Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Kenapa Naruto Begitu Digemari

 Ada banyak premis yang bisa menjelaskan kenapa serial Naruto bisa begitu digemari oleh masyarakat di seluruh dunia, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Naruto sendiri adalah serial berbentuk film anime dan manga asal Jepang yang mengisahkan perjuangan sosok bernama Uzumaki Naruto dalam mencapai cita-citanya, yakni menjadi seorang Hokage. Hokage adalah sebutan untuk seseorang yang memiliki jabatan sebagai pemimpin desa Konoha. 

Dalam perjalanannya mencapai cita-citanya, Naruto menemui banyak sekali tantangan dan hambatan, baik dari musuh-musuhnya maupun orang-orang di sekelilingnya. Meski begitu, dengan karakternya yang pantang menyerah, tangguh, ceria dan sedikit keras kepala, Naruto mampu mencapai apa yang diinginkannya. 

Bukan hanya menjadi Hokage, lebih dari itu Naruto mampu memberikan kedamaian bagi dunia ninja serta menjalin hubungan yang akrab antara Desa Konoha dengan desa-desa ninja lainnya. Ini adalah pencapaian luar biasa dari seorang yang bukan siapa-siapa menjadi tokoh pujaan semua orang. 

alasan kenapa naruto punya banyak penggemar
Serial Naruto

Kembali pada topik bahasan di awal, mengapa serial Naruto bisa disukai banyak orang, baik tua maupun muda? Tentu ada alasan-alasan tertentu di balik semuanya ini. 

Kisah yang Seru

Pertama, Naruto dan semua jalan ceritanya memiliki alur yang seru untuk dinikmati. Hal inilah alasan kenapa serial Naruto, baik manga maupun anime mendapat atensi positif dan diterima khalayak ramai. 

Jika dilihat sekilas, memang inti cerita Naruto Shippunden adalah seorang bocah yang berusaha mewujudkan mimpinya. Namun dalam cerita selanjutnya, ada alur yang rumit dan saling berkelindan satu sama lain yang menceritakan karakter dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di dunia tempat Naruto tinggal.

Kerumitan cerita Naruto memang luar biasa. Hal ini seharusnya membuat penggemarnya menjadi bosan. Namun apa dinyana, orang-orang justru menikmatinya. Kenapa? Karena cerita yang rumit tadi diramu sedemikian rupa dan ternyata saling terhubung dengan baik. Hal ini justru menjadikan serial Naruto menarik untuk terus diikuti. 

Unsur Politik

Tidak melulu hanya persaingan para ninja, dalam dunia Naruto, politik adalah hal yang lumrah. Misalnya bisa kita temukan dalam kisah Hanzo yang ingin menjadi Hokage atau trik Obito yang berhasil memanfaatkan kelompok Akatsuki menjadi sarana untuk mencapai tujuan awalnya. 

Variasi Tokoh

Dalam semesta Naruto, ada ratusan bahkan mungkin ribuan tokoh dan karakter yang masing-masing memiliki keunikan, kisah dan jalan cerita yang menarik untuk diikuti. Variasi tokoh ini membuat cerita Naruto menjadi kaya dan tidak membosankan. 

Konflik Emosional

Serial Naruto juga sarat akan konflik emosional yang membuat para penikmatnya menjadi larut dalam alur ceritanya. 

Coba saja tengok bagaimana perdebatan antara Naruto dengan Pain, dimana ternyata tujuan Pain adalah untuk memusnahkan penderitaan di bumi. Atau konflik antara Uchiha Itachi dan adiknya Uchiha Sasuke yang berujung pada duel hidup dan mati. 

Konflik emosional semacam itu dan yang lainnya membuat serial Naruto menjadi sesuatu yang selalu ditunggu oleh para penggemarnya.

konflik emosional di serial naruto
Konflik Emosional


Karakter Unik

Satu lagi keunikan dari serial ini adalah karakter-karakter yang unik. Tidak melulu menampilkan sosok-sosok yang sempurna dan serius, ada juga tokoh yang konyol, ceroboh, suka bercanda, jenius, licik, setia dan keras kepala. 

Budaya Populer 

Fondasi utama dalam semesta Naruto adalah budaya populer Jepang yang khas, yang memadukan unsur-unsur tradisional dengan sentuhan modern. Hal ini membuat Naruto menjadi tontonan yang digemari oleh banyak orang, khususnya mereka penggila budaya Jepang. 

Terbuka dan Umum

Jika dicermati, Naruto berhasil membangun basis fans dari segala usia di berbagai belahan dunia. Ini karena serial Naruto bersifat umum dan terbuka. Semua orang dari berbagai latar belakang berpotensi menjadi penggemarnya. 

Hal yang menarik dari Naruto
Hal yang menarik dari Naruto


Nilai Moral

Banyak sekali nilai moral yang didapatkan dari serial Naruto. Beberapa hal positif yang bisa diambil antara lain kesetiakawanan, perjuangan yang tidak mengenal kata menyerah, kecerdikan dalam memecahkan masalah, kemauan untuk terus meningkatkan diri dan tidak takut menghadapi tantangan apapun bentuknya.

Bukan hanya dari Naruto, bahkan dari musuh-musuhnya semisal Sasuke, Gara, Pain, Obito, ataupun Madara kita bisa mempelajari banyak hal, misal sifat manusia yang licik dan dendam yang timbul karena diperlakukan tidak adil. 

___________

Itulah alasan kenapa Naruto begitu digemari banyak orang. Sekarang tantangan selanjutnya adalah membuat Boruto, lanjutan dari Naruto, bisa lebih sukses dan berhasil. Mampukah? Kita lihat saja. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Alasan Kenapa Naruto Begitu Digemari "

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pilihan Hari Ini