Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ternyata ini Sejarah dan Arti Kata Google yang Sebenarnya

Arti Nama Google

Banyak orang ternyata masih bertanya-tanya apa arti kata Google? Kini semuanya terungkap bahwa di balik nama itu tersimpan sesuatu yang cukup mengejutkan.

Apa arti Google? Dari bahasa apa sebenarnya itu berasal? Mungkin teman-teman juga punya pertanyaan yang sama. Dalam artikel kali ini, Catatan Adi mengajak pembaca untuk melihat perkembangan, sejarah dan kehebatan Google sebagai salah satu perusahaan digital terbesar di dunia.

Asal-usul kata Google bisa dirunut dari dua orang pendirinya, yakni Sergey Brin dan Larry Page. Keduanya merupakan mahasiswa jenius yang menjadi pendiri Google.

Sejarah dan arti kata google
Logo Google

Awalnya mereka berdua terlibat kerjasama dalam sebuah proyek untuk menciptakan sebuah mesin pencari digital bernama BackRub. Proyek itu dimulai sekitar tahun 1996.

Pada tahun 1997, nama BackRub diubah menjadi Googol yang berasal dari istilah dalam dunia matematika untuk menunjukan angka 1 yang diikuti angka 0 sejumlah 100 kali. Filosifinya, mereka ingin mesin pencari ini bisa menyimpan dan mendapatkan informasi tidak terbatas.

Namun para investor yang diundang salah mengeja dan malah menulis nama Google pada lembar cek. Akhirnya nama itulah yang dipakai hingga hari ini.  

Jadi sekarang kalian sudah tahu sejarah dan apa arti kata Google sebenarnya adalah sebuah kesalahan dalam pengejaan namun berbuah manis. 

Jadi Google artinya sebenarnya adalah googol, yakni barisan matematika yang terdiri dari angka 1 diikuti angka 0 sebanyak 100 kali namun mengalami salah eja dan ditulis Google.

Pendiri Google

Larry Page dan Sergey Brin
Larry Page dan Sergey Brin

Google didirikan oleh dua orang mahasiswa cerdas, yakni Larry Page asal Amerika dan Sergey Brin yang merupakan kelahiran Rusia. 

Larry Page atau Lawrence Edward Page merupakan pria kelahiran Michigan, 26 Maret 1973. Ia adalah mahasiswa jenius lulusan dua kampus ternama dunia, yakni Universitas Michigan dan Stanford.

Sedangkan Sergey Mikhailovich Brin dikenal sebagai seorang inovator kelahiran Moskow, Rusia. Dia sangat tertarik dengan komputer dan matematika. 

Hasil kerja keras dan inovasi dari mereka berdua akhirnya membuat Google yang tadinya sangat tidak diperhitungkan, bertumbuh menjadi salah satu kekuatan bisnis terbesar saat ini. 

Perkembangan Google 

Alphabet, Perusahaan induk Google
Perusahaan induk Google

Google berkembang dengan sangat pesat. Di mulai pada tahun 1996 ketika Larry dan Sergey memutuskan untuk bekerja-sama dalam membuat sebuah mesin pencari bernama BackrRub yang akhirnya berubah menjadi Google.

Pada tahun 1998, Google resmi berdiri. Mereka berdua menjalankan bisnis dari tempat yang sangat tidak diduga, yakni di sebuah garasi milik Susan Wojnicki di Menlo, California. Wanita ini nantinya juga akan menjadi salah satu tokoh terpenting dalam sejarah bisnis ketika berhasil menduduki jabatan CEO YouTube. 

Perkembangan selanjutnya, Google pindah ke Googleplex di Mountain View, California. Perusahaan ini berhasil menarik banyak investor. Berkat kecerdikan para penggeraknya serta inovasi tiada henti, Google berkembang dari sebuah mesin pencari menjadi korporasi yang mendominasi urusan digital, telekomunikasi dan internet.

Google melahirkan banyak sekali produk. Selain itu, perusahaan ini juga membeli banyak perusahaan lainnya, seperti Youtube, Blogger dan Android. 

Kini perjuangan Page dan Brin benar-benar terlihat. Google yang tadinya berawal dari sebuah kesalahaan pengejaan tumbuh menjadi raksasa dunia. Terbaru, Google mendirikan Alphabet yang menjadi induk dari semua perusahaan dan anak perusahaan Google sebelumnya, termasuk Youtube dan Calico. 

Itulah sekelumit kisah yang cukup unik mengenai perusahaan internet yang sangat mendunia ini. Semoga dengan ini kita semua semakin tahu apa arti dari Google. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

4 komentar untuk "Ternyata ini Sejarah dan Arti Kata Google yang Sebenarnya"

  1. Larry dan Sergey ini pada dasarnya sudah jenius ya Mas. Ditambah lagi dengan kecakapan mereka menangkap peluang dan mengerti akan kebutuhan publik dunia. Bayangkan, di saat tanah air sedang dilanda resesi, di sudut dunia lain ada dua orang anak muda yang visioner hingga menjadi pengaruh pada penyebaran ilmu pengetahuan. Patut ditiru oleh banyak generasi muda yang ingin menjadi pelopor banyak bidang di dunia. Menjadi legacy yang tidak akan terlupakan sepanjang masa.

    BalasHapus
  2. Dari salah pengucapan malah jadi terkenal seperti sekarang. Seperti Uniqlo juga yang salah ejaan eh malah mendunia

    BalasHapus
  3. Saya melihat orang2 cerdas bisa menciptakan banyak hal. Seperti Larry Page dan Sergey yang mampu menciptakan mesin pencarian Google sehingga semua informasi tercover dalam satu layanan.

    Bahkan, saya pun sejak ngeblog tahun 2012 hingga sekarang sangat senang dan bercampur dag dig dug ketika algoritma google mengintai website kita hehehe.

    Saya ingat bener ada algoritma panda, humingbird, core update. Hehe, yang seru sih hal ini terjadi dalam hidup kita terutama bagi para blogger dan webmaster :)

    BalasHapus
  4. Suka banget baca blognya Mas Adi, karena tulisan2nya "berdaging" dan informatif
    Semula gak kepikir lho kalo Google berasal dari kata Googol
    Mungkin karena hidup saya sangat terbantu oleh Mbah Google ini sehingga gak kepikir untuk cari silsilah keluarganya :D

    BalasHapus