Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

31 Tips untuk Menaikkan Trafik Website

Apakah kamu ingin menaikkan trafik blog milikmu? Sudah mencoba berbagai cara namun gagal dan bahkan berpikiran untuk pensiun? Jangan khawatir karena saat ini Catatan Adi akan berbagi 31 cara terbaik untuk meningkatkan kunjungan ke website. 

Jadi kesemua cara ini sudah kami praktekkan dan hasilnya lumayan baik. Beberapa lainnya bersumber dari cerita teman-teman pemilik situs lainnya. Semuanya kami tulis sebagai tutorial meningkatkan trafik blog yang seharusnya minim resiko. Meski demikian ada beberapa yang benar-benar gratis dan hanya mengandalkan skill si pemilik situs semata, namun ada juga yang berbayar. Kamu bisa pilih cara mana yang paling cocok menurutmu. 

Baik langsung saja kita mulai kumpulan tutorial blogging berikut sehingga visitor web milikmu bisa bertambah. 

Meningkatkan trafik blog
meningkatkan trafik


Niche dan Konten

Fokus di Niche yang Banyak Peminat

Niche adalah ceruk atau topik yang nantinya menjadi fokusmu untuk mengembangkan blog. Memilih niche tidak bisa sembarangan. Perhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Pastikan niche tersebut memang memiliki peminat. Misalkan anime, resep masakan, sepakbola, dll.
  • Bagaimana persaingan di sana? Apakah sudah terlampau ketat?
  • Pastikan kamu memang mampu untuk bersaing dan berkembang di niche tersebut. Sebuah niche bisa dipecah lagi menjadi micro niche atau bisa dilebarkan menjadi macro niche. 
  • Apakah suatu niche memungkinkan untuk digeluti dalam jangka waktu lama.
  • Ini yang penting. Pastikan niche tersebut juga punya kesempatan untuk dikembangkan dan terhubung dengan niche lainnya. Misal, niche kriminalitas yang bisa dihubungkan dengan niche sains, teknologi ataupun sejarah.

Jika kamu memiliki konten yang bagus dan tampilan yang nyaman, tetapi nyatanya pengunjung sedikit, maka kamu harus bertanya. Jangan-jangan memang tidak ada yang tertarik dengan topik yang sedang kamu bahas. Seorang blogger memang harus berjuang untuk terus memahami selera pasar. Untuk membantumu, baca postingan 10 niche populer yang disukai masyarakat Indonesia. 

Menulis Konten yang Nyaman Dibaca

Langkah atau tahap ini wajib dilakukan, yakni menulis konten yang menarik dan nyaman dibaca manusia, bukan bot. Dengan menguasai cara ini, seorang blogger bisa berpotensi mendapatkan pengunjung yang loyal dan mengembangkan komunitas pembaca rutin yang tentu saja akan sangat menguntungkan.

Nantinya itu adalah modal awal. Selanjutnya trafik tersebut akan bisa kamu konversi menjadi uang. Blogging memang masih menjadi peluang usaha yang menjanjikan jika mampu memaksimalkan potensi yang ada. 

Terkait konten yang enak dibaca, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  • Palajari EYD dan gramatika dengan baik.
  • Menulislah secara terstruktur.
  • Kombinasakan paragraf pendek dan panjang secara variatif.
  • Menulislah dengan gaya yang unik.
  • Pastikan pesan yang ingin disampaikan dimengerti oleh pembaca.
  • Jangan berputar-putar demi mencapai batas jumlah kata tertentu. Hal tersebut melelahkan bagi pembaca.
  • Pastikan apa yang kamu sampaikan memang bermanfaat.
  • Cobalah menulis beberapa artikel pilar sebagai pondasi blog. 
Catatan Adi sudah banyak menulis tips membuat konten yang baik. Kamu bisa mengeksplorasinya di sini. Intinya, apa yang kamu tulis memang enak untuk dinikmati manusia.

Mendaftarkan Web agar Diindeks Mesin Pencari

Ada banyak mesin pencari selain Google, namun beberapa yang bisa menjadi fokus Anda sebagai seorang blogger yang ingin menaikkan kunjungan adalah :

  • Google
  • Bing 
  • Yandex
  • Yahoo

Untuk bisa dirayapi oleh mesin pencari, pada umumnya Anda harus melakukan beberapa hal berikut ini pada website Anda : 

  1. Membuat peta situs atau sitemap.
  2. Mengijinkan blog atau situs ditampilkan di hasil pencarian mesin pencari.
  3. Mendaftarkan di webmaster masing-masing, seperti Google Search Console maupun Bing Webmaster.

Ada banyak dinamika yang terjadi baru-baru ini, terkait banyaknya kejadian konten atau blog yang lama diindeks oleh mesin pencari. Hal tersebut bisa menjadi perhatian para pengembang blog. Catatan Adi sendiri masih belum memahami fenomena tersebut, namun menurut dugaan kami, hal itu terkait perbaikin atau peningkatkan performa mesin pencari. 

Menulis Konten yang Memancing Banyak Visitor

Beberapa konten sangat digemari oleh netizen Indonesia. Cobalah untuk memahami fenomena ini. Cari dan analisa bagaimana selera pasar. Pada umumnya orang Indonesia (menurut Catatan Adi) suka konten yang ringan, berbau agama dan dekat dengan gosip. Mereka kurang menggemari artikel tentang sains ataupun analisis yang bersifat akademis. Meski demikian, semua berpulang pada minat masing-masing penulis. 

Memaksimalkan Judul yang Mengundang Pembaca

Judul adalah salah satu hal yang harus dimaksimalkan. Jangan asal menulis judul. Meski demikian, hindari memilih kalimat yang click bait karena hanya akan mengecewakan pengunjung kita. 

Kesemua cara di atas sudah terbukti mampu meningkatkan jumlah pengunjung, termasuk juga adalah berpotensi menjaga trafik blog tetap stabil. 

Kata Kunci dan Template

Mempelajari Riset Keywords

Riset keywords adalah kegiatan untuk menganalisa dan menemukan kata kunci yang tepat yang akhirnya akan dikembangkan menjadi sebuah konten atau artikel. Ada banyak sarana atau alat untuk melakukan keyword research, baik yang berbayar ataupun gratis. 

Tips : Anda bisa mencoba fitur free trial 6-12 bulan sebelum pada akhirnya memilih sebuah alat riset keywords.

Untuk beberapa alat riset keywords berbayar antara lain adalah Ubbersuggest, Moz dan Keyword Finder. Sedang jika budget belum mencukupi, cobalah memaksimalkan beberapa hal berikut :

  • Mengamati Google Trends.
  • Melihat referensi dari Google Results.
  • Memaksimalkan indikator dari Google Search Console.
  • Melihat perkembangan topik dari forum seperti Quora maupun Facebook.

Kata kunci dibedakan menjadi dua, yakni jangka pendek dan jangka panjang. Anda bisa bermain di dua jenis itu demi bisa mendapatkan banyak visitor.

Mencoba Bermain di Short Tail Keywords

Ini adalah saran dari kami. Jangan takut main di short tail keywords. Meski memang banyak situs besar ada di sana, tapi jika punya kemampuan menulis yang mumpuni dan yakin akan strategi yang sudah diterapkan, maka jangan ragu untuk mencoba. 

Mencoba Bermain di Long Tail Keywords

LTK atau long tail keywords memang memiliki potensi yang lebih sedikit dibanding short tail keywords. Meski demikian, jika keadaan membuat kita harus bermain di lini ini, maka jangan putus asa. Cobalah bermain banyak kata kunci dan tulislah lebih banyak artikel. Itu akan meng-generate banyak keywords sehingga situs kita akan semakin kaya akan konten. 

Memilih Template yang Tepat

Tidak semua template yang ada bagus untuk dipakai. Ada template berbayar yang kurang baik namun ada juga template gratisan yang cukup ampuh, contohnya fiksioner dari blogger Igniel. Kamu bisa menilai sebuah template dari beberapa indikator ini : 

  • Ringan dan fast load.
  • Struktur baik.
  • Tampilan menarik.
  • Memungkinkan untuk custom atau modifikasi. 

Jika memang kamu serius ingin mengembangkan diri di dunia blogging, maka pilihlah template berbayar. Sampai saat ini, template blog berbayar terbaik adalah Linkmagz dari Mas Sugeng. Ada banyak hal mengapa template ini menjadi salah satu yang terbaik untuk digunakan : 

  1. Ringan. Linkmagz sangat ringan sehingga benar-benar mengurangi tingkat kemarahan pembaca yang kesal karena blog yang ingin mereka baca lemot. 
  2. Tampilan bersih dan sederhana. Bukan jamannya lagi blog memiliki tampilan yang penuh pernak-pernik tanpa tujuan. Linkmagz sudah didesain untuk memanjakan pembaca.
  3. Murah. Dibanding template premiun lainnya, Linkmagz memiliki harga beli yang murah. 

Jangan menghabiskan waktu memilih template, karena justru yang terpenting adalah membuat konten. Untuk itu, silahkan jajal Linkmagz. Lihat demo dan fitur kelebihannya di sini

Memasang Widget yang Tepat

Masih mengenai template, pastikan kamu memasang kolom atau widget yang tepat, namun tidak membuat blog menjadi lambat. Beberapa widget yang harus ada, antara lain : 

  1. Postingan populer.
  2. Kolom komentar.
  3. Label.
  4. Arsip postingan.
  5. Halaman TOS.

Widget yang tepat akan memperkecil bounce rate dan meningkatkan pengalaman membaca dari para pengunjung. Hal ini sangat penting dan tidak boleh dilewatkan begitu saja. 

Media Sosial

Menyebarkan Tautan di Facebook

Facebook masih menjadi primadona untuk menyebarkan tautan blog dan memancing banyak pembaca. Ini karena masih banyak orang main facebook dengan berbagai alasan. Sekarang kamu tinggal menyusun strategi untuk memancing mereka agar bisa datang ke blog. 

Menyebarkan Tautan di Twitter

Twitter juga masih menjadi sosial media yang banyak penggunanya. Meski demikian, harus disadari bahwa karakter pengguna Twitter berbeda dengan Facebook. Untuk itu susunlah strategi yang tepat dan efisien.

Menyebarkan Tautan di Quora

Sosial media yang sedang naik daun adalah Quora. Salah satu strategi Quora adalah dengan mengadakan Quora Partner Program untuk para penulis yang bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet sehingga mengundang banyak pengguna baru. Manfaatkan dengan baik potensi ini untuk lebih memperkenalkan situs ke masyarakat luas. 

Menyebarkan Tautan di Pinterest

Pinterest dikenal sebagai media sosial yang menyediakan fasilitas berbagai gambar dan video. Pelajari cara mendapatkan visitor dari Pinterest sehingga trafik blog meningkat.

Menyebarkan Tautan (secara tidak langsung) di Podcast

Podcast juga mulai digemari oleh masyarakat. Jika memungkinkan, buatlah channel podcast dan ajak pendengar juga mengunjungi situs yang kamu buat. 

Menyebarkan Tautan Melalui Aplikasi Perpesan 

WA atau Whatssapp juga memungkinkan pengembang blog menyebarkan tautan ke orang-orang. Termasuk juga Telegram dan Line. Semuanya berpotensi membantu kamu meningkatkan dan memperbesar kunjungan dari visitor. Meski demikian nanti yang meningkat adalah visitor dari direct url, bukan organik. Walau begitu, itu juga jauh lebih baik daripada punya blog namun sepi pengunjung. 

Silahkan mampir dan baca artikel mengenali jenis-jenis trafik agar mendapatkan CPC tinggi. Ini akan sangat membantu Anda. 

Komunitas

Membentuk Komunitas di Facebook

Facebook memungkinkan orang-orang untuk membuat Facebook Page dan Facebook Group. Dua hal tersebut akan membantu para pemilik situs untuk lebih mempopulerkan website mereka pada netizen dari kalangan pengguna Fb. 

Membentuk Komunitas di Forum

Beberapa forum yang bisa kamu coba antara lain : 

  • Quora
  • Ads Id
  • Kaskus (meski mulai sepi).
  • WA Group.
  • Learning Management System.
  • Slack.
  • Kaizala.
  • Dll.

Membentuk Komunitas di Telegram

Telegram juga memungkinkan para penggunanya membuat group dan channel. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Segera susun rencana untuk mengembangkan web melalui aplikasi Telegram. Meski demikian baca baik-baik aturan yang ditetapkan agar terhindar dari banned. 

Membentuk Komunitas di Line

Pada dasarnya mengembangkan blog dan membuat komunitas di Line sama saja dengan pembahasan di atas. Hanya saja, ketahui karakter para pengguna Line. Mereka rata-rata adalah generasi muda yang punya ciri khas yang unik. Dengan menyadari hal ini, maka optimasi blog bisa lebih baik lagi dan mendapatkan peningkatan trafik yang efisien. 

Paid Promote

Gunakan FB Ads

Paid promote biasanya dilakukan oleh media besar atau korporat. Namun kamu juga bisa mencobanya, asal tahu teknik promosi yang benar. FB Ads adalah salah satu pilihan terbaik. 

Gunakan Google Ads

Pilihan lainnya tentu saja Google Ads. Sebagai mesin pencari paling populer, Google tentu berpotensi besar memberikan trafik bagi para pengguna Google Ads. 

Gunakan Bing Ads

Selain FB Ads dan Google Ads, maka Bing Ads juga bisa jadi pilihan. Intinya, apapun pilihan optimasi paid promote kamu, pastikan kamu tahu teknik yang efisien agar tidak boncos alias rugi. 

Sewa Jasa SEO

Ada beragam jenis jasa SEO. Pastikan kamu memahami paket dan jasa yang ditawarkan berikut dengan harga dan indikator capaian. Semua ini wajib kamu diskusikan agar tidak kecewa nantinya.

Berikut adalah contoh dari layanan jasa SEO yang umumnya ada : 

  • Jasa tulis konten SEO.
  • Jasa meningkatkan traffic.
  • Jasa meningkatkan metrik blog (DA/PA dan skor Alexa).
Jangan sampai kamu jadi korban penyedia jasa abal-abal. Baca rekomendasi dari pengguna sebelumnya. Tinggalkan jika memang mereka tidak mampu menunjukkan kapabilitas dan kredibilitas sebagai seorang praktisi SEO. Akan lebih baik jika kamu belajar sendiri. 

Sewa Jasa Influncer

Cara ini tergolong lebih mudah namun cukup mahal. Kamu bisa menyewa seorang selebgram dan mereka akan menyebutkan jenis usaha ataupun alamat situsmu di postingan mereka. Tentu ini akan berpotensi membuat para follower akun mereka mengunjungi situsmu.

Tautan 

Sewa Jasa Backlink

Hati-hat jika ingin mengembangkan web melalui cara ini. Ada banyak kasus yang menunjukkan hasil kurang memuaskan bahkan berisiko tinggi. Meski sudah membayar, kamu harus rajin-rajin memastikan hasil dari tautan yang sudah kamu beli. 

Membeli Tautan Secara Mandiri

Tidak ingin menggunakan jasa tautan dari Rajabacklink ataupun Sosiago? Kamu juga bisa memilih jalur sendiri, yakni mencarinya secara independen. Tentu hasilnya akan lebih murah, namun kamu harus sedikit lebih berkeringat. 

Menulis untuk Situs Lain

Ini merupakan teknik kuno yang masih juga dipakai. Kamu sebagai seorang pemilik blog juga bisa mempertimbangkan menggunakan cara ini, yakni menulis konten untuk ditayangkan oleh situs lain. Di konten tersebut, kamu bisa menulis copywriting yang berisi perkenalan atau tautan ke tautan blog yang kamu kelola. 

Strategi Lainnya

Menyelenggarakan Kuis Berhadiah

Masih terkait upaya mendapatkan visitor, kali ini kamu meraih dua jenis pengunjung sekaligus, yakni pengunjung organik dan non-organik. Namun, cara ini mensyaratkan kamu untuk menyiapkan modal. Apa cara yang dimaksud? Yakni dengan cara menyelenggarakan kuis berhadiah. 

Mengamati Kompetitor

Ini adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan namun juga paling sering dilupakan, yakni mengamati perkembangan kompetitor. Kamu bisa mendapatkan hal-hal positif dari cara ini lalu menerapkannya pada blogmu sendiri. Berikut langkah praktisnya :

Cari beberapa situs yang memiliki niche yang sama denganmu.

  1. Persempit dengan hanya mengamati situs yang punya perkembangan bagus secara trafik. Di sini, kamu butuh tools seperti Ubbersuggest dari Neil Patel atau sejenisnya.
  2. Amati tampilan websitenya lalu tulis hal-hal yang bisa kamu terapkan.
  3. Baca kontennya dan cari kelebihannya yang membuat banyak pengunjung datang.
  4. Buatlah konten dan tampilan yang lebih baik dari mereka semua. 

Dengan melakukan empat hal di atas, maka seharusnya blog milikmu tidak terlalu jauh tertinggal dari kompetitor yang kamu amati. 

Terus Belajar

Semakin lama, mesin dan algoritma mesin pencari semakin pintar. Semua itu terjadi demi mendapatkan hasil yang memuaskan pembaca, yakni menampilkan konten dari situs-situs yang benar-benar bermanfaat untuk para pengguna. 

Akibat dari itu semua, bisa saja suatu cara atau tips yang tadinya ampuh menjadi tidak bermanfaat sama sekali. Untuk itulah sebagai seorang pengembang situs, kamu harus rajin belajar. Jangan sampai ketinggalan update informasi dari dunia internet marketing dan search engine. Semakin rajin kamu mempelajarinya, semakin besar peluangmu untuk meningkatkan pengunjung situs secara konstan dan berkelanjutan. Lebih dari itu, hal tersebut juga bisa menjadi cara mendapatkan visitor loyal yang rutin berkunjung ke website Anda.

Ada beberapa langkah praktis mengenai hal ini, antara lain :

  • Mengikuti komunitas blogger di dunia nyata maupun maya.
  • Bergabung dan belajar dari para master di forum seperti Quora dan Ads.Id.
  • Rajin mengamati informasi dari akun Twitter Google, Bing, Yahoo, dll.
  • Tidak takut untuk bereksperimen menggunakan cara yang ditemukan sendiri.

Daftar di atas adalah kesemuanya yang bisa dilakukan sebagai seorang blogger maupun pemilik situs ketika sedang membuat ataupun mengembangkan blog. Belajar adalah sesuatu yang mutlak dibutuhkan dalam hal apapun, termasuk mencari pengunjung blog. Agar membantu, silahkan pelajari juga 4 cara menjadi blogger sukses di postingan Catatan Adi sebelumnya.


Itulah 31 tips meningkatkan visitor untuk situs ataupun blog. Lakukan dengan telaten. Semuanya butuh waktu dan tenaga, jadi jangan terburu-buru melakukannya. Tidak ada hasil yang instan, terlebih persaingan di bisnis ini semakin keras. 

Untuk selanjutnya, silahkan coba juga tutorial terlengkap mempromosikan blog sehingga bisa menaikkan trafik blog hingga 315% dengan cepat dan cukup mudah. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

10 komentar untuk "31 Tips untuk Menaikkan Trafik Website"

  1. Oo quora jg bs bantu menaikkan traffic ya kak. Ternyata banyak ya aplikasi yg bs buat share link tulisan kita.

    BalasHapus
  2. Banyak banget caranya, ya. Aku paling baru menerapkan sebagian aja. Musti genjot lagi nih

    BalasHapus
  3. Wah informatif sekali konten dari Kak Adi ini. Jadi makin tertarik nih dan semangat naikkan trafik

    BalasHapus
  4. Setelah baca ini terasa banget perlu meng-upgrade blog saya yang DA PA nya masih merangkak. Pernah terpikirkan untuk menyewa jasa profesional SEO handling, pengen mereka mengevaluasi blog saya. Tapi blum berani memikirkan biayanya Mas Adi. Ada ide kah?

    BalasHapus
  5. wah lengkap banget, penjelasannya pun renyah
    mohon izin bookmark ya
    saya juga langsung ke linkmagz karena pengen mengubah template
    template yang sekarang saya gunakan, saya beli dari .....yang enggak banget

    BalasHapus
  6. banyak juga ya caranya, tinggal nyobain satu-satu mana yang lebih memungkinkan untuk dicoba sebagai permulaan. Btw, aku sering buka Quora tapi sekedar baca-baca saja, belum untuk yang lainnya. Terima kasih insightnya...

    BalasHapus
  7. Nah iya, baru tahu nih kalau Quora juga bisa menaikkan trafic. Dulu aku rajin cari keyword pakai tools, terus diulik juga di GSC. Sekarang lagi males banget. Nulis ya nulis aja nih...
    Jadi aja PV gitu-gitu aja, trus DA juga anjlok...Huhu...mulai lagi ah analisis blognya. Makasih tipsnya...

    BalasHapus
  8. Karena murni membuat blog untuk menuangkan cerita-cerita perjalanan pribadi, saya agak acuh dengan teknik SEO dan sebagainya mas. Saya hanya melakukan upaya seperlunya dari judul dan kata kunci di bodi tulisan (yah, itu bisa dibilang effort yang nggak perlu mikir karena ngalir aja). Puji Tuhan berbuah manis. Rupanya tulisan2 saya dilirik Google dan beberapa menjadi Top Posts dalan jangka waktu lama.

    Belakangan saya baru tahu soal Google Indexing karena ada blog kawan yang ternyata banyak tulisannya yang tidak terindex Google. Saya kira semua tulisan di blog akan otomatis terindex Google hahaha.

    Karena hanya blog pribadi, ads dan membuat kuis belum pernah saya lakukan. Tapi pengen sih, karena sekarang blog saya sudah tak sejaya dulu :)

    BalasHapus
  9. wah rasanya jadi banyak banget peer yang belum saya lakuin nih.strategi yg baru dikerjakan masih hanya bergabung dengan komunitas blogger dan optimasi di tulisan. Masih perlu banyak belajar dan semakin sering latihan nih

    BalasHapus
  10. Wah banyak ya tipsnya. Huhu aku nih pemalas banget kalo nerapin tips begini. Tapi ya harus ya, apalagi kalo mau monetize. Kudu rajin telaten. Bookmark dulu ah, nanti praktekin satu-satu semua tipsnya.

    BalasHapus