Tips Bikin Blog Personal

Ada jutaan artikel yang membahas tentang cara membuat blog, namun hanya ada sedikit yang berdasarkan studi kasus. Pengalaman nyata, bukan hasil comot dan rewrite dari artikel lainnya.

Di artikel ini, saya akan menceritakan dengan gamblang dan jelas bagaimana Catatan Adi lahir. Tentu saja sebagai blog personal, mungkin ada perbedaan antara kelahiran Catatan Adi dengan blog yang lain. Blog Anda misalnya.

Untuk mengetahui alasan di balik kelahiran Catatan Adi, silahkan lihat artikel sebelumnya dari seri Ngeblog Personal Ala Catatan Adi ini. Proses kelahiran Catatan Adi adalah sebagai berikut :

1. Bikin Email.

Ini adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat blog secara umum. Buatlah email melalui google. Hal ini akan lebih memudahkan mengingat gmail memang jasa penyedia email paling populer saat ini.

Walau Anda sudah memiliki blog, ada baiknya pengelolaanya terpisah dari email blog utama Anda. Ini karena blog Anda adalah blog personal.

Ini juga yang saya lakukan. Saya membuat blog dengan email baru. Bukan menggunakan email yang sudah ada.

Untuk platform, saya memilih menggunakan Blogspot.

Tips : pisahkan email untuk mengelola blog utama dengan email untuk mengelola blog personal.

2. Tentukan Nama dan Domain.

Seperti sudah saya bahas sebelumnya, nama Catatan Adi bukan asal dibuat. Saya memikirkan sebuah nama yang benar-benar personal namun kuat. Sebuah nama yang simpel, namun mudah diingat. Akhirnya lahirlah Catatan Adi.

Sayangnya domain untuk Catatan Adi tidak lagi tersedia. Maka sayapun menggunakan nama domain CatatanAdiWriter dengan platform Blogspot.

Tips : tentukan nama yang tepat, singkat namun kuat. Usahakan nama blog mirip / sama dengan nama domain.

3. Pilih Template.

Ada banyak pilihan template untuk blog personal, namun pada akhirnya saya memilih template yang sekarang saya pakai. Apa pertimbangan saya?

Ada tiga alasan mengapa saya memilih template ini : simpel, ringan, mudah diedit, dan terasa sangat personal.

Memang dalam memilih template harus disesuaikan dengan konsep blog itu sendiri. Ada template untuk blog download yang tentunya berbeda dengan template untuk blog portas berita. Ada template untuk blog fotografi yang tentunya berbeda dengan template untuk blog blogging.

Tips : Untuk blog personal, pilih template yang tidak terlalu ramai. Cari template dengan nuansa personal yang kental.

4. Buat Halaman About Us, Disclaimer, Privacy Policy.

Jangan lupa untuk membuat halaman-halaman wajib berikut : about us, disclaimer, dan privacy policy.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat penjelasan dari ketiga halaman tersebut di blog yang sudah sangat besar dan menjadi rujukan para blogger, semisal Maxmanroe.

Tips : Isi semua halaman tersebut dengan bahasa yang jelas.

About Us isi dengan penjelasan singkat mengenai blog Anda. Bisa juga jasa yang Anda tawarkan. Ini juga sebagai sarana personal branding.

Disclaimer isi dengan pernyataan-pernyataan penafian seputar isi dari tulisan-tulisan maupun iklan-iklan yang nanti tampil di blog Anda.

Privacy Policy isi dengan pernyataan bahwa Anda menolak artikel di blog Anda dicolong. Bisa juga isi dengan pernyataan mengenai penggunaan kuki.

5. Buat Navigasi.

Dalam membuat Navigasi saya tidak terlalu pusing, karena pada dasarnya ini adalah blog personal, maka isinyapun random.

Navigasi adalah sesuatu yang penting bagi semua blog. Ini adalah navigasi yang saya gunakan di Catatan Adi. Di baris menu utama, saya bagi menjadi :

Home : Link untuk kembali ke beranda utama.

Read 1st : Berisi panduan untuk menjelajahi blog saya.

Daftar Isi : Berisi kumpulan kategori yang ada di blog saya.

My Thoughts : Berisi semua artikel yang ada. Di sini saya main tag dan label.

My Services : Berisi jasa yang saya tawarkan kepada pembaca.  

Guest Writer Room : Berisi ruang untuk para penulis tamu dan saya persilahkan untuk memuat link hidup permanen.

Tips : Selalu sediakan kolom random / my thoughts untuk menampung tulisan-tulisan yang uncategorized.

6. Mulai Ngeblog.

What’s next? Tentu saja mulai ngeblog. Di blog Catatan Adi ini saya tidak hanya memposting artikel-artikel fresh, namun juga artikel lawas dari blog-blog saya yang lain. Karena ini blog personal, maka isinyapun bermacam-macam.

Tips : gunakan blog personal Anda semaksimal mungkin, seperti sebagai sarana untuk melatih beragam jenis artikel.

Kesimpulan : Tidak sulit membuat blog personal. Gunakan kreatifitas Anda semaksimal mungkin. Jangan takut pada SEO, karena ini bukan blog utama Anda khan? Sebagai inspirasi saja, saya iseng mendaftar di Adsense dan ternyata di terima hanya dalam waktu 3 hari.

Demikianlah artikel tentang tips dan langkah-langkah membuat blog personal berdasarkan studi kasus nyata blog saya sendiri, Catatan Adi.

Di artikel selanjutnya seri Ngeblog Personal Ala Catatan Adi akan menampilkan artikel yang mengulas masa depan blog personal di dunia publisher tanah air dalam tulisan berjudul :