Tuyul, Pesugihan Ala Setan Gundul

Mencari Rejeki Melalui Tuyul

Catatan Adi - Tuyul adalah sejenis makhluk halus yang berbentuk anak kecil berkepala plontos dan diyakini sebagai biang keladi hilangnya uang simpanan orang-orang secara misterius.


Pesugihan Tuyul / Catatanadi.com
(Pesugihan Tuyul / Sumber)

Ia merupakan salah satu sarana pesugihan atau mendulang rejeki dengan cara yang sesat. Di banyak daerah, sering terdengar geger hilangnya uang warga secara massal. Fenomena ini lantas selalu dikaitkan dengan keberadaan Tuyul.

Tuyul sendiri sudah seperti sebuah legenda hidup. Percaya atau tidak, namun kepercayaan akan adanya Tuyul sudah menjangkiti masyarakat Indonesia sejak lama, khususnya mereka yang tinggal di Pulau Jawa dan Madura. Seiring dengan adanya transmigrasi, kisah mengenai Tuyul makin tersebar luas.

Seperti apa kisah lengkap dari hantu yag satu ini. Apakah makhluk ini memang nyata? Dalam seri Supranatural kali ini, Catatan Adi akan membahas selengkapnya perihal Tuyul.

Penampakan Tuyul


wujud Tuyul / catatanadi.com
(Penampakan Tuyul / sumber)


Hampir semua tempat secara kompak memiliki penggambaran yang sama tentang tuyul. Pertama-tama, tuyul adalah setan yang berwujud anak kecil. Ia tidak berambut alias gundul dan hanya mengenakan celana alias bertelanjang dada.

Ada penggambaran khusus mengenai muka Tuyul. Ada yang mempercayai Tuyul sebenarnya memiliki muka buruk, gigi tajam merongos, dan telinga lancip. Sebaliknya ada yang bilang bila muka dari Tuyul sama seperti anak kecil pada umumnya yang lucu dan menggemaskan.

Asal Muasal Tuyul


Asal usul Tuyul / catatandi.com
(Asal Muasal Tuyul / Sumber)

Ada banyak kisah mengenai awal muasal Tuyul. Beberapa mungkin sudah dikenal oleh masyarakat sedang yang lain belum cukup populer. Kali ini Catatan Adi akan membahas seluruhnya untuk Anda pembaca setia situs kami.

Hasil Perkimpoian Bangsa Jin


Ada yang menganggap Tuyul sebagai anak dari para lelembut bangsa Jin. Para makhluk halus itu kawin dan menghasilkan anak-anak lelembut yang tak lain adalah para tuyul.

Pendapat mengenai Tuyul sebagai hasil hubungan para bangsa Jin memang cukup beralasan mengingat setan ini juga adalah bangsa Jin yang 'kebetulan' diadopsi oleh manusia untuk dipekerjakan sebagai sarana pesugihan atau mendatangkan rejeki secara tidak benar.

Hasil Hubungan Manusia Dengan Jin


Pendapat yang lain mengatakan jika Tuyul merupakan hasil perzinahan antara dua bangsa yang berlainan dimensi, yakni manusia dan Jin. Orang-orang yang sudah dikelabui oleh hasrat untuk kaya lalu mengadakan ritual tertentu di sebuah tempat yang dianggap keramat.

Orang-orang itu biasanya datang secara berpasangan atau berkelompok. Mereka kemudian melakukan zinah dan menganggap mereka sudah berkelamin dengan jin. Dipercaya pada saat aktivitas itu berlangsung, para Jin juga turut serta dan akhirnya akan menghasilkan keturunan berupa Tuyul.

Jin Yang Menyamar


Pendapat yang populer beredar di masyarakat biasanya menganggap Tuyul sebagai bangsa jin atau makhluk halus, bukan merupakan keturunan dari hantu, hantu dan manusia, atau manusia. Karena Tuyul merupakan bangsa Jin maka diperlukan syarat tertentu agar mereka mau bekerja untuk manusia.

Janin Yang Keguguran


Ada juga anggapan bahwa Tuyul berasal dari janin atau bayi yang keguguran maupun digugurkan. Janin-janin ini kemudian menjelma menjadi bentuk lain di dimensi astral, yaitu Tuyul.

Jiwa Yang Tersesat


Anggapan lain seputar Tuyul yang cukup populer di masyarakat adalah sebagai perwujudan jiwa yang tersesat. Ada fenomena tumbal, di mana seseorang secara kejam mengorbankan orang lain untuk dibunuh demi memperoleh apa yang diinginkan. Tumbal tersebut bisa hewan, wanita, orang tua maupun anak-anak.

Tumbal berupa anak-anak akhirnya berubah menjadi Tuyul. Pendapat lain mengatakan orang yang menggunakan jasa pesugihan, ketika ia mati maka arwahnya juga akan menjadi Tuyul sebagai karma atas kejahatannya di dunia.

Teror Tuyul


Tuyul Meneror Warga / Catatanadi.com
(Teror Tuyul / Sumber)


Di antara semua jenis fenomena ghaib, nampaknya yang berkaitan dengan pesugihan adalah yang paling populer. Salah satunya adalah Tuyul.

Dahulu bahkan hal ini seakan seperti sebuah histeria. Jika di sebuah kampung dihebohkan dengan pengakuan beberapa warga mengenai hilangnya uang mereka, maka hanya beberapa waktu hal yang sama menjalar ke desa-desa di sekitarnya.

Tuyul tidak mengenal waktu. Ia dikatakan bisa mencuri uang warga baik siang maupun malam. Tidak ada uang yang aman. Jika hantu gundul ini sudah beraksi, maka uang Anda akan terancam digondolnya, baik yang disimpan di bawah bantal, di dalam almari maupun di saku celana.

Tuyul juga dikenal tidak memilih-milih korban. Siapapun, baik kaya-miskin, tua-muda, lelaki-perempuan, berpotensi menjadi korban para Tuyul.

Pemilik Tuyul


Para pemilik Tuyul digambarkan sebagai seorang yang banyak uang. Walau sebenarnya sangat susah untuk menentukan seseorang adalah pemilik setan gundul satu ini, namun beberapa indikator berikut nampaknya sudah kadung berkembang di masyarakat.

Pertama, ruangan khusus Tuyul. Jika seseorang ternyata memelihara Tuyul, ia harus menyiapkan ruangan khusus di rumahnya sebagai tempat istirahat dan menyimpan para Tuyul.

Kedua, berjalan bungkuk. Para pemilik Tuyul harus menggendong setan jenaka ini di belakang punggung mereka. Alhasil mereka akan terlihat sedikit bungkuk jika berjalan.

Ketiga, uang para tetangga sering hilang secara misterius.

Makanan Tuyul


Dalam artikel dari Historia, ada beberapa penelitian yang mengungkapkan fenomena Tuyul di dalam masyarakat kita. Salah satu yang unik adalah makanan. Ternyata Tuyul juga butuh makan. Ini sangat unik mengingat sebenarnya Tuyul adalah makhluk astral.

Makanan dari Tuyul adalah bubur kacang hijau. Pemilik Tuyul juga harus meneteki (memberi susu seperti bayi) para Tuyulnya. Sedang dalam versi yang lebih mengerikan yang juga dipercaya sebagian orang, Tuyul membutuhkan tumbal.

Mainan Tuyul


Hal umum yang dipercaya masyarakat adalah mengenai sifat kekanak-kanakan dari Tuyul. Sebagai anak-anak, setan gundul satu ini ternyata masih suka bermain-main. Salah satu mainan utamanya adalah yuyu atau kepiting.

Mengantisipasi Tuyul


Cara Menangkal Tuyul / Catatanadi.com
(Mengantisipasi Tuyul / Sumber)


Ada beberapa hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat agar terhindar dari pencurian yang dilakukan para Tuyul. Berikut Catatan Adi merangkum sebagian diantaranya.

Menyimpan Uang Di Bank


Ini masih kontroversial. Ada banyak pendapat mengapa Tuyul tidak mampu menembus pertahanan Bank. Walau begitu ada pula yang menganggap bahwa hal ini adalah salah satu upaya untuk lebih mentertibkan kebiasaan menyimpan uang masyarakat.

Memberi Jimat Pada Tempat Penyimpanan Uang


Pada jaman dahulu, orang-orang sering memasang berbagai benda yang dianggap keramat atau memiliki kemampuan untuk mengusir Tuyul, seperti jarum, bawang putih, cermin kecil, maupun kertas yang sudah dirajah dengan mantra-mantra tertentu.

Memasang Perangkap


Ada banyak perangkap yang dianggap mampu melindungi uang dari Tuyul. Pertama adalah mainan, yakni kepiting, boneka, dll. Hal ini dipercaya mampu mengalihkan perhatian Tuyul sehingga lupa akan tugas utamanya.

Hoax Tuyul


Prank Tuyul / Catatanadi.com
(Prank Tuyul / Sumber)

Seperti juga Kuyang, fenomena Tuyul sering dijadikan kesempatan bagi pihak-pihak tertentu untuk meraup keuntungan pribadi. Beberapa di antaranya adalah :

Fitnah Keji


Sudah bukan rahasia lagi isu Tuyul maupun makhluk ghaib lainnya akan dengan mudah menjadi heboh. Namun hal ini sayangnya kurang bisa dibuktikan secara ilmiah. Justru yang ada adalah kecurigaan bahwa hal ini menjadi sarana fitnah demi memenangkan persaingan usaha atau dendam pribadi.

Bisnis


Ada-ada saja ulah oknum masyarakat. Sadar bahwa menjadi kaya tanpa kerja adalah impian semua orang, beberapa pihak lantas menjadikan ini ladang bisnis, mulai dari jasa pesugihan hingga jual beli Tuyul.

Prank Tuyul


Kreatifitas para pencipta konten juga kadang berlebihan. Ada Hoax mengenai Tuyul yang ternyata merupakan hasil kejahilan para netijen, baik berupa foto, video, cerita, maupun prank.

.....................................

Artikel Supranatural adalah sajian khusus dari Catatan Adi yang fokus membahas berbagai fenomena ghaib, misterius, supranatural dan di luar nalar manusia.

Nikmati kolom Supranatural setiap hari Sabtu hanya di blog kesayangan Anda, Catatan Adi.

-------------------------------------------------------------------------

Perhatian :

Silahkan menikmati semua konten yang ada di blog ini. Jangan lupa untuk senantiasa mendukung kami dengan memberikan komentar positif atau membagikan artikel ini ke sosial media Anda.

Dilarang Keras memplagiat artikel ini. Jika ingin mengutip, dipersilahkan untuk mencantumkan kredit melalui tautan aktif menuju blog ini.

Terima kasih sudah membaca.

0 Response to "Tuyul, Pesugihan Ala Setan Gundul"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel