Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Tarikan Gas Motor Vixion Berat

Pernah merasa tarikan gas Vixion berat dan sepeda motor susah berlari kencang? Ini merupakan pertanda yang kurang baik karena kendaraan Anda sedang tidak baik-baik saja. Untuk itu segeralah kenali penyebabnya.

Ada banyak penyebab motor seperti ngeden atau tarikannya menjadi berat sehingga larinya lambat. Untuk memperbaikinya, memang harus dicari dulu apa masalah utamanya.

Ciri-ciri motor seperti ini antara lain adalah : 

  1. Tarikan gas menjadi tidak nyaman. Terkadang bisa berat terkadang justru sangat ringan. Namun laju kendaraan tidak seperti yang diinginkan.
  2. Percepatan menjadi payah. Dari posisi diam untuk bisa bergerak bahkan motor seperti ngeden alias menggeram kencang namun tidak segera bergerak. 
  3. Kecepatan maksimal menurun. Banyak kasus menjadi hanya 70 km/jam. Lebih parah lagi ada yang bahkan hanya mampu berlari di kisaran 35-45 km/jam.
  4. Rotasi gigi kacau. Walau sudah memainkan perseneling tetap saja laju motor menjadi lambat dan percepatannya sangat buruk. Alhasil untuk menyalip motor di depan harus benar-benar waspada. Lebih baik ambil jalur lambat dan berjalan di kecepatan terbaik, mungkin 30-50 km/jam saja.
  5. Suara mesin menjadi berisik. Khususnya ketika Vixion diajak melaju di atas 40 km/jam atau ingin bermanuver dengan melakukan rotasi gigi dengan cepat. 
  6. Mesin menjadi panas. Memang hal ini wajar jika sudah berjalan jauh, tetapi dalam kasus ini mesin motor menjadi lebih panas dari biasannya. 

Penyebab Tarikan Motor Vixion Berat
Vixion tarikan gas berat

Itulah ciri-ciri umum motor ngeden yang harus segera ditangani. Sekarang, kenapa tarikan motor Vixion bisa berat sehingga lajunya melambat dan mesin cepat panas? Ini dia penyebab utamanya. 

  • Telat ganti oli sehingga sistem pelumasan di dalam mesin menjadi kurang efektif. Akibatnya mesin jadi cepat panas dan performa sepeda motor Vixion Anda menurun drastis.
  • Pengaturan udara atau stasioner tidak tepat. 
  • Busi sudah jelek dan harus diganti.
  • Pemasangan busi yang kurang tepat. Harus disadari Vixion memang kurang punya desain yang baik untuk hal penempatan busi. Alhasil mengganti busi Vixion tidak semudah mengganti busi Supra.
  • Ban gembos alias kurang angin. Anda tentu tidak menyangka bukan? Tapi ini nyata berdasarkan kisah nyata, ban gembos akan bikin motor jadi lambat. Namun tentu ada beda antara motor ngeden karena mesin bermasalah dengan yang akibat ban kurang angin.
  • Setelan rantai kendor. Ini sungguh berbahaya. Rantai yang kendor akan membuat perputaran roda menjadi tidak maksimal. Jika diteruskan bisa terjadi lepas rantai saat berkendara.
  • Saringan udara kotor. Harusnya ini menjadi prioritas para pengguna motor Vixion ketika terjadi masalah mesin berisik dan laju kendaraan lambat. Jika memang hanya masalah debu, bisa dibersihkan menggunakan kompresor dan pasang kembali tanpa perlu membeli baru.
  • Mesin CDI bermasalah. Kalau sudah seperti ini memang harusnya segera masuk bengkel yang berpengalaman. Ingat, pilihlah bengkel motor berpengalaman dan teruji kualitas montirnya baik dan jujur. 
  • Bahan bakar jelek. Ini harusnya sudah mulai jarang terjadi kecuali Anda memakai bensin jenis premium oplosan yang seharusnya sudah musnah sekarang. Menurut pengalaman penulis, lebih baik pakai Pertamax untuk Vixion.
  • Fuel pump atau pompa bbm dalam motor rusak sehingga mesin kurang bertenaga. Ini wajar karena usia atau seperti poin di atas, pemakain bahan bakar jelek. 
  • Piston bermasalah. Ini kabar buruk. Siapkan dana untuk menggantinya dan jangan ditunda-tunda. 
  • Karburator kotor. Untuk mengetahuinya memang harus cari bengkel yang pinter, jangan abal-abal. Motor Anda jadi tambah rusak. Kalau memang bisa, usahakan lakukan perawatan rutin untuk mencegahnya.

Itu dia aneka penyebab lengkap motor Vixion ngeden jadi larinya lambat, tarikan berat dan susah diajak bermanuver lincah seperti biasa. 

Jika memang pengguna sejati, cobalah merenung, apa yang mengganjal. Apakah sudah lewat masa ganti oli atau rantai memang terlihat kendor? Untuk masalah ini memang biasanya tidak bisa diketahui dari lampu indikator Vixion yang menyala tapi harus pakai hati. Segera perbaiki di tempat terpercaya. 

Adi
Adi Saya adalah seorang blogger yang sudah menulis di blog sejak 2010. Blog ini terbuka untuk berbagai kerjasama, seperti sewa banner, content placement ataupun review produk.

Posting Komentar untuk "Penyebab Tarikan Gas Motor Vixion Berat "