Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mitologi Nordik dan Dewa Orang Viking

Jauh sebelum memeluk Kristen, orang Eropa Utara memiliki agamanya sendiri. Agama orang Eropa Utara sering disebut sebagai agama Nordik atau Norse.

Meski kini orang-orang menyebutnya sebagai mitologi Nordik, tetapi kepercayaan tersebut pada suatu masa benar-benar selayaknya agama seperti dewasa ini. Bahkan dalam satu sisi, sistem kepercayaan itu, misalnya terhadap suatu dunia bernama Valhala, dianggap mempengaruhi perangai orang Viking yang gemar berperang dan tak takut mati dalam pertempuran.

Sekilas Mengenai Bangsa Viking

Bangsa Petarung

Mitologi Nordik sering dikaitkan dengan bangsa Viking. Padahal bukan hanya di tanah Viking, Agama Nordik juga tersebar luas di Jerman, Baltik dan beberapa wilayah Eropa Utara lainnya.

Viking sendiri adalah sebuah bangsa yang dikenal sebagai perompak. Mereka terkenal karena keganasannya merusak dan menjarah kota-kota di Eropa. Meski demikian, nyatanya bangsa Viking mulanya merupakan kumpulan suku yang dekat dengan budaya agraris atau bertani.

Namun pada tahun 800 hingga 1050, orang Viking mulai berubah menjadi bangsa penjelajah yang suka menyerang kota-kota di Eropa, bahkan hingga Konstantinopel. Kemampuan tempur bangsa Norse ini sangat mengerikan. Tidak salah jika akhirnya orang Viking disebut sebagai salah satu pasukan tempur terkuat di jaman kuno.

Kebudayaan Viking sangat menjunjung tinggi kejantanan dan para dewa. Dewa utama mereka disebut sebagai Odin. Penyembahan terhadap Odin dan dewa-dewa lainnya akhirnya melahirkan banyak kisah-kisah seru yang menarik untuk diikuti.

Menjadi Pengikut Kristus

Sejarah mencatat akhirnya bangsa Viking yang diam di Skandinavia ataupun Nordik berubah dari penganut paganisme menjadi pengikut Yesus. Negara-negara Viking akhirnya menjadi negara Kristen hingga saat ini.

Mengapa orang Viking lebih memilih menjadi orang Kristen. Hal itu tidak lain karena campur tangan Tuhan dan kegigihan para misionaris memperkenalkan Kekristenan. Mengenalkan Injil kepada suatu bangsa yang kuat dan punya agama sendiri bukanlah perkara mudah. Tetapi waktu telah membuktikan bagaimana akhirnya raja-raja Viking dan rakyatnya kemudian menjadi Kristen.

mitologi nordik dan agama orang viking
Mitologi Nordik


Mitologi Viking

Pohon Yggdrasil

Pusat mitologi Nordik bisa dikatakan berhulu pada Pohon Yggdrasil, sebuah entinitas fiktif berbentuk pohon yang menjadi penopang 9 dunia dalam alam semesta. Kesembilan dunia itu adalah : 

  1. Asgard, tempar para Aesir (dewa dewi terkuat) tinggal.
  2. Vanaheimr, tempat para dewa dari ras Vanir berdiam.
  3. Alfheim, dunia tempat bersemayam para elf atau peri.
  4. Midgard alias bumi, yakni dunia para manusia.
  5. Jotunheimr, tempat para raksasa yang merupakan musuh para dewa.
  6. Niddhavellir, dunia yang diisi para kurcaci penambang.
  7. Svartalfheim, yakni tempat khusus untuk ras peri kegelapan.
  8. Musspellheim, alam bawah yang dihuni ras raksasa api.
  9. Niflheim, rumah para raksasa es.

Nantinya, akan ada Ragnarok, yakni perang antara para dewa dan musuh-musuhnya yang kemudian merombak total semua susunan jagat raya.

Dewa Dewi Viking

Bangsa Norse juga tentu saja memiliki daftar dewa-dewi. Beberapa yang populer bahkan digunakan dalam film-film besutan Marvel. 

  • Odin, dikenal sebagai ayah para dewa dan penguasa Asgard. Dia adalah dewa terkuat.
  • Thor, putera dari Odin. Terkenal karena kekuatannya dan senjatanya, yakni Mjolnir. 
  • Loki, dewa penipu. Saudara Thor yang pandai bermuslihat. 
  • Baldur, Dewi kecantikan dan keindahan. Anak dari Odin dan Frigg.
  • Frigg, ibu para dewa sekaligus istri Odin.
  • Freya, seorang dewi kesuburan yang juga sekaligus penguasa kematian. 
  • Freyr, saudara kembar Freya. Dia adalah dewa pertanian dan panen. 
  • Njord, dewa yang kuat. Dikenal sebagai penguasa lautan. 

Itulah dewa-dewi yang ada di dalam mitologi Nordik. Selain para dewa, orang Viking juga punya kisah mengenai monster dan makhluk ajaib lainnya. 

Monster, Raksasa dan Iblis

Berikut adalah beberapa monster dan hewan ajaib yang ada di agama Viking kuno :

  • Fenrir, serigala raksasa yang akan membunuh Odin dalam Ragnarok.
  • Hugin dan Munin, burung gagak Odin yang bertugas mengawasi dunia dan melaporkan semua kejadian pada Odin.
  • Jormungand, monster berbentuk ular raksasa.
  • Ratatosk, tupai ajaib yang memanjat pohon suci Yggdrasil.
  • Nidhogg, naga mengerikan yang memakan mayat.
  • Sleipnir, kuda suci tungganggan para dewa.
  • Heidrun, monster berbentuk kambing.

Ragnarok

Ragnarok adalah suatu peperangan antara dewa dengan musuh-musuhnya. Dalam peristiwa ini, Odin akhirnya mati. 

Kemiripan Dengan Mitologi Yunani

Ada beberapa hal yang mirip antara Agama Viking dan Agama Yunani Kuno. Beberapa hal tersebut adalah : 

  • Penguasa dunia merupakan pria, yakni Odin dan Zeus.
  • Para dewa hidup di dunia yang terpisah dengan manusia, yakni Olimpus dan Asgard.
  • Dewa-dewa utama sering melambangkan kekuatan alam, misal petir dan lautan. Juga harapan manusia, misal kesuburan dan panen. 

Kini mitologi Nordik sudah bisa dikatakan punah. Ia tidak termasuk dalam daftar agama besar di dunia yang masih dianut umat manusia. Meski demikian beberapa karakter seperti Odin dan Thor nyatanya tetap hidup, khususnya dalam beberapa budaya pop seperti komik maupun film.

Satu hal yang pasti, semua kepercayaan, jika ia sudah tidak laku, terancam turun kasta menjadi seperti dongeng dan bualan. Lainnya yang mampu bertahan, akan tetap dipuja sebagai agama. Selain mitologi Nordik atau agama orang Viking, di Indonesia juga ada banyak kepercayaan lokal yang semakin hari semakin sedikit pemeluknya. Mereka disebut agama asli orang Indonesia

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Mitologi Nordik dan Dewa Orang Viking"