Panduan Merawat Sepeda Motor Agar Performa Maksimal



Tutorial - Banyak orang belum paham bagaimana cara merawat sepeda motor yang baik dan benar. Padahal itu merupakan sesuatu yang wajib dilakukan dan dipahami agar motor menjadi lebih awet dan performanya senantiasa terjaga. 

Panduan Merawat Sepeda Motor Agar Performa Maksimal
sumber : pexels


Sepeda motor merupakan salah satu jenis transportasi andalan bagi masyarakat Indonesia. Bahkan bagi beberapa orang, kendaran bermotor roda dua itu adalah sahabat sehari-hari.

Namun sayangnya banyak pengguna sepeda motor kurang memahami cara perawatan yang baik. Akibatnya performa motor menjadi buruk dan tidak awet.

Lalu bagaimana sebenarnya cara merawat sepeda motor yang benar? Berikut Catatan Adi sebagai blog penyedia aneka tips dan tutorial, merangkumnya untuk Anda semua.

1. Lakukan servis rutin.


Ini adalah kunci utama yang harus Anda perhatikan. Lakukan servis rutin kendaran bermotor setidaknya setiap 5000 km atau dua bulan sekali. Mengapa? Karena hanya dengan servis rutin Anda bisa mengetahui kondisi sebenarnya dari sepeda motor Anda.

Jangan lupa juga ganti oli. Penggantian oli ini sebenarnya wajib dilakukan setidaknya 2000 km. Namun jika Anda merasa jarak dan medan tempuh setiap harinya cukup berat, maka jangan sampai menunggu batas maksimal.

2. Jangan sampai kehabisan bensin.


Khususnya Anda pengguna motor injeksi. Jangan sekali-kali kehabisan bensin. Selalu perhatikan indikator bensin sebelum Anda bepergian.

Telat mengisi bensin akan mengakibatkan banyak sekali ganguan. Untuk itu wajib bagi Anda mengisi bensin secukupnya dan mempertimbangkan jarak sebelum mulai bepergian.

Selalu gunakan juga jenis bensin yang direkomendasikan oleh pabrikan motor Anda. Ini adalah salah satu cara perawatan motor yang sering disepelekan. Jika standar jenis bensin untuk motor Anda adalah pertamax, maka jangan sering menggunakan premium. Boleh sih pake premium kalo tanggal tua.

3. Perhatikan tekanan angin pada kedua ban.


Ban gembos itu bikin boros. Bukan hanya mempengaruhi umur ban sepeda motor Anda, namun dampaknya juga bisa kemana-mana.

Pertama, akan mempengaruhi velg dan roda  kendaraan Anda. Kalau sudah sampai sini, pasti nantinya juga akan mempengaruhi jari-jari roda.

Kedua, bisa menghantam ke bagian shock breaker alias skok. Terlebih jika berat badan Anda dan barang bawaan agak berlebihan alias overweight, hehehe...

Ketiga, membuat mesin kendaraan bermotor berjuang lebih keras.

Keempat, membuat bensin jadi lebih boros.

Nah, melihat fakta di atas maka wajib bagi Anda untuk melakukan pengecekan kendaraan bermotor di bagian tekanan angin. Jangan khawatir jika harus sering-sering mengisi angin.

4. Hanya servis di bengkel terpercaya berpengalaman.


Memang ini krusial sekali. Walau rutin melakukan perawatan sepeda motor, tapi jika dilakukan di bengkel yang tidak profesional bisa-bisa kuda besi Anda makin ancur.

Untuk itu perlu rasanya memiliki langganan bengkel yang tokcer. Setidaknya memenuhi persyaratan berikut : berpengalaman, profesional dan memberi garansi.

Jangan sepelekan yang satu ini ya. Terlebih jika Anda pemilik motor sport yang mewah, canggih dan tidak semua montir menguasai penanganannya.

Apakah harus ke bengkel resmi? Boleh, tapi sepengalaman pribadi penulis, ada juga bengkel resmi yang tidak profesional. Selain lama, tidak menyetuh ke akar permasalahan juga ternyata kerjanya tidak rapi.

Justru banyak bengkel non resmi yang cukup baik lo. Cari referensi sebanyak-banyaknya dan jangan ragu untuk komplain. Ini motor Anda, yang Anda beli pake uang. Bukan pake daun.

5. Usahakan mengguakan spare parts berkualitas.


Jika harus mengganti spareparts, pastikan suku cadangnya berkualitas. Apakah harus asli? Terserah anda yang penting berkualitas.

Ada banyak variasi suku cadang kendaraan bermotor yang bertebaran di pasaran. Namun banyak diantaranya yang berkualitas jelek. Padahal akibatnya bisa fatal. Buat motor kok coba-coba. Pilih yang baik ya. Ini adalah juga salah satu cara merawat sepeda motor yang benar.

6. Perhatikan beban kendaraan.


Berapa beban maksimal sepeda motor? Tentu berbeda untuk masing-masing jenis dan merk. Namun rata-rata adalah 120-180 kg.

Overweight akan membuat motor Anda bekerja lebih keras dan akhirnya performanya cepat menurun.

Jangan juga membawa beban berlebih. Gunakan saja jasa mobil. Jangan memaksa. Skok, rantai, ash, bosch arm, dan roda sepeda motor Anda bisa jadi taruhannya.

Ini adalah juga salah satu cara merawat sepeda motor yang baik agar kendaraan Anda bisa awet serta tahan lama.

7. Variasikan kecepatan.


Jangan melulu main kenceng. Juga jangan terlalu lemot. Variasikan kecepatan Anda. Bukankah di buku manual pemakaian sepeda motor hal ini juga disarankan? Jadi bisa disimpulkan adalah juga salah satu cara merawat sepeda motor yang benar.

8. Jangan mengerem mendadak.


Ini sebenarnya masuk ke bagian pemakaian sepeda motor yang baik. Tetapi karena akibatnya bisa fatal, maka Catatan Adi memasukkan ke bagian perawatan sepeda motor yang baik.

Mengerem mendadak akan membuat cakram Anda makin berumur pendek. Tentu saja juga kampas rem.

Bukan hanya itu, ini akan berpengaruh terhadap bahan bakar dan mesin. Wow, ngeri khan? Untuk itu perhatikan kecepatan dan fokus. Jangan sambil ngelamun ya. Pastikan Anda tidak sering-sering mengerem mendadak.

9. Hindari jalan berlubang.


Kalau yang ini memang faktor lucky. Terlebih jika Anda berada di belakang mobil atau truk. Bisa-bisa gagal deh menghindari lubang-lubang nista yang bikin motor makin tak awet itu.

10. Rajinlah mencuci motor Anda.


Ada baiknya Anda mencuci sendiri. Kenapa? Karena hasilnya seharusnya lebih bersih dan teliti. Tidak semua jasa pencucian sepeda motor mau melakukan aksi pembersihan secara totalitas.

Selain itu dengan mencuci kendaraan bermotor anda sendiri, maka Anda akan mengetahui lebih cepat Andaikan ada hal-hal yang tidak beres. Cucilah dan bersihkan dengan teliti motor Anda agar makin terawat, awet dan tahan lama serta berumur panjang.

Kapan harus mencuci motor? Setidaknya seminggu sekali atau setelah kerja berat. Seperti setelah melewati banjir atau baru saja naek gunung. Ini adalah juga salah satu perawatan sepeda motor yang harus Anda lakukan. Debu dan lumpur bisa membuat kinerja sepeda motor menjadi berkurang.

Itulah 10 cara merawat sepeda motor yang benar supaya awet dan tahan lama. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Baca terus artikel tutorial berkualitas lainnya dari catatan Adi, seperti cara merawat laptop /komputer yang benar atau tutorial mendapatkan uang dari internet.

0 Response to "Panduan Merawat Sepeda Motor Agar Performa Maksimal "

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel