Mengatasi File Yang Tidak Bisa Dihapus Di Komputer

Tutorial - Apa sobat pernah mengalami kesulitan dalam menghapus suatu file di komputer / laptop?

Jika iya, tentu saja hal ini sangat menyebalkan. Tetapi jangan khawatir, Catatan Adi akan berbagi cara untuk menghapus file membandel.




File Yang Tak Mau Dihapus



Mari kita menyebutnya file bandel. Bandel karena tidak mau menuruti perintah kita untuk lenyap. Wow, ada ya kaya begini? Ada bro!

Jadi ceritanya setiap Sabtu saya selalu mem-back-up semua pekerjaan di PC, laptop maupun jaringan internal kantor (cloud) agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Karena satu dan lain hal, terkadang saya menghapus beberapa file. Namun saya sangat kaget bin terkejut terheran-heran, sebaab abang belum pernah ke sana. Hahaha becanda.

Saya kaget karena ada beberapa file yang tidak bisa dihapus. Apapula ini. Berbagai cara sudah saya coba dan akhirnya memang hilang. Setelah itu saya kepikiran untuk membuat artikel ini. Siapa tahu Anda juga mengalami hal yang sama.

Penyebab File Tak Mau Dihapus


Sebelum kita membahas langkah-langkah melenyapkan file membandel ini, ada baiknya Catatan Adi berbagai sedikit informasi. Mengapa file bandel ini susah dihapus.

Ternyata ini dia alasannya :

1. File Corrupt.

File tersebut korup alias rusak. Beberapa kasus ini saya pribadi temui di flasdisk atau MMC lama. Mungkin sekali ada hubungannya sama kerusakan hardware atau flashdisk / MMC tersebut.

Karena rusak, jadi tentu saja file ini bandel. Semacam mengalami mutasi kali ya. Kalau ini yang terjadi, ada baiknya Anda ganti flashdisk / MMC saja. Karena dipastikan file yang lain juga akan seperti ini.

2. Malware.

Ini adalah program khusus yang digunakan oleh korporat / orang jahat / pihak luar / oknum / untuk memanggil software atau aplikasi tertentu ketika Anda online.

Parahnya lagi, dengan PC yang sama, Anda online tiap hari / saat. Jadi terinveksi deh. Malware ini ada berbagai macam dan kadang cuma bikin sebel tapi kadang bisa bikin Anda dipecat!

Beberapa malware bisa memanggil software untuk terhubung dengan situs berbahaya yang terindikasi ilegal / porno.

Lalu bos Anda ternyata memantau aktivitas PC Anda. Ya modar deh.....

3. Membutuhkan izin khusus.

Kadang Anda harus lebih kerja keras. Ada file atau ekstensi yang terhubung dengan sistem dan aneka program lainnya di drive C. Jadi untuk harus masuk lebih dalam ke sistem komputer Anda untuk menemukan akarnya lalu menghapusnya.

Hati-hati, Catatan Adi tidak menyarankan Anda melakukan ini sendiri. Harus dengan bimbingan orang yang sudah pengalaman ya. Kecuali Anda memang nekat dan niat ingin belajar.

4. Default dari server.

Nah, coba Anda cek. Jangan-jangan komputer Anda terkoneksi dengan server. Ya sudah, mungkin ini penyebabnya.

Minta server untuk menghapusnya. Siapa tahu mereka yang memang memasangnya secara default.

Cara Menghapus File Bandel / Tak Mau Dihapus


Ada banyak cara yang bisa Anda pilih, namun Anda harus tahu dahulu jenis dan penyebab file tersebut tidak bisa terhapus.

1. Gunakan software anti-malware

Catatan Adi merekomendasikan Malwarebytes Antimalware dan Iobit. Dua software tersebut terbukti ampuh menghabisi ribuan file yang bandel yang pernah saya alami.

Ingat, software ini memang pada awalnya free. Namun setelah masa trial habis Anda harus membelinya atau mengupgrade ke mode premium. Iyalah, yang punya software kan juga butuh makan, hehehehe.....

2. Masuk ke mode Admin.

Silahkan mencoba untuk masuk dari mode admin. Ini kalau file tersebut memang bisa dihapus dari account tertentu. Mungkin aja account Anda tidak diijinkan melakukan tindakan delete.

Kalau ini yang terjadi, akan lebih baik lagi Anda menghubungi server kantor. Ingat ya, kasus ini kalau komputer Anda terkoneksi secara LAN /WAN.

3. Hentikan program dari task manager.

Kasus ini biasanya akan muncul pesan File In Use pada kotak dialog penghapusan file/folder. Jika begitu jadi jelasnya sudah bahwa penyebabnya adalah memang ada program yang aktif. Anda tidak menemukan program yang aktif, coba buktikan dengan menghentikan program dari Task Manager.

Cara masuk ke Task Manager silakan tekan Ctrl+Shift+Esc pada keyboard secara bersamaan.

Pilih program yang terlihat aktif pada tab Aplications kemudian Anda klik pilih lagi End Task.

Maka dengan melakukan cara ini program-program aktif akan otomatis berhenti. Apakah masih gagal juga dengan  cara ini? Oke, mari lanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Restart Komputer/Laptop

Langkah ketiga jika kedua cara diatas sama sekali tidak ada hasilnya maka Anda tidak perlu putus asa, silakan Anda restart komputer atau laptop. Untuk restart komputer atau laptop lakukan dengan cara yang benar, yaitu dari Start > Shut Down > Restart, maka nanti komputer atau laptop setelah mati akan nyala kembali secara otomatis. Dengan restart komputer maka akan menutup semua program yang sedang aktif. Silakan setelah komputer kembali nyala Anda coba hapus kembali file atau folder yang tadi tidak bisa dihapus.

5. Masuk Ke Safe Mode

Masih gagal juga ya langkah-langkah diatas? Sekarang coba Anda masuk ke Safe Mode. Cara masuk ke Safe Mode adalah restart komputer dan tekan tombol F8 pada keyboard terus menerus ketika komputer atau laptop nyala.

Caranya adalah seperti kita akan masuk ke BIOS komputer. Kemudian jika komputer sudah nyala atau dalam keadaan tampilan Safe Mode silakan Anda coba hapus file atau folder yang bandel tersebut.

Ketika komputer atau laptop dalam posisi Safe Mode, maka tampilan PC akan sangat sederhana sekali. Harusnya Anda sudah bisa menghapusnya.

6. Minta bantuan operator / service komputer.

Jika memang harus dihapus dan sangat bandel, maka mintalah bantuan operator atau service komputer. Jangan sekali-kali menginstall ulang jika Anda belum memiliki pengalaman dan hanya berdasarkan panduan dari google ya. Berbahaya sekali dan resikonya besar.

Demikianlah tips mengatasi file yang tak mau dihapus. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda semua.

Call For Action! 

Catatan Adi selalu berusaha memberikan artikel bermutu dan berkualitas bagi Anda secara gratis. Dukung terus blog kecil ini dengan cara share artikel kami ke media sosial atau whatssapp Anda agar makin banyak orang yang mengenal dan mendapat manfaat dari Catatan Adi. 

Setiap hari kami usahakan untuk selalu update 1 artikel. Daftarkan email Anda agar bisa berlangganan artikel dari kami langsung ke alamat email Anda. 

0 Response to "Mengatasi File Yang Tidak Bisa Dihapus Di Komputer"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel