajin minum air putih. Hal ini diharapkan bisa membantu memperlancar saluran darah dalam tubuh. 

Selain itu, dapat pula mempertimbangkan mengkonsumsi Ricasid Herbal dari Sidomuncul. Ricasid merupakan salah satu produk terbaru dari PT Sidomuncul yang berguna untuk membantu meredakan pegal linu dan nyeri sendi. 

Adapun kandungan herbal dari kapsul Ricasid adalah sambiloto, mahkota dewa, kunyit, dan bawang putih. Semua bahan tersebut diyakini mampu membantu mengurangi masalah pegal linu dan nyeri sendi, termasuk yang diakibatkan oleh penyakit asam urat. 

Dapatkan Ricasid di Sidomuncul Store

 

Ricasid dari Sidomuncul
Ricasid dari Sidomuncul

Untuk Anda yang tertarik dengan Ricasid herbal dari Sidomuncul, Anda dapat membelinya di toko obat atau apotik terdekat. Selain itu Ricasid juga sudah bisa dibeli di Sidomuncul store, sebuah platform digital dimana masyarakat bisa membeli produk-produk Sidomuncul yang terkenal khasiatnya. Jadi tunggu apa lagi, ayo menjadi lebih sehat bersama Sidomuncul. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

8 komentar untuk "Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat"

  1. Baru tau sidomuncul ada produk utk asam urat juga, semakin lengkap herbal kesehatannya. Oh iya pernah denger juga soal perbanyak minum air putih dgn meningkatkan konsumsi cairan disinyalir dapat mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat.

    BalasHapus
  2. Suami saya nih yang sudah kena asam urat Mas Adi. Dan semua yang dipantangkan itu masih sering dikonsumsi. Malah dia seneng banget sama terong dan brokoli. Ternyata gak boleh ya. Kudu segera disampaikan ini sih.

    BalasHapus
  3. Suamiku nih asam urat. Harus hati-hati mengonsumsi yg bisa memicu terjadinya asam urat. Terutama jerohan dan udang. Kalau sayuran, daun singkong dan kenikir. Jadi kalau bikin pecel, pilih-pilih deh sayurannya. Trims artikelnya

    BalasHapus
  4. Wah andai mertuaku masih ada, pasti beliau senang dengan hadirnya Ricasid
    Kasihan banget kalo gejala asam uratnya muncul
    Karena itu beliau hati-hati banget memilih makanan

    BalasHapus
  5. Aku suka banget sayuran terong, bayam dan jamur. Huhu. kayaknya harus variatif makan sayurnya nih. Kalo kebanyakan makan kayak gitu bisa bahaya ya kalo ga diimbangi dengan gaya hidup sehat.

    BalasHapus
  6. Ilmu bagus ini yah harus diketahui oleh si penderitaan juga keluarganya ya biar mengingatkan juga apa yang gak boleh dimakan

    BalasHapus
  7. Wah papaku harus baca info ini, secara kl salah makan dikit aja, beneran langsung kambuh asratnya.

    BalasHapus
  8. Ternyata tidak semua sayuran itu baik untuk kesehatan ya mas. Tentu saja kita harus tahu pasti mana saja sayuran yang bisa dikonsumsi apabila sedang mnderita sakit tertentu. Info yang bagus ini mas.

    BalasHapus