Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[TERBUKTI] 10 Situs Menghasilkan Uang dari Internet Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Jika Anda sedang mencari cara mendapatkan uang dari internet, situs yang bisa menghasilkan uang, mencari uang lewat internet ataupan daftar situs yang bisa memberi pendapatan tambahan, maka nampaknya Anda sudah berada di tempat yang tepat.

Dalam kesempatan kali ini, penulis akan berbagai pengalaman seputar cara memiliki penghasilan dari internet, baik melalui proyek, reguler maupun insidental berdasarkan pengalaman pribadi penulis sendiri.

Perlu diingat bahwa jika Anda serius, tidak ada yang tidak mungkin. Barangkali selama ini Anda tahu caranya tetapi tidak konsisten, mudah menyerah, kurang inovasi ataupun malas bekerja. Jika itu yang terjadi, maka segeralah berubah.

10 situs dan aplikasi penghasil uang.
Menghasilkan uang dari internet

Bekerja, baik itu secara offline maupun online, butuh keringat dan usaha. Termasuk jika Anda ingin fokus menghasilkan uang secara online melalui situs-situs yang nanti aku bagikan. Semua butuh kerja keras, strategi, kreativitas dan semangat.

Aku sendiri membagikan semua pengalaman ini tanpa tendensi apapun melainkan karena memang ingin tulisanku lebih bermanfaat karena sebaik-baiknya orang adalah yang bisa memberi manfaat bagi orang lain.

Dahulu aku sering tertipu dengan postingan-postingan klikbait yang salah dan tutorial ngawur, namun seiring berjalannya waktu akhirnya aku berhasil mendapatkan penghasilan lewat internet, entah itu rutin maupun insidentil.

Inilah 10 situs yang bisa Anda semua coba untuk meningkatkan penghasilan, baik sebagai freelancer maupun pekerjaan utama. Everything is possible. Semoga beruntung :

1. Sosiago

Anda tahu marketplace? Itu adalah sebuah platform transaksi digital yang ada di internet, mirip seperti pasar atau mall di dunia maya. Fungsinya adalah untuk menghubungkan antara pembeli dan pedagang, atau bisa juga konsumen dengan produsen.

Nah di Sosiago, perusahaan atau pencari jasa dipertemukan dengan blogger, selebgram, ataupun influencer. Mereka nantinya akan diberi penawaran untuk berkampanye, yakni memposting gambar, tulisan, atau membuat konten yang diminta oleh pemberi proyek.

Jadi, ini sangat cocok untuk kamu yang punya akun medsos dengan jumlah follower banyak. Bisa juga dicoba untuk para blogger yang DA/PA dan nilai matrik Google-nya sudah tinggi.

Makin banyak trafik atau followermu, penawaran bisa makin tinggi. Contohnya di salah satu akun, saya pribadi pernah mendapatkan 250 ribu hanya untuk memposting konten yang sudah dibuat oleh perusahaan. Benar, hanya memposting tanpa mengedit. Bayangkan jika kamu sudah bisa mendapatkan 20 proyek dalam waktu seminggu dengan nilai 100 atau 200 ribu per campaign.

Untuk tingkat kesulitan, menurut pribadi aku cukup bervariasi. Pemberi penawaran akan melihat trafik dan jenis konten yang kamu muat, apa cocok dengan campaign mereka.

Untuk itu, jangan suka bikin konten negatif di media sosial, karena saya jamin tidak bakal akan dilirik. Untuk blogger, silahkan buat blog yang bagus. Kalau aku nilai, blog personal punya daya tawar lebih tinggi walau mungkin valuasinya lebih kecil.

2. Facebook Marketplace

Sebenarnya aku yakin kamu sudah tahu ini, tetapi mungkin kurang paham atau tidak sadar bahwa banyak orang menghasilkan 5 juta perbulan bersih dengan facebook marketplace.

Kok bisa? Iya, dulu aku kenal orang yang berprofesi sebagai pedagang online. Dia lebih memilih fokus di Facebook Marketplace dan memang semuanya tidak sia-sia. Hanya dalam waktu kurang dari dua tahun omzetnya meningkat.

Aku sendiri dulu cukup sering dapat order dari Facebook Marketplace jadi ini memang bukan hoax namun sungguh-sungguh kesempatan. Cari saja barang yang sedang laku atau trend, lalu jangan pasang harga tinggi alias kurangi tingkat keuntungan. Pasang di marketplace dan tulis dengan caption menarik. Lengkapi juga foto atau video. Itu dulu yang aku lakukan.

Pengalamanku, dulu aku berjualan sepatu, kaos, pancake, roti lapis, action figure, kamera, hingga barang bekas. Lebih dari setahun aku jualan rutin dan kira-kira dapat untuk 3 juta perbulan. Walau kini sudah tidak rutin dan volume aku kurangi karena kesibukan di dunia nyata.

Kalau kamu punya bakat dagang, cobalah Facebook Marketplace. Akun Facebookmu harus khusus berisi edukasi dan produk lalu gabunglah ke grup-grup jual beli lokal. Menurut data, ada 120 juta pengguna aktif Facebook di Indonesia(1). Ini kesempatan. Lakukan sekarang. Makin lama ditunda makin banyak saingan berat yang harus kamu lawan.

3. Platform Toko Online

Mirip dengan Facebook Marketplace namun menurutku jauh lebih sulit. Aku memakai Shopee dan Tokopedia karena dua platform ini memang punya banyak fitur menarik dengan jumlah pembeli lokal (dekat dengan tempat tinggalku) yang banyak.

Kamu bisa coba juga pakai dua platform itu atau mungkin platform yang lain. Dulu sempat setahun pakai Lazada namun setelah ada sesuatu akhirnya pindah ke 2 aplikasi tadi. Tapi Lazada juga bagus, khususnya jika ingin cari produk impor dari Cina atau Hongkong. Beda dengan facebook marketplace yang susah cari barang dari luar negeri yang trusted dan guaranteed.

Untuk platform toko online, kamu bisa menjadi produsen, bisa juga jadi dropshipper atau reseller. Bahkan di tokped sudah ada fitur khusus untuk dropshipper maupun reseller.

Dulu strategiku adalah menjual barang yang jarang punya saingan namun tetap ada peminatnya, semacam action figure, alat kesehatan pria ataupun mainan unik. Jujur aku akhirnya menyerah karena terlalu banyak saingan. Namun kamu bisa mencoba dan tak ada salahnya untuk membuat strategi lain yang dirasa bagus.

Makin hari, makin banyak orang yang pakai e-commerce berdasarkan riset Badan Pusat Statistik(2) dan tentu saja ini adalah sebuah peluang yang tidak boleh disia-siakan.

4. Quora

Banyak yang belum kenal situs yang satu ini. Bahkan lebih banyak lagi yang tidak tahu bahwa kamu bisa mendapatkan uang dari Quora dengan jumlah yang fantastis.

Quora adalah sebuah situs media sosial tanya jawab dimana para penggunanya saling memberi pertanyaan lalu menjawab. Mirip seperti Kaskus, Selasar, Ask.FM dan Brilio.

Quora mengundang cukup banyak pengguna ke dalam Program Mitra Quora yang berpotensi membuat mereka mendapatkan penghasilan dari aplikasi media sosial tersebut. Apa itu Program Mitra Quora? Yaitu adalah sebuah program dimana para mitra menulis pertanyaan. Pertanyaan yang dianggap baik akan mendapatkan penghasilan.

Awalnya aku kira ini juga bohongan ternyata tidak. Aku beruntung sebelum ini cukup bisa mendapatkan penghasilan yang wah.

Tetapi sekali lagi, itu tidak mudah karena penilaian atas sebuah pertanyaan hanya Quora yang tahu. Bisa saja satu pertanyaan dengan puluhan jawaban dan jutaan jumlah tayang hanya diberi valuasi 30 dolar. Ada yang hanya tiga jawaban dan lima belas ribu jumlah tayang tetapi justru mendapatkan 40 dolar. Iya nanti bayaran dari Quora adalah dengan dolar yang terhubung melalui Paypal.

Aku tidak ingin menulis sesuatu yang hanya mengiming-imingi kalian saja, khususnya pembaca setia catatan adi ini. Quora memang memberi reward berupa uang, namun metriksnya tidak mudah. Sulit untuk menebah pertanyaan jenis apa yang bisa menghasilkan dolar tinggi.

Awal dahulu aku mendapat 5 dolar seminggu. Lalu naik jadi 20 dolar perhari. Turun lagi jadi 1 dolar sehari. Naik sedikit demi sedikit hingga mencapai puncaknya, akhir 2019 dengan 60 dolar lebih perbulan. Cukup besar bukan? But remember, there are so many Quorans yang ternyata juga yang menghasilkan ratusan dolar perbulan.

Tetapi kemudian semua itu berubah dan kini valuasinya turun tetapi Quora merekrut lebih banyak mitra. Silahkan dicoba, mungkin peruntunganmu di sana. Semangat!

5. Koinworks

Koinwork adalah sebuah aplikasi finance technology atau fintech yang cukup populer dan trusted, walaupun masih banyak sekali kekurangannya. Salah satuna adalah aplikasi yang kadang lemot dan sering banget muncul bug jadi selalu rutin minta pembaharuan. Sayang banget padahal aku yakin jika provider bisa memperbaiki itu semua, akan banyak orang yang tertarik dengan aplikasi ini.

Caraku mendapatkan uang dari koinworks adalah dengan mereferensikan orang untuk menjadi pengguna baru. Jadi nanti setiap pengguna koinworks dapat url link. Sebarkan saja link tersebut. Makin banyak orang yang kemudian mengunduh aplikasi itu, kamu akan diberi bonus. Kalau tidak salah 50 ribu per orang. It's so easy, right?

Jadi kalau mau pakai cara ini, kamu harus pandai membuat copywriting atau ulasan tentang koinworks di facebook atau blog lalu sertakan link yang kamu punya. Pembaca yang tertarik akan mengklik link itu dan kamupun akhirnya dapat pendapatan dari internet melalui koinworks.

Kalau punya modal, bisa juga sebagai peminjam. Kamu tanam uang kamu terus kamu pinjamkan ke debitur yang pasang proposal di sana. Baca profit yang ditawarkan plus jangka peminjamannya. Seru juga dan aplikasi koinworks ini aman karena sudah diawasi OJK(3).

Di keterangan akun Koinworks milikku jarang banget ada kredit macet dan selalu ditangani dengan baik. Kalian bisa coba ya. Tetapi pertama-tama harus punya aplikasinya. Unduh aja dan semoga bermanfaat.

6. Portal Berita

Jadi ini cara lain untuk mengahasilkan uang melalui menulis, yaitu membuat artikel dan mengirimkannya ke portal berita. Tetapi awas, kamu harus ingat dua hal :

a) Waspadai kontenmu. Jangan bikin kebohongan, menyinggung SARA, atau merugikan orang lain secara politik, ekonomi, nama baik, dll.

b) Pastikan situs itu memang akan membayar setiap artikel yang tayang.

Apa saja sih situs yang bisa kamu coba untuk menulis artikel dan dibayar langsung? Baca saja artikel Catatan Adi itu, semua sudah pernah aku bahas dan semoga kamu bisa sukses. Aku beberapa kali coba jadi freelance writer sebelum akhirnya banting stir jadi blogger.

7. Dreamstime

Dreamstime cocok buat kamu yang ingin dapat penghasilan tambahan dari dunia maya melalui fotografi. Ambil gambar, edit lalu kirim ke dreamstime. Tunggu apakah gambar kamu sesuai dengan kriteria mereka dan jika disetujui, selamat. Nanti jika ada yang mengunduh foto darimu, kamu akan dapat duit.

Gampang banget kan? Ini adalah bukti kalau era digital industri 4.0 telah membuka banyak pintu potensi keuntungan yang sebelumnya tidak pernah ada. Kalau kamu punya kamera DSLR, bagus banget. Tetapi kalau tidak punya juga tidak apa-apa.

Aku hanya bermodalkan smartphone Sony dan Samsung saja untuk mendapatkan foto yang menarik. Bisa dibilang Dreamstime adalah cara memperoleh pendapatan hanya dengan bermodal hp saja.

Tetapi aku akan jujur padamu, aku belum bisa cerita banyak karena I'm still strunggling juga. Ingatlah untuk mempost foto pilihan dan pikirkan ini : apa alasan orang harus mengunduh / membeli fotomu? Jadi kamu tidak sia-sia kirim foto.

Kalau dari yang aku baca dan amati, foto-foto tentang topik tertentu akan mudah mendapatkan buyer. Contoh, foto wanita sedang mengajar di depan kelas, anak main game, atau pemandangan kota yang sibuk. Banyak perusahaan maupun desain grafis yang membutuhkan konten jenis itu.

8. Blogspot

Gampangnya, ini adalah : kamu buat blog di Blogspot lalu manfaatkan untuk bisa menghasilkan uang. Sudah banyak sekali tutorial supaya bisa mendapatkan uang dari blog dan sayangnya banyak yang tidak berhasil. Entah itu karena panduannya tidak benar, bloggernya tidak fokus atau keadaan memang sedang sulit.

Silahkan baca ulasanku tentang mendapatkan uang dari blog yang mana disana aku berbagi pengalaman dapat penghasilan yang cukup besar. Tetapi ingat ya, tidak ada yang instan. Jangan mudah tertipu oleh tutorial palsu, iklan seminar blogger atau jasa jual blog. Semua belum tentu benar dan works.

Cobalah pelan-pelan dan nanti kamu akan temukan jalannya sendiri. Rajin-rajinlah mencoba dan praktik. Di rublik blog, aku sudah menuliskan banyak hal silahkan Anda baca sendiri.

9. Medium

Jujur ini juga aku sedang mencoba. Intinya Medium adalah sebuah platform menulis yang bisa memberikan penghasilan bagi para penulis melalui platform Medium Membership Program. Di sini tidak ada iklan. Keren, khan? Lho terus bagaimana?

Ini konsepnya. Kamu tinggal membuat artikel dan menulis di Medium, lalu para anggota Medium yang tertarik pada tulisanmu akan memberikan reward. Nah reward itulah (berupa applause) akan dikonversi menjadi uang melalui Stripe.

Jadi full kamu harus menjadi seorang penulis jempolan. Ga usah mikir platform, SEO atau template. Be focus with your writing and you'll get those bucks. Iya, setahuku Medium membayar melalui Dolar. Lumayan juga sih. Yuk berjuang bareng. Siapa tahu kia sukses. Kuncinya adalah membuat artikel yang menarik para pembaca dan bagus.

10. Youtube

Ini dia primadonanya. Youtube. Pasti kamu juga tahu bahwa youtuber merupakan salah satu profesi yang sedang naik daun. Bahkan inilah pekerjaan dari internet yang bisa menghasilkan banyak uang. Sangat banyak. Kabarnya juga banyak blogger yang pindah jadi Youtuber karena hal ini.

Kalau cuma dapet 50 atau 60 juta perbulan, sorry to say, but itu kecil. It's true, bro! Banyak Youtuber dalam dan luar negeri yang mendapatkan ratusan juta. Dari mana?
  • Adsense
  • Selling Product
  • Video adverstsment dari perusahaan
  • Buzzer topik politik, ekonomi, budaya, dll.
Itu adalah salah satu contoh dari sedikit cara menghasilkan uang lewat youtube. Tetapi memang modalnya besar dan semakin hari semakin tidak mudah. Kalau kamu baca artikel ini, maka aku beritahu kenyataan yang sebenarnya, banyak youtuber lawas yang juga kesulitan untuk terus mendapatkan pemasukan dari platform sharing video ini. Kenapa?

a) Syarat monetisasi melalui Google Adsense di Youtube(4) semakin berat.

b) Saingan semakin banyak.

c) Orang juga mulai melirik Netflix, Facebook video, dan Instagram Live Streaming.

Walau begitu kamu jangan berkecil hati. Setiap orang membawa takdirnya masing-masing. Apa yang dianggap sulit oleh seseorang bisa jadi merupakan peluang bagi orang lain. Suka bikin video? Berjiwa kreatif? Punya sarana dan prasarannya? Selamat, itu pintu masuk untuk sukses di Youtube.

Kesimpulan

Oke itu dia sepuluh lebih website penghasil uang yang bisa kamu manfaatkan. Bisa pilih dan fokus di satu saja atau coba semua juga boleh. Tetapi ingat, jangan mudah terbujuk dan tertipu dengan angan-angan untuk kaya mendadak tanpa kerja. Itu tidak pernah ada kecuali hanya di dalam mimpi. Bangunlah. Bekerja keraslah. Hanya orang-orang yang mau bekerja keras yang akan meraih mimpi mereka.

Keberuntungan dan Kemujuran akan ada pada mereka yang berhati bersih dan suka berbagi Kebaikan.
-Catatan Adi

[Call to Action]

Semua yang aku tulis di sini semata-mata untuk berbagi. Tiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika ada salah mohon dimaafkan. Tetapi intinya jangan menyerah. Aku pernah sampai di titik dimana kehidupan terasa berat. Tidak ada yang memanduku. Untung Tuhan masih menyayangiku, jadi membuka banyak pintu rejeki. Coba aja satu-satu. Semoga sukses. Terakhir, jangan pelit. Silahkan share artikel ini jika berguna. Ingatlah kata-kata mutiara yang berbunyi, sebaik-baiknya orang adalah yang bisa memberi manfaat bagi sesamanya. (Catatan Adi)

Catatan Kaki

1. Jumlah Pengguna Facebook di Indonesia Mencapai 120 Juta

2. Pengguna e-commerce meningkat

3. Profil Koinworks, aplikasi P2P Lending yang Sudah Diawasi OJK.

4. Syarat Monetisasi Youtube Terbaru. Update Januari 2020
Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

23 komentar untuk "[TERBUKTI] 10 Situs Menghasilkan Uang dari Internet Berdasarkan Pengalaman Pribadi"

  1. Wah bisa sampe 20 usd per hari di Quora ya, lumayan juga ya.. tp setuju sih, apapun itu ga akan didapet dg instan. Youtuber yg s dpt sampe ratusan juga jg itu krna memang rajin n konsisten buat kontennya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak. Intinya sih ada usaha ada hasil. Dan jangan menyerah.

      Hapus
  2. Keren pengalaman walaupun saya belum bisa jualan online tapi ya sekarang masih main di blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma pengalaman sedikit kok gan. Cumq pingin berbagi semoga bisa jadi inspirasi di kala pandemik kaya gini.

      Hapus
  3. Terima kasih. Info dan kisah yang sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  4. Aku pengen banget bisa ikut campaign dj sosiago, tapi apalah daya syaratnya rata-rata kudu punya DA dan PA yang tinggi. Itupun paling mentok di DA nya 5. Blog saya masih di bawah itu :'(

    Oiya makasih ya udab berbagi pengalamannya. Nice info.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo gan semangat. Pasti bisa. Blog agan bagus kok, ntr pasti skor DA naik.

      Hapus
  5. wah mas kalo mau nyobain satu-satu ternyata banyak juga ya, cuman yang namanya nyari uang, gak semudah yang di kira, yang penting harus konsisten dan usaha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas kerja apapun juga memang harus penuh ketekunan dan strategi.

      Hapus
  6. Kalau saya baru sosiago, ngeblog dan youtube
    Pernah sih ikut di medium, eh malu sama kualias artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pingin banget nyoba Medium tapi emang pangsa pasar Indo belum populer kayaknya jadi mungkin ini baru coba-coba.

      Hapus
  7. Ternyata banyak juga ya cara menghasilkan uang dari internet, yang aku tahu cuma adsense saja tapi minim hasilnya. Aku pernah ke Quora sih tapi cuma lihat lihat pertanyaan sama jawaban saja, ngga nyangka bisa dapat duit saja dengan pertanyaan.😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, dunia internet ternyata memang luas banget.

      Hapus
  8. Aku baru tau Quora .
    Pengin ikutan jadinya.

    Terimakasih sharing ilmu cari duitnya, mas Adi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas tapi itu misterius. Hanya Quora yang bisa pilih siapa yg jadi mitra

      Hapus
  9. Aku suka melihat2 iklan di FB market place Misalnya cari ayam ungkeb, makanan dan minuman. Ternyata harga dan produknya cukup bersaing ya. Bisa dicoba kalau begitu berjualan online ternyata kalau ulet kita bisa sukses ya. TFS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Dalan sepuluh tahun ini digital marketplace benar-benar berkembang tetapi emang harus kerja keras dan kerja cerdas.

      Hapus
  10. Wah. .. Ada banyak ya ternyata, saya baru tahu juga. Saya punya sosiago sih, tapi entah kenapa kok nggak pernah bisa ikut, padahal pengen😞

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin skor dan jenis konten blog mbak. Semangat nanti pasti bisa.

      Hapus
  11. Wah terima kasih banyak mas Andi, sebagian dari tulisan ini sudah saya praktikan tetapi hal baru dan benar benar baru tahu adalah soal qurora..

    Mau coba dan cari info lebih lanjut... Terima kasih banyak mas Andi, artikelnya informatif dan sangat bermanfaat untuk saya...

    Semangat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas. Senang bisa membantu. Terima kasih sudah mampir ya.

      Hapus
  12. Untuk saat ini sih masih bergabung di sosiago sama blogspot aja. Quora menarik cuman harus mempelajari dulu deh biar gak planga-plengo pas udah registernya.

    BalasHapus

Berlangganan via Email