Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Menjadi Blogger Sukses

Bagaimana caranya supaya bisa menjadi blogger yang sukses? Ternyata sangat mudah, namun banyak yang tidak menyadarinya.

Pertama-tama, mari kita sepakati arti dari blogger sukses. Seperti apa indikatornya? Berikut adalah definisinya : 

  • Blogger sukses adalah yang mampu mendapatkan banyak trafik. 
  • Blogger sukses adalah yang bisa menghasilkan uang banyak dari blognya.
  • Blogger sukses adalah yang mendapatkan pengakuan dari khalayak luas.
Jika trafik Anda besar namun belum berhasil mengkonversinya menjadi uang, saya pribadi menganggap kesuksesan itu masih jauh dari sempurna. 

Pun juga ketika Anda bisa dapat uang dari hal-hal seperti shortlink, namun tidak mendapatkan pengakuan karena konten yang ditampilkan jauh dari berkualitas, maka saya pribadi juga menganggapnya belum layak jadi blogger sukses. 



Sekali lagi ini opini pribadi saya. Blogger butuh uang untuk membangun blog, setidak-tidaknya laptop dan jaringan internet. Maka wajar jikalau mencari keuntungan materi. 

Lantas bagaimana menjadi blogger yang mampu mendapatkan banyak trafik, bisa berpenghasilan besar dan diakui banyak kalangan? 

1. Membuat Konten Berkualitas

Ini kunci utama. Lupakan SEO sejenak, namun berlatihlah membuat konten berkualitas. Ingat ya, konten bukan tulisan. 

Konten tidak hanya melulu tulisan, bisa meme, video, infografis atau bahkan audio. Semua yang Anda publish di blog adalah konten.

Seperti apa konten yang berkualitas itu? Yakni yang bermanfaat, menghibur, dan membuat orang terpesona. Setidak-tidaknya satu dari tiga hal tersebut. 

Bermanfaat tetapi jika tidak bermakna maka orang akan melupakan blog Anda. Pintar merangkai kata-kata tetapi pada aslinya tidak ada isinya orang nanti juga sadar dan bahkan muak. Menghibur tetapi tidak ada gunanya juga akan tersingkir. 

Membuat konten berkualitas itu susah-susah gampang. Jika beruntung, maka konten akan viral dan banyak orang berdatangan membaca blog Anda.

Ingat, ini bukan SEO, melainkan berkualitas untuk manusia. SEO itu yang kedua, jangan dibalik atau akan hancur selamanya.

Ketika orang sudah nyaman dengan artikel yang berkualitas, mereka akan mengingat-ingat nama blog atau alamat URL Anda. Ini tentu modal yang baik.

2. Mempelajari SEO

SEO bertujuan untuk mendatangkan visitor dari mesin pencari. Di sini Anda harus menghamba pada mesin. Mencari apa yang disukai robot. Memuja algoritma dan mempelajarinya.

Tetapi ini adalah yang kedua. Jadi jangan sampai mengorbankan kualitas artikel demi mencapai kepadatan kata kunci ataupun jumlah kaya yang besar tetapi bertele-tele. 

Justru pelajari beberapa hal berikut : link building, memodifikasi template, mencari gambar pendukung, menyusun navigasi dan menebak kata kunci. 

3. Berjiwa Oportunis

Ini berkaitan dengan uang. Blogger sukses tentu yang bisa dapat uang dari blognya. Orang akan sukarela membayar Anda supaya diijinkan memasang iklan. 

Nah bagaimana caranya? Cobalah oportunis. Daftar dan cari semua peluang agar blog Anda bisa menghasilkan uang. 

Di internet banyak sekali cara menghasilkan uang dari blog tetapi ada yang hoax, ngawur dan menyesatkan.

Catatan Adi memiliki banyak referensi berguna mengenai hal ini. Cari celah, apakah lewat afiliasi, kerjasama iklan atau menjadi publisher adsense. Silahkan cari artikel yang berkaitan dengan itu semu di Catatan Adi. 

4. Konsisten

Jangan mudah menyerah atau berpuas diri. Anda harus : 
  1. Konsisten update konten secara rutin.
  2. Konsisten menganalisa trafik dan kesehatan blog.
  3. Konsisten mempelajari algoritma dan metode terbaru.
Jika Anda tidak konsisten, maka berhenti saja jadi blogger. Karena nantinya akan sia-sia belaka, khususnya yang menggantungkan hidup dari blog. 

Demikian cara untuk bisa jadi blogger yang sukses dan mendapat pengakuan publik yang luas. Silahkan dipraktekkan. Terimakasih sudah membaca. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "4 Cara Menjadi Blogger Sukses"

Selebriti Asia

Recent Posts Label

Selebriti Indonesia

Recent Posts Label

Artikel Bisnis

Recent Posts Label

Artikel Kesehatan

Recent Posts Label

Artikel Misteri

Recent Posts Label

Artikel Perang

Recent Posts Label

Artikel Sejarah

Recent Posts Label

Seputar Pendidikan

Berlangganan via Email