Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Antara Negara Skandinavia dan Nordik, Ternyata Tersimpan Fakta Luar Biasa

Apakah kalian juga bingung dengan istilah negara Skandinavia dan Nordik? Jangan khawatir karena pada saat ini, Catatan Adi akan membahas tuntas semuanya.

Pengertian Skandinavia

Daftar Negara Skandinavia | catatanadi.com
Bendera Negara Skandinavia

Skandinavia adalah sebutan untuk wilayah yang terletak di Eropa bagian utara. Jika melihat dari definisi tersebut, maka dengan mudah kita bisa menentukan negara-negara apa saja yang termasuk dalam wilayah Skandinavia.

Daftar Negara-Negara Skandinavia

Peta Negara-Negara Skandinavia | Catatan Adi
Peta Skandinavia

Anggota Skandinavia adalah Denmark, Swedia dan Norwegia. Ketiga negara tersebut masing-masing saling bertetangga dan berbagi perbatasan nasional.

Ketiga negara tadi secara umum juga memiliki banyak sekali persamaan, khususnya akar budaya Viking yang kuat.

Jadi bisa disimpulkan bahwa Skandinavia merupakan sebutan untuk Denmark, Swedia dan Norwegia. Selain terletak di wilayah geografis yang sama, yakni Eropa Utara, tiga negara tersebut juga memiliki kesamaan di bidang sejarah, sosial, bahasa dan bahkan politik.

Pengertian Negara Nordik 

Nordik adalah sebutan untuk wilayah yang terletak di Eropa Utara-Timur dan Atlantik Utara. Jika merujuk pada definisi negara Nordik di atas, tidak mengherankan apabila anggota Skandinavia juga termasuk di dalamnya, dengan tambahan beberapa negara lainnya.

Daftar Negara Nordik

Bendera 5 Negara Nordik | Catatanadi.com
Bendera 5 Negara Nordik


Wilayah Nordik terdiri dari lima negara dan beberapa otoritas regional. Adapun daftar anggota negara Nordik adalah :

  • Swedia
  • Norwegia
  • Denmark
  • Islandia
  • Finlandia
  • Svalbard
  • Kepulauan Faroe
  • Greenland 
  • Kepulauan Aland

Dewan Nordik

Logo Dewan Nordik | Catatanadi.com
Lambang Dewan Nordik

Para anggota negara Nordik akhirnya membentuk Dewan Nordik. Lembaga ini terdiri dari lima negara Nordik dengan tujuan untuk mempererat hubungan sekaligus mengembangkan kerjasama di berbagai bidang, antara lain ekonomi, perdagangan, kesejahteraan, sosial, telekomunikasi dan bahkan budaya. 

Lembaga Dewan Nordik berkedudukan di Kompenhagen, yakni ibukota dari negara Denmark. Kerjasama antar negara Nordik bisa dikatakan merupakan suatu kerjasama regional paling tua di dunia. 

Fakta Unik Tentang Skandinavia dan Nordik

Negara-negara Nordik memiliki tingkat kesejahteraan yang mengagumkan. Mereka merupakan salah satu kekuataan ekonomi terbesar di dunia sekaligus yang paling stabil. Bentang alam dan kekayaan budaya juga menjadi hal yang unik dari bangsa-bangsa utara ini. 

Bahasa Inggris Sangat Penting

Fakta bahwa tiga negara Skandinavia memiliki dialek yang mirip memang tidak bisa dibantah. Bahasa Denmark, Bahasa Swedia dan Bahasa Norwegia juga berasal dari akar yang sama, yakni rumpun Bahasa Norse Lama. 

Meski demikian, adalah hal yang umum jika dalam pertemuan resmi maupun informal, pejabat atau penduduk Skandinavia memilih menggunakan Bahasa Inggris agar tidak terjadi kesalapahaman satu dengan yang lain. 

Bersatu Menghadang Jerman

Pada tahun 1397 hingga 1523, tiga negara Skandinavia membentuk Kalmar Union. Ini adalah sebuah perserikatan yang mencakup ekonomi, perdagangan dan hubungan luar negeri.

Ternyata alasan utama dari munculnya perserikatan Kalmar Union adalah untuk menghadang pengaruh dari Jerman dan Liga Hansaetic. 

Mungkin dari situlah sangat wajar jika akhirnya bangsa Skandinavia dan kemudian Nordik mudah untuk bekerja sama satu sama lain, karena telah ditempa oleh sejarah yang panjang. 

Kekuatan Ekonomi Dunia

Tidak akan ada yang berani meremehkan Nordik, karena wilayah tersebut merupakan kekuatan ekonomi terbesar nomor 11 di dunia. 

Negara anggota Dewan Nordik juga sangat piawai dalam menjalankan roda pemerintahan, menjaga kestabilan politik, sekaligus menciptakan berbagai inovasi. Salah satu konsep pengelolaan negara yang mendapat banyak pujian adalah konsep negara kesejahteraan (welfare state). 

Salib Pada Bendera

Kelima negara Nordik memiliki satu ciri khusus yang langsung bisa dilihat oleh banyak orang. Apa itu? Tentu saja bendera. 

Bendera negara-negara Nordik, termasuk Skandinavia memiliki pola yang sama, yakni warna cerah dan salib di tengahnya. 

Salib atau Nordic Cross melambangkan agama dan budaya Kristen yang sudah mengakar kuat di dalam masyarakat Nordik sejak lama. 

Euro di Nordik

Jika negara lain berjuang agar bisa memanfaatkan mata uang bersama Euro sebagai pengganti mata uang nasional mereka, hal yang demikian belum terjadi di Nordik. 

Semua negara Nordik kecuali Finlandia masih memakai mata uang nasional mereka. Uniknya, keempatnya memiliki mata yang dengan nama sama meski masing-masing tetap dikontrol oleh pemerintahnya secara penuh. 
  • Mata uang Norwegia adalah Norway Kroner atau NOK.
  • Mata uang Denmark adalah Danish Krone atau DKK.
  • Mata uang Islandia adalah Icelandic Krona atau ISK.
  • Mata uang Swedia adalah Krona atau SEK.
  • Mata uang Finlandia adalah Euro. 
Terima kasih sudah membaca. Semoga bahasan tentang negara Nordik dan Skandinavia ini bermanfaat bagi kita semua. 


Kredit Gambar : 

Bendera negara Skandinavia, Life In Norway.
Peta Skandinavia, cdn.britannica.com.
Bendera Negara Nordik, Scandinavia Standard.
Lambang Dewan Nordik, Underconsideration.com

Sumber Referensi : 

Lifeinnorway.net
Visitnordic.com
Norden.org
Factrepublic.com

Link Tautan : 


Dengan membagikan link tautan ini ke media sosial, Whatsapps atau Line, Anda turut serta membantu mendukung Catatan Adi untuk tetap membuat konten-konten menarik lainnya.
Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Antara Negara Skandinavia dan Nordik, Ternyata Tersimpan Fakta Luar Biasa"

Berlangganan via Email