Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pandemi Belum Berakhir, Saatnya Susun Strategi Keuangan

Dampak Pandemi Bagi Semua Orang 

Siapapun Anda, baik pegawai kantoran berlabel karyawan tetap maupun pekerja freelance yang mencintai fleksibilitas dengan waktu kerja yang dinamis, pasti tidak akan terbebas sepenuh dari dampak pandemik Covid 19. Baik langsung maupun tak langsung.

Adalah sebuah hal yang mengejutkan memang ketika tiba-tiba Corona datang lalu mengacaukan semuanya. Hal-hal penting seperti rutinitas di sekolah, rencana meeting hingga jadwal penerbangan, semuanya menjadi terdampak. Sebagian terpaksa dibatalkan, banyak juga yang akhirnya ditunda dengan waktu yang belum ditentukan.

Tentu sedikit banyak hal ini akan berpengaruh bagi dunia bisnis. Lantas bagaimana dengan Anda? Sejauh apa pandemi ini berpengaruh bagi kehidupan Anda? Sudahkan Anda siap menghadapinya?

Susun Strategi Sekarang Juga

Menyusun strategi keuangan
Menyusun rencana keuangan


Siap tidak siap, maka bagi mereka yang ingin terus survive, haruslah segera menyusun strategi baru. Terlebih nampaknya dampak dari Korona ini juga belum selesai dengan sempurna.

Lantas apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan khususnya untuk menyusun strategi dalam rangka menghadapi pandemi seperti sekarang ini? Berikut ada beberapa hal yang mungkin bisa dipergunakan sebagai referensi untuk Anda semua.  mengatur rencana keuangan

Digitalisasi Keuangan

Tidak bisa ditawar lagi, Anda harus benar-benar melek digital, termasuk dalam urusan keuangan. Untuk hal tersebut, maka Anda perlu : 

  • Memahami dan memiliki akun e-money
  • Memahami pentingnya keamanan dalam melakukan transaksi online.
  • Memahami cara memaksimalkan transaksi jual beli online, khususnya mengenai potongan harga, cara pengiriman, dll.

Pentingnya Mengatur Rencana Keuangan

Untuk Anda yang terbiasa memiliki rencana keuangan, maka semua perubahan kondisi seperti sekarang ini tidak akan terlalu mengejutkan. Lalu bagaimana dengan Anda yang belum familiar membuat rencana keuangan? 

Mengatur keuangan di masa pandemi ini juga bukan pekerjaan mudah. Ada banyak hal yang berubah dan harus benar-benar disiapkan. Inilah saatnya bagi Anda harus benar-benar melek literasi keuangan. 

Untuk hal ini, maka penting sekali bagi Anda memahami hal tersebut. Anda bisa menemukannya di artikel cara mengatur rencana keuangan. 

Kesimpulan 

Pandemi bukan berarti Anda harus menyerah. Justru inilah kesempatan untuk berinovasi dan meningkatkan skill. Hadapi semuanya dengan cerdas, salah satunya dengan menyusun strategi keuangan yang tepat. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Pandemi Belum Berakhir, Saatnya Susun Strategi Keuangan"

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pilihan Hari Ini