Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Lengkap Negara Anggota ASEAN Termasuk Timor Leste

 ASEAN adalah sebuah organisasi regional antar negara-negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN merupakan singkatan dari Assosiation of South East Asia Nations.

ASEAN berdiri pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Ada lima negara pendiri ASEAN, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. 

Seiring berjalannya waktu, jumlah anggota meningkat. Timor Leste dipastikan akan menjadi anggota ASEAN ke 11 dan sekaligus yang paling muda. 

Jika dilihat, maka kekuatan ekonomi dan politik bangsa-bangsa di Asia Tenggara cukup baik, meski masih kalah jauh jika dibanding Uni Eropa, Nordik maupun Schengen. 

Jumlah anggota ASEAN adalah 11 negara dengan fokus meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi, budaya, sosial dan perdagangan. 

Logo ASEAN | catatanadi.com


Berikut adalah profil dari 11 negara anggota ASEAN lengkap beserta ibukota, keunikan dan keunggulan masing-masing. 

Indonesia 

Indonesia merupakan salah satu dari lima negara pendiri ASEAN sekaligus merupakan negara dengan wilayah terbesar dan penduduk paling banyak di kawasan Asia Tenggara.

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik sedang bentuk negaranya adalah negara kesatuan. Indonesia dipimpin oleh seorang Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.

Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Timor Leste, Singapura, Filipina dan Papua Nugini. Selain itu Indonesia juga berbatasan dengan Samudera Indonesia dan Laut Natuna Utara.

Penduduk Indonesia terdiri dari berbagai agama. Mayoritas menganut Islam, Kristen dan Hindu. Selain itu ada juga penganut Buddha, Katolik, Khonghucu dan aliran kepercayaan lainnya.

Masyarakat Indonesia juga terdiri dari berbagai suku dan suku bangsa. Suku terbesar adalah Jawa. Di samping itu masih ada banyak lainnya seperti Sunda, Batak, Bali, Tionghoa, Minang, Papua, Manado, Betawi, Madura, Tidung, Samin, Dayak, Banjar, Ambon, Arab, Sangie, Anak Dalam, dan masih banyak lagi. 

Ibukota Indonesia adalah Jawa. Indonesia memiliki banyak pulau besar dan kecil. Pulau-pulau utama antara lain adalah Jawa, Bali, Sumatera, Madura, Sumbawa, Papua, Kalimantan, Sulawesi dan Timor. 

Indonesia memiliki sumber daya yang sangat melimpah meski belum dikelola maksimal. Sumber daya itu antara lain minyak, gas, mineral, emas, permata, dan tembaga. 

Mata uang resmi Indonesia adalah Rupiah yang dikelola dan diatur oleh pemerintah pusat. Nilai tukar Rupiah, khususnya terhadap Dolar Amerika sering naik turun. 

Indonesia pernah memiliki beberapa sengketa dengan anggota-anggota di kawasan ASEAN lainnya, antara lain : 

  • Masalah perbatasan dengan Malaysia di Kalimantan.
  • Masalah TKI yang dianiaya di Malysia dan Brunai.
  • Masalah perebutan pulau Mianggas, Sipadan dan Ligitan dengan Malaysia.
  • Asap kebarakan hutan yang merugikan Singapura, Malaysia dan Brunai.
  • Penyanderaan kapal Indonesia oleh militan Islam garis keras di Filipina Selatan.
  • Sengketa Laut Natuna Utara dengan Republik Rakyat Cina.
  • Masalah pengungsi Rohingya yang diklaim berasal dari Myanmar.
Meski demikian, hingga sampai saat ini hubungan Indonesia dengan semua negara ASEAN lainnya masih terjalin dengan baik dan mesra. 

Malaysia

Jika ingin menyebutkan nama-nama negara anggota ASEAN, maka Malaysia patut untuk disebutkan di bagian awal. 

Sama seperti Indonesia, Malaysia juga adalah salah satu pendiri dan anggota awal dari ASEAN. Malaysia merupakan negara multietnis yang terletak di semenanjung Malaya dan bagian utara pulau Kalimantan. Negara ini berbatasan darat dan laut dengan Brunai, Indonesia, Singapura, dan Filipina. 

Bentuk negara Malaysia adalah federasi dengan 13 negara bagian. Sedang bentuk pemerintahannya adalah monarki konstitusional. Malaysia dipimpin seorang Sultan bergelar Yang Dipertuan Agung sebagai kepala negara dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan.

Ibukota Malaysia adalah Kuala Lumpur namun pusat administrasi nasional terletak di Putrajaya. Malaysia terdiri dari dua wilayah, yakni Malaysia Barat di Semenanjung Malaya dan Malaysia Timur di Borneo Utara.

Agama resmi negara Malaysia adalah Islam. Meski demikian, Kristen dan Hindu dan agama lainnya juga berkembang dengan baik di akar rumput masyarakat Malaysia. Julukan bagi Malaysia adalah negeri jiran dan harimau Malaya.

Suku terbesar di Malaysia adalah Melayu. Di samping itu juga ada suku Bangla, Cina, Jawa, India, Pakistan, Arab, dll. 

Pakistan adalah mantan negara jajahan Inggris dan hingga saat ini masih bergabung dengan komunitas yang bernama Negara Persemakmuran atau Commonwealth. 

Malaysia memiliki kualitas pendidikan dan kesehatan yang bagus. Banyak warga asing, khususnya Indonesia yang memilih berobat ke Malaysia karena lebih murah dan lebih terpercaya. 

Malaysia juga adalah target bagi tenaga kerja asing. Banyak orang yang gagal mendapat pekerjaan di Indonesia akhirnya mengadu nasib menjadi buruh, kuli proyek, pembantu dan pekerja kasar lainnya di Malaysia. 

Malaysia juga terkenal karena produksi timah serta kelapa sawitnya. Kini Malaysia berupaya mengejar negara-negara maju seperti Jepang, India dan Cina dalam bidang sains, industri dan bahkan eksplorasi luar angkasa. 

Singapura

Singapura adalah negara terkecil di ASEAN namun memiliki kekuatan ekonomi yang paling besar. Ini adalah negara industri maju yang mampu bersaing dengan negara dari kawasan Arab maupun Asia Timur. 

Luas wilayah Singapura hanya 710 Km persegi. Jumlah penduduknya juga tidak sampai 6 juta jiwa. Meski demikian negara ini mampu mengekspor berbagai produk elektronik, mesin dan bahkan kapal. 

Singapura terkenal dengan masyarakatnya yang disiplin, pekerja keras dan tangguh. Lingkungan Singapura juga terkenal bersih dan tertib. 

Singapura dipimpin oleh seorang Presiden sebagai kepala negara dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan. 

Ada tiga etnis terbesar di Singapura, yakni Cina, Melayu dan India. Negara ini juga mengakui 4 bahasa yakni Inggris, Mandarin, Melayu dan Tamil. Agama utama di Singapura antara lain Buddha, Kristen, Hindu, Islam, Sikh, Khonghucu, dan Taoisme. 

Ibukota Singapura adalah Singapore City. Bentuk pemerintahannya adalah republik parlementer. Simbol negaranya adalah Merlion. Julukan negara Singapura adalah negeri singa dan macan Asia. 

Filipina

Filipina adalah salah satu pendiri dan anggota awal dari ASEAN. Negara ini beribukota di Manila. Luas wilayahnya sekitar 300.000 km persegi. Julah penduduknya cukup besar, yakni sekitar 105 juta lebih. 

Filipina adalah bekas jajahan Spanyol, Jepang dan Amerika Serikat. Negara ini merdeka pada 4 Juli 1946. Lagu kebangsaannya bernama Lupang Hinirang. 

Bangsa Filipina mayoritas menganut Katolik Roma, meski agama Kristen dan Buddha juga cukup berkembang dengan baik. Di wilayah selatan, ada masyarakat yang juga menganut Islam. 

Bahasa utama Filipina adalah Tagalog. Meski demikian cukup banyak orang Filipina yang mampu berbahasa Inggris. 

Kegiatan ekonomi Filipina antara lain berkutat di bidang pertanian, industri, pertambangan dan perkebunan. Dua pulau utama yang menjadi pusat perekonomian dan pemerintahan adalah pulau Mindanao dan Luzon. 

Filipina pernah memiliki permasalahan serius dengan adanya pemberontak NPA yang beraliran komunis walau sekarang sudah sangat mereda dibanding beberapa puluh tahun lalu.

Namun di wilayah Moro, ada banyak basis pemberontak, khususnya dari Moro Islamic Liberation Front dan para bajak laut. 

Brunai Darusalam

Brunai adalah negara kecil yang mengandalkan pemasukan dari bidang perminyakan. Brunai berbentuk kesultanan dengan pemimpinnya adalah Sultan Halsanah Bolkiah, salah satu orang terkaya di dunia. 

Mayoritas orang Brunai berasal dari suku Melayu. Agama resmi di Brunai adalah Islam. Meski demikian ada tenaga kerja asing yang beragama Hindu, Buddha maupun Sikh.

Bahasa resmi di Brunai adalah Melayu dan Inggris. Brunai adalah jajahan Inggris. Negeri ini baru merdeka pada 1 Januari 1984. Lagu kebangsaannya bernama Allah Peliharalah Sultan. 

Jumlah penduduk Brunai hanya 500 ribu orang dengan luas wilayah adalah 5.700 km persegi. Brunai mengimpor mesin, barang elektronik dan bahan pangan. Sedang mereka mengekspor gas alam dan minyak. 

Vietnam

Vietnam juga merupakan salah satu negara yang berada di kawasan ASEAN atau Asia Tenggara. Ini adalah salah satu negara dengan militer terkuat. 

Vietnam beberapa kali terlibat perang dengan negara lain, antara lain : 

  • Bertempur melawan Perancis pada masa revolusi kemerdekaan.
  • Bertempur melawan Amerika Serikat yang ingin menghancurkan Vietcong.
  • Membantu pasukan komunis Laos merebut kemerdekaan dari penjajah.
  • Membantu rakyat Kamboja menghancurkan rejim Komunis Pol-Pot dukungan Cina.
  • Bertempur di garis perbatasan melawan agresi militer dari Republik Rakyat Cina. 
Sebagai negara komunis yang masih tersisa, Vietnam kurang bersahabat dengan Cina. Negeri ini justru menjalin hubungan sangat baik dengan Kuba, Laos, dan Uni Soviet. 

Vietnam terkenal dengan pertaniannya. Beras Vietnam diekspor ke berbagai negara. Selain itu negeri ini juga berhasil bangkit dari keterpurukan. Beberapa kemajuan Vietnam antara lain : 
  • Di bidang pertanian, Vietnam mampu meningkatkan produksi dan kualitas beras.
  • Vietnam mulai serius mengelola bidang pariwisata dan budaya.
  • Banyak industri berkembang pesat di Vietnam. 
  • Tingkat kesejahteraan rakyat meningat drastis hanya dalam waktu kurang dari 70 tahun. 
Vietnam sendiri adalah sebuah negara komunis yang berbentuk republik. Ibukotanya berada di Hanoi. Nama resmi negara ini adalah Republik Sosialis Vietnam. 

Vietnam bergabung dengan ASEAN pada tanggal 28 Juli 1995. Hubungan dagang dan ekonomi antara Vietnam dan Indonesia sudah berlangsung lama. 

Thailand

Kurang pas jika membahas daftar negara ASEAN jika tidak menyinggung Thailand. Negeri yang terkenal dengan julukan negeri gajah putih ini adalah salah satu pendiri ASEAN, di samping Indonesia, Singapura, Malaysia dan Filipina. 

Thailand adalah sebuah negara monarki konstitusional yang dipimpin oleh seorang raja sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. 

Negara Thailand beribukota di Bangkok. Bahasa resminya adalah bahasa Thai dan bahasa Cina. Mata uangnya disebut Baht Thailand. 

Luas wilayah Thailand adalah 514.000 km persegi dengan perkiraan jumlah penduduk mencapai hampir 70 juta orang. 

Mata pencaharian utama penduduk Thailand adalah petani dan buruh. Pertanian, industri dan wisata adalah bidang-bidang perekonomian terpenting. 

Kamboja

Kamboja adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang paling tidak stabil. Negeri ini berkali-kali terlibat konflik politk dan kudeta. Salah satu tragedi kemanusiaan terbesar adalah pembantaian warga Kamboja yang dilakukan oleh rejim Khmer Merah pimpinan Pol Pot sebelum akhirnya dihancurkan oleh Tentara Vietnam.

Kamboja beribukota di Phnom Penh. Mata uangnya adalah Riel Bentuk pemerintahannya adalah Monarki Konstitusional sehingga dipimpin oleh seorang raja dan perdana mentri. 

Kamboja akhirnya bergabung dengan ASEAN pada 30 April 1999. Berarti Kamboja adalah anggota termuda ASEAN setelah Timor Leste. 

Laos

Laos adalah sebuah negara komunis yang terletak di wilayah Indocina, Asia Tenggara. Ibukota Laos adalah Vientiane.

Orang Laos adalah suku utama di negara Laos. Bahasa resmi Laos adalah Bahasa Laos meski masyarakat juga menggunakan bahasa daerah. 

Mata uang Laos adalah Kip. Sektor perekonomian utama di Laos adalah pertanian, perkebunan dan pertambangan. 

Laos bergabung dengan ASEAN pada 23 Juli 1997 bertepatan dengan bergabungnya negara Myanmar ke dalam organisasi persatuan bangsa-bangsa Asia Tenggara itu. 

Myanmar

Myanmar adalah sebuah negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara dan berbatasan dengan Cina, Laos, Thailand dan India. 

Bentuk pemerintahan Myanmar adalah republik parlementer meski roda pemerintahan dikuasai oleh militer.

Seperti negara lain yang dikuasai militer, Myanmar cenderung tidak maju. Negeri ini akhirnya mulai mengurangi kontrol militer dan membuka diri pada dunia. 

Dahulu nama Myanmar adalah Burma. Nama Burma atau Birma merujuk pada salah satu suku bangsa terbesar di Myanmar.

Seperti Indonesia, Myanmar juga memiliki banyak suku antara lain Burma, Karen, Rohingya, keturunan Cina, dan lainnya. 

Agama utama di Myanmar adalah Buddha, namun banyak juga suku yang memeluk Kristen, Hindu dan Katholik. 

Nama Myanmar sering masuk berita utama internasional, antara lain karena : 

  • Junta militer selaku penguasa Myanmar menindas para aktivis pro-demokrasi.
  • Aung San Su Kyi yang kini jadi pemimpin Myanmar pernah dipenjara tanpa pengadilan yang jelas.
  • Adanya etnis Rohingya yang menurut beberapa sumber terlibat kerusuhan dengan militer dan masyarakat Birma. Sebagian oknum Rohingya mendirikan organisasi radikal yang ingin memerdekakan wilayah Arakan dan membentuk negara Islam. 
  • Suku Karen juga pernah bersitegang dengan junta militer. 

Myanmar bergabung dengan dengan ASEAN pada 23 Juli 1997. Selain mengganti nama negaranya, Myanmar juga beberapa kali mengganti bendera, simbol nasional dan ibukota. Kini ibukota Myanmar yang baru terletak di Naypyidaw. 

Timor Leste

Negara Timor Leste sudah mengajukan diri bergabung dengan ASEAN namun belum disetujui penuh. Meski demikian, Indonesia dan beberapa negara lain selalu memberi dukungan agar keanggotaan negara Timor Leste segera diakui. 

Timor Leste sendiri adalah negara termuda di kawasan Asia Tenggara. Ibukotanya adalah Dili. Negara ini merdeka dari Portugal pada tanggal 28 November 1975 namun sempat menjadi bagian dari wilayah Indonesia. Tentu saja banyak pihak tidak setuju. Akhirnya melalui jajak pendapat di tahun 1999, Timor Leste lepas dari NKRI dan menjadi negara merdeka seutuhnya. 

Itulah daftar negara-negara ASEAN. Selain Timor Leste, ada wacana untuk memperluas keanggotaan dengan menerima permohonan menjadi anggota dari negara-negara lain, semisal Republik Palau dan Bangladesh, meskipun tentu saja hal itu tidak mudah. 

Referensi : 

Thai PBS World dengan tautan https://www.thaipbsworld.com/timor-leste-optimistic-it-will-join-asean-soon-no-burden-to-the-grouping

ASEAN.Org dengan tautan https://asean.org/asean/asean-member-states/

BBC dengan tautan https://www.bbc.com/news/world-asia-29106034

Sumber Gambar : 

Logo ASEAN dari ASEAN.Org

Tautan Artikel :

Silahkan bagikan tautan ini ke media sosial atau artikel Anda sebagai referensi. Dengan melakukan itu, Anda turut membantu Catatan Adi sebagai situs sumber pengetahuan populer untuk terus berkembang.

 https://www.catatanadi.com/2020/09/profil-lengkap-negara-anggota-asean.html

Itulah daftar negara-negara ASEAN, semoga bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah membaca. Semoga sukses selalu.  

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Profil Lengkap Negara Anggota ASEAN Termasuk Timor Leste"

Berlangganan via Email