Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata ini Arti Kata dan Sejarah Google yang Sebenarnya

Dalam artikel kali ini, Catatan Adi mengajak pembaca untuk melihat perkembangan, sejarah dan kehebatan Google sebagai salah satu perusahaan digital terbesar di dunia. 

Sejarah dan arti kata google


Arti Nama Google

Banyak orang ternyata masih bertanya-tanya apa arti kata Google? Kini semuanya terungkap bahwa di balik nama itu tersimpan sesuatu yang cukup mengejutkan.

Asal-usul kata Google bisa dirunut dari dua orang pendirinya, yakni Sergey Brin dan Larry Page. Keduanya merupakan mahasiswa jenius yang menjadi pendiri Google.

Awalnya mereka berdua terlibat kerjasama dalam sebuah proyek untuk menciptakan sebuah mesin pencari digital bernama BackRub. Proyek itu dimulai sekitar tahun 1996.

Pada tahun 1997, nama BackRub diubah menjadi Googol yang berasal dari istilah dalam dunia matematika untuk menunjukan angka 1 yang diikuti angka 0 sejumlah 100 kali. Filosifinya, mereka ingin mesin pencari ini bisa menyimpan dan mendapatkan informasi tidak terbatas.

Namun para investor yang diundang salah mengeja dan malah menulis nama Google pada lembar cek. Akhirnya nama itulah yang dipakai hingga hari ini.  

Pendiri Google

Google didirikan oleh dua orang mahasiswa cerdas, yakni Larry Page asal Amerika dan Sergey Brin yang merupakan kelahiran Rusia. 

Larry Page atau Lawrence Edward Page merupakan pria kelahiran Michigan, 26 Maret 1973. Ia adalah mahasiswa jenius lulusan dua kampus ternama dunia, yakni Universitas Michigan dan Stanford. 

Sedangkan Sergey Mikhailovich Brin dikenal sebagai seorang inovator kelahiran Moskow, Rusia. Dia sangat tertarik dengan komputer dan matematika. 

Hasil kerja keras dan inovasi dari mereka berdua akhirnya membuat Google yang tadinya sangat tidak diperhitungkan, bertumbuh menjadi salah satu kekuatan bisnis terbesar saat ini. 

Perkembangan Google 

Google berkembang dengan sangat pesat. Di mulai pada tahun 1996 ketika Larry dan Sergey memutuskan untuk bekerja-sama dalam membuat sebuah mesin pencari bernama BackrRub yang akhirnya berubah menjadi Google.

Pada tahun 1998, Google resmi berdiri. Mereka berdua menjalankan bisnis dari tempat yang sangat tidak diduga, yakni di sebuah garasi milik Susan Wojnicki di Menlo, California. Wanita ini nantinya juga akan menjadi salah satu tokoh terpenting dalam sejarah bisnis ketika berhasil menduduki jabatan CEO YouTube. 

Perkembangan selanjutnya, Google pindah ke Googleplex di Mountain View, California. Perusahaan ini berhasil menarik banyak investor. Berkat kecerdikan para penggeraknya serta inovasi tiada henti, Google berkembang dari sebuah mesin pencari menjadi korporasi yang mendominasi urusan digital, telekomunikasi dan internet.

Google melahirkan banyak sekali produk. Selain itu, perusahaan ini juga membeli banyak perusahaan lainnya, seperti Youtube, Blogger dan Android. 

Kini perjuangan Page dan Brin benar-benar terlihat. Google yang tadinya berawal dari sebuah kesalahaan pengejaan tumbuh menjadi raksasa dunia. 
Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Ternyata ini Arti Kata dan Sejarah Google yang Sebenarnya"

Berlangganan via Email