Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tutorial dan Etika Menggunakan Kereta Api

Tips travelling menggunakan kereta api terlengkap berikut kami berikan agar bisa memberikan panduan untuk Anda yang suka jalan memakai kereta supaya tetap aman dan nyaman. 

Kereta api adalah salah satu moda transportasi favorit masyarakat Indonesia. Walau tidak murah, namun kenyamanan dan tepat waktu menjadi alasan utama kenapa orang memilih moda pengangkutan massal yang satu ini.


Kereta Api


Tetapi harus diingat bahwa karena ini adalah moda transportasi favorit banyak orang, Anda harus lebih bijak.

Sering terjadi kasus lonjakan penumpang yang mengakibatkan tiket kereta api ludes dalam waktu singkat. Khususnya ketika hari libur panjang.

Mengingat hal ini, maka Catatan Adi merangkum beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum bepergian dengan kereta api.

Tips Mudik Menggunakan Kereta Api

1. Pesan tiket jauh-jauh hari.

Lonjakan penumpang yang tiba-tiba memang sudah diantisipasi oleh manajemen PT KAI dengan penambahan gerbong. Namun tetap saja hal ini tidak terlalu efektif.

Untuk mengatasi habisnya tiket, pesanlah jauh-jauh hari. Rencanakan kepergiaan Anda dengan bijak. Ada baiknya Anda membeli tiket pergi dan pulang sekaligus.

Khusus untuk beberapa momen khusus yakni Ramadhan, Natal dan Tahun Baru, Anda harus jeli. Segera pesan tiket kereta api seawal mungkin sebelum kehabisan.

2. Tata barang bawaan Anda dengan ringkas.

Tips mudik menggunakan kereta selanjutnya adalah bawa bawaan yang ringkas. Tentu saja ketika ingin pulang kampung atau berkunjung ke rumah saudara, ada baiknya membawa oleh-oleh. Namun satu yang harus diingat, jangan sampai bawang bawaan Anda terkesan ditata asal-asalan dan berlebihan.

Hal ini berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan barang bawaan Anda. Selain itu, penumpang lain pasti juga membawa barang bawaan mereka. Ini berkaitan juga dengan etika dalam menggunakan kereta api.

3. Usahakan duduk tidak membelakangi arah berjalannya kereta.

Hal ini untuk kenyamanan Anda, terlebih jika perjalanan Anda sangat panjang. Duduk dengan posisi membelakangi kereta, bagi sebagian besar orang sangat tidak menyenangkan. Bahkan ada yang tidak betah dan merasa mual / pusing.

4. Bawa bekal secukupnya.

Jika perjalanan Anda jauh, adalah hal yang baik untuk membawa bekal sendiri. Selain menghemat anggaran, juga Anda bisa memilih sendiri menu yang Anda sukai.

Memang di kereta api terdapat juga jasa makanan / minuman, namun tentu saja menunya terbatas.
Selain itu bawa bekal secukupnya, jangan berlebihan. Akan sangat menyiksa jika Anda kelebihan makan lalu harus BAB berkali-kali.

5. Bawa bantal tambahan.

Cara naik kereta supaya nyaman adalah dengan membawa bantal sendiri. Dari hari ke hari, PT Kereta Api Indonesia benar-benar serius memperhatikan kenyamanan penumpang. Berbagai terobosan ditempuh, diantaranya memasang AC dan peneydiaan jasa kebersihan (cleaning service) di dalam kereta.

Khususnya untuk tempat duduk di kereta bisnis, penumpang benar-benar dimanjakan. Namun harga tiketnya tentu saja tidak murah.

Jika Anda bukan penumpang kereta bisnis, Anda bisa mensiasatinya dengan berbagai cara. Salah satunya membaca bantal kecil sendiri. Walau sepele, namun keberadaan bantal ini sungguh sangat bermanfaat.

Memang di dalam kereta disediakan jasa penyewaan bantal. Namun tentu saja lebih hemat jika Anda membawanya sendiri, bukan?

6. Bawa jaket, slayer, syal dan masker.


memakai masker
memakai masker

Beberapa kali saya naik kereta, selalu ada penumpang lain yang merasa AC terlalu dingin. Hal ini tentu saja tidak nyaman. Anda bisa mensiasatinya dengan membawa jaket, syal, selimut atau masker.

Perjalanan jauh di kereta berpotensi membuat diri Anda tidak nyaman karena udara dingin dari AC. Jadi perhatikan poin ini.

7. Bawa cairan pembersih tangan, tisu dan tisu basah.

Ini adalah cara menjaga kesehatan di kereta api. Beberapa kali kita harus pergi ke toilet. Tentu saja sebagai moda transportasi umum, penumpang yang lain juga menggunakan toilet yang sama.

Maka, alangkah baiknya Anda menyediakan cairan pembersih tangan, tisu maupun tisu basah. Hal ini menjaga agar tubuh khususnya tangan tetap higienis.

8. Bawa charger dan power bank.

Tentu saja Anda harus membawa HP. Bisa juga Anda membawa laptop atau minitab. PT KAI menyadari hal ini sehingga memperlengkapi kereta dengan colokan listrik.

Maka Anda harus membawa charger. Jangan sampai komunikasi Anda dengan orang terkasih terganggu karena handphone mati kehabisan daya.

Walau begitu ada baiknya Anda membawa power bank. Gunakan power bank berkualitas sehingga bisa berfungsi dengan maksimal.

9. Bawa headset.

Cara naik kereta yang benar, khususnya pada saat menempuh jarak jauh adalah dengan membuat diri senyaman mungkin. Untuk mengusir rasa bosan, mengapa tidak mendengarkan lagu dari gadget Anda. Maka bawalah earphone atau headset.

10. Bawa buku.

Membaca buku banyak sekali manfaatnya. Ini juga alternatif untuk mengusir kebosanan. Saya selalu membawa buku atau majalah ketika bepergian menggunakan kereta api.

11. Bawa tas kecil.

Bawalah tas kecil yang bisa Anda selempangkan di pundak atau tubuh. Tas ini berfungsi untuk menyimpan tiket atau minyak angin. Anda tak perlu berkali-kali membuka kopor atau dompet Anda.

12. Awasi barang bawaan anda.

Ada berbagai macam orang di kereta. Walau diperlengkapi dengan Polsuska, Andalah yang harus bertanggung jawab pada barang bawaan Anda. Selalu awasi dan pastikan Anda tidak ketinggalan.

13. Pakailah aplikasi KAI


aplikasi KAI di android
Aplikasi PT KAI

Ini adalah cara memesan tiket kereta termudah adalah dengan aplikasi resmi dari KAI. PT KAI sudah meluncurkan aplikasi untuk menunjang layanannya. Silahkan download di playstore dan manfaatkan berbagai fiturnya. Saya sendiri pernah beberapa kali mendapat diskon. Lumayan.

14. Keluarlah sesekali jika kereta berhenti.

Di beberapa stasiun tertentu, kereta seringkali cukup lama berhenti. Coba keluarlah dan gerakkan tubuh Anda. Terlalu lama duduk tentu menyiksa diri Anda.

15. Mengobrollah dengan teman seperjalanan Anda.

Dahulu, saya sering sekali mendapat teman baru ketika bepergian memakai kereta. Anda bisa melakukan hal yang sama. Selain membuang rasa bosan juga bisa menambah daftar relasi.

Etika Menggunakan Kereta Api :

1. Jangan boros tempat.

Cara naik kereta api yang benar berikutnya adalah menghargai penumpang lainnya. Bukan Anda saja yang menjadi penumpang kereta. Jangan boros tempat. Jangan siksa orang lain dengan posisi duduk Anda. Hal ini sering terjadi di kereta. Saya sendiri akan langsung mengingatkan tanpa basa-basi jika tempat saya dilanggar orang lain. Tentu dengan bahasa yang cerdas agar kita tidak menyinggungnya. Intinya jagalah kenyamanan bersama.

2. Tidak perlu tertawa dan berbicara keras.

Tidak ada yang ingin peduli dengan jumlah hutang Anda. peliharan yang kabur atau bos Anda yang galak. Maka tidak perlu mengobrol dan berbicara keras di kereta.

Hal ini sangat penting dan kadang sering dilupakan. Namun dari hal yang sepele ini, tingkat kemajuan sebuah masyarakat bisa dinilai.


etika naik kerata api
etika di kereta api

3. Awasi anak Anda.

Jika Anda memiliki Anak kecil, tidak bisa tidak Anda harus mengawasinya. Jangan sampai keberadaan buah hati kesayangan mengganggu kenyamanan penumpang lain. Ini juga kesempatan untuk mengajarkan etika berkereta api sedari dini.

4. Jangan gunakan port listrik dengan egois.

Jangan gunakan port listrik atau colokan dengan egois. Beri kesempatan orang lain menggunakannya. Inilah pentingnya membawa power bank.

5. Jangan buang sampah sembarangan.

Setiap gerbong dan tempat duduk sudah disediakan tas kresek untuk sampah. Tentu hal ini kadang tidak mencukupi. Namun jagalah kebersihan. Simpan sampah Anda sampai petugas kebersihan datang.

6. Hargai privasi orang lain apapun latar belakangnya.

Anda pendukung capres A? Anggota Partai X? Penganut mazab politik R? Kecuali penumpang yang Anda ajak bicara menunjukkan ketertarikan topik yang sama, lebih baik pilih tema obrolan yang ringan.
Harga apapun latar belakang orang lain, entah itu kepercayaan, pandangan politik atau pekerjaannya.

7. Usahakan tidak mendengkur.

Ini cukup sulit. Jika memang Anda menyadari memiliki masalah ini, coba mintalah maaf begitu Anda terbangun. Tidak sesulit itu kok. Justru hal ini bisa jadi semacam ice-breaking agar bisa memulai percakapan.

8. Gunakan headset, tidak punya selera musik yang sama.

Berkali-kali saya melihat pertengkaran akibat seorang atau lebih penumpang menyetel lagu dari gadget mereka keras-keras. Ini bukan genre lagu Anda. Entah itu dangdut atau apapun, Anda berhak mendengarnya. Namun penumpang lain berhak juga untuk tidak mendengarnya jika mereka tidak berkenan. Solusinya, pakai headset atau jangan nyalakan musik Anda sama sekali.

9. Tawarkan untuk duduk di pojok lansia.

Tempat duduk di pojok menjadi favorit bagi sebagian orang. Jika Anda berkenan, tawarkan tempat duduk pojok yang Anda miliki kepada lansia atau orang yang Anda rasa sangat membutuhkan.

10. Jangan saling meminjam.

Ini juga sangat penting. Usahakan untuk tidak meminjam HP, charger terlebih uang. Persiapkan dan rencanakan perjalanan Anda dengan seksama.

11. Jangan merokok.

PT KAI sangat tegas terhadap pelanggaran ini. Namun beberapa kali saya melihat sendiri banyak penumpang yang masih melanggar dengan merokok di peron dan bordes ketika kereta berhenti.

Namun ingatlah tidak semua orang suka bau asap rokok Anda. Tahanlah keinginan Anda barang sebentar.

Demikianlah tips dan etika dalam bepergian menggunakan kereta api. Ada banyak hal seru yang bisa Anda dapatkan. Sekarang baca juga tips jitu merawat sepeda motor agar tetap awet dan performa selalu baik. Semoga perjalanan Anda menyenangkan.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

1 komentar untuk "Tutorial dan Etika Menggunakan Kereta Api"