Apakah Anda Susah Tidur? Lakukan 5 Cara Ampuh Ini

Tutorial-Apa Anda pernah mengalami susah tidur? Tentu hal ini sangat tidak menyenangkan bukan. Terlebih gangguan tidur ini sering terjadi pada Anda. Pasti Anda penasaran untuk mengatasinya.

Jangan khawatir. Dalam artikel kali ini, Catatan Adi akan berbagi bagaimana cara mengatasi susah tidur hanya dalam 5 langkah saja. Sangat mudah bukan?

Apakah Anda Susah Tidur? Lakukan 5 Cara Ampuh Ini


Yuk, kita bahas satu persatu cara ampuh yang bisa membantu Anda untuk bisa tidur lebih cepat. Ini dia solusinya :

1. Buat Diri Anda Rileks.


Ada banyak hal untuk membuat diri Anda rileks. Beberepa hal yang bisa Anda lakukan antara lain :

a. Mendengarkan musik yang tenang.

b. Menutup mata dengan irisan tipis mentimun.

c. Atur suasana kamar.

d. Atur pencahayaan.

e. Buat pikiran Anda tenang.

2. Jangan Beraktifitas Setidaknya Satu Jam Sebelum Tidur.


Menurut studi terbaru dari Universitas Michigan, ternyata berolahraga menjelang tidur berpotensi membuat tidur Anda tidak nyenyak. Untuk itu sangat tidak disarankan berolahraga sebelum tidur. Buat range setidaknya satu jam antara berolahraga dan tidur.

Hal senada juga diungkapkan oleh peneliti dari Pusat Studi Teknologi Perancis yang menyatakan bahwa lebih baik tidak beraktifitas berat seperti bekerja, berolahraga maupun aktifitas lainnya menjelang tidur. Hal ini akan menjauhkan Anda dari tidur yang berkualitas.

3. Konsumsi Beberapa Jenis Makanan Yang Membuatmu Cepat Tidur.


Beberapa makanan dan minuman dipercaya akan membuat Anda cepat tidur. Walau sebagian diantaranya masih perlu diteliti lebih lanjut namun tak ada salahnya anda mencoba.

Lalu makanan dan minuman apa saja yang bisa membantu Anda untuk lebih cepat tidur?

a. Teh herbal
Tak ada salahnya menikmati teh sebelum tidur. Apalagi teh herbal, minuman ini sangat membantu kamu bersantai sebelum tidur. Teh herbal dengan aroma lavender atau chamomile memang paling menenangkan. Kalau kamu suka teh rasa apa, nih?

b. Alpukat
Mungkin banyak yang belum tahu kalau ternyata alpukat termasuk makanan yang dapat membantu mengatasi insomnia. Alpukat mengandung vitamin B yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu mengatur kualitas tidurmu. Konsumsi alpukat saat makan siang dan malam akan membuat kamu tidur lebih nyenyak. Selamat mencoba!

c. Ceri
Ada studi yang mengungkapkan bahwa ceri terbukti meningkatkan melatonin dalam tubuh. Kandungan melatonin ini menjadi yang tertinggi dibandingkan buah lainnya. Cocok banget untuk dijadikan camilan malam hari.

d. Susu
Siapa nih yang setiap malam minum susu? Jika itu kamu, maka pertahankanlah. Susu dianggap sebagai obat penenang dan membuat tidurmu pulas. Susu yang kaya kalsium dapat membantu merangsang otak memproduksi hormon melatonin yang akan membuat kamu lebih nyenyak.

e. Labu
Pada buah labu, terdapat banyak kalsium, magnesium, omega 3, tembaga, dan kandungan kromium, yang bisa memperbaiki siklus tidurmu dengan baik. Bisa dibilang labu adalah makanan super untuk tidur. Kamu bisa mengolah labu dengan caramu sendiri, seperti merebusnya atau dijadikan jus.

f. Kacang almond
Almond dikenal sebagai camilan yang bagus untuk diet. Kandungan nutrisinya sangat kaya, misalnya seperti tinggi serat, protein, dan lemak tak jenuh di dalamnya.

Tetapi selain itu, kamu tahu gak sih, kacang almond juga mengandung magnesium dan triptofan yang dapat membantu otot-otot tubuhmu menjadi lebih rileks? Jadi, sebelum tidur, makanlah almond supaya lebih nyenyak!

g. Pisang
Sama dengan almond, pisang juga merupakan makanan yang bisa membantumu mengatasi insomnia. Karena pisang mengandung magnesium dan kalium, serta triptofan yang membuat otot-otot lebih rileks.

Kandungan triptofan juga membantu memicu produksi serotonin di otak. Sehingga dapat membuat suasana hati jadi lebih baik.

h. Salmon
Pasti semuanya sudah tahu, dong kalau salmon terkenal kaya akan omega 3? Ternyata asam lemak omega 3 yang terkandung dalam salmon dapat mengurangi hormon stres dan menenangkan pikiran. Wah, beruntung nih yang suka ikan salmon, tidurnya nyenyak terus.

i. Oatmeal
Gak disangka, oatmeal mengandung cukup banyak magnesium, kalium, dan kalsium. Menurut pendapat para ahli, orang yang kekurangan magnesium akan mengalami kesulitan tidur. Nah, dengan mengonsumsi oatmeal sebelum tidur, dijamin deh akan membuatmu lebih cepat terlelap dan nyenyak.

j. Sayuran hijau
Sayuran hijau memang sudah diketahui banyak mengandung serat, vitamin, magnesium, kalsium, dan sebagainya. Misalnya seperti bayam dan pok coy, yang kaya magnesium dan vitamin B, serta mampu membantu tidurmu lebih pulas.

4. Membaca Buku Tertentu.


Apakah sahabat sering mengalami kesulitan tidur? Atau tidur tidak nyenyak dan selalu terbangun sebelum pagi? Nah ini dia salah satu cara yang bisa sahabat lakukan.

Nah, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of Sussex di Inggris, ada satu cara mudah supaya kita tidur nyenyak, yaitu baca buku.

Ternyata, membaca buku favorit merupakan cara terbaik untuk membuat kita tidur nyenyak, lo.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Sussex menemukan bahwa membaca buku favorit adalah jalan terbaik untuk membuat kita tidur nyenyak. Hasil riset ini mengungkap, membaca mampu mengurangi tingkat stres sebanyak 68 persen.

Pengurangan tingkat stres ini termasuk tinggi jika dibandingkan Anda melakukan cara lain, seperti seperti minum teh, mendengarkan musik, atau jalan-jalan. Demikian seperti dilansir dari Elite Daily.

Riset ini juga menemukan bahwa Anda hanya perlu membaca selama enam menit untuk secara signifikan merilekskan tubuh dan pikiran. Itu sebabnya, Anda akan merasa cepat mengantuk meski baru membaca satu atau dua halaman.

Dikatakan oleh peneliti bahwa kecenderungan mereka yang kerap kesulitan tidur saat ini justru mengalihkannya dengan bermain gadget. Padahal, gadget bisa mengganggu kualitas tidur.

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2015, mahasiswa yang terlalu sibuk dengan media sosial akan merasa lelah sepanjang hari. Hasil riset ini bahkan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mereka juga terpengaruh secara negatif.

Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2016 menunjukkan hasil serupa. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang menggunakan media sosial saat berada di tempat tidur memiliki risiko yang semakin besar untuk menderita gangguan tidur.

Lalu, buku jenis apa yang sebaiknya dibaca sebelum tidur? Banyak orang menyarankan untuk membaca buku yang membosankan. Tapi, penelitian yang dilakukan perusahaan Mattres online di Inggris justru merekomendasikan untuk membaca buku yang kita sukai agar kita bisa tidur dengan nyenyak.

Membaca buku bisa mengurangi rasa lelah kita lebih besar daripada cara-cara lain.

Menurut penelitian ini, hanya dengan membaca buku selama enam menit, tubuh dan pikiran kita akan rileks.

Rasa lelah kita juga akan hilang sehingga kita bisa tidur lebih nyenyak di malam hari.

Namun perlu diingat, yang dibaca adalah buku secara fisik, ya, bukan buku elektronik yang dibaca dari ponsel ataupun perangkat elektronik lainnya. Ini penting karena ebook dari smartphone mengandung radiasi dan gelombang elektromagnet.

Justru ponsel dan komputer bisa mengganggu kualitas tidur kita.

Hal ini karena cahaya yang berasal dari ponsel dan komputer itu tidak baik untuk mata kita.

Maka itu, lebih baik kita membaca buku daripada membaca dari ponsel atau komputer.

Buku yang dibaca juga disarankan buku yang kita sukai.

Kalau teman-teman suka membaca cerita, maka bacalah buku cerita.

Kalau teman-teman suka ilmu pengetahuan, maka bacalah buku tentang ilmu pengetahuan.

Kalau baca buku yang tidak disukai, mungkin teman-teman akan merasa bosan.

Hal itu membuat tubuh dan pikiran menjadi tidak rileks dan tidur juga tidak nyenyak.

Namun tidur kita akan nyenyak kalau kita membaca buku bacaan favorit masing-masing.

O iya, jangan lupa untuk membaca buku di tempat yang terang, ya.

Hanya karena sudah mau tidur, bukan berarti lampu kamar boleh dimatikan saat kita sedang membaca.

Kalau sedang membaca, lampu kamar jangan dimatikan dulu.

Lampu kamar baru boleh dimatikan kalau kita sudah mengantuk dan ingin langsung tidur.

Saat membaca buku juga sebaiknya dalam posisi duduk ya, sahabat jangan baca sambil tiduran.

5. Paksa. Agak Sadis Sih Tapi Sering Berhasil.


Memang terlihat jahat tapi ini berhasil kok. Para dokter dan ahli neurologi di Belgia baru-baru ini mengemukakan bahwa memaksa diri untuk tidur juga adalah salah satu cara terbaik agar bisa terlelap.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan :

a. Cara klasik seperti berpura-pura menghitung babi, anjing atau domba.

b. Memaksa mata agar terpejam.

c. Menutupi diri dengan selimut dan berpura-pura tidur.

Demikian tutorial agar bisa membantu sahabat lebih cepat tidur. Baca juga berbagai artikel bermutu dan menarik dari Catatan Adi seputar kesehatan lainnya.

Jangan lupa untuk menyebarkan artikel ini di media sosial atau whatssapp grup agar lebih banyak orang terbantu sekaligus lebih mengenal blog Catatan Adi.

1 Response to "Apakah Anda Susah Tidur? Lakukan 5 Cara Ampuh Ini"

  1. Saya suka lakuin Cara yg terakhir tuh, biasanya Saya tidur jam 11+ dipaksain tidur jam 10 sambil ngitung domba, ujung-ujungnya malah tidur jam 11 juga. Wkwkwk. Kadang jam 12.

    Salam kenal dari blog Saya gan.
    mcandrawijaya.blogspot.com

    ReplyDelete

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel