Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Membuat Blog dari Nol Sampai Menghasilkan

Internet sudah dijejali dengan aneka tutorial, termasuk salah satu yang paling populer adalah bagaimana cara membuat blog dari awal sampai bisa menghasilkan uang.

Benar bukan? Tentu saja dan hal ini akan terus berlanjut. Mengapa demikian? Karena kata kunci seperti itulah yang terus dicari sehingga menghasilkan trafik. Namun sayangnya tidak semua tutorial ngeblog dapat uang itu berhasil.

Kami juga akan berpartisipasi meramaikan topik tersebut melalui artikel ini. Namun kami menawarkan sesuatu yang berbeda, yakni kami menolak menghabiskan waktu Anda sebagai pembaca. Kami akan berbagi secara lengkap cara membuat blog dari awal hingga bisa menghasilkan. 

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan : 

  • Cara membuat blog dari awal dengan asumsi Anda adalah seorang pemula yang benar-benar belum paham seluk beluk blogging.
  • Menulis konten bermanfaat, bernilai guna dan sesuai dengan kaidah SEO agar mampu menunjang perkembangan blog Anda ke depannya. 
  • Mengembangkan blog untuk bisa mendapatkan trafik, baik organik secara SEO maupun dari media sosial dengan menggunakan promosi sosmed.
  • Menghasilkan uang dari 3 peluang secara bersamaan sekaligus yang berpotensi memberikan Anda pendapatan besar jutaan rupiah sebulan secara rutin.

Tentu saja Anda sebagai blogger pemula akan menemukan banyak sekali istilah yang mungkin asing dan baru. Jangan khawatir, kita akan mempelajarinya bersama. Lebih dari itu, semua istilah tersebut hanyalah nama. Dengan praktek dan langsung aksi, maka Anda akan bisa memahaminya sambil jalan.

Baik, lalu dari mana kita akan mulai perjalanan panjang ini? Tentu saja dari titik yang paling awal, yakni memahami apa itu blog!

Pengertian Blog

Meski mungkin sangat pemula, kami yakin Anda sudah paham apa itu blog beserta definisi dan ciri umumnya. Maka rasa-rasanya semuanya itu tidak perlu dijelaskan lebih lanjut.

Atau jika ingin sekilas membaca perkembangan blog dari awal tahun 2000an bahkan lebih tua lagi, Anda bisa mendapatkannya di pengertian dan sejarah blog

Nanti Anda akan banyak menemukan tulisan dengan warna biru seperti di atas. Bukan tanpa alasan kami membuatnya. Silahkan klik dan Anda akan menemukan artikel lain yang berisi penjelasan yang lebih komprehensif, lengkap dan detail mengenai suatu topik. 

MEMBUAT BLOG DARI NOL SAMPAI MENGHASILKAN
MEMBANGUN BLOG DARI NOL

Kenapa Membuat Blog?

Lanjut. Jadi Anda ingin ngeblog. Sekarang mari fokuskan. Kenapa ingin membuat blog? Pertanyaan simpel ini sangat penting untuk dijawab sebelum melanjutkan perjalanan panjang kita. 

Ada beberapa alternatif jawaban, antara lain : 

  • Ingin membagikan berbagai pengalaman, opini dan ide kepada masyarakat.
  • Ingin melatih kemampuan menulis.
  • Ingin melatih kemampuan SEO.
  • Ingin berjejaring dengan sesama bloger di Indonesia maupun dunia.
  • Ingin mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat.
  • Ingin menyalurkan hobi, yakni menulis.

Itu adalah beberapa alasan umum kenapa orang membuat blog. Namun, perlu disadari bahwa ada juga orang yang ngeblog karena ingin mendapatkan penghasilan. Ingin mendapatkan uang dan keuntungan secara finansial. Dan alasan tersebutlah yang membuat kami menulis artikel yang cukup melelahkan ini.

Membuat Blog dan Menghasilkan Uang

Jadi premis utama dari artikel ini adalah membantu Anda untuk bisa membuat blog yang mungkin Anda gunakan sebagai sarana menulis, berbagi ide ataupun yang lainnya sambil menghasilkan uang. 

Setuju? Jika iya, maka kita bisa melanjutkan perjalanan kita. Karena memang ada sebagian bloger idealis yang murni menulis namun bukan untuk uang. 

Lantas, bagaimana cara menghasilkan uang dari blog ataupun situs yang Anda bangun? Ada banyak sekali jawabannya, tetapi kita akan batasi pada tiga hal, yakni :

  1. Menayangkan Iklan
  2. Content Placement
  3. Affiliasi

Ketiga hal tersebut adalah formula umum yang sudah jamak dilakukan oleh para blogger, baik pemula maupun senior. Ada yang berhasil tetapi lebih banyak yang gagal. Anda tidak bisa kaya dari blog kalau hanya membaca tutorial tanpa praktek. Terlebih jika tutorial yang Anda baca salah dan tidak punya validitas informasi sama sekali. 

Ada dua hal yang perlu dilakukan untuk bisa membuat situs Anda bisa menghasilkan uang. Pertama, belajar dari tutorial yang tepat. Kedua, praktek terus menerus tanpa mengenal lelah dan tidak menyerah meski belum mencapai tujuan. 

4 Karakter Bloger Sukses 

Mari kita definisikan blogger sukses sebagai mereka yang berhasil membangun blog yang bagus, punya trafik besar, memiliki ranking yang tinggi serta mampu menghasilkan pendapatan. 

Anda bisa mem-break down kalimat atau formula di atas, misalkan dengan mendapatkan trafik 1000 visitor perhari atau meraih 4 juta sebulan. Itu terserah Anda. Sekarang kita akan membicarakan karakter apa yang dibutuhkan supaya bisa mencapai itu semua. 

Anda harus punya keempat karakter di bawah ini : 

  1. Rajin belajar : Belajarlah dari berbagai tutorial. Ikuti terus teknik optimasi terkini serta berita-berita seputar update algoritma. Jangan sampai berpuas diri dan merasa sombong karena itulah awal kehancuran.
  2. Kreatif : coba lakukan inovasi dan eksperimen, baik itu dalam menulis, mengatur tata letak template blog atau melakukan perubahan di strategi promosi konten. Anda harus kreatif demi mendapatkan celah-celah yang bisa dioptimalkan.
  3. Tangguh : Wajar saja jika dalam satu atau dua tahun pertama blog Anda mengenaskan. Bisa jadi Anda akan tergoda untuk menyerah. Itulah sifat blogger gagal. Jangan ditiru. 
  4. Jujur : Jadilah orang yang baik dan jujur. Hindarilah pencurian konten, memberi tools spinner ataupun melakukan tindakan yang merugikan orang lain. Uang hasil kejahatan itu tidak berkah. Apalagi Anda berkilah dengan menggunakan dalil-dalil lemah demi melindungi kegiatan tercela Anda agar tetap terlihat agamis dan baik. Itu tidak berguna. Anda akan apes nanti. 

Keempatnya saling dibutuhkan. Tidak bisa Anda sukses tetapi meninggalkan salah satu dari semua karakter tersebut. Paham? Untuk lebih jelas, Anda bisa membaca referensi menarik yang sudah kami tulis beberapa tahun yang lalu tentang cara jadi blogger sukses. Silahkan baca juga bagian tersebut nanti. Oke, sekarang ayo kita lanjut. 

Pengetahuan Dasar Blogging

Sekarang kita akan bahas ke masalah teknis. Ingat, kami tidak akan membeberkan semuanya di sini. Silahkan menuju ke anchor teks berwarna biru untuk mengetahui lebih lanjut perihal suatu topik yang ada. 

Lanjut ke bagian pengetahuan dasar blogging. Kita akan membahas banyak sekali istilah yang perlu Anda pahami dengan baik. 

Domain 

Adalah alamat untuk blog. Ada dua jenis domain, yakni berbayar dan gratis. Jika Anda ingin punya ekstensi domain seperti dot com, dot id atau dot net, itulah domain berbayar. Namun Anda juga bisa memakai versi gratisnya, misal menggunakan blogspot. 

Niche

Niche adalah ceruk atau topik yang ingin Anda ulas dalam blog. Catatan Adi sebagai blog personal memilih tidak fokus pada satu niche. Namun untuk bisnis, kami sarankan Anda untuk fokus pada satu ceruk saja. 

Trafik

Lalu lintas pengunjung. Ada berbagai macam trafik dan sebagai seorang pegiat blog, Anda harus memahaminya. Untuk lebih singkatnya baca saja macam-macam jenis trafik yang ada. 

SEO

Metode optimasi blog atau situs agar mudah mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian Google, Bing maupun mesin telusur lainnya. Ada dua jenis SEO, yakni On Page dan Off Page. Kita akan bahas di bagian selanjutnya secara lebih terperinci. 

Link 

Secara umum, link berarti tautan. Memahami penggunaan link jauh lebih penting daripada hanya sekedar menghapal artinya saja. Ada beberapa istilah terkait link yang perlu Anda pahami sebagai seorang calon bloger sukses berpenghasilan jutaan rupiah perbulan : 

  • Internal link : link dalam artikel yang mengarah ke artikel lain dalam satu blog.
  • Eksternal link : link dalam artikel yang mengarah ke artikel lain di luar blog. 
  • Dofollow : suatu link yang dimana mengijinkan mesin pencari mengindeks / memperhitungkan link ini untuk ditelusuri. Ini adalah jenis link yang baik. Gunakan ini jika ingin membuat tautan.
  • Nofollow : suatu link yang mana meminta mesin pencari untuk mengabaikannya. Beberapa situs besar memberi status eksternal link dalam artikel mereka sebagai nofollow dengan tujuan melindungi metrik mereka agar tidak disalah-gunakan. 
  • Backlink : tautan yang mengarah ke blog Anda. 

Itulah istilah teknis dalam dunia blogging dan tentu saja masih banyak lagi. Kita akan pelajari sambil jalan. Sekarang, kita masuk ke bagian practical sehingga waktu Anda tidak terbuang percuma. 

Mulai Membuat Blog 

Inilah bagian practical yang pertama dari tutorial membuat dan mengelola blog hingga bisa menghasilkan. Perhatikan baik-baik. Kami akan memberi sebuah contoh yang berasal dari studi kasus yang kami buat beberapa waktu lalu. 

Menentukan Niche, Nama Blog dan Membeli Domain

Contoh Proses Membuat Blog Bisnis 

Jaka adalah seorang pebisnis yang punya latar belakang di bidang finansial, marketing dan keuangan. Dia ingin membuat sebuah blog dengan tujuan berbagi ilmu, melatih kemampuan menulis, sebagai portofolio karirnya dan sumber pemasukan. 

Pertama, Jaka memutuskan membaca aneka tutorial blog, yakni dari Catatan Adi agar tidak tersesat. Ia pelajari semua artikel dan artikel pendukung dengan topik blogging selama kurang lebih seminggu.

Kemudian Jaka membuat email khusus untuk blognya. Ia lalu membuat blog dengan platform Blogspot. Setelah itu ia membeli domain TLD berbayar dengan ekstensi dot com dan baru mulai mengatur blog serta membuat artikel. 

Dalam mengatur blog, Jaka benar-benar serius. Ia mengatur sedemikian rupa mengenai bahasa, pengaturan waktu, feed, visibilitas hingga pengalihan url. 

Sebelum membeli domain dan membuat blog, Jaka sudah tahu bahwa ia akan membuat blog dengan niche keuangan, finansial, marketing dan bisnis. Maka nama domain dan nama blognya juga masih berkaitan dengan niche tersebut. 

Itulah sepenggal kisah Jaka. Kita akan mengulas bagaimana kelanjutannya di bagian setelah ini. Namun sekarang, ayo kita bahas Anda. Ini yang perlu Anda lakukan : 

  1. Membuat email baru. Mentautkannya dengan email pribadi Anda untuk tujuan keamanan.
  2. Menentukan niche, nama blog dan domain.
  3. Membuat blog di Blogspot.
  4. Membeli domain. 
  5. Melakukan pengaturan dasar blog seperti waktu, bahasa, visibilitas, dan lainnya.

Cukup 5 hal itu saja. Perjalanan masih panjang. Maka dari itu, lakukan dengan cermat dan tidak perlu buru-buru. Jika sudah melakukan kelima hal di atas, ayo kita simak lagi apa yang dilakukan oleh Jaka. 

Jaka benar-benar serius membuat blog. Namun bukan berarti ia adalah full-time blogger. Jaka sudah membaca pengalaman Catatan Adi dalam membangun blog dimana ia sadar untuk bisa menjadi sumber pemasukan, ia butuh waktu yang tidak sedikit. Ia tetap menjadi seorang pegawai dan punya gaji bulanan sambil terus mengelola blognya. Ia tidak mau buru-buru.

Membeli Template

Setelah membeli domain dan punya blog, sekarang Jaka membeli template. Ia memilih sebuah template terbaik dan mulai mengoptimasinya secara dasar. Jika mau seperti Jaka, silahkan lihat templatenya di sini

Ia mulai melakukan pengaturan, seperti mengatur jumlah widget yang muncul di sidebar serta warna dasar tampilan blog. 

Ayo lakukan seperti yang Jaka lakukan. Gunakan sebuah template yang fast-loading, elegan dan mendukung SEO. Semuanya ada di tautan di kisah Jaka. 

[PENTING]

Ingat, jangan pernah menggunakan template secara sembarangan. Beberapa hal terkait template yang perlu Anda perhatikan adalah : 

  1. Jangan beli template bajakan yang ditawarkan di grup Facebook atau di blog.
  2. Jangan meredesiain template gratisan jika memang tidak diijinkan pemiliknya.
  3. Jangan menghapus credit link jika memang menggunakan template gratisan. Hargai blogger yang sudah membuatnya. Niscaya Anda akan terhindari dari apes. 
  4. Jangan membeli template mahal tapi tidak sesuai dengan niche atau blog Anda.
  5. Beli template yang responsif, premium, fast-loading, mendukung SEO dan AdSense. 

Sekarang kita akan kembali kepada kisah bagaimana Jaka dan blog bisnis yang ia kembangkan kemudian melanjutkan ceritanya. 

Mengisi TOS

Inilah yang kemudian dilakukan oleh Jaka terhadap blog yang baru yang sudah ia buat. Anda bisa membacanya dan menirunya dengan versi Anda sendiri.

Blog yang baik adalah yang kredibel. Untuk itu, sebuah blog harus punya TOR atau TOS.  Di dalamnya ada beberapa halaman berikut : 

  • About Us : berisi informasi mengenai penulis / pemilik blog. Jaka mengisinya dengan informasi bahwa dirinya adalah seorang konsultan freelance sekaligus manager sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang finance dan marketing. Ia juga memberi tahu pembaca bahwa tujuan dari blog ini sebagai sarana edukasi dan berbagi informasi. 
  • Disclaimer : Jaka menulis bahwa semua informasi yang ada di dalam blognya tidak bisa menggantikan saran dari seorang ahli dan ia tidak bisa disalahkan jika ada hal-hal yang terjadi dari pembacanya. Blognya adalah sarana edukasi marketing dan bisnis.
  • Privacy Policy : Jaka mengatakan bahwa blognya menghargai privasi pembaca serta sebaliknya, tidak memberi ijin siapapun untuk melakukan plagiasi. 
  • Contact Us : Berisi landing page, email atau no kontak dari Jaka yang sengaja dibagikan bilamana pembaca blognya ingin berkorespondensi.
  • Our Service : Daftar jasa yang ditawarkan oleh Jaka, misal content placement, konsultasi bisnis ataupun menulis artikel. 
  • Sitemap : Berisi serangkaian daftar artikel yang ada di blognya.

Tidak perlu susah-susah. Anda bisa meniru Jaka. Buatlah halaman TOS dan TOR seperti di atas. Banyak juga yang bilang bahwa ini salah satu syarat untuk bisa mudah diterima Google AdSense. 

Google Search Console, Analytics dan GKP

Tahukah Anda bahwa mungkin saja para blogger gagal mendapatkan trafik organik karena mereka tidak memanfaatkan fasilitas dari Google, yakni : 

  • Google Search Console : alat crawling dan index Google.
  • Google Analytics : Alat memantau trafik.
  • Google Keyword Planner : Alat mencari keyword menulis artikel.

Apakah Jaka juga seperti itu? Ternyata tidak. Ayo kita lihat apa yang dilakukan Jaka selanjutnya dalam membangun blog. 

Jaka adalah seorang yang gemar belajar. Ia membaca banyak tutorial dan kemudian mempraktekkannya. Ia mendaftar blognya di GSC, Analytics dan GKP. Semua ia lakukan secara bertahap dan tidak buru-buru. Ia sengaja melakukan itu semua sebelum menulis satu artikelpun dalam blognya.

Apa yang dilakukan Jaka di atas adalah hal yang tepat. Anda juga bisa melakukannya. Ini penting dan mungkin ini rahasia agar blog sukses yang belum dilakukan banyak orang. 

Menulis Artikel 

Tahukah Anda bahwa orang bisa saja pandai membangun template dan mengatur layout blog tetapi gagal dalam menulis artikel. Karena aktivitas yang satu ini memang butuh banyak latihan. 

Jangan sembarangan menulis dan mem-publish artikel atau blog akan berkembang ke arah yang tidak diharapkan. Kita masih akan belajar dari Jaka dan bagaimana ia menulis artikel-artikelnya di blog. 

[PENTING]

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan ataupun hindari dalam menulis artikel di blog sebelum terlambat. Apa saja itu? 

  • Jangan melakukan plagiasi.
  • Jangan membuat artikel yang ngawur.
  • Perhatikan PUEBI, tanda baca dan struktur kalimat.
  • Pastikan melakukan riset keyword.
  • Pastikan Anda tahu manfaat dan tujuan dari artikel itu ada di blog.
  • Jangan membeli artikel. 
  • Jangan menulis artikel di luar niche karena akan susah dalam melakukan optimasi link building.
  • Jangan pernah menulis artikel yang Anda sendiri sadar tidak ada value di dalamnya.

Inilah yang kemudian di lakukan Jaka. Penasaran? Langsung kita simak.

Jaka sudah membuat estimasi. Ia akan menulis 12 artikel dalam waktu 3 bulan. Ia tidak mau buru-buru. 

  • Pertama, ia membuat konsep apa saja yang harus ia tulis. Semua dari 12 artikel tersebut saling berkaitan dan membahas topik besar yang sama. 
  • Kedua, ia melakukan riset keyword. Semua artikelnya mengandung keyword yang memang ia pilih secara cermat.
  • Ketiga, ia benar-benar fokus menulis. Ia membuat setiap artikelnya punya informasi yang berguna, tersusun secara rapi, memiliki gambar pendukung dan tentu saja enak dibaca.

Itulah yang dilakukan oleh Jaka dalam 3 bulan berikutnya, yakni fokus membuat artikel awal sebagai fondasi dari blognya. Ia sadar, blog yang tidak punya fondasi kuat pasti akan sia-sia belaka alih-alih menghasilkan uang. 

Label & Kategori

Blog di Blogspot berbeda dengan Wordpress. Jadi, Blogspot hanya punya label saja. Tidak punya kategori atau tags. Inilah kelemahan Blogspot tetapi itu bukan hal yang krusial.

Dalam menulis artikel, pastikan Anda tahu kemana postingan tersebut nanti dikelompokkan. Jadi buatlah daftar kategori dalam blog. Jangan sembarangan membuat label baru untuk setiap postingan karena itu tidak baik secara SEO dan Google akan kesulitan memahami alur dari blog Anda. Untuk itu, jangan khawatir meluangkan banyak waktu dalam menyusun hal ini. 

Supaya lebih mudah dalam memahami cara menyusun label dan kategori di blog, mari kembali kita lihat apa yang dilakukan Jaka dengan blog bisnisnya.

Jaka membagi konten dalam blognya ke dalam 5 kategori, yakni : marketing, peluang bisnis, bisnis online, perencanaan keuangan dan informasi. 

Jadi setiap ia menulis artikel ia akan memberi salah satu dari kelima label tersebut dalam postingan. Setelah tiga bulan, semua artikel awal selesai ditulis dan ia sudah punya 5 kategori.

Ia lalu membangun widget navigasi di template-nya yang sudah ia buat. Di bagian menu, ia bikin daftar kategori yang tersusun dengan rapi. Sitemap atau daftar isi artikelnya juga tersusun atas label-label tersebut. Kini ia sudah punya sebuah blog yang lengkap dengan artikel, label, kategori, navigasi, TOS/TOR serta hal lain yang mendasar.

Panduan Menulis Artikel 

Jaka sudah menunaikan kewajibannya. Namun perjalanan masih panjang. Blognya masih berusia 3 bulan dan tidak disarankan untuk didaftarkan ke Google AdSense.

Sekarang, mari kita berbelok sedikit untuk membahas perihal panduan menulis artikel yang benar agar apa yang anda kerjakan tidak sia-sia.

Menulis artikel adalah inti dari kegiatan mengelola blog. Menulis artikel dengan sembarangan akan berdampak negatif pada perkembangan blog secara keseluruhan.

Itulah quotes yang harus Anda ingat. Kami tidak akan membeberkan secara mendalam mengenai hal ini. Kami sarankan Anda membaca Panduan Menulis Artikel Blog yang berisi tutorial superlengkap untuk membantu Anda membuat konten yang luar biasa. 

Harus Menulis Apa?

Ini yang bikin bloger pusing. Mereka tidak tahu harus menulis apa? Sudah mengikuti alur di atas? Harusnya sudah tidak bingung. Namun jika ingin lebih efektif, tulislah artikel yang : 

  1. Anda kuasai topiknya. Ini akan membantu sekali. Jadi Anda menulis apa yang memang Anda tahu. Referensi hanya sebagai penunjang informasi saja. 
  2. Sesuatu yang disukai pembaca. Jadi, Anda tidak susah dalam mendapatkan trafik. Untuk itu ketahui 5 jenis artikel yang disukai masyarakat Indonesia yang merupakan calon pembaca blog Anda. 

Kembali soal niche. Catatan Adi sudah melakukan riset kecil-kecilan dan hasilnya cukup mencenangkan. Apa itu? Jadi ada beberapa niche tertentu yang ternyata sangat mudah dioptimasi untuk kemudian menghasilkan banyak trafik dan pembaca. Ketahui semuanya di 10 niche paling disukai yang bisa Anda pilih dan kembangkan di blog Anda. 

Memahami Masyarakat

Bloger harus tahu bagaimana kebiasaan masyarakat yang tidak lain adalah calon pembaca mereka. Terlebih menggunakan Google AdSense sebagai sarana mencari uang. Hal ini butuh trafik. Dan trafik berasal dari pembaca. Bacalah sedikit ulasan tentang hal ini. 

Masyarakat dan Kebiasaaan Membaca

Masyarakat Indonesia menikmati internet dengan segala kemudahaannya. Masalahnya, mereka belum terlalu suka membaca. Alhasil konten berbentu gambar dan video laku keras. 

Andaikan ingin membaca, mereka ingin to the point. Mereka ingin mendapatkan apa yang mereka kira mereka cari. Alhasil banyak tutorial dan penjelasan yang sudah disusun jadi terlihat tidak terlalu bermanfaat dengan sempurna karena kurangnya kemampuan masyarakat membaca secara utuh lalu menelaahnya. 

Hal ini juga berakibat pada blog dan para blogger. CPC rendah, RKT tinggi dan bounce rate melambung. Semua itu karena masyarakat gemar melakukan scanning dan skimming dalam membaca. Selain itu jelas terasa bahwa mereka kurang menghargai penulis, misal dengan mengucapkan terima kasih di kolom komentar. 

Lalu bagaimana mengatasinya? Buatlah konten yang terbaik. Pelajari juga fenomena ini lebih lanjut mengenai jenis-jenis cara membaca yang berkembang di tengah masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang menikmati konten digital di internet. 

Trafik

Trafik adalah segalanya. Apalagi cara Anda menghasilkan blog adalah dengan Google AdSense, Content Placement dan Affiliasi. 

  • Makin banyak pembaca, maka makin besar CPM dan potensi klik iklan. Cuan makin deras.
  • Makin banyak pembaca, makin besar potensi orang-orang meng-endorse Anda dengan konten bisnis di blog Anda. Karena mereka tahu iklan mereka akan tepat guna.
  • Makin banyak pembaca, produk yang Anda jual secara affiliasi juga makin besar potensinya untuk terjual. Cuan lagi. 

Itulah mengapa trafik penting. Dan cara menghasilkan trafik adalah dengan dua cara yakni SEO dan SMM. 

SEO adalah optimasi yang berkaitan dengan mesin pencari. SMM adalah optimasi di social media. Kadang orang menggabungkan SMM sebagai bagian dari SEO Off Page. Itu tak masalah. Yang jadi masalah adalah Anda sudah ngeblog bertahun-tahun tetapi gagal dapat cuan.

Untuk bisa dapat trafik, silakan baca secara cermat di 31 tips mendatangkan high traffic untuk blog yang berisi aneka tutorial dan penjelasan super lengkap dan komprehensif. 

SEO 

Beberapa kali sudah ada sekilas ulasan tentang SEO. Sekarang kita akan bahas di bagian ini hal yang lebih mendetail. Tetapi tentu saja jika ingin lebih detail lagi, silahkan kunjungi masing-masing tautan yang ada. 

SEO terbagi dua, yakni On Page dan Off Page. Masing-masing harus dipelajari dan diaplikasikan agar blog Anda benar-benar mendapatkan trafik dan cuan.

SEO On Page adalah optimasi blog dimana meliputi riset keyword, cara menulis artikel yang ramah mesin pencari, tata letal template, navigasi serta pengaturan kategori dan label. Silahkan baca lebih lengkap di Panduan Memahami dan Melakukan SEO On Page.

SEO Off Page adalah optimasi di luar blog yakni meliputi blogwalking, guest post, promosi media sosial dan strategi membangun backlink. Meski rumit, tetapi hal ini juga wajib dipelajari. Semuanya sudah terjadi di Tutorial Lengkap SEO Off Page terbaru yang akan membuat blog makin menghasilkan uang. 

Apakah bisa sukses mendapatkan trafik untuk konten yang sudah dibuat tanpa harus mempelajari SEO, baik itu on page maupun off page. 

Jawabannya tentu saja bisa. Namun kami sarankan Anda tidak usah membuat blog, melainkan menulis di Medium. Di sana Anda hanya perlu menulis tanpa mempelajari SEO. Menarik, bukan?

Optimasi Media Sosial

Mari lanjutkan kisah dari sahabat kita, blogger pemula bernama Jaka. Sudah tiga bulan dan kini ia memiliki blog berbasis Blogspot dengan domain TLD. Blognya sudah berisi 12 artikel yang saling terkait serta tersusun atas kategori yang rapi. Apa yang ia kemudian lakukan?

Setelah 3 bulan dan blognya sudah cukup berisi, ia melakukan optimasi media sosial. Harus diketahui bahwa Jaka punya beberapa akun medsos, seperti Instagram, Facebook, LinkedIn dan Twitter. Inilah yang kemudian ia lakukan. 

  1. Ia memperkuat otoritas dan value dari blognya dengan cara menyematkan alamat blognya di LinkedIn, Facebook, Twitter dan Instagram miliknya di bagian profil.
  2. Ia membuat Fanspage yang tertaut dengan blognya, sehingga nantinya setiap update konten di blog akan otomatis muncul di beranda Fanspage miliknya. Hal yang sama ia lakukan di Twitter.
  3. Ia rutin mengunggah konten blog miliknya ke grup-grup di Facebook yang disertai dengan caption yang menarik.
  4. Ia juga memasarkan konten blognya di Instagram dan LinkedIn.
  5. Ia mengelola dan mengatur template agar punya tombol media sosial sehingga orang-orang juga yang membaca blognya juga bisa berkunjung ke medsosnya atau sebaliknya.
  6. Ia menambahkan fitur berbagi ke sosmed di setiap artikelnya. 

Tidak perlu menelaah lebih jauh. Apa yang dilakukan oleh Jaka sangatlah tepat. Andapun juga harus melakukannya. Inilah promosi blog / konten melalui medsos level dasar yang harus Anda coba. 

Mulai Menghasilkan Uang

Sekarang saatnya Jaka menghasilkan uang. Apa yang ia lakukan setelahnya? Jangan lupa bahwa di artikel ini kita fokus ke tiga cara menghasilkan uang dari blog, yakni AdSense, Content Placement dan Affiliasi. 

Setelah 3 bulan, maka ia makin rajin update konten. Ia menjadwalkan dua kali seminggu mem-publish artikel.

Dalam 3 bulan yang kedua, ia fokus membuat artikel sekaligus melakukan promosi konten ke media sosial miliknya. Trafiknya meningkat, baik organic traffic maupun social media traffic. 

Ini yang kemudian ia lakukan setelah blognya berumur 6 bulan : 

  1. Mendaftar Google AdSense. Ia pelajari dengan seksama syarat yang diinginkan oleh Google. 
  2. Mendaftar ke forum yang mempertemukan blogger dengan perusahaan agar ia bisa mendapatkan job dari content placement. Ia juga rutin menulis jasa ini di kolom medsosnya, termasuk juga menuliskan hal tersebut di halaman Our Service.
  3. Mencari lowongan bisnis affiliasi blog. Beberapa situs seperti Amazon, Lazada dan lainnya membuka lowongan ini. 

Sekarang yang perlu dilakukan oleh Jaka adalah terus memproduksi konten, meningkatkan trafik dan mendapatkan uang. Ia telah membayar semua kerja kerasnya. Blog yang ia buat telah berkembang menjadi aset digital yang bisa jadi akan terus menghasilkan uang selamanya. 

Silahkan coba apa yang dilakukan Jaka. Anda pasti bisa. Tentu ini tidak mudah. Akan ada banyak rintangan, termasuk rasa malas dan mudah menyerah. Lawanlah itu semua dan jadilah blogger yang mampu menghasilkan uang dari blog

Permasalahan dalam Blogging

Semua pekerjaan pasti punya tantangan, tak terkecuali dengan ngeblog. Banyak masalah yang mungkin Anda hadapi, misal trafik kecil, blog sepi, pendapatan rendah hingga writer's block.

Jangan khawatir. Kami sudah membuat list permasalahan para blogger dan solusinya. Silahkan mampir dan pelajari agar Anda tetap bisa berkibar dan menjadi bloger sukses. 

Kesimpulan

Sudah dapat disimpulkan bahwa menghasilkan keuntungan berupa uang dari mengelola blog adalah sebuah kenyataan dan bukan halusinasi belaka. Namun untuk sampai ke tahap tersebut perlu usaha keras dan semangat membara serta kemauan belajar tinggi.

Kita sudah sampai di penghujung perjalanan panjang. Sebelum berpisah, silahkan baca sekilas mengenai profesi blogger yang kami harap bisa menambah semangat ngeblog Anda semua.

Siapakah Aku? 

Aku adalah blogger. Mungkin banyak orang mencibir. Mengangapku gila dan penuh halusinasi. Mereka tidak percaya bahwa dengan menulis aku bisa menghasilkan uang yang mungkin bisa lebih besar dari apa yang mereka dapatkan.

Tidak apa-apa. Aku terima. Aku tidak akan mendebat itu semua. Aku tidak akan marah dan mencaci kalian karena merecoki perjuanganku.

Kenapa? Karena aku tidak punya waktu. Lebih baik duduk di depan laptop, ngopi sambil menanam backlink. Makan camilan sambil mempelajari cara membuat konten terbaru. Aku tidak punya waktu menggerutu karena lebih baik aku optimasi blogku.

Blog adalah aset digital. Ia tidak berguna jika tidak dirawat. Dan ketika aku sudah merawatnya, maka tugasku selesai. Giliran blogku melakukan tugasnya, menghasilkan uang bagiku. Melalui AdSense, Affiliate, Content Placement, aneka lomba blog, Sponsorship post, Product Selling, dan masih banyak lagi. 

Nanti aku ingin jadi seorang expert bloger. Aku ingin membuka kelas dan kursus. Aku ingin berbagi cara menghasilkan uang dari internet, salah satunya lewat blog. Dan aku tidak akan heran jika diantara orang yang aku ajari nanti, ada kalian, yang sebelumnya mencaciku.

Aku menghargai dan memuliakan profesiku, yakni sebagai pahlawan literasi. Aku tidak akan merendahkan atau merusaknya dengan tindakan yang tercela.

Aku bloger dan aku bangga. 

Meski Anda sudah menjadi bloger yang menghasilkan, bukan berarti tugas selesai. Cobalah meningkatkan kualitas blog. Beberapa indikator antara lain adalah meningkatnya ranking Alexa, mendapatkan sitelink dari Google, artikel sering masuk halaman utama mesin pencari dan grafik GSC meningkat secara konstan. 

Itulah akhir perjalanan kita. Kami harap Anda mampu mencapai tujuan yang diinginkan, yakni jadi bloger keren yang sukses dan mampu menghasilkan banyak keuntungan. Itulah harapan kami. 

Untuk menambah wawasan, baca juga 37 situs yang membayar tulisan Anda sebagai seorang kontributor. Ini akan melatih Anda untuk membuat konten yang makin berkualitas dan diakui oleh para editor web besar di luar sana. 

Adi
Adi Saya adalah seorang penulis dan blogger yang sudah mendalami dunia blog sejak 2010. Saya menulis tentang banyak hal, seperti games, teknologi, filsafat, pendidikan, politik, fashion, olahraga, buku, kuliner, dll. Pernah mengikuti berbagai pelatihan dan kursus dari NGO maupun pemerintah.

Posting Komentar untuk "Panduan Membuat Blog dari Nol Sampai Menghasilkan"