Berkendara dengan sepeda motor untuk perjalanan jauh sangat tidak disarankan. Anda lebih baik menggunakan mobil atau angkutan umum. Selain berbahaya juga bisa berpengaruh bagi kesehatan Anda. Namun bagaimana jika terpaksa?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada jutaan orang mudik menggunakan sepeda motor. Hal ini adalah fenomena yang sudah terjadi selama bertahun-tahun.

Jika Anda memang harus mudik menggunakan sepeda motor, maka silahkan baca tips berikut. Semoga bermanfaat untuk Anda.

A. Sebelum Berangkat : Persiapkan Segalanya


1. Cek Kesiapan Sepeda Motor Anda

Beberapa hal yang harus Anda cek sebelum bepergian jauh menggunakan sepeda motor :

  • Ganti oli.
  • Kondisi mesin.
  • Kondisi rantai.
  • Lampu-lampu.
  • Bel / horn.
  • Rantai.
  • Busi.
  • Tekanan angin.
  • Shock Breaker.
  • Sistem pengereman depan belakang.
  • Kopling.  

Jika perlu, ada baiknya Anda mampir ke bengkel langganan untuk mengecek kondisi motor Anda. Katakan bahwa Anda akan menempuh perjalanan jauh. 


2. Gunakan Bagasi Tambahan

Terlebih jika muatan Anda banyak. Namun ingat, jumlah muatan akan mempengaruhi daya motor Anda. Untuk itu bawa barang secukupnya.


3. Siapkan Semua Surat Dan Dokumen

Tentu ada beberapa surat dan dokumen yang harus Anda bawa, antara lain : KTP, STNK, SIM, Kartu BPJS Tenaga Kerja, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Anggota Serikat Pekerja, Kartu Peserta Asuransi, dll. 

Jika Anda indekos, maka tak ada salahnya membawa juga dokumen lainnya seperti ijazah, KK / KSK, KITAS, Pasport, dll. Anda pasti cukup tahu apa yang harus dibawa.


4. Pastikan Kondisi Anda Prima

Jangan pernah melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan bermotor jika Anda tidak fit. Anda harus yakin bahwa Anda cukup sehat untuk mudik menggunakan sepeda motor. 

Terlebih istri atau anak Anda membonceng Anda. Jika perlu bawa obat-obatan yang Anda butuhkan, seperti minyak angin, balsam, obat batuk, dll. Tetapi ingat, beberapa jenis obat bisa mengakibatkan kantuk!


5. Bawa Peralatan Wajib

Bawa kunci, tang, senter, obeng, dll. Bawa juga busi cadangan atau bahkan ban dalam cadangan jika Anda merasa membutuhkannya.


6. Pastikan Anda Membawa 7 Benda Wajib Ini

Apa saja 7 benda yang wajib Anda bawa? Ingat, ini perjalanan jauh. Anda harus mempersiapkan segalanya. Ada beberapa benda yang harus Anda bawa dan pakai, yaitu

Helm. Tidak ada yang lebih baik selain helm teropong. Namun jika Anda tidak mempunyainya, gunakan helm lain asal standart SNI.

Masker. Anda akan bertemu berbagai kondisi jalan, termasuk yang penuh debu dan kotoran. Untuk mengantisipasi hal ini, maka masker adalah sesuatu yang wajib.

Kacamata. Tentu saja kacamata penting. Anda harus memakainya. Ada banyak jenis kacamata. Pilih saja yang Anda rasa nyaman dan justru tidak mengganggu aktivitas berkendara.

Sarung tangan. Sebenarnya tidak hanya perjalanan jauh, rute dalam kota juga sebaiknya memakai sarung tangan. Hal ini bisa memberikan banyak manfaat, antara lain melindungi tangan dari udara yang terlampau dingin, panas, atau sengatan serangga.

Sepatu. Jangan memakin sandal. Selain beresiko slip, juga tidak bisa melindungi bagian kaki Anda. Untuk berkendara jauh, seperti pulang kampung, wajib bagi Anda untuk gunakan sepatu.

Jaket. Pastikan jaket yang Anda pakai nyaman di tubuh. Jaket adalah hal yang tidak boleh tidak ada. Gunakan jaket yang berwarna / bukan hitam agar Anda tidak terlalu gerah.

Alat pelindung dada / rompi biker. Perjalanan jauh seperti mudik atau pulang kampung rawan membuat Anda masuk angin. Gunakan rompi biker. Hal ini bisa menjadi salah satu solusi jitu.


7. Pastikan Rute Anda

Untuk yang satu ini, Anda sebaiknya : 

  • Memantau rute dari media sosial, komunitas lokal dan grup bikers.
  • Mengikuti perkembangan berita lalu lintas dari portal berita dan radio.
  • Bertanya pada mereka yang lebih berpengalaman tentang rute yang Anda lalui.
  • Rencanakan SPBU, restoran, posko mudik atau tempat istirahat lainnya yang akan Anda singgahi.

8. Isi Penuh Daya Ponsel

Anda pasti akan membutuhkan ponsel. Untuk itu charge smartphone Anda hingga penuh. Gunakan mode hemat ketika Anda berkendara. Hanya pantau melalui google map, radio atau portal berita ketika Anda beristirahat. Bawa juga power bank yang mumpuni. Kalau perlu dua handphone juga tidak ada salahnya. 


B. Di  Perjalanan : Tetap Fokus 


1. Perhatikan BBM Anda

Jangan sampai kehabisan bensin di tengah jalan. Pastikan Anda punya perencanaan yang baik. Segera isi ulang bensin Anda jika menemukan SPBU. 


2. Istirahat Secukupnya

Tempat yang paling tepat untuk beristirahat adalah rumah makan yang menyediakan fasilitas lesehan. Namun Anda bisa beristirahat dimanapun tempat yang dirasa aman dan nyaman. Posko mudik bisa jadi pertimbangan bagus.


3. Periksa Sepeda Motor

Fokuslah pada jalan namun tetap perhatikan motor Anda. Segera berhenti dan perbaiki hal yang dirasa tidak beres. Jangan memaksakan diri. 


4. Pastikan Tidak Tersesat

Perhatikan papan jalan. Jangan segan bertanya pada orang lain. Terlalu mengandalkan google map juga tidak terlalu baik.


5. Makan

Gunakan istirahat untuk makan secukupnya. Pastikan Anda memiliki cukup energi untuk melakukan perjalanan jauh seperti ini. 


6. Buang Air 

Ini adalah tantangan mereka yang mudik menggunakan sepeda motor. Berbeda dengan kereta api atau bus, Anda harus berhenti di SPBU atau ponten untuk buang hajat. Maka berpikirlah bijak. Jangan makan terlalu banyak atau terlalu pedas.


7. Jangan Terlalu Jauh Meninggalkan Motor Anda

Dimanapun Anda beristirahat, jangan terlalu jauh meninggalkan motor Anda. Jangan sampai teledor, terlebih meninggalkan kunci sepeda motor di kontak. 


8. Perhatikan Cuaca

Cuaca juga perlu Anda perhatikan. Berhentilah jika dirasa hujan terlalu berbahaya, terlebih yang disertai petir dan angin kencang.


C. Di Tempat Tujuan : Refresh Sepeda Motor Anda


1. Segera Cek Motor Anda

Begitu Anda sampai di tempat tujuan, perhatikan motor Anda. Perjalanan jauh seperti mudik atau pulang kampung pasti sangat melelahkan. Namun Anda harus kembali bukan? Untuk itu segera masukkan motor Anda ke bengkel terpercaya agar performanya tetap terjaga.


2. Nikmati Suasana 

Bergembiralah. Berbagi sukacita dan rasa rindu kepada orang terkasih adalah tujuan Anda menempuh perjalanan jauh ini. Nikmati semuanya itu.


3. Cek Semua Dokumen

Amankan semua dokumen dan surat-surat. Anda harus bisa menjaga diri dan barang Anda sendiri. Jangan sampai nanti ada yang tertinggal ketika harus kembali ke tempat Anda.


tips mudik memakai motor | catatanadi.com


Demikianlah tutorial sederhana untuk Anda yang mudik menggunakan sepeda motor dengan aman. Tetap waspada dan jaga kesehatan serta keselamatan. Tidak perlu mengebut apalagi terburu-buru. Kiranya perjalanan Anda bisa lancar dan bertemu dengan sanak saudara.