Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Anggota Akatsuki, Ternyata Ada Mata-Mata!

Akatsuki adalah sebuah organisasi kriminal yang melakukan berbagai kejahatan. Salah satu tujuan mereka adalah menangkap para biju dan jinchuriki.

Akatsuki sangat berbahaya karena anggotanya merupakan ninja-ninja hebat yang memiliki berbagai jutsu menakutkan. Pantas saja banyak desa dan negara takut pada kelompok ini.

Anggota Lengkap Akatsuki
Akatsuki


Secara sejarahnya, Akatsuki didirikan oleh trio murid Jiraiya, yakni Konan, Yahiko dan Nagato. Mereka mendirikan sebuah perkumpulan yang terdiri dari para ninja untuk melindungi orang-orang dari penjahat.

Namun setelah Yahiko mati, Nagato dan Konan gagal menjaga misi utama dari Akatsuki. Mereka berdua justru secara tidak sadar memuluskan rencana dari Madara dan Obito untuk menghancurkan dunia serta membentuk sebuah zaman baru. 

Lalu siapa saja para anggota Akatsuki? Seperti apa kemampuang para ninja yang tergabung dalam kelompok dengan ciri khas jubah hitam berambang awan merah ini?

Berikut adalah daftar lengkat anggota Akatsuki yang ada di serial Naruto Shippunden. 

Yahiko 

Adalah pemimpin Akatsuki sekaligus kawan dari Nagato dan Konan. Ia merupakan murid dari Jiraiya yang sangat berbakat dan pemberani.

Di awal terbentuknya Akatsuki, Yahiko berhasil merebut Amegakure namun ia kemudian tewas. Mayatnya digunakan oleh rekan karibnya, Nagato sebagai pemimpin Pain. 

Kematian Yahiko begitu membekas dalam diri dua sahatnya, Nagato dan Konan. Namun mereka gagal menjaga tujuan asli dari Akatsuki dan bahkan banyak menerima anggota baru yang sebelumnya ditolak oleh Yahiko. 

Nagato Pain

Merupakan anggota terkuat dari Akatsuki sekaligus pendirinya. Bersama dengan Konan dan Yahuki, Nagato merupakan murid dari Jiraiya dari Konohagakure.

Asal dari Nagato adalah desa Amegakure yang pada waktu itu dipimpin oleh Hanzo Salamander, musuh terkuatnya.

Nagato memiliki banyak jutsu mengerikan. Dua diantaranya adalah shinra tensei dan chibaku tensei. Selain itu Pain yang dikendalikan olehnya tak mampu dikalahkan siapapun kecuali Naruto sendiri.

Nagato aslinya merupakan ninja yang berasal dari klan Uzumaki. Dia yatim piatu yang memiliki masa lalu kelam. Kematian Yahiko begitu membekas dalam jiwanya hingga ia ingin melenyapkan dunia. 

Konan

Konan dijuluki ninja kertas karena kemampuannya dalam menyalurkan chakra melalui media itu dan mengubahnya menjadi senjata yang sangat berbahaya.

Konan adalah salah satu pendiri Akatsuki. Dia merupakan kekasih Yahiko dan teman karib Nagato. Mereka bertiga merupakan anak yatim piatu yang diangkat murid oleh Jiraiya.

Konan memiliki penampakan seorang wanita dengan rambut biru dan bibir yang ditindik. Ia cukup cantik, anggun dan elegan. 

Ketika Akatsuki semakin kuat, Konan juga berperan sebagai penguasa desa Amegakure. Dirinya juga adalah penasihat dari Pain yang berada di bawah kendali Nagato. Pada penyerangan ke desa Konoha, dirinya menjadi salah satu shinobi yang merepotkan semua ninja Konohagakure. 

Setelah kematian Nagato, Tobi berusaha mencuri mata rinengan miliknya namun berhasil digagalkan oleh Konan. 

Konan juga adalah satu-satunya orang yang berhasil mengetahui kelemahan jutsu bernama jikukan ido no jutsu. Dirinya melawan jurus pamungkas Obito itu dengan serangan 600 milyar bom kertas yang meledak berturut-turut selama 10 menit. 

Sayang Tobi berhasil lolos dari kematian walau satu matanya rusak parah. Ia menggunakan Izanagi dan berhasil membunuh Konan. 

Deidara

Deidara merupakan anggota Akatsuki yang berasal dari desa Iwagakure. Ia terkenal dengan adegium "seni adalah ladakan".

Pada mulanya dia adalah murid dari Tsucikage ketiga, Onoki. Dia memiliki sebuah jutsu khusus yang mampu menciptakan ledakan. 

Walau merupakan anggota Akatsuki, tetapi ia ternyata bermusuhan dengan rekannya sendiri, khususnya Itachi Uchiha. 

Menurut alur waktunya, Deidara masuk menjadi anggota Akatsuki setelah Orochimaru meninggalkan kelompok kriminal tersebut.

Sasori 

Sasori adalah seorang ninja boneka yang memiliki jutsu sangat mematikan. Ia merupakan anggota Akatsuki yang berasal dari desa Sunagakure.

Sasori awalnya berpasangan dengan Orochimaru lalu kemudian berganti Deidara. Ia juga sering mendapat julukan ninja pasir merah.

Sasori memiliki masa lalu yang kelam. Ia adalah yatim piatu sejak orang tuanya dibunuh oleh Hatake Sakumo, ayah dari Kakashi, guru Naruto.

Ia dididik oleh Nenek Chiyo. Sasori belajar banyak termasuk cara menggunakan boneka. Kelak keahliannya ini membuatnya jadi ninja yang menakutkan.

Sasori sangat kuat, namun sadis. Dia membunuh temannya sendiri dan membuatnya jadi boneka. Dia juga berhasil menculik Kazekage ketiga dan juga menjadikannya salah satu bonekanya.

Kelak Sasori kalah dari Sakura yang dibantu nenek Chiyo. Padahal di atas kertas, kekuatan Sasori tentu saja jauh melebihi dua lawannya itu.

Kakuzu 

Kakuzu merupakan anggota Akatsuki yang berasal dari desa Takigakure. Dia sangat kuat dan merupakan musuh yang cukup merepotkan.Sama seperti Hidan, ia sering dijuluki ninja abadi karena nyaris mustahil untuk dibunuh. 

Kakuzu sangat tempramental dan pernah membunuh empat anggota Akatsuki lainnya yang pernah jadi pasangannya. Untuk alasan itu dia dipasangkan dengan Hidan yang sama-sama tak bisa mati.

Kakuzu menyimpan jantung para shinobi yang kuat dan menggunakannya untuk memperpanjang umurnya. Itulah rahasia kenapa ia sangat sulit dibunuh. 

Kisame 

Kisame Hoshigaki adalah musuh yang merepotkan bagi Naruto beserta kelompoknya. Dia terkenal sebagai siluman hiu yang sulit dibunuh.

Kisame awalnya orang baik. Ia merupakan salah satu dari tujuh ahli pedang Kirigakure yang legendaris itu. Dirinya merupakan pemilik pedang raksasa bernama Samehada yang kelak jatuh ketangan Killer Bee. Namun ia berubah jadi jahat dan bergabung dengan Akatsuki.

Kisame sangat menghormati Itachi dan berdua mereka adalah pasangan yang cukup akur dibanding duet yang ada di Akatsuki lainnya yang lebih sering bertengkar satu sama lain.

Pada suatu misi, Kisame harus mengikut Naruto ke sebuah pulau. Ternyata di sana dia bertemu Guy, sang pengguna Taijutsu. Guru dari Rock Lee itu akhirnya mengalahkan dirinya.

Zetsu

Zetsu adalah sebuah entinitas misterius yang terdiri dari dua kepribadian, yakni putih dan hitam. Tidak jelas darimana makhluk ini berasal ataupun apa jenis kelaminnya. 

Dalam perang terakhir melawan Kaguya, Zetsu turut dihancurkan (disegel) oleh Naruto. Itulah akhir dari Zetsu yang misterus. 

Hidan

Hidan adalah salah satu anggota Akatsuki yang memiliki ciri susah untuk dibunuh. Bahkan sebenarnya ia tak akan bisa mati. 

Ia adalah karakter yang unik karena merupakan seorang ninja penganut agama Dewa Jashin yang fanatik dan berasal dari desa Yugakure.

Dalam agama Dewa Jashin, membunuh dan membantai musuh merupakan tindakan yang dianjurkan. Hidan selalu berdoa pada tuhannya sebelum memulai pertarungan. 

Hidan sangat mengagumi Kakuzu yang dianggapnya juga merupakan ninja abadi alias tidak bisa mati. Ia mampu mengalahkan Asuma Sarutobi dan jincuriki ekor dua. Meski begitu, Hidan kalah dengan Shikamaru dan akhirnya tubuhnya dimutilasi. 

Orochimaru

Orochimaru adalah seorang ninja cerdas dan hebat dari Konoha. Ia bersama  Jiraiya dan Tsunade sering dijuluki sebagai Tiga Shanin Legendaris.

Kemampuan Orochimaru cukup mengerikan. Dia mampu menggunakan Edo Tensei untuk membangkitkan orang-orang kuat dari masa lalu.

Orochimaru selalu lolos dari kematian. Dia juga memiliki laboratorium canggih dan seorang asisten yang cerdas yakni Kabuto.

Kabuto Yakushi

Kabuto Yakushi adalah asisten dari Orochimaru. Ia melayani tuannya itu dan membantunya mendapatkan rahasia untuk jadi sosok yang paling kuat di dunia.

Kabuto melakukan banyak sekali pengorbanan. Ia bahkan rela menjadi wadah bagi Orochimaru. Walau kurang jelas apa jutsu dari Kabuto, namun perannya sangat menonjol. 

Uchiha Obito 

Obito alias Tobi adalah sosok misterius. Banyak orang salah mengira karakter ini sebenarnya adalah Madara Uchiha padahal itu tidak benar.

Obito adalah shinobi seangkatan dengan Guy dan Kakashi. Ia salah satu ninja berbakat yang berada di bawah asuhan Minato, yakni Hokage keempat. Sayang, ulahnya justru membuat ayah Naruto itu meregang nyawa. 

Sebagai seorang Uchiha, Tobi tentu saja memiliki sharingan, rhinengan, dan mugen shukoyomi. Selain itu itu juga memiliki banyak jutsu hebat, khususnya genjutsu. 

Ia nyaris mati dan sebagian tubuhnya hancur. Untung kemudian Madara datang menyelamatkannya. Ia diberi kekuatan yang berasal dari sel Senju Hashirama yang adalah Hokage pertama. Itulah mengapa Tobi mampu memiliki jurus mokuton. 

Penampakan Tobi sangat unik. Ia memakai topeng dengan satu lubang untuk matanya. Obito sangat dekat dengan Zetsu dan mewarisi ambisi dari Madara untuk menghancurkan dunia. 

Uchiha Itachi 

Itachi adalah kakak dari Sasuke dan merupakan salah satu ninja terkuat yang berasal dari klan Uchiha. Ia sangat loyal terhadap pemerintahan Konoha.

Awalnya ia tampak sebagai tokoh antagonis yang membunuh semua keluarga Uchiha kecuali adiknya, Itachi. Ternyata itu semua adalah bukti kesetiaannya pada Konoha karena klan tersebut berencana memberontak. 

Itachi, diduga, bergabung dengan Akatsuki untuk mengetahui, memata-matai dan menyelidiki lebih lanjut perihal organisasi tersebut. Ia juga menunggu Sasuke sampai cukup dewasa untuk menerima ilmunya. 

Uchiha memiliki banyak sekali jutsu hebat, seperti susanoo, sharingan, mugyen shukoyomi hingga api hitam amaterasu. Dia sangat disegani dan merupakan salah satu ninja terkuat di Akatsuki di bawah Pain. 

Uchiha Sasuke 

Sasuke merupaka anggota klan Uchiha dan adik dari Itachi. Ia dendam kepada kakaknya dan berencana untuk membunuhnya.

Sepanjang waktu ia seperti seorang anak yang pemurung, pemarah, serta pendendam. Berkali-kali Naruto harus berkorban untuk menyelamatkannya.

Kecerobohan dan kelicikan Sasuke membuat banyak orang menderita. Ia sebenarnya juga masih jauh berada di bawah Naruto maupun kakaknya, Itachi.

Sasuke memanfaatkan Orochimaru, Tim Taka dan cinta buta dari Sakura untuk menuntaskan ambisinya. Dirinya menjadi anggota Akatsuki dan akhirnya berhadapan dengan Naruto. 

Seperti Itachi, Sasuke memiliki berbagai genjutsu, mugyen sukoyomi, panah indra, rinengan, sharingan, susanoo dan amaterasu. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Daftar Anggota Akatsuki, Ternyata Ada Mata-Mata!"

Selebritas

Recent Posts Label

Artikel Bisnis

Recent Posts Label

Artikel Kesehatan

Recent Posts Label

Artikel Misteri

Recent Posts Label

Artikel Sejarah

Recent Posts Label

Seputar Pendidikan

Recent Posts Label

Berlangganan via Email