Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Iklan Adsense Menghilang Dari Blog Paska Pemberitahuan Better Ads Standars

Langsung saja gaes, jadi sejak kemaren (2 Juli 2019) semua iklan di blog-blog milik saya menghilang. Tentu ini hal yang wajar jika ada notifikasi sebelumnya, baik di email maupun beranda Google Adsense. Namun nyatanya tidak. Semuanya lenyap misterius.

Apakah sobat blogger juga mengalaminya?


Kronologi Hilangnya Iklan Google Adsense Di Blog Saya

Serangan Fajar Yang Bikin Gempar

Adalah satu kebiasaan saya untuk mengecek progres dari adsense aye di beranda GA. Di hari itu, ane juga melakukannya. Tetapi begitu melihat grafik yang ada, mata langsung terbelalak. Page views anjlok, dan saldo 0.

Memang bukan yang pertama jika saldo hari itu 0 rupiah, maklum sasaran utama blog saya adalah pengunjung berbahasa Indonesia. Mungkin pada kecapekan beraktifitas dan tidak ada yang berkunjung di blog-blog aye.

Saya pun melakukan BW singkat dengan beberapa blog. Trik kuno nan sepele ini biasanya langsung meningkatkan PV dalam waktu singkat, walau tidak seberapa.

Setelah mandi dan sebelum sarapan, saya sempetin lagi melirik beranda Google Adsense. What!!!! Tetap Rp 0 walau PV meningkat. Ada apa ini?

Di Kantor

Ketika sampai kantor, saya selalu kepikiran hal ini. Bagaimana mungkin, apa yang terjadi. Hingga beberapa teman mengirim WA “Bang, kok iklan di blog ente ilang?” Dag...dig...dig....

Kenapa tidak berpikir sampai ke sana? Saldo pasti 0 jika tidak ada yang melihat atau meng-klik iklan. Dan bagaimana mau melihat iklan jika memang tidak ada?

Langsung saya sempatkan membuka laptop, mengecek semua artikel dan blog. Ajaib! Semua artikel bersih dari segala iklan. Keringat menetes makin deras.

Langsung saya buka dua smartphone saya plus menyalakan PC. Langsung ketik keyword dan mengklik url yang menuju ke blog aye. Demi neptunus dan saus tartar, semua blog gua bersih alias kaga ada adsensenya!

Makan Siang Jadi Hambar

Gimana ga hambar, siomay plus roti lapis dikunyah sambil utak-utek blog. Sesekali ane liat grup blogger, kali aja ada yang nimpalin keluh kesah ane. Perserikatan pemain blog yang ngeksis di WA kadang bisa jadi sarana saling bantu, tapi banyak juga yang klikbait. Ampun dah.

Beberapa kasih saran ini itu, namun aye yakin itu semua salah alias tidak menyentuh pokok permasalahan. Huft, sebel karena sampai jam 13.00 blog semuanya masih bersih dari google adsense. Hati makin galau. Rasa penasaran kian membuncah. Ada apa gerangan.

Alhasil tiap menit bolak-balik ngecek hape, laptop dan PC. Persis kaya orang linglung. Bingung. Buka analytics, webmaster, beranda blog, CPanel, dan akhirnya nyerah. Jam 14.00 gua putusin buat fokus kerja.

Kopi, Senja dan Global Better Ads

Jam 4 pas, semua kerjaan beres. Tapi hati makin galau. Nasihat para sahabat di facebook, telegram dan whatssapp mentah. Tidak ada yang work!

Awalnya gua curiga ini pasti blog aye rusak. Jadi fokus utama adalah search preference, khususnya bagia robot sama ads.txt plus ngulik template. Tetapi semua baik-baik saja. So, what supposed to be the problem? I don’t understand.

Jam lima, senja menyapa. Dengan secangkir kopi tigarebuan, gua duduk di tepi jendela. Mencoba berefleksi. ‘What’s the matter bro?’ Bryan nyapa gua. ‘Nothing, dude!’. Dia angkat kedua bahu terus ngeloyor sama Siska. Sedang aye masih sibuk nyeruput kopi murah sachetan sambil inget-inget.

Dan senja melakukan intervensinya. Yes, that is! Langsung gua buka hape Cina dan menuju ke Google Adsense Notification.

Ada satu notifikasi yang tidak biasa. Intinya ngomong kalo Gugel bakal ikut aliansi para penayang adsense dalam program Better Ads. Yah, ini kan cuma nge-declare aja, bukan semacam warning. Apa hubungannya sama iklan yang menghilang tiba-tiba dari blog aye?

Akhirnya gua geber motor butut aye buat pulang. Istri juga lagi keluar. Di rumah masih ada cabe, garam sama kecap. Alhasil cukup beli nasi putih tiga bungkus. Bini katanya sudah beli tempe goreng 5, bakwan 2 sama telor asin 1. Cukuplah buat makan malam.

Makan Malam Tidak Romantis

Ternyata dari 30 cabe yang ada, cuma 9 yang layak konsumsi. It’s okay. Kasih garam, cucurin kecap, jadi deh sambal item ala Malika yang dibesarkan dengan penuh cinta.

Makan malam kita emang ga terlalu mewah. Kadang cuma beli mie Bang Ojak yang 11 rebuan plus krupuk kaleng satu trus dimakan berdua. Ato kalo beras habis ya ngunyah kraker sama teh anget. Asal menikmatinya sambil liat vlognya Nex Carlos ato Koko Gembul, tetep lezat.

Sambil makan aye ceritain semua ke bini. “Udah mas, jangan terlalu dipikir, rejeki ga akan kemana. Asal kita serius cari tapi jangan ngoyo’. Logat Serbia bercambur Britishnya kental banget.

Sebelum tidur aye ulik-ulik lagi semua blog. Gua ingat-ingat lagi kejadian yang udah lewat. Apa dosa saya, Ya Tuhan......

Hari Kedua, Adsense Tetap Tidak Terlihat

Ya, paginya gua terlambat bangun. Biasanya jam empat subuh sudah ready di depan kamar mandi. Ini jam tujuh kurang baru buka mata. Istri sudah sibuk di dapur.

Gua lihat lagi beranda Adsense. Tetap setia dengan no rupiah. Kampret! Akhirnya gua lempar tu hape ke atas bantal biar ga pecah. Trus mandi dan gosok gigi.

Sarapan dah ada di meja. Enak banget idup gua. Secangkir kecil teh panas, ubi goreng satu sama beberapa kraker.

Jam 8 gua cabut kerja. Sampai artikel ini ditulis malam harinya, adsense masih ilang. Huft, I give up, dude! Aye nyerah, Ferguso! Pasrah dah! Sempat berpikir bikin blog baru dengan niche yang sedang viral, tetapi aku urungkan.

Terlebih Catatan Adi adalah salah satu blog kesayangan Ane. Sudah ada banyak pembaca setia sejak aku membangun blog ini dari nol.

Upaya Mengatasi Iklan Hilang

Beberapa Opsi Yang Sudah Saya Lakukan Mengatasi Iklan Adsense Menghilang Dari Blog Setelah Pemberitahuan Better Ads Standars Google

1. Memeriksa Email
Berkali-kali ane periksa email. Kaga ada pemberitahuan ape-ape terkait menghilangnya iklan adsense saya ini. HUFT...... Aneh khan? Biasanya kalo ada pelanggaran pasti di kasih tahu. 

2. Check Robot.txt
Ini yang ane lakuin dan sesalin. Ane copot lagi dan set ulang pengaturan robot.txt di blogger. Kenapa? Ngapain? Orang selama ini baek-baek aja malah diubah. Justru bisa-bisa ini mempengaruhi Google dalam merayapi blog ane.

3. Memasang Ads.txt
Ya beberapa waktu lalu para blogger dipusingin hal ini. Tetapi fix not about it. Nothing to do with this ! It's not about ads.txt, karena di beranda Google Adsense saya, ada notif kalau masalah ini sudah solved.

4. Setting Script Di Template
Apakah ini? Tadinya aye mikir gitu, tapi ya ga mungkinlah. Kalau satu blog iye, kalao tiga blog ilang semua ya aneh. Pasti bukan ini.

5. Mencopot Beberapa Iklan
Ini juga aye lakuin. Apakah berhasil? Sampai artikel ini ditulis, jawabannya adalah : BELUM! Iklan yang aye copot itu termasuk matched content, beberapa widget dan iklan di tengah postingan. 

6. Cek Kesehatan Blog 
Aye pake situs ketiga, keempat, sampai ketujuh. Semua menunjukkan blog personal Catatan Adi ane sehat, walau tidak prima. Lha, berarti bukan disini masalahnya. Atau karena trafik menurun dan sepi. Tidak, ini semua tidak ada hubungannya sama hal tersebut. 

Ajaib kan? Semua ga masalah. Oke fix, maka satu-satunya cara adalah dengan berpasrah diri. Semoga saja problem aye bisa beres. Ntar pasti ada update untuk perkembangan kasus menyebalkan ini terkait hilangnya iklan adsense dari blog paska notifikasi Better Ads Standars. 

Apakah ini akhir dari Catatan Adi? Tidak! Masih banyak target, khususnya menghasilkan 200 artikel atau bahkan lebih! Aku tidak boleh menyerah hanya karena pembatasan iklan.

Note : Apa sahabat juga mengalami hal ini? Sudah berhasil mengatasinya? Boleh kok berbagi, siapa tahu bisa bermanfaat buat blogger yang lain. 

UPDATE : SILAHKAN BACA ARTIKEL SAYA TENTANG SOLUSI UNTUK IKLAN ADSENSE YANG HILANG. SEMOGA MEMBANTU.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

5 komentar untuk "Iklan Adsense Menghilang Dari Blog Paska Pemberitahuan Better Ads Standars"

  1. kasus sama bg, pusing. udah 5 hari ini otak atik web juga gak ada perubahan, akun aman, apakah domainya yg di banned atau apanya saya juga belum tahu. email gak ada, notif di akun adsen juga gak ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ternyata saya tidak sendirian. Panik banget, kenapa yaa ?

      padahal kemarin kemarin lagi banter banternya tu adsense huhuhu

      Hapus
  2. itu sudah muncul adsensenya di website ini, solusinya gmana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya share dong kak adii gimana jadinya setelah ada pemberitahuan yang global ads itu

      Hapus
    2. Coba buka postingan terakhir saya, di sana saya sudah share beberapa solusi yang mungkin aja bisa membantu.

      Hapus