Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Memilih Bengkel Motor yang Bagus

Jika Anda bingung bagaimana cara memilih bengkel sepeda motor yang baik, butuh panduan menentukan tempat reparasi dan servis kendaran atau beberapa kali punya pengalaman tidak bisa membedakan mana bengkel yang kompeten dan tidak, maka jangan khawatir. Dalam artikel kali ini, aku akan berbagi tips seputar cara memilih tempat reparasi motor yang benar sehingga tidak mudah tertipu dan akhirnya harus rugi.

Cara memilih bengkel motor yang baik

Perhatikan bahwasanya kesehatan sepeda motor adalah sesuatu yang sangat penting. Ini berlaku bagi Anda yang rutin berkendara setiap hari atau yang keluar sesekali saja. Semuanya sama-sama penting.

Kinerja sepeda motor yang buruk bukan hanya akan merugikan secara finansial karena kerusakannya akan semakin buruk jika tidak ditangani. Lebih dari itu, performa kendaraan yang jelek akan berpotensi mengakibatkan kecelakaan.

Untuk itu penting bagi semua orang memiliki bengkel langganan tetapi yang tentu saja kompeten, jujur serta tidak kelewatan dalam menagih biaya perbaikan.

Pengalaman pribadiku, dahulu ada seorang teman yang sampai rugi 8 juta lebih gara-gara salah memilih tempat reparasi. Mau karburator malah merembet ke spare part yang lain. Alhasil motornya justru ngadat dan mogok total. Padahal akan segera digunakan karena ia berencana untuk mudik dengan sepeda motor ke kampung.

Bukannya minta maaf, pihak bengkel justru marah dan sedikit mengancam. Untuk temanku sudah membawa orang-orang yang ternyata pernah jadi korban juga. Alhasil dia berhasil mendapatkan ganti rugi.

Aku sendiri juga sering kecewa dengan bengkel berlabel resmi maupun tidak, karena pada kenyataannya tidak mampu memberikan pelayanan yang baik. Motor jadi tidak nyaman bahkan pernah suatu kali ketika dikomplain juga balik marah.

Namun kini aku sudah punya beberapa bengkel yang kompeten untuk membantuku menjaga merawat sepeda motor agar tetap handal dan tidak bermasalah. Inilah tips untuk memilih bengkel yang benar.

Baca Referensi Pelanggan Sebelumnya

Internet memberi kita banyak kemudahan. Sebelum memakai jasa seorang montir untuk memperbaiki motor Anda, coba tengoklah di Google, apakah bengkel tersebut sudah ada yang mereview. Bagaimana hasil komentar para pelanggan sebelumnya.

Jika memang mayoritas (di atas 50%) lebih banyak yang mengeluh daripada memuji, Anda harus pindah bengkel. Jangan mau jadi orang selanjutnya yang dikecewakan. Sayang sekali membuang uang untuk resiko yang besar.

Pilih Bengkel yang Ramai Pengunjung

Ini adalah tips pribadi. Cari bengkel yang memang banyak pengunjungnya. Ini paling mudah, dengan asumsi mereka yang menjadi pelanggan adalah benar-benar puas sehingga tak ragu untuk datang walaupun harus antri sebelum mendapatkan pelayanan dari para montir.

Uji Wawasan Montir

Banyak orang yang mulai melakukan ini. Mereka datang hanya untuk ganti oli, lalu bertanya seputar urusan reparasi seperti pengapian, jenis velg, usia mesin, cara mengatasi karburator kotor, knalpot berasap pada motor 4 tak atau harga-harga spare part. Para konsumen ini sebenarnya hanya ingin tahu sejauh mana wawasan montir dan harga barang yang dijual di sana. Jika tidak memuaskan, mereka tak akan mau balik lagi.

Uji Dengan Keluhan Kecil

Mau uji coba lagi? Boleh. Ketika Anda pingin mengetes sejauh mana kredibilitas dari sebuah tempat reparasi, coba bawa motor Anda yang kebetulan memang punya masalah kecil, seperti busi yang sudah tua, listrik pada lampu-lampu atau hanya semisal ganti oli. Lihat cara kerja montir. Jika memang tidak sistematis, asal-asalan, terlebih suka melebih-lebihkan masalah, Anda boleh untuk tidak datang lagi ke tempat itu. Cari yang lain saja.

Pilih Bengkel dengan Montir Berpengalaman

Biasanya mereka yang sudah lama berkecimpung sebagai montir dan membuka usaha bengkel bisa dipercaya. Hal ini karena mereka sudah mampu menjaga kepercayaan para pelanggan serta bersaing dengan sesama profesi sejenis. Ini bisa Anda pertimbangkan. Aku sendiri jarang memakai jasa bengkel yang berumur kurang dari 4 tahun.

Minta Nasihat Klub Motor / Sesama Pengguna Motor

Mintalah pendapat pada orang-orang yang bisa dipercaya dan memang cukup ahli di bidang ini. Orang-orang seperti pelajar jurusan perbengkelan, anggota klub motor, pemilik persewaan kendaraan atau penggemar modifikasi. Mereka pasti punya bengkel-bengkel favorit yang terpercaya, bonafid, bagus serta biasanya harganya miring. Memiliki sahabat adalah aset berharga, apalagi yang punya banyak kelebihan.

[Kesimpulan]

Itu dia 6 cara membedakan bengkel yang baik dan buruk. Jangan mau ditipu apalagi dikerjai. Banyak orang yang tega meraup keuntungan dari orang lain hanya karena kurangnya wawasan.

Sebagai pelengkap, alangkah baiknya Anda punya kenalan orang yang memang pintar dalam utak-utik motor. Dia pasti tahu tempat bengkel yang bagus. Selain itu jangan lupa berterima kasih setelah mendapatkan servis atau pelayanan yang baik.

[Catatan Kaki]

1. Pengertian dan Fungsi Karburator pada Sepeda Motor

2. Perbedaan Motor 4 tak dan 2 tak

3. Persaingan Bengkel Semakin Ramai

[Call to Action]

Apakah Anda sudah membaca semua tutorial di atas? Merasa bermanfaat? Jangan berhenti di Anda, bagikan ke facebook atau whatsapp agar makin banyak orang terhindar dari modus bengkel motor tipu-tipu.

Selain itu silahkan berbagi di kolom komentar seputar pengalaman Anda dalam memakai jasa perbaikan motor, baik di bengkel biasa ataupun bengkel resmi berlisensi. (Catatan Adi)
Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Memilih Bengkel Motor yang Bagus "

Berlangganan via Email