Artikel kali ini akan membahas tentang pengertian dan sejarah blog serta beberapa poin penting lainnya, termasuk gambaran bagaimana seorang blogger bisa berpenghasilan hingga 15 juta rupiah dalam waktu sebulan. 


Definisi dan Sejarah Blog 

Pengertian dan sejarah blogging.


Dalam bagian ini, kami akan beberkan apa sebenarnya yang dimaksud dengan blog. Bagaimana sejarah blog? Seperti apa ciri-ciri umumnya?


Pengertian Blog

Blog adalah kependekan dari weblog, yakni sebuah platform untuk menampilkan konten dari para pemiliknya. Penulis atau pemilik blog disebut blogger atau narablog. 

Blog berisi kumpulan laman dan postingan yang kemudian diunggah ke internet sehingga bisa dibaca oleh semua orang yang mengunjungi alamat url tersebut atau melalui pencarian kata kunci di internet. 

Seiring berjalannya waktu, blog berkembang dari sarana untuk mengekspresikan ide serta pengalaman pribadi menjadi sebuah potensi bisnis yang menggiurkan. 


Ciri-ciri Umum Blog

Blog juga memiliki ciri-ciri umum, meskipun dalam perkembangannya semua mengalami perubahan yang fundamental. 

  • Dibuat di platform penyedia blog, seperti Joomla, Blogspot, Wix, Wordpress, Drupal, dll. 
  • Memiliki halaman TOS, TOC, atau TOR, seperti about us, disclaimer, privacy policy dan contact us. 
  • Berisi konten yang sesuai dengan minat, latar belakang atau tujuan sang pemilik. Sangat berbeda dengan website yang berfokus pada marketing, termasuk soft-selling. 

Sejarah Blog

Sekarang kita sampai pada pembahasan mengenai sejarah blog dari waktu ke waktu. Sebagai salah satu tulang punggung internet, blog sangat berguna bagi masyarakat, khususnya menjadi sumber informasi. 

Tanpa blog, internet dipastikan akan sepi serta masyarakat akan kesulitan untuk mendapatkan berbagai konten yang bersifat informatif maupun menghibur. 

  • Pada 1997, Jorn Barger mengemukakan istilah weblog. Pada saat itu weblog pertama muncul di platform Xanga. 
  • Pada 1999, Peter Merholz menciptakan istilah we blog karena tidak sengaja. Akhirnya muncul istilah blog. 
  • Masih di tahun 1999, Eans William dan Meg Hourian menciptakan blogger. Ini adalah platform blogging terbesar dan paling berjasa dalam mempopulerkan kegiatan ngeblog. 
  • Jesse James Garret, pada tahun 1999 dan awal 2000 mengatakan hanya ada sekitar 23 blog di seluruh dunia. Namun pada tahun 2006, jumlahnya meningkat menjadi lebih dari 50 juta. 
  • Pada 2001 hingga 2002, para kandidat senator Amerika Serikat menggunakan blog untuk mempopulerkan dirinya di mata masyarakat serta meraih simpati. Pada saat itulah blog tentang politik, ideologi dan advokasi mulai berkembang. Masih di tahun yang sama, meta-blogs yakni blog tentang cara ngeblog mulai laris juga. 
  • Dari tahun 2001-2003, muncul juga blog tentang gosip dan berita. Huffington Post, Going Going dan Gawker adalah beberapa blog yang paling terkenal saat itu. 
  • Technorati, sebuah search-engine tentang blog terbentuk. Para investor mulai melirik di bisnis ini sehingga uang masuk secara besar-besaran.
  • Pada 2003, platform blog Wordpress muncul. Blogspot bersiap menghadapi kekalahan telak di seluruh dunia. 
  • Masih di tahun yang sama, TypePad yang juga pernah meramaikan jagat internet di Amerika Serikat, mulai muncul. 
  • Di tahun 2003 juga muncul konsep Adsense sebagai sebuah platform untuk beriklan dan menjadi sumber pemasukan para blogger. 
  • Blog semakin terkenal. Studi di tahun 2005 mengemukakan bahwa 30 juta lebih penduduk Amerika Serikat adalah pembaca setia blog. 
  • Media arus utama di Amerika Serikat mulai melirik para blogger untuk bekerja sama. AOL, CNN dan TechCrunch adalah beberapa diantaranya.
  • Pada 2007, Tumblr sebagai platform microblogging yang revolusioner didirikan dan segera mendapat tanggapan positif. 
  • Pada tahun 2008, Posterous diluncurkan. Ini adalah sebuah layanan blogging dengan memanfaatkan email. 
  • Sejak tahun 2009-2010, blogging mulai menjadi trend. Beberapa wilayah yang menjadi pelopor adalah Asia Timur, Indonesia, Australia dan Eropa Barat. Banyak blogger potensial bermunculan. Pada saat itu internet tidak seketat sekarang sehingga masyarakat menikmati berbagai asupan konten variatif. 
  • Pada tahun 2010, Quora muncul dan segera mendapatkan banyak tanggapan positif. Ide tentang sebuah situs tanya jawab yang memungkinkan pembuatan blog (pada waktu itu orang bisa membuat blog di Quora) sangat brilian.
  • Pada tahun 2010 hinga 2018, muncul berbagai platform blogging. Para blogger India dan Indonesia sebagai dua negara dengan penduduk super banyak mulai mendominasi jagat dunia maya. MWB dan XTGEM menjadi platform yang populer. 
  • Sejak 2015, internet positif mulai diterapkan. Situs besar dari Amerika Serikat mulai melirik pangsa pasar blog sebagai sebuah sarana marketing. Situs seperti Problogger, Backlinko dan lainnya mengambil alih. 
  • Berbagai metriks, tools dan ilmu SEO mulai bermunculan. MOZ, Ahref dan Neil Patel (seorang India yang bertempat tinggal di Inggris) mulai mempopulerkan teknik pencarian keyword, sebuah metode yang benar-benar mengubah cara blogging selama-lamanya. 
  • Digital Marketing berkembang pesat. Para politikus dan buzzer mulai membuat blog dengan domain berbayar agar mampu terlihat lebih profesional serta bisa menggiring opini publik. 
  • Pada 2019, Google yang adalah mesin pencari terbesar di alam semesta melakukan update algoritma yang dinamakan BERT. Banyak blog yang tidak disukai Google mulai disenyapkan atau menghilang. SEO mulai diimbangi dengan metode penciptaan artikel bermakna. 
  • Pada tahun 2020, YouTube dan Twitter makin digemari, sedang blogger kecil semakin terdesak oleh platform besar semacam Kompasiana, Tribun News dan Detik yang secara cerdik berhasil mengambil semua keywords potensial. 

Blog Sebagai Potensi Bisnis

Demikianlah pengertian dan sejarah blog. Apakah blog masih berpotensi menghasilkan uang hingga hari ini? Tentu saja, tetapi jangan heran jika hasilnya mengenaskan. Banyak blogger yang bahkan tak mampu mendapatkan 10 ribu rupiah perhari. 

Mengapa demikian? Karena mereka hanya mengandalkan Google AdSense atau MGID serta publisher periklanan yang lain, padahal trafiknya belum banyak.

Selain trafik, niche blog juga mempengaruhi pembayaran yang akan diterima oleh para narablog yang menjadi publisher iklan. 

Walau begitu ada banyak suhu blogger yang bisa mendapatkan jutaan dalam waktu seminggu, tetapi tentu saja mereka tidak mau membongkar metode yang sudah mereka dapatkan. Ini adalah rahasia besar yang jika tersebar akan mengancam keberlangsungan hidup mereka.

Untuk para blogger pemula, silahkan belajar banyak dari internet. Belajar otodidak jauh lebih baik. Baca juga artikel tentang blogging lainnya dari Catatan Adi yang berbasis pada pengalaman, bukan teori semata.

Jika berhasil, maka jangankan 15 juta, seratus juta juga bukan lagi impian. Asal telah mendapatkan trafik dan metode yang tepat. 

Demikian artikel kali ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah membaca.